Pilih Kategori Artikel

Apa Itu Bridal Wedding? Apa Saja Layanannya?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan memang membutuhkan banyak persiapan, salah satunya adalah vendor pernikahan atau jasa bridal wedding. Dengan bantuan mereka, kamu bisa lebih mudah dalam mengelola pernikahan, dari awal hingga akhir acara. 

Untuk kamu yang hendak menikah dalam waktu dekat, namun masih bingung hendak mengurusnya sendiri atau perlu bantuan vendor, berikut adalah rincian lengkap mengenainya. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan mana yang tepat sesuai dengan kebutuhan.


Apa Itu Bridal Wedding?

Bridal wedding merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pesta atau resepsi pernikahan. Umumnya bridal berkaitan dengan segala sesuatu yang dikenakan oleh pengantin perempuan, dari gaun pengantin, makeup pengantin, hingga tatanan rambut.

Namun bukan berarti bridal hanya mengerjakan apa yang dibutuhkan mempelai wanita saja. Ada beberapa jenis bridal yang tersedia di pasaran, beberapa yang sekarang umum ditemui adalah sebagai berikut:

  • Bridal Gaun

Sesuai namanya, jenis bridal ini hanya menyediakan gaun yang hendak dikenakan oleh pengantin. Tidak hanya pengantin perempuan, pengantin pria juga diperbolehkan menggunakan jasa yang mereka miliki, sehingga tampilan di pelaminan menjadi lebih serasi. 

  • Bridal Rambut 

Bridal ini hanya menyediakan layanan untuk menata rambut mempelai wanita, namun tidak menutup kemungkinan ia juga melayani mempelai pria. Untuk bridal jenis ini, kamu bisa memilih gaya rambut sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu buat atau disesuaikan dengan permintaan bridal wedding. 

  • Bridal Vendor

Terakhir adalah bridal vendor, yang menyediakan hampir semua layanan persiapan pernikahan. Misalnya, menyediakan paket lengkap untuk riasan, tatanan rambut, hingga gaun yang hendak digunakan. Tentunya bridal ini jauh lebih banyak membantu, namun tetap membutuhkan budget yang lebih tinggi. 

Paket dan Item yang ada di Bridal

wm_article_imgFoto: Euronews

Kalau kamu sudah yakin untuk memilih menggunakan layanan jasa bridal, ada baiknya mengetahui apa saja paket dan item yang mereka sediakan. Kamu bisa memiliki keleluasaan untuk memilih paket yang mereka sediakan atau tidak. 

1. Wedding Planner

Jika kamu tidak ingin repot untuk mengatur pernikahan yang hendak dilangsungkan, kamu bisa menggunakan wedding planner. Umumnya, jika kamu menggunakan bridal vendor, kamu sudah mendapatkan layanan wedding planner, sehingga lebih hemat budget.

Untuk bridal wedding planner, kamu juga akan disediakan sekelompok orang yang akan membantu kamu selama proses perencanaan pernikahan. Wedding planner juga memberikan layanan wedding organizer, yang akan membantu kamu mempersiapkan pernikahan secara teknis.

Agar kamu tidak kebingungan dengan paket wedding planner yang mereka sediakan, kamu bisa bertanya terkait dengan jenis layanan yang diberikan, harga yang ditawarkan, hingga jam standby yang mereka miliki. Dengan begitu, pengelolaan pesta pernikahan bisa lebih ringkas dan efisien.

2. Catering

Dalam pernikahan, adanya makanan tentu harus menjadi hal yang mutlak untuk dipersiapkan. Karena itu, penggunaan dan pemilihan catering pernikahan harus dipersiapkan dengan baik. Kamu bisa memilih beberapa jenis catering yang ditawarkan, misalnya memilih konsep buffet atau stall.

Ketika memilih paket bridal wedding catering, pastikan kamu merincikan harga yang mereka tawarkan. Jangan sampai kamu merasa keberatan dengan harga catering namun masih tetap menggunakannya karena gengsi. Ini tentu akan menyulitkanmu untuk membayarnya.

Jangan lupa memilih menu yang tersedia di buffet atau stall yang hendak kamu sajikan. Tentunya kamu tidak ingin mengecewakan tamu yang datang dengan menyediakan makanan seadanya. Kamu bisa memilih paket lengkap yang berisi makan pembuka, penutup, main courses, hingga snack dan minuman.

3. Dekorasi

Pernikahan yang kamu langsungkan bisa terlihat cantik karena dekorasi yang disediakan. Untuk bagian dekorasi, kamu bisa menyesuaikan konsep pernikahan yang hendak kamu langsungkan atau budget yang kamu miliki. Makin kompleks hiasan yang perlu dipasang, maka makin mahal harga yang ditawarkan. 

Bagian dekorasi dari bridal wedding tidak hanya mengurusi pelaminan saja, mereka juga mempersiapkan bagian lain seperti bagian penerima tamu beserta hiasan lain yang ada di sekelilingnya. Konsep yang belakangan banyak dipakai untuk dekorasi adalah minimalis dan mewah. 

Pertimbangkan pula juga jumlah properti yang hendak kamu gunakan, jangan sampai menggunakan dekorasi yang tidak sesuai dengan konsep acara. Misalnya menggunakan tema rustic, namun memakai properti dengan tema mewah. Terkait dengan hal tersebut kamu bisa berdiskusi langsung dengan bagian dekorasi. 

4. Makeup Bridal

Setelah semua persiapan lengkap, tentunya pasangan pengantin juga perlu dirias agar tampil cantik dan tampan. Di hari bahagia, tentunya kamu ingin tampil cantik dan serasi, sehingga bisa menjadi kenangan yang tidak terlupakan.

Untuk itulah bridal wedding bagian makeup diperlukan, kamu bisa memilih riasan yang sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu langsungkan. Makeup menjadi bagian kunci yang perlu diperhatikan ketika pernikahan, sebab ia membuat penampilanmu makin prima di hari bahagia tersebut.

Agar tidak salah memilih jenis makeup, kamu bisa memilih makeup bridal yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan hasil yang akan didapatkan. Tanyakan terlebih dahulu apakah mereka bisa merias wajahmu sesuai dengan tema pernikahan yang hendak kamu langsungkan.

5. Dokumentasi

Bagian selanjutnya dari paket pernikahan yang biasanya disediakan oleh bridal adalah dokumentasi. Dokumentasi merupakan aspek yang penting dalam pernikahan karena ia akan menjadi kenang-kenangan hari bahagia yang kamu lalui tersebut.

Untuk paket dokumentasi, kamu bisa menanyakan secara rinci apa saja layanan yang mereka tawarkan. Apakah dokumentasi hanya pada hari pernikahan saja atau sudah termasuk pre-wedding. Begitu pula dengan hasil akhir, apakah mereka menyediakan foto atau juga video.

Bridal wedding yang berpengalaman tentunya memberikan dokumentasi yang baik sebagaimana permintaan pelanggan. Kamu bisa berdiskusi dengan mereka terkait dengan dokumentasi yang hendak dilakukan, jangan lupa sesuaikan pula dengan budget yang kamu miliki.

6. Hiburan

Tidak semua wedding atau vendor bridal menyediakan entertainment atau hiburan, untuk itu kamu bisa menanyakannya terlebih dahulu kepada jasa vendor yang kamu gunakan. Tanyakan apakah mereka menyediakan MC yang akan membantu proses jalannya acara. 

Pastikan bahwa kamu memang menerima layanan hiburan atau entertainment jika memang disediakan, apalagi jika kamu sudah memilih paket lengkap. Namun jika vendor yang kamu pilih ternyata tidak menyediakannya, kamu bisa mencari MC terpisah dan hiburan lainnya. 

Penting untuk memilih bridal wedding yang tepat agar pernikahan berjalan lancar. Kamu bisa mencari layanan jasa mereka lewat beberapa cara, misalnya dengan bertanya kepada teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa mereka. Bisa pula dengan mencari sendiri di internet, kemudian melakukan diskusi untuk mengetahui jasa yang mereka tawarkan lebih lanjut. 

Semoga dengan informasi terkait dengan bridal wedding dan item yang ada di dalamnya tersebut membantu kamu, khususnya yang hendak menikah dalam waktu dekat. Baik kamu hendak melakukan pernikahan secara tradisional maupun modern, hadirnya layanan jasa bridal sedikit banyak akan memudahkan pekerjaan yang kamu lakukan. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...