Pilih Kategori Artikel

Timeline Perawatan Pengantin Sebelum Menikah, Demi Cantik Luar dan Dalam
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pernikahan adalah ibadah terpanjang seumur hidup yang diharapkan hanya terjadi sekali, tak heran kalau kamu ingin tampil menawan. Untuk memperjuangkan penampilan yang memukau ini, tidak hanya perlu menemukan MUA yang andal tapi juga melakukan perawatan pengantin.

Layaknya perawatan yang membutuhkan proses dan waktu untuk mencapai hasil yang diinginkan, semua tak bisa instan demi cantik luar dan dalam. Yuk, ikuti timeline merawat diri jelang pernikahan di bawah ini supaya tak terlambat!

12-6 Bulan Sebelum Pernikahan

Mulailah minum delapan gelas air sehari. Akan ada banyak manfaat baik jangka pendek atau panjang kamu rasakan jika mulai membiasakan minum banyak air. Yaitu: 

  • Mencerahkan wajah

  • Menghidrasi wajah sehingga tampak lebih segar, tidak kusam

  • Membantu mencegah penuaan dini

  • Menjaga kelembapan wajah

  • Mengurangi jerawat pada wajah

Minum Vitamin untuk Kulit

wm_article_img
Foto: Freepik

Tahukah kamu kalau ada vitamin khusus untuk kulit juga? Nah, dalam kurun waktu 12-6 bulan sebaiknya mulai minum vitamin untuk kulit sebagai salah satu cara perawatan pra-nikah

Bisa dikonsumsi setiap hari, dalam vitamin untuk kulit terdapat vitamin B7 atau biotin, vitamin E dan vitamin C yang terbukti memberi manfaat untuk kulit. Di antaranya: 

  • Melembapkan kulit

  • Menjaga sel kulit dari kerusakan

  • Melembutkan kulit

  • Mempercepat proses pemulihan dan regenerasi kulit

Rajin berolahraga

wm_article_img
Fotografi: Partystock/freepik

Perawatan untuk calon pengantin bukan hanya soal wajah, tapi juga kesehatan. Sangat penting buat menjaga asupan makan dan ditambah dengan olahraga. Olahraga pun bukan semata-mata hanya untuk yang bertujuan diet saja, sebab turunnya berat badan adalah bonus. 

Manfaat olahraga untuk calon pengantin yakni menjaga kebugaran, meningkatkan kesuburan, bahkan bisa meredakan stres akibat persiapan pernikahan yang luar biasa banyak. Nah, untuk olahraga yang bisa dilakukan calon pengantin yaitu:

  • Pilates untuk mengencangkan otot perut, panggul, sampai paha

  • Berenang untuk menguatkan jantung dan paru-paru sehingga stamina meningkat

  • Yoga untuk memperbaiki mood dan menenangkan hati

Eksfoliasi Wajah dan Tubuh

wm_article_img
Fotografi: Freepik

Eksfoliasi menjadi proses perawatan sebelum menikah yang bisa dilakukan sejak jauh-jauh hari. Eksfoliasi sendiri adalah pengangkatan sel kulit mati sehingga wajah dan tubuh kian cerah. 

Kamu bisa melakukan eksfoliasi di salon atau rumah karena caranya yang sederhana. Yang pertama yaitu dengan menggunakan alat seperti sikat atau spons dan yang kedua yaitu menggunakan sabun yang mengandung scrub. Namun untuk perawatan yang satu ini, sebaiknya tidak dilakukan sesering mungkin karena dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan.

Melakukan Double Cleansing

wm_article_img
Foto: Freepik

Double cleansing atau membersihkan wajah dua kali juga baiknya sudah mulai kamu jadikan kebiasaan sejak jauh-jauh hari sebelum pernikahan. Yang dimaksud dengan double cleansing adalah memulai membersihkan muka dengan cairan berbasis minyak dan dilanjutkan dengan pembersih wajah berbasis air.

Memulai Rutin untuk Facial

Kapan waktu terbaik facial sebelum menikah? Nah, untuk memulainya sendiri antara 12-6 bulan sebelum pernikahan. Meski begitu, jangan lakukan sesering mungkin, ya, sebaiknya sebulan sekali dengan dibarengi dengan perawatan rumahan.

4 Bulan Sebelum Pernikahan

Perawatan Rambut

wm_article_img
Foto: Prostooleh/freepik

Pengantin sering kali lupa bahwa rambut pun perlu perawatan, terutama bagi mereka calon pengantin lelaki dan pengantin perempuan yang tidak berhijab. Rambut adalah mahkota, jadi jangan sampai luput agar wangi dan memesona. 

Mulai dengan menggunakan masker rambut atau melakukan perawatan di salon. Mau mewarnai rambut? Nah, ini adalah saatnya buat kamu bereksplorasi mencari warna yang terbaik buat pernikahan nanti. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan MUA dan penata rambut pernikahan nanti soal apakah kamu perlu memotong atau justru membiarkan memanjang. 

Memeriksa Gigi

wm_article_img
Foto: Teksomolika/freepik

Agendakan juga mendatangi dokter gigi sebagai bagian dari perawatan pengantin. Selain membersihkan karang gigi dengan ahlinya, siapa tahu gigi kamu perlu mendapatkan perawatan lebih seperti berlubang atau pemutihan gigi.

7 Hari Sebelum Pernikahan

Melakukan Waxing

wm_article_img
Foto: rawpixel/freepik

Detik-detik terakhir kamu akan sangat sibuk dengan segala persiapan dan memastikan semua vendor pernikahan telah siap. Namun, ingat juga untuk waxing atau penghilangan rambut di badan, baik di kaki, tangan, atau bagian sensitif lainnya. 

Ada banyak jenis waxing, kamu sebaiknya mengenali dulu apa itu warm soft wax, warm hard wax, cold soft wax dan sebagainya, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing metodenya. Apabila kamu tak sempat ke salon, kamu bisa membeli krim cukur rambut dan melakukannya sendiri di rumah, lho

Manikur dan Pedikur

wm_article_img
Foto: Valuavitaly/freepik

Jangan sampai lupa, yakni manikur dan pedikur. Selain membuat kuku kaki dan tangan lebih bersih, tentu akan lebih menyenangkan dilihat oleh para tamu, 'kan?

Jika masih ada budget, lakukan juga nail art sesuai dengan warna dan konsep yang diinginkan. Ada banyak referensi nail art pernikahan yang bisa kamu pilih, mulai dari yang sederhana sampai dengan banyak hiasan sekaligus. 

Keramas

wm_article_img
Foto: Freepik

Kapan waktu terbaik untuk mencuci rambut atau keramas? Jawabannya adalah sehari sebelum pernikahan. Ini akan membuat rambut kamu dalam keadaan terbaik dan mudah buat ditata.

Itu mungkin terasa seperti banyak hal yang harus dilakukan, tetapi timeline perawatan pengantin di atas akan membantu kamu mengatur sesuai kebutuhan pribadi. Selain itu, melakukan sesuai garis waktu ini akan membuat calon pengantin lebih paham mana yang sudah dengan yang belum, serta mana yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Demi tampil bak ratu atau raja di hari istimewa, apa pun pasti siap kamu lakukan, 'kan?

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...