Pilih Kategori Artikel

Dijamin Bikin Pangling! Berikut 7 Model Rambut untuk Pengantin Pria yang Bisa Kamu Tiru
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Tampil rapi dan menawan di acara pernikahan tentu menjadi keinginan para calon pengantin. Banyak hal yang dilakukan bahkan dari jauh-jauh hari, mulai dari perawatan tubuh, wajah, hingga bahkan hal terkecil sekalipun seperti kuku! Tenang, hal ini tidak berlebihan kok, karena pada dasarnya, pasti semua pengantin ingin terlihat menjadi yang paling cantik dan tampan di hari bahagianya.

Tapi bukan hanya calon pengantin perempuannya saja yang harus mempersiapkan diri, calon pengantin prianya juga dong! Salah satu hal yang bisa bikin tampilan si calon lelaki terlihat lebih keren dan berbeda adalah dengan memangkas rambutnya, atau merapikan sedikit tatanan rambutnya supaya terlihat rapi.

Bukan hanya sekadar terlihat berbeda, tapi hal ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu, supaya nanti tidak terlalu gugup saat hari pernikahan. Kamu bingung potongan mana yang cocok buat tampilan kamu, atau bingung menentukan model rambut apa yang sesuai sama bentuk wajah kamu? Yuk, cari tau dulu!

Perawatan Rambut Sebelum Hari H

wm_article_img
Setelan jas by Grisvian Hewis Unique Design

Ada baiknya, keputusan untuk potong rambut tidak datang di menit-menit akhir hari H ya! Karena ada kalanya rambut yang sudah dipotong ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi, sehingga membutuhkan waktu beberapa hari untuk bisa tumbuh, setidaknya sampai mendekati model yang diinginkan. Tapi jika rambut kamu sudah pendek dan hanya perlu sedikit penyesuaian, maka tidak apa jika kamu ingin mencukurnya di beberapa hari sebelum hari pernikahan, seperti dua atau tiga hari sebelum hari H. 

Setelah dicukur rapi, jangan lupa untuk terus merawatnya ya! Pastikan kamu memilih shampo yang tepat untuk jenis rambut dan kulit kepalamu, dan jangan lupa untuk menggunakan kondisioner supaya rambut lebih sehat. Selain rambut, kamu juga harus merapikan rambut wajah seperti kumis atau jenggot, supaya tampilan lebih maksimal. Jika kamu ingin tetap merawat rambut-rambut ini, boleh-boleh saja. Tapi jangan biarkan rambut-rambut wajah ini terlalu panjang dan mengganggu penampilan kamu ya! Bukannya tampil ganteng di hari pernikahan, malah yang ada bikin si pengantin wanita dan tamu-tamu ilfeel. Duh, jangan sampai!

Apa Tekstur Rambut Kamu?

Sebelum mengetahui apa potongan rambut yang cocok untuk kamu, pastikan untuk mengetahui tekstur rambut kamu sendiri. Secara umum, ada empat tipe tekstur rambut, yakni lurus (straight), bergelombang (wavy), keriting besar (curly) dan keriting kecil (kinky). 

  1. Rambut lurus (straight)

Rambut lurus biasanya bertekstur lembut dan halus karena memproduksi minyak alami, dan cenderung terlihat lepek. Untuk merawat rambut lurus, kamu harus sering keramas, bahkan kalau bisa setiap hari. Kamu memang tidak memerlukan shampo khusus, tapi bisa mempertimbangkan untuk menggunakan shampo penambah volume rambut supaya tidak terlihat lepek. Pro tip: hindari penggunaan kondisioner berlebihan karena dapat meningkatkan penumpukan minyak.

  1. Rambut bergelombang (wavy)

Rambut jenis ini cukup memiliki volume, tapi tidak kusut seperti rambut keriting, tidak lepek seperti rambut lurus dan bisa dibilang paling mudah untuk ditata. Pro tip: gunakan pomade atau gel rambut untuk membuat rambut bergelombang kamu tetap “on point” seharian.

