Pilih Kategori Artikel

Kapan Waktu Terbaik Untuk Menyebar Surat Undangan Pernikahan?

Undangan pernikahan adalah salah satu hal penting diantara persiapan pernikahan yang tak boleh diabaikan, bahkan perannya sangat krusial karena menyangkut informasi dan detail tentang acara pernikahanmu. Undangan pernikahan juga berkaitan langsung dengan kehadiran para tamu undangan. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan surat undangan pernikahan sampai tepat waktu di tangan para tamu undangan, tidak terlambat ataupun terlampau cepat.

Untuk dapat mengirim undangan pernikahan tepat waktu, tentunya ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Pertama berkaitan dengan persiapan sebelum mengirim kartu undangan pernikahan, mencakup proses produksi kartu undangan pernikahan itu sendiri, yang mana tidak bisa instan. Kemudian terkait pengirimannya kepada tamu undangan, agar bisa sampai tepat waktu kamu juga perlu mempertimbangkan durasi pengiriman yang mungkin berbeda untuk tamu yang berada di dalam dan di luar kota. Mari kita bahas satu per satu.

Persiapan Undangan Pernikahan

wm_article_imgwm_article_img

Contoh Undangan Pernikahan Mewah by Century Card Wedding Invitation

Untuk memperoleh kartu undangan pernikahan yang sesuai dengan harapanmu serta dapat dikirim tepat waktu, maka penting untuk mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Mengingat undangan pernikahan tidak bisa diperoleh secara instan, untuk itu kamu harus memperkirakan durasi waktu yang diperlukan untuk proses pembuatannya. 

Lantas, berapa lama waktu untuk mencetak undangan pernikahan? 

Secara umum, lama proses produksi undangan pernikahan tergantung dengan jenis layanan yang  kamu pilih. Undangan pernikahan yang menggunakan template desain dari vendor, umumnya dapat dicetak lebih cepat dibandingkan dengan desain sendiri (custom). Agar lebih jelas, berikut prosesnya:

  • Pembuatan Design

Jika menggunakan template undangan yang telah disediakan dari vendor, normalnya proses desain antara 2-3 hari sudah bisa mendapatkan preview undangan pernikahan. Sementara itu, untuk custom desain, bisa memakan waktu hingga 7 hari, tergantung tingkat kesulitan pada desainnya.

  • Proses Revisi

Setelah melihat preview desain undangan pernikahan yang dibuat oleh vendor, biasanya akan ada revisi baik dari tulisan ataupun desain background undangannya. Umumnya waktu revisi yang diberikan adalah 2 hari atau bisa lebih lama, yakni maksimal 14 hari kalender jika custom desain.

  • Color Proofing

Bersifat opsional, jika kamu menginginkan dilakukan color proofing, maka lama pengerjaan  dummy adalah sekitar  3 hari, belum lagi durasi pengiriman ke alamatmu.

  • Produksi

Setelah desain akhir di konfirmasi oleh customer, vendor bisa mulai melakukan produksi atau cetak undangan pernikahan. Prosesnya bertahap mulai dari persiapan, pra cetak (pembuatan plate cetak), proses cetak, dan proses finishing. Hingga undangan pernikahannya siap dikirim, normalnya memakan waktu hingga 37 hari kalender. Lumayan lama memang, tetapi biasanya vendor juga menyediakan opsi layanan express printing untuk kamu yang ingin lebih cepat. Layanan cetak prioritas  ini bisa memangkas waktu cetak undangan pernikahan hingga 15 hari kalender. Tentu saja, biaya untuk layanan ekspres akan lebih mahal ketimbang yang reguler.

Nah, tidak heran ‘kan mengapa sangat disarankan untuk memesan undangan pernikahan dari jauh-jauh hari? Selain mengantisipasi proses pencetakannya yang memakan waktu lama,  juga untuk menghindari proses terburu-buru yang berpotensi menimbulkan masalah-masalah. Misalnya, salah cetak nama, gelar atau alamat.  Jika undangan pernikahan selesai lebih awal, kamu juga akan lebih nyaman untuk mempersiapkan keperluan lainnya menjelang hari H. 

