Pilih Kategori Artikel

10 Tempat Prewedding Outdoor di Jogja, Mengukir Kenangan dengan Panorama Memukau
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

"Jogja terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan."

Kutipan tersebut sering kita dengar untuk merepresentasikan betapa romantisnya Jogja. Tak heran, beberapa pasangan memiliki kenangan indah di sana. Tak sedikit pula yang ingin mengabadikan kisah cinta mereka di kota ini sebelum menjalankan pernikahan. Salah satu caranya adalah dengan mengambil foto prewedding di Jogja.

Ada banyak sekali sudut kota ini yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berfoto romantis. Temanya pun cukup beragam, mulai dari yang dekat dengan alam hingga foto kekinian ala street photography. Lalu, dimana saja tempat tersebut? Untuk inspirasi foto prewedding Jogja, simak beberapa tempat berikut ini, yuk!

1. Candi Ratu Boko

wm_article_img
Fotografi: Sweet Escape

Ada begitu banyak situs candi yang ada di Yogyakarta. Salah satu yang bisa kamu gunakan sebagai latar belakang untuk berfoto karena kemegahannya adalah Candi Ratu Boko. Selain candi itu sendiri, Candi Ratu Boko juga memiliki pemandangan yang indah apalagi saat matahari tenggelam. 

wm_article_img
Foto: wedangkopiprambanan.com

Candi ini terletak 3 km dari Candi Prambanan di sebelah selatan. Menurut beberapa sumber, area ini sebenarnya bukan seperti candi pada umumnya, lo, melainkan reruntuhan dari kerajaan pada zaman dahulu. Makanya, jika dilihat, Ratu Boko ini lebih mirip dengan bangunan istana. Ada beberapa spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto, seperti kolam dan bagian pintu depan yang membentang layaknya gapura yang megah. 

2. Taman Sari

wm_article_img
Fotografi: Alvin Photography

Saat membicarakan destinasi di Jogja yang digunakan untuk melakukan prewedding, area yang satu ini wajib untuk masuk. Taman Sari adalah sebuah kompleks istana dan taman air yang terletak tak jauh dari keraton. Tempat ini adalah bagian dari Keraton Yogyakarta, istana resmi Sultan Yogyakarta, dan memiliki sejarah yang kaya serta nilai budaya yang tinggi. Bahkan, kompleks Taman Sari termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taman Sari memiliki sejumlah bangunan dan kolam yang bersejarah yang digunakan sebagai tempat peristirahatan dan hiburan bagi keluarga kerajaan, terutama pada masa Sultan Hamengkubuwono I. Kompleks ini juga memiliki fungsi pertahanan pada masa lampau.

Kini, selain dijadikan sebagai tempat wisata, kita juga bisa menggunakannya sebagai tempat untuk mengambil foto prewedding. Kolam dan arsitektur gaya lama akan membuat hasil foto jadi terlihat sangat menarik dan kaya akan budaya Jawa.

3. Tebing Breksi

wm_article_img
Fotografi: Alvin Photography

Dulunya Tebing Breksi adalah tempat penambangan untuk batuan alam, tapi sejak 2015 tebing ini digunakan untuk tempat wisata. Selain banyak dikunjungi sebagai tempat untuk berwisata, tebing yang menjulang tinggi ini juga kerap dijadikan latar belakang untuk berfoto, termasuk digunakan untuk mengambil foto prewedding.

wm_article_img
Fotografi: Colorful Photo Cinema
wm_article_img
Foto: Aliy Photography

Lokasi ini bisa digunakan untuk prewedding karena hasil yang menarik dan berbeda dengan lokasi biasanya. Kamu dan pasangan bisa mengambil foto di pagi atau sore hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Pantai Glagah

wm_article_img

Ada begitu banyak pantai yang ada di Yogyakarta, kamu bisa memilih salah satunya. Untuk mendapatkan hasil yang berbeda dari pantai pada umumnya, kamu dan pasangan bisa mengambil foto di Pantai Glagah. Pantai ini terletak di Kulon Progo dengan ciri khas beton-beton ombak yang akan memberikan ciri khas sendiri.

Tak hanya itu, ada banyak kawasan menarik di sekitarnya yang juga bisa kamu gunakan sebagai area untuk berfoto, misalnya laguna, kawasan gumuk pasir, hingga agrowisata buah-buahan.

5. Jalan Malioboro

wm_article_img

Jika ingin mendapatkan hasil foto ala street photography yang masih kental dengan kesan tradisional rasanya jalan yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Jalan Malioboro menawarkan suasana khas Jogja yang sering digunakan untuk berfoto. Salah satu spot yang populer adalah bagian plang hijau bertuliskan Jl Malioboro. Namun, kamu juga bisa mengambil foto di setiap sudut jalanan ini. Bahkan, ada becak dan delman yang bisa digunakan juga untuk berfoto.

Saat ini, pedagang yang berjualan di Jalan Malioboro sudah pindah ke Teras Malioboro sehingga jika ingin mendapatkan foto dengan latar para pedagang, kamu juga bisa mengunjungi tempat ini.

6. Kampung Ketandan

wm_article_img
Fotografi: Wahyu Ananda

wm_article_img

Masih di kawasan Malioboro, kamu bisa mengambil foto di Kampung Ketandan. Tempat ini juga akan cocok dengan tema street photography dengan latar yang cukup unik karena daerah ini merupakan hasil dari akulturasi budaya Tionghoa dan Keraton Yogyakarta. 

wm_article_img

Saat berfoto di kawasan ini, kamu bisa memilih mengenakan pakaian yang sesuai tema, tradisional, atau pakaian kasual yang biasa kamu pakai. Sebagai bocoran, lokasi ini didominasi oleh warna merah, kuning, dan hijau sehingga kamu bisa menyesuaikan warna pakaianmu.

7. Kotagedhe

wm_article_img
Fotografi: Gawegambar Photography

Masih dengan tema street photography, Kotagedhe memberikan berbagai pilihan foto jalanan yang unik. Kotagede termasuk ke dalam kota budaya yang memiliki berbagai peninggalan sejarah yang menarik.

Selain itu, kawasan ini juga terkenal dengan kerajinan peraknya. Tak hanya itu saja, gang-gang yang ada bisa digunakan sebagai latar untuk berfoto. Salah satu spot paling terkenal yang juga sering digunakan untuk berfoto adalah Masjid Gedhe Mataram. Arsitektur khas keraton dengan gaya lama membuat fotomu terlihat semakin estetis.

Selain itu, kamu bisa berjalan di hari sebelumnya untuk menemukan spot yang terbaik karena kawasan ini akan memberikan hasil yang bagus bahkan saat berfoto di tempat yang asal dengan arsitekturnya yang khas dan menarik.

8. Hutan Pinus Mangunan

wm_article_img
Fotografi: Terragraph

Selain pantai dan jalanan, kamu juga bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dengan latar pepohonan yang tinggi menjulang. Caranya adalah dengan mengambil foto prewedding di Hutan Pinus Mangunan. Sesuai dengan namanya, hutan ini terletak di Mangunan, Bantul. 

wm_article_img
Foto: instagram/adehidayat03_

Selain berfoto dengan latar belakang hutan, kamu juga bisa berfoto di berbagai spot menarik yang disediakan, misalnya di menara pandang yang memiliki bentuk unik. Dengan mengambil foto di sini, kamu bisa mendapatkan latar belakang alam Jogja yang indah.

Mengambil foto di alam dengan pohon yang rindang seperti ini akan cocok untuk acara pernikahan dengan tema rustic yang dekat dengan alam dan didominasi warna hijau. 

9. Goa Jomblang

wm_article_img
Foto: Instagram/jalikarta

Untukmu dan pasangan yang senang melakukan petualangan, perjalanan hingga pengambilan foto ke Goa Jomblang mungkin akan cocok untukmu. Alih-alih memasukinya dengan biasa, goa ini memiliki pintu di bagian atas atau memiliki bentuk vertikal yang akan membuatmu harus turun dengan alat tertentu. 

wm_article_img

wm_article_img
Fotografi: Lovio Photography

Goa Jomblang memiliki spot khas yang bernama Luweng Grubug yang mana pengunjung akan melihat “cahaya dari surga”. Di tempat inilah, para pengunjung bisa mengambil foto. Kamu juga bisa berfoto dengan pasangan dan mendapatkan hasil foto prewedding yang magis.

10. Lost World Castle

wm_article_img
Foto: Instagram/The Lost World Castle

Tempat wisata yang satu ini berada di daerah Cangkringan. Udaranya yang dingin akan membuatmu tidak perlu kepanasan saat proses pengambilan foto. Kalau kamu dan pasangan ingin mengambil foto dengan tema negeri dongeng atau putri dan pangeran yang tinggal di dalam istana yang megah, tempat ini akan cocok untuk kalian.

wm_article_img
Fotografi: Juara Digital

Di sana terdapat berbagai spot menarik, mulai dari bangunan dengan dinding tinggi layaknya istana hingga kapal bajak laut yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk latar belakang foto yang indah.

wm_article_imgwm_article_img

Fotografi: Juara Digital

Beberapa tempat tersebut bisa kamu gunakan untuk mengambil foto prewedding di Jogja, khususnya jika kamu ingin mengambil foto di luar ruangan dengan berbagai tema. Mungkin kamu harus meminta izin terlebih dahulu untuk mengambil foto di beberapa tempat di antara yang disebutkan. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengecek detailnya terlebih dahulu, ya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...