Pilih Kategori Artikel

7 Tips Memilih Pembawa Acara Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pembawa acara pernikahan atau MC kerap dijadikan sebagai tolak ukur dari berhasil atau tidaknya sebuah acara. Terlepas dari apakah ia seorang wanita atau pria. Kamu harus bisa memastikan bahwa mereka adalah seorang yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. 

MC juga yang tepat akan membuat suasana dan acara menjadi lebih segar, sehingga tidak terkesan monoton dan datar. Namun, bukan berarti kamupun serta merta memilih MC yang kadar humornya berlebihan. Karena bisa jadi acara pernikahan yang sakral akan berubah menjadi lelucon yang buruk. 

Memang banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika memutuskan, siapa yang akan berperan pada acara pentingmu tersebut. Termasuk salah satunya adalah menentukan apa peran MC pernikahan.

Lantas, bagaimana sebaiknya memilih pembawa acara yang tepat dan bisa digunakan untuk sebuah acara pernikahan. Ini dia tips yang bisa kamu pertimbangkan. 

1. Rekomendasi dari WO

Wedding organizer yang akan kamu gunakan, sebaiknya sudah bisa dipastikan dengan baik bisa bekerja sesuai fungsinya. Karena mereka yang akan bertanggung jawab akan kelancaran acara pernikahanmu. Tidak saja pada hari H, namun WO biasanya akan terlibat lebih jauh hingga paha detail lainnya. 

WO pada umumnya akan memberikan saran terbaik, termasuk di dalamnya menyarankan pembawa acara yang akan digunakan. Untuk saran yang pertama ini, sebaiknya kamu setujui, karena biasanya WO sudah tahu benar akan kualitas partner kerjanya. 

MC atau pembawa acara pilihan WO bisa menjadi pilihan terbaik, dan kamu tidak perlu memikirkan lagi biaya lainnya, karena biasanya sudah termasuk dalam paket. Hanya saja, untuk meminimalisir kesalahan yang bisa saja terjadi, kamu bisa meminta WO untuk menentukan MC pernikahan ketika acara meeting atau persiapan lainnya dilakukan. 

2. Tentukan Kriteria

wm_article_img
Foto: harisnuzul_mc from Instagram

Tips berikutnya dalam memilih pembawa acara pernikahan adalah menentukan kriterianya. Cari vendor MC yang berkualitas dengan pengalaman kerja yang tinggi, sehingga kamupun tidak perlu khawatir dengan acara pernikahanmu. 

Minta bantuan pihak lain atau pasanganmu untuk menentukan apakah MC yang kamu pilih sudah sesuai atau belum. Termasuk di dalamnya menentukan apakah kamu akan menggunakan MC wanita atau pria. 

Untuk menunjang proses pencarian yang satu ini, kamu juga bisa melihat dari akun media sosial MC tersebut. Dari sana kamu bisa menilai apakah kriteria MC tersebut sudah sesuai dengan pilihanmu atau tidak. 

Ada banyak kriteria MC yang bisa dipilih dan sebaiknya kamu tidak salah memilih. Mereka juga biasanya memiliki spesifikasinya masing-masing. Untuk acara pernikahan, terutama untuk acara akad nikah, sebaiknya dipilih MC yang paham akan prosesi sakral ini. 

Sementara untuk resepsi pernikahan saja, kamu bisa memilih MC yang lebih santai, karena biasanya resepsi tidak terlalu sarat akan aturan. Namun ada baiknya, MC yang dipilih paham akan acara adat maupun resepsi. 

3. Harga

Ini dia tips berikutnya yang wajib kamu pertimbangkan ketika menentukan vendor. Harga yang tepat biasanya akan memberikan kualitas yang sesuai. 

Jika bujet berlebih, maka kamu bisa memilih MC ternama dan papan atas, seperti misalnya para selebriti MC pernikahan. Namun, jika dana terbatas, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini, kamu juga masih bisa menemukan pembawa acara yang bagus namun tidak mematok harga terlalu tinggi. 

Perlu kejelian untuk yang satu ini, karena belum tentu dari selebritis yang kamu pilihpun, mereka paham akan rangkaian acara sebuah pesta pernikahan. Lain halnya, jika mereka hanya digunakan pada resepsi pernikahan yang cenderung lebih santai. 