Umumnya persiapan undangan nikah ini memerlukan waktu 6 bulan sebelum hari H. Maka dari itu, dalam persiapan undangan pernikahan manajemen waktu yang baik sangatlah diperlukan. Jika kamu memiliki waktu yang cukup fleksibel, tentu hasil undangan pernikahan yang diperoleh pun bisa lebih maksimal, sesuai dengan keinginan.


Baca juga: Referensi Undangan Pernikahan dengan Berbagai Tema


Kapan waktu yang tepat untuk menyebar undangan pernikahan?

wm_article_imgContoh Undangan Pernikahan Elegan by KYUB Studio

Setelah memperoleh kartu undangan pernikahan sesuai dengan yang diharapkan, selanjutnya kamu harus mulai memikirkan waktu yang terbaik untuk mengirimnya kepada para calon tamu undangan. Agar undangan pernikahanmu bisa sampai tepat waktu, tidak terlambat atau terlampau cepat. 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengelompokkan para tamu undangan berdasarkan alamatnya, tamu dekat (berasal dari kota yang sama) dan tamu jauh (yang tinggal di luar kota). Trik ini untuk mempermudah kamu dalam memperkirakan waktu pengiriman undangan.

  • Untuk tamu dekat (berasal dari kota yang sama), undangan pernikahan bisa mulai disebarkan dua minggu menjelang hari pernikahan. Jika jumlah tamu yang diundang lumayan banyak,  targetkan minimal seminggu sebelum hari H undangan sudah selesai dikirimkan. Sehingga kamu bisa memperkirakan berapa banyak undangan yang harus disebar dalam satu hari.

  • Untuk tamu jauh (yang tinggal di luar kota), setidaknya sudah diberikan undangan sebulan sebelum hari pernikahan. Mengapa demikian? Sebab, untuk tamu jauh ini perlu persiapan lebih bagi mereka untuk menghadiri pesta pernikahanmu. Terkait dengan transportasi dan akomodasi yang harus dipikirkan dengan matang, maka alangkah baiknya mereka diundang atau diinformasikan dari jauh-jauh hari. Idealnya, sebulan sebelum hari H.

  • Untuk tamu orang penting, misalnya kamu ingin mengundang gubernur, bupati atau pejabat, maka juga harus dilakukan dari jauh-jauh hari, kecuali jika mereka merupakan kerabat dekat. Mengingat kesibukannya yang pasti padat, sebaiknya undangan dikirim maksimal 2 minggu sebelum hari H.


Mengapa perlu waktu yang tepat untuk menyebar undangan?

Undangan pernikahan bisa dikatakan sebagai langkah awal untuk  memantapkan pernikahanmu, oleh sebab itu harus disebarkan pada waktu yang tepat. Jika waktu mengirim undangannya terlalu jauh, takutnya tamu undangan bisa lupa. Sebaliknya, jika kamu menyebar undangan pernikahan terlalu dekat dengan hari H, besar kemungkinan banyak tamu yang tidak dapat hadir karena sudah terlanjur memiliki agenda lain. Maka dari itu, sangat penting untuk mempertimbangkan waktu pengiriman undangan nikah ini dengan bijaksana. 


Demikianlah informasi terkait kapan saat terbaik untuk menyebar surat undangan pernikahan agar lebih efektif. Kamu juga bisa memilih berbagai desain undangan mewah dan elegan yang ditawarkan oleh berbagai vendor berpengalaman di WeddingMarket untuk hari spesialmu nanti. Dapatkan juga berbagai macam promo kebutuhan pernikahan yang lainnya. Buruan dicek ya, semoga bermanfaat!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...