Tips Memilih Paket Catering Pernikahan dengan Benar

24 Mar 2020 | By Wedding Market | 18
Tips Memilih Paket Catering Pernikahan dengan Benar

Mempersiapkan pernikahan memanglah hal yang merepotkan walaupun saat dijalani terasa menyenangkan karena kamu akan menuju hari bahagiamu. Belakangan ini, para vendor semakin memudahkan kamu dalam mempersiapkan pernikahan, seperti vendor catering yang menyediakan paket catering pernikahan, vendor venue yang menyediakan wedding organizer, dan lainnya.

Sebagai calon pengantin, kamu pasti akan mengalami proses mempersiapkan pernikahan. Tentunya, kamu akan mendapatkan beberapa kendala karena untuk mewujudkan sebuah acara pesta pernikahan yang sukses membutuhkan pengorbanan dan perjuangan.

Biasanya, yang dijadikan sebagai salah satu kendala dalam mempersiapkan pernikahan yaitu dalam urusan memilih paket catering pernikahan. namun, tak hanya itu saja loh, ladies. Ada juga berbagai kebutuhan untuk menggelar upacara pernikahan lainnya.

Ketika menggelar sebuah acara pesta pernikahan pada zaman dahulu, pastinya akan dibuatkan sebuah panitia kecil.  Panitia yang dibuat itu terdiri dari golongan bapak-bapak dan ibu-ibu. bapak-bapak yang akan mendapatkan tugas untuk mencari venue pernikahan, mengurusi segala administrasi surat nikah di KUA, menjemput penghulu, sampai menjadi pembawa acara (MC).

Kalaupun untuk para ibu pastinya akan disibukan dengan segala persiapan pernikahan yang lainnya. seperti misalnya dalam urusan mengatur busana pengantin, seragam untuk panitia, dan yang paling penting itu dalam urusan memilih paket catering selama pesta pernikahan itu akan di gelar.

Nah, kita perlu mengetahui nih, kalau saat ini ternyata sudah berbeda dengan zaman dahulu. Penyebabnya adalah terjadinya perkembangan zaman, yang membuat segala urusan di zaman sekarang ini serba praktis, lho.

Jadi, kamu tidak usah untuk susah payah lagi dalam mencari pernak-pernik perlengkapan pernikahan. Karena pada saat ini biasanya para calon pengantin sudah banyak yang menggunakan jasa wedding organizer. Tidak repot, kan?

Memilih paket catering pernikahan memang tidak mudah. Didasarkan beberapa masukan dari pihak keluarga yang sering ikut campur dalam menentukannya. Maka dari itu, untuk mencegah perdebatan mengenai hal ini, kamu perlu mengikuti beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Bagaimana memilih paket catering pernikahan untuk hari pernikahanmu?


Acara pesta pernikahan, merupakan salah satu rangkaian acara penting untuk perjalanan hidup sepasang kekasih. Maka dari itu, dalam mempersiapkan sebuah acara pesta pernikahan seperti mencari paket catering pernikahan dibutuhkan kesabaran, kecermatan, dan keuangan yang memadai.

Jika kamu ingin mewujudkan acara pesta pernikahan yang mampu memberikan kesan bagi para tamu undangan. Maka sangat diperlukan dalam pemilihan paket catering dengan baik. Inilah ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih paket catering pernikahan kamu.

1. Sigap dalam memberi tambahan

Ketika kamu memilih jasa paket catering untuk pernikahan kamu. maka kamu harus siap bersedia untuk menambah makanan. Diperlukan pada saat keadaan darurat dan tak terduga ketika jumlah tamu membludak.

Untuk menghindari hal yang tak terduga seperti ini. Maka sebelumnya kamu perlu memperhitungkan antara budget, tamu undangan yang ingin kamu undang dan juga paket catering. Semuanya harus balance. Kalau perlu kamu menyediakan catering yang lebih. Agar tidak mengalami kekurangan dalam masalah hidangan makanan ya, ladies.

Tentunya, kamu tidak ingin kan mendapat cibiran pedas dari tamu undangan? Antisipasi lebih baik daripada kamu harus menanggung malu. Oke?

2. Perlu menyiapkan penata hidangan

Disetiap acara pesta pernikahan, pastinya ada petugas makanan yang bersedia untuk menata hidangan catering pernikahan. Petugas di sini bisa saja dari pihak luar ataupun dari pihak keluarga calon pengantin. Tugasnya itu sampai tuan rumah dan tamu undangan benar-benar selesai dan petugas baru membereskannya.

Tak hanya itu saja, tetapi petugas tersebut dapat mengatur tamu undangan ketika ingin menikmati hidangan agar antreannya teratur. Dengan begitu, pastinya kamu sebagai calon pengantin senang kan kalau melihat tamu undanganmu rapi?

3. Dapat dipertanggungjawabkan

Dengan kamu memilih paket catering pernikahan di hari pernikahanmu. Tentunya, menu dan porsi makanan yang disajikan pun juga dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terlalu khawatir untuk memikirkan mengenai hal ini.

Kamu dan pasangan pun hanya menikmati hari spesialmu dengan beberapa ucapan selamat dari deretan tamu undangan yang hadir.

4. Memberi pelayanan secara profesional

Di dalam tips memilih paket catering pernikahan. Kamu perlu memilih petugas catering yang dapat memberikan pelayanan prima serta profesional. 

Profesioanl di sini, dia bisa menunjukkan beberapa sifat yang baik. Seperti misalnya dengan ramah, senyum, dan pakaian rapi.

5. Komunikasi dan kooperatif

Ini merupakan salah satu yang perlu dimiliki oleh seorang petugas catering. Tentunya, di dalam tips memilih paket catering pernikahan. Si petugas catering harus mempunyai sifat yang mudah untuk diajak berkomunikasi dan harus kooperatif atas permintaan tuan rumah.

Eits, ada salah satu hal yang paling penting ketika kamu sedang memilih petugas catering. Yaitu jangan lupa untuk meminta satu orang yang bertugas sebagai penanggung jawab pesta. Tak hanya itu, tetapi juga kebijakan dengan pelayanan penuh terhadap acara pesta pernikahan yang kamu gelar.

Bagaimanakah cara memilih vendor catering pernikahan?

Waktu akan terus berjalan. Tentunya, tanggal pernikahan akan semakin dekat. Segala persiapan untuk acara pesta pernikahan pun sudah dirancangan dengan baik. Kini, sudah waktunya untuk memilih vendor catering untuk menyediakan konsumsi bagi para tamu undangan di hari pernikahanmu.

Di lingkungan masyarakat sekitar, banyak sekali beranggapan bahwa dalam menggelar resepsi pernikahan, hidangan untuktamu undangan merupakan sebuah hal yang penting. Namun, wajar saja kalau masih banyak calon pengantin yang belum mengerti bagaimana caranya untuk mencari vendor catering yang tepat.

Agar tamu undangan kamu menikmati hidangan yang telah kamu sajikan. Maka, ini ada beberapa tips dalam memilih vendor catering untuk sebuah acara pesta pernikahan kamu.

1. Menentukan biaya

Tak bisa disama ratakan bahwa setiap vendor catering akan memiliki harga yang ditawarkan dan pilihan menu yang berbeda. Jika kamu akan menggelar pesta pernikahan dengan jumlah tamu yang banyak. Disarankan untuk memilih tipe buffet yang menyediakan harga per piring. Beda halnya, Jika kamu mengundangan tamu dengan jumlah yang sedikit, kamu pun bisa memilih harga per meja.

2. Fasilitas 

Bukan hanya biaya saya, tetai juga pelayanan yang disediakan oleh catering pernikahan tentunya berbeda untuk setiap paket. Jika kamu memilih catering yang ternyata bukan satu paket dengan lokasi pesta pernikahan yang kamu pilih. Pada umumnya akan disediakan taplak, dekorasi meja, dan peralatan makan sendiri. Maka dari itu, kamu perlu memastikan apakah ada biaya tambahan atau tidak untuk fasilitas ini.

3. Lokasi persiapan makanan

Sebelum kamu memilih vendor catering, kamu harus mengetahui di mana letak makanan yang akan disiapkan. Apabila disiapkan di luar gedung pernikahan, kamu harus tahu seperti apa makanan itu dikirim dan jarak yang harus ditempuh itu jauh atau tidak. Dengan tujuan agar makanan dapat disajikan tepat pada waktunya.

Kalau kamu sudah mengumpulkan banyak informasi mengenai jasa catering. Kamu pun memilih catering yang sesuai dengan layanan profesional dan budget yang kamu dinginkan. Kamu harus selalu mengusahakan untuk berkoordinasi dengan catering pilihan kamu. yang dimaksud agar tidak menimbulkan kesalahan ketika sedang mempersiapkan pesta pernikahan sampai hari H.

Itulah ulasan mengenai bagaimana cara memilih paket catering pernikahan di hari pernikahanmu. Sebelum memilih vendor catering pernikahanmu, tentunya kamu harus menemukan para vendor catering pernikahan terlebih dahulu, bukan? Yuk cari vendor catering pernikahan yang profesional dan terpercaya di Wedding Market. Klik disini ya!


Artikel Terkait