Banyak MC pernikahan yang juga berkualitas namun masih bisa memberikan penawaran harga yang masuk di akal. Kamu bisa membandingkan harga dari satu MC ke MC lainnya. 

Untuk mengetahui berapa harga jasa MC tersebut, kamu bisa menanyakan langsung via akun media sosialnya, melalui manajer ataupun melalui nomor ponsel yang biasa mereka gunakan. Kamu tidak perlu ragu untuk menanyakannya, karena ini merupakan hal yang wajar dan biasa. 

4. Berwawasan Luas dan Berpenampilan Menarik

wm_article_img
Foto: khadafi_mc from Instagram

Pembawa acara pernikahan akan berdiri di tempat yang paling mudah dilihat. Jika ia tidak memiliki penampilan yang sedap dipandang, hanya akan memberikan kesan kurang baik untuk pesta pernikahanmu. 

Untuk itu, pastikan MC yang akan kamu gunakan memiliki kemampuan yang baik, saat menggunakan pakaian untuk tampil. Selain itu yang perlu kamu pertimbangkan adalah kemampuannya dalam mengolah suatu acara. 

Jika ia tidak berwawasan luas, dijamin acara yang akan ia bawakan terkesan biasa dan begitu-begitu saja. MC yang berwawasan akan terlihat juga dari cara ia mempresentasikan sebuah acara. 

MC yang baik juga sebaiknya paham akan bahasa yang digunakan saat pesta pernikahanmu. Semisal, jika pestamu bertema adat Sunda, maka pastikan kamu memilih MC yang juga paham akan bahasa Sunda.

Dengan kemampuannya dalam berbahasa, akan memudahkan pembawa acara ketika harus menyapa para sesepuh ataupun para tamu undangan. Atau saat menyampaikan kalimat yang biasanya dibutuhkan saat acara pernikahan berlangsung. 

5. Kreatif

Memilih pembawa acara pernikahan yang kreatif sebaiknya juga kamu lakukan. Di mana acara pernikahan tidak melulu menjadi tegang dan mengharukan. MC juga akan bertugas sebagai orang yang bisa mencairkan suasana. 

Sehingga acara pernikahan, meskipun ini adalah momen penting dan sakral, masih bisa terasa begitu menyenangkan dan membuat acara mengalir dengan ringan. 

MC juga bisa menyertakan beberapa permainan atau pertanyaan, yang bisa diajukan kepada setiap orang di acara pernikahan. 

6. Testimoni

wm_article_img
Foto: aldi.mc from Instagram

Untuk melihat apakah MC yang akan kamu gunakan sudah sesuai atau belum, juga bisa dilihat dari testimoni dari orang lain yang telah menggunakan jasanya. Selain itu, kamu juga bisa meminta track record yang biasanya dimiliki oleh seorang pembawa acara. 

Gunakan juga akun sosial medianya sebagai tolak ukur untuk melihat kemampuannya. Selain Instagram, MC saat ini juga sudah melengkapi CV nya dengan memiliki channel di Youtube. 

Dengan demikian, kamu akan semakin mudah menentukan kualitas dan cara kerja dari MC tersebut. Jika berkenan, kamu juga bisa meminta MC untuk mengundangmu melihat aksinya, ketika ia tengah bekerja di pesta pernikahan lainnya yang sedang ia tangani. 

7. Bertemu Langsung

Tidak sedikit WO yang memilihkan pembawa acara pernikahan, yang tidak kamu kenal sebelumnya. Jika kamu ragu, maka kamu bisa meminta agar bisa bertemu langsung dengan vendor MC tersebut. 

Karena bagaimanapun juga, kamu yang tetap memiliki dana yang kemudian akan memutuskan. Apakah MC tersebut sudah sesuai dengan acara yang akam dibawakan atau tidak. Chemistry dari seorang pembawa acara biasanya akan terlihat ketika pertama kali bertemu. 

Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin, untuk menanyakan beberapa hal, termasuk sharing susunan acara yang telah dibuat. Dari pertemuan langsung, kamu bisa menilai apakah MC pernikahan termasuk yang pandai mengolah sebuah acara atau tidak. 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih pembawa acara pernikahan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu juga bisa membuat kontrak yang disetujui bersama. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...