  1. Rambut keriting besar (curly

Rambut curly memiliki ikal yang sangat mencolok, dan lebih jelas daripada rambut bergelombang. Jenis rambut ini rentan terhadap kerusakan, jadi kamu harus rutin mencuci, dan pastikan suhu air saat keramas dingin, untuk menghindari rambut menjadi lebih kusut. Hindari menyisir rambut keriting saat kering, karena ini dapat merusak ikalnya. Pro tip: sisir rambut curly kamu dalam kondisi mandi, khususnya saat kondisioner masih ada di rambut untuk mempermudah menyisir dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

  1. Rambut keriting kecil (kinky)

Kamu harus ekstra merawat tekstur rambut ini, karena cenderung mudah patah dan kusut. Berbeda dengan jenis rambut lurus yang harus sering dikeramas, rambut ini justru sebaliknya, kamu hanya perlu mencucinya saat benar-benar diperlukan. Pro tip: Hindari menyisir rambut saat kondisi kering dan gunakan minyak rambut untuk menjaga kelembaban rambut keritingmu. Dengan begitu, rambut kriwil kamu akan stay on point deh!


Ketahui Bentuk Wajah Kamu Dulu, ya!

wm_article_img
Fotografi: Kalopsia Photo

Pernah tidak sih kamu mencukur rambut tapi tampilannya malah jadi tidak cocok sama bentuk wajah? Hal ini sebetulnya bisa dihindari, asalkan kamu tau bentuk wajah kamu, dan potongan rambut jenis apa yang cocok sama bentuk wajah kamu tersebut. Supaya tidak salah model rambut lagi, kenali dulu beberapa bentuk wajah, dan langsung perhatikan yang mana bentuk wajah kamu ya!

  1. Oval: Jika wajah kamu berbentuk oval, hampir semua gaya rambut cocok buat kamu, dan kalau kamu mau aman, kamu bisa meminta potongan rambut pendek klasik dengan sedikit panjang di bagian atas. Pokoknya, hindari potongan yang bikin wajah kamu jadi lebih bulat.

  2. Bulat: Jika wajah kamu berbentuk bulat, maka potongan rambut pendek di samping dan lebih panjang di bagian atas akan bikin wajah kamu terlihat lebih tegas.

  3. Kotak: Jika wajah kamu berbentuk kotak dengan siluet rahang yang kuat, kamu bisa minta potongan rambut yang memiliki sisi pendek dan rapat dengan sedikit volume di bagian atas seperti classic undercut, slicked back, fade medium-length, atau buzz cut

  4. Berlian: Jika wajah kamu berbentuk berlian, kamu bisa meminta potongan rambut berbentuk persegi di atas, seperti pompadour atau quiff

  5. Hati: Jika wajah kamu berbentuk hati atau segitiga terbalik, gaya rambut kamu bisa dibuat panjang sedang. Supaya lebih kece, rambut kamu bisa dibelah model belah tengah supaya tampilan wajah lebih proporsional.

Jadi, Mau Dipotong Model Apa?

  1. Pompadour

wm_article_img
Foto via Mens Haircuts

Ciri khas gaya rambut pompadour adalah rambut yang disisir ke belakang dan ke atas melewati kepala, sementara bagian samping dan belakang disisir rapi sehingga terlihat sangat sleek. Untuk menjaga tampilan rambut tetap saling menempel, kamu bisa menggunakan hairspray atau gel rambut supaya gaya pompadour ini tetap rapi. 

Buat kamu yang berambut lurus, tentu akan sangat cocok dengan potongan ini. Karena biasanya pria dengan rambut tebal, keriting, atau bergelombang cenderung memanfaatkan tekstur alami rambut mereka dengan gaya potongan lain. Gaya pompadour ini disarankan untuk kamu yang memiliki wajah dengan garis rahang lebar dan tulang pipi tinggi, karena gaya ini bisa memberikan keseimbangan visual pada wajah.

wm_article_img
Tuxedo by Wong Hang Tailor

Dengan volume rambut yang tinggi di atas kepala, model pompadour dapat membuat wajah kamu terlihat lebih proporsional dan mengurangi penekanan pada garis rahang lebar. Hal ini juga membantu menciptakan tampilan yang elegan dan kuat, sesuai dengan ciri-ciri maskulin yang lebih klasik. Jadi makin terlihat tegas gitu deh jadinya! Ada beberapa model potongan pompadour yang bisa kamu sesuaikan dengan panjang rambut kamu, dan juga bentuk wajah, di antaranya adalah classic, modern, short, curly, fade, low-fade, undercut, parted, voluminous dan relaxed pompadour. 

