Pilih Kategori Artikel

14 Inspirasi Konsep Prewedding Unik di Malam Hari
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Banyak pasangan yang memilih untuk mengabadikan momen sebelum menikah dengan melakukan sesi prewedding. Sesi ini merupakan proses pengambilan foto oleh pasangan calon pengantin yang biasanya memiliki tema atau konsep tertentu yang dapat membuat hasil foto lebih paripurna. Umumnya, foto bisa diambil di dalam ruangan seperti di studio foto atau di luar ruangan seperti di tempat-tempat dengan pemandangan yang indah. Selain menentukan tempat mana yang digunakan untuk berfoto, waktu untuk pengambilan juga harus dipertimbangkan matang-matang.

Biasanya ada beberapa hal yang dihindari oleh pasangan calon mempelai yang akan mengambil foto prewedding, yaitu saat hujan atau di malam hari. Alasannya adalah untuk menghindari supaya tidak ribet dan hasil gambar lebih jernih. Padahal ternyata mengambil foto di malam hari justru bisa memberikan sentuhan romantis pada fotomu, lo. Selain itu, pilihan waktu ini juga cocok untukmu yang hanya sempat melakukannya di malam hari karena sibuk bekerja di siang hari. 

Sebelum melihat beberapa inspirasinya, ketahui dulu yuk apa yang harus disiapkan jika ingin mengambil foto prewedding malam hari!

Tips foto prewedding malam hari

wm_article_img
Fotografi: Polar Photograph

1. Pilih busana yang tepat 

Pilih busana yang sesuai dengan tema dan suasana prewedding malam hari, seperti gaun panjang atau pakaian formal untuk perempuan dan setelan jas atau blazer untuk pengantin pria. Tentunya,  sesuaikan juga dengan tema, ya. Selain itu, pastikan juga mengenakan pakaian yang cocok dengan cuaca, misalnya jika dingin, siapkan pakaian hangat.

2. Gunakan makeup yang tepat 

Pastikan calon pengantin perempuan menggunakan makeup yang tahan lama dan dapat bertahan sepanjang malam, serta tidak terlalu berlebihan agar terlihat natural. Biasanya, akan ada flash yang digunakan pada pengambilan foto di malam hari, jadi diskusikan juga hal ini dengan MUA dan fotografer.

3. Pilih aksesori yang tepat

Pilih aksesori yang sesuai dengan tema prewedding, seperti kalung, anting, atau gelang yang elegan dan simpel. Pastikan aksesori tersebut tidak mengganggu atau terlalu berat.

4. Lakukan persiapan sebelum pemotretan

Pastikan sebelum mengambil foto, kamu dan pasangan telah makan dan minum dengan cukup. Jangan lupa juga beristirahat dengan cukup sebelum sesi pemotretan dimulai.

5. Gunakan pencahayaan yang tepat

Pilih lokasi yang memiliki pencahayaan yang cukup, seperti di bawah lampu jalan atau lampu taman. Gunakan juga lampu sorot untuk memberikan cahaya tambahan pada calon pengantin agar terlihat lebih cerah.

6. Gunakan properti yang tepat

Gunakan properti yang sesuai dengan tema prewedding, seperti lilin, bunga-bunga, atau hiasan lampu. Properti dapat memberikan efek yang indah dan mendukung konsep prewedding yang diinginkan.

7. Jangan terlalu banyak bergerak

Hindari gerakan yang terlalu banyak selama sesi pemotretan karena cahaya pada malam hari cenderung rendah dan hal ini dapat mempengaruhi kejernihan gambar.

8. Terakhir, jangan lupa menikmati momen

Sesuai dengan konsep prewedding, momen ini adalah momen yang indah dan romantis. Nikmatilah sesi pemotretan bersama pasangan dan abadikan momen bahagia ini dengan indah.

Inspirasi foto prewedding malam hari

1. Foto dengan arum manis

wm_article_img
Fotografi: FCG Weddings

Memadukan antara kesan formal dan street photography telah menjadi tren selama beberapa waktu ke belakang. Hal ini juga bisa diaplikasikan ke dalam foto prewedding. Gunakan gaun formal dengan glitter untuk wanita dan jas atau kemeja hitam untuk pria, kemudian gunakan arum manis yang biasa ditemui di pasar malam sebagai properti yang membuat fotomu lebih unik.

2. Berfoto dengan latar belakang landmark

wm_article_img
Fotografi: FCG Weddings

Jika ada sebuah landmark atau tempat khas di kotamu atau kota lain yang tampak indah di malam hari, kamu bisa menggunakannya sebagai latar belakang. Pastikan ada cukup pencahayaan yang membuat landmark tersebut terlihat dengan jelas supaya tidak sia-sia. 

3. Foto dengan latar gedung tinggi

wm_article_img
Fotografi: Cerita Tentang Senja

Berfoto di jalanan kota dengan latar belakang gedung tinggi mungkin tampak biasa saja. Untuk membuatnya lebih unik, kamu bisa mencari tanah lapang di tengah kota dan mengambil foto di sana. Untuk menambah kesan dramatis, kamu juga bisa memilih tempat dengan tiang lampu tinggi yang juga membantu menambah pencahayaan.

4. Konsep bulan dan planet

wm_article_img
Fotografi: Cerita Tentang Senja

Jika kamu dan pasangan sama-sama menyukai astronomi, konsep yang satu ini akan cocok untuk kalian berdua. Cukup ambil gambar di dalam ruangan, gunakan properti lampu dalam bentuk bulan dan printilan lain dalam bentuk planet, kalian akan mendapatkan foto yang secantik ini. Foto ini bisa juga diambil di luar ruangan jika ingin sekaligus mengambil latar belakang cahaya bintang-bintang sungguhan.

5. Golf di malam hari

wm_article_img
Fotografi: byjatidiriono

Jika biasanya olahraga dilakukan di pagi atau siang hari, tak ada salahnya melakukannya di malam hari untuk berfoto. Selain memberikan efek romantis, suasana yang lebih nyaman, tenang, dan senyap akan membuat fotomu menjadi semakin hidup. Namun, pastikan kamu mendapatkan izin berfoto dari area yang kamu gunakan, ya.

6. Berfoto di jalanan kota

wm_article_img
Fotografi: byjatidiriono

Jalanan kota adalah salah satu tempat yang bisa kamu andalkan untuk melakukan sesi prewedding. Lampu-lampu alami yang