Pilih Kategori Artikel

Ini Perbedaan Wedding Salon dengan Salon Lainnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pada artikel kali ini kamu akan diajak mengenal lebih jauh tentang Wedding salon dan perbedaan dengan jenis salon lainnya. Mempercantik diri dan merawat tubuh di salon kecantikan sudah menjadi kebutuhan bagi beberapa orang terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Di mana mereka memiliki tuntutan yang cukup tinggi agar bisa tampil segar dan cantik. Salon kecantikan sendiri tidak hanya digunakan oleh kaum perempuan, para lelaki pun banyak menggunakan jasa salon untuk mengubah penampilannya.


Perawatan yang ada di salon kecantikan juga beraneka macam, bahkan bisa jadi setiap salon memiliki layanan yang berbeda dan ini akan ditentukan dengan jenis salon kecantikan itu sendiri. Termasuk untuk wedding salon yang memang berbeda dengan jenis salon biasanya. Sebelum mengetahui apa perbedaannya, sebaiknya kamu mengetahui dulu apa saja jenis-jenis salon itu, ini dia penjelasannya.

Jenis-jenis Salon

wm_article_img

Foto: urbanasia

1. Beauty Salon

Jenis salon yang pertama adalah beauty salon. Pada umumnya beauty salon menyediakan berbagai macam perawatan yang sangat lengkap dengan one-stop service. Mulai dari rambut, perawatan wajah, treatment tubuh dan lain sebagainya akan disediakan salon jenis ini. Selain itu beauty salon juga menyediakan pula make up artist (MUA) profesional. 

2. Hair Salon

Hair salon adalah jenis salon yang kedua yang memang hanya melayani perawatan rambut saja. Layanan yang diberikan seperti hair cutting, rebonding, straightening, smoothing,  hair coloring, lightening, dan hingga highlight untuk mewarnai rambut, dan masih banyak lagi.

3. Nail Salon

Berikutnya kamu juga pasti mengenal nail salon yang memang hanya menyediakan servis perawatan kuku baik tangan maupun kaki. Adapun jenis-jenis perawatan kuku yang bisa didapat seperti perawatan kuku tangan juga kuku kaki, atau biasa disebut manicure pedicure.

4. Barbershop

Kaum lelaki biasanya adalah pelanggan terbanyak untuk barbershop ini. Karena selain lebih nyaman, pelayanan barbershop juga jauh lebih simpel bila dibandingkan dengan salon kecantikan biasa.

5. Bridal Salon

Jenis salon yang kelima yang akan dibahas lebih dalam di artikel ini, yaitu bridal atau wedding salon. Salon ini akan digunakan khusus bagi mereka yang hendak menikah dan memerlukan jasa makeup hingga tata rias rambut.

Wedding salon juga bisa melayani berbagai permintaan tata rias, baik untuk pengantin tradisional maupun internasional sesuai dengan kebutuhan. 

Dari penjelasan singkat di atas, kamu pasti sudah mulai memahami bahwa wedding salon memang berbeda dengan salon kecantikan biasanya, ataupun jenis salon lainnya. 

Wedding salon atau yang juga dikenal sebagai bridal salon sebenarnya bisa digunakan untuk mendeskripsikan dua tipe bisnis yang berbeda, yaitu toko yang menjual pakaian dan aksesoris pengantin dan salon yang menyediakan jasa perawatan bagi calon pengantin.

Perbedaan Wedding Salon dan Salon Kecantikan Biasa

wm_article_img

Foto: Bridal Reflections

Kemudian apa perbedaannya dengan salon kecantikan adalah, jasa wedding shop hanya menyediakan layanan konsultasi dan mempersiapkan gaun pengantin. Kemudian juga pakaian untuk para pendamping pernikahan dan orang tua calon mempelai.

Sementara wedding salon lebih memperhatikan masalah gaya rambut dan makeup yang akan digunakan oleh pasangan pengantin di hari pernikahan mereka. Dimana salon akan mengutus perias wajah sesuai dengan kemampuan dan pesanan dari pengantin itu sendiri. 

Seiring berjalannya waktu, kini telah banyak bridal salon yang menyediakan paket lengkap untuk kebutuhan pernikahan kamu. Sehingga dikenal lagi dengan istilah  Bridal one-stop-shopping. Salon ini tentunya lebih memudahkan para calon pengantin, karena bisa langsung mencocokkan antara jenis pakaian yang akan digunakan dengan make up-nya.

Bagaimana Memilih Jasa Salon yang Tepat?

Saat ini, jasa wedding salon sendiri sudah sangat banyak. Bahkan di setiap kota di negara ini, bisa dengan mudah kamu temui. Kemudian bagaimana sebaiknya memilih jasa bridal yang tepat berikut ini tipsnya. 

  • Referensi

Tips pertama untuk mendapatkan salon wedding terbaik adalah cari beberapa referensi, yang bisa kamu dapat dari majalah, internet atau orang-orang terdekatmu.

Dari nama-nama yang sudah kamu kumpulkan, kamu bisa memulai pencarian data dengan mengetahui apa saja jenis layanannya, harga, hingga batas waktu booking-nya. Berikutnya lanjutkan dengan mencari testimoni dari pengguna sebelumnya. 

Dari informasi yang sudah kamu dapat, setidaknya kamu bisa mendapatkan gambaran terhadap salon yang akan dipilih. Kamu juga bisa memanfaatkan saran dan rekomendasi dari kerabat atau teman yang pernah menggunakan jasanya. 

  • Sesuaikan Konsep

Berikutnya bicarakan dengan salon wedding yang kamu pilih perihal konsep pernikahanmu kemudian biarkan mereka untuk mengembangkannya. Tunggu beberapa waktu hingga salon tersebut menjelaskan bagaimana mereka akan merealisasikan impianmu.

Jika kamu setuju dengan sarannya, maka itulah kandidat salon yang akan melayani pernikahanmu. Sampai di sini, kamu masih bisa memilih beberapa salon. 

  • Kunjungi Wedding Salon

Selain bisa dilakukan via telepon, kamu juga bisa mendatangi langsung salon, sekaligus melakukan penilaian berikutnya seperti kondisi salon, tata cara pelayanan, dan lain sebagainya.

Di salon yang kamu kunjungi, bicarakan kembali masalah konsep detail pernikahan, kemudian diskusikan. Jangan lupa untuk melakukan negosiasi, terkait harga dan segala macamnya. Namun sebelum berkunjung ke salon, sebaiknya kamu membuat janji terlebih dahulu dengan salon tersebut.

Kru yang akan diutus dari salon tersebut juga wajib kamu pertimbangkan. Pilih wedding salon yang memiliki kru yang komunikatif dan mampu berkomunikasi dua arah dengan baik. Sehingga kamu tidak perlu berulang-ulang menyampaikan keinginanmu. Dari komunikasi yang dilakukan dengan baik juga menunjukkan bahwa mereka bisa bekerja secara profesional.

  • Teliti Layanan yang Diberikan

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa salon wedding akan melayani kamu dalam banyak hal terkait pernikahan, termasuk pakaian pengantin yang tidak boleh sembarangan. Dapatkan informasi lengkap perihal detail bahan, kualitas yang tentunya sesuai dengan bujet.

Tidak hanya pakaian, kamu juga berhak tahu, penggunaan kosmetik apa yang akan digunakan untuk wajahmu. Untuk yang satu ini, biasanya salon wedding akan profesional akan melakukan tes make up terlebih dahulu.

  • Pilih Paket yang Sesuai 

Berikutnya kamu tentukan paket pernikahan yang paling sesuai dengan bujet. Untuk itu, kamu dan calon pasanganmu sebaiknya telah membicarakan perihal yang satu ini agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Jika tidak tersedia dengan paket yang sesuai, kamu bisa meminta saran terbaik dari salon tersebut. Termasuk ketika kamu ingin menambah atau menghilangkan beberapa item pelayanan yang kamu inginkan.

  • Bandingkan

Saran terakhir untuk menentukan salon wedding adalah dengan membandingkan beberapa salon. Setidaknya dari dua atau tiga salon yang kamu jadikan kandidat, kamu bisa menentukan mana yang lebih baik. Tidak hanya harga tapi juga cara mereka melayanimu, termasuk ketika pertama kali kamu menghubungi salon tersebut.

Jangan ragu untuk membandingkan harga, kemudian pantaskan dengan kualitasnya. Karena bagaimanapun pun juga inilah hari pernikahanmu dan kamu berhak mendapatkan yang terbaik.

Nah, itu dia penjelasan yang cukup panjang tentang wedding salon, perbedaannya dengan salon kecantikan biasa, hingga cara menentukannya. Sebelum menghubungi mereka pastikan kamu sudah mematangkan konsep pernikahanmu terlebih dahulu ya. Selamat berbahagia!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...