  1. Buzz Cut

wm_article_img
Foto via Men's HairstylesFix

Tidak mau direpotkan dengan banyaknya model rambut dan mau tampil rapi tapi effortless di hari pernikahanmu? Potongan yang super timeless ini dijamin cocok banget deh! Namanya buzz cut, model rambut yang sebenarnya merujuk pada suara yang dihasilkan ketika rambut dipotong, yang menggambarkan gaya rambut ini dengan tepat. Model rambut ini sudah ada sejak Perang Dunia Kedua, dimana pada saat itu para tentara sibuk melakukan sebagai cara untuk mengatasi masalah kutu kepala, karena mereka tinggal bersama dalam ruang yang sempit. Makanya tidak heran kalau potongan rambut ini identik sama pria-pria di kemiliteran.

wm_article_img
Mandarin Suit by Wong Hang Tailor

Buat kamu yang memelihara jenggot, potongan yang sangat pendek ini bisa membantu fitur wajah yang simetris dan berkontur tajam kamu semakin terlihat. Model buzz cut ini cocok buat kamu yang memiliki wajah ramping, rahang dan tulang pipi yang kuat, yaitu pria dengan model wajah kotak, oval, hati dan juga berlian. Dan  buat kamu yang berdahi besar, atau muka yang bulat, potongan rambut ini akan menjadi kurang maksimal karena akan membuat wajah kamu semakin terlihat bundar.

Tidak sembarangan pendek loh, karena model buzz cut juga bisa kamu modifikasi dengan model lain seperti fade, long, military, grown out, low fade, mid fade, balding buzz cut, dan masih banyak lagi model yang lainnya yang sebenarnya mirip-mirip. Kalau kamu bingung, konsultasikan sama tukang cukur langganan kamu ya!

  1. Quiff

wm_article_img
Fotografi: Visuel Project

Mirip-mirip sama model pompadour, model quiff ini bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin tampil rapi namun tekstur rambut kamu masih terlihat. Jika pada umumnya rambut model pompadour disisir ke belakang atau ke atas dan memberikan kesan lebih berat, pria dengan rambut model quiff justru menyisir rambut ke depan untuk menciptakan volume vertikal di bagian depan kepala, dan membiarkan sebagian rambut ke arah pinggir. Fyi, model rambut ini populer banget loh di tahun 2000-an!

wm_article_img
Foto via Love Hairstyles

Potongan rambut ini cenderung cocok di semua bentuk wajah, baik yang bulat atau kotak. Tapi, bentuk wajah yang paling cocok dengan model quiff adalah pria dengan bentuk wajah persegi. Buat kamu yang tekstur rambutnya lurus tentu akan mudah men-styling dengan model quiff, tapi jika rambut kamu sangat keriting, terlalu kribo, atau sangat halus maka tentu akan susah membuat tampilan ini. Beberapa model quiff yang bisa kamu tiru adalah classic, undercut,  textured, side-parted, slide back dan fade quiff.

  1. Classic Fade

wm_article_img
Suit by Wong Hang Tailor

Sesuai dengan namanya, potongan rambut ini memberikan variasi dan tampilan transisi pudar atau fade, dimana rambut di bagian atas kepala sedikit lebih panjang dibandingkan dengan area lainnya, dan bahkan ada pula yang mencukur bagian bawah rambut hingga botak. Tingkat fading ini bisa kamu tentukan sendiri, apakah low, mid atau high, dan tergantung juga pada panjangnya rambut kamu. Potongan classic fade ini bisa diaplikasikan pada bentuk wajah apapun, karena bisa diatur dan ditentukan sendiri panjangnya. Jadi kamu tidak usah takut tidak cocok dengan potongan ini ya!

wm_article_img
Foto via Battabox

Tapi sebagai pertimbangan, kamu harus tau bahwa potongan rambut high fade lebih cocok untuk wajah dengan bentuk bulat, persegi, dan berbentuk hati, karena potongan ini akan membuat kontras yang baik dan memberikan penekanan pada area atas kepala, yang sesuai dengan bentuk wajah tersebut. Sementara potongan rambut low fade lebih sesuai untuk wajah dengan bentuk oval, persegi panjang, dan berlian, karena potongan ini memberikan kesan penyeimbangan yang baik dengan bentuk wajah yang sudah seimbang dan mempertahankan rambut yang lebih panjang di bagian atas kepala. Jangan bingung ketika ditanya model fade apa, karena kamu bisa memilih di antara enam model classic face yakni high, mid, low, taper, burst dan undercut fade. 

  1. French Crop

wm_article_img
Foto: Alvin Photography

Model rambut yang tak lekang oleh waktu ini juga bisa bikin tampilan kamu di hari pernikahan akan terasa segar sekaligus menawan. Apalagi model ini cocok untuk semua bentuk wajah dan semua tekstur rambut loh! Meski terkesan berantakan, tapi model messy hair ini bisa bikin tampilan kamu semakin natural. French crop adalah model rambut dimana bagian belakang dan samping dipotong pendek, sementara bagian atas dibiarkan sedikit lebih panjang. Rambut yang di bagian atas bisa kamu atur ke depan atau bisa juga disisir ke samping, tergantung pada panjangnya. 

wm_article_img
Foto via All Things Hair

Jangan takut jika kamu berwajah bulat dengan pipi yang berisi, karena model rambut ini sudah pasti sesuai sama bentuk wajah kamu! Gaya rambut ini punya efek pelangsing yang bisa mempertegas wajah kamu, dan bahkan jika kamu memiliki janggut, model ini bisa menciptakan ilusi garis rahang yang lebih tirus. Tapi, pastikan untuk meminta layer di bagian atas rambut kamu ya, karena itu akan menjadi fokus utama, yakni mengalihkan perhatian dari pipi tembam kamu. Classic, short, long, fade, textured, disconnected layer, undercut dan comb over french crop adalah beberapa model potongan french crop yang bisa kamu pilih sesuai dengan tekstur rambut kamu. 

  1. Curtain

wm_article_img
Busana pria: Bie Hin Tailor

Mau tampilan kamu mirip oppa-oppa Korea di hari pernikahanmu? Kamu bisa nih pilih potongan curtain! Potongan rambut model ini cocok buat kamu yang rambutnya agak panjang, khususnya di bagian poni, karena seperti namanya, curtain atau tirai, poni rambut kamu akan menggantung terbelah dua di bagian dahi sehingga tampilan kamu terlihat kasual dan santai, namun tetap manis. Selain nama curtain, model potongan ini juga memiliki nama lain seperti e-boy hair, comma hair dan Korean hair.

wm_article_img
Fotografi: Hijaz Pictura

Bisa dibilang, model rambut yang low maintenance ini sangat bisa diterapkan pada semua jenis bentuk wajah dan juga tekstur rambut, tergantung pada penataan atau styling-nya. Supaya berbentuk “curtain” secara maksimal dan tahan lama, kamu bisa menambahkan gel di rambut bagian depan. Beberapa model curtain yang bisa kamu coba dan sesuaikan dengan baju pernikahan kamu di antaranya classic, textured, curly, messy, short hair, long hair, fade, undercut dan side curtain hair. 

  1. Man Bun

wm_article_img
Foto via MensHairCuts

Buat kamu yang berambut gondrong, tidak mau dipotong tapi mau tetap terlihat rapi, kamu bisa nih berpedoman pada gaya man bun! Simple banget, kamu hanya perlu mengikat rambut kamu menjadi sanggul atau simpul di bagian belakang kepala, dan selesai! Kamu bisa memvariasikan gaya man bun ini dengan membuat bun-nya lebih tinggi atau rendah. Meskipun terkesan sederhana, tapi gaya ini bikin kamu tampil lebih modis loh!

wm_article_img
Suit by Bie Hin Tailor

Nah, tinggi rendahnya ikatan rambut kamu ternyata bisa divariasikan ke beberapa model, dan tergantung pada tekstur rambut kamu juga. Beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah top knot, slicked back, messy bun, undercut, low man bun, half updo, curly classic dan hun man bun. 

Semua gaya rambut di atas bisa kamu variasikan dan kreasikan sendiri, sesuai dengan bentuk wajah dan tekstur rambut. Kamu juga bisa menyesuaikan potongan rambut kamu dengan tema, konsep, dan juga baju pernikahan kamu supaya lebih maksimal lagi. Dan yang terpenting, kamu harus tampil percaya diri dengan potongan rambut kamu tersebut, agar aura kamu benar-benar terpancar di hari bahagiamu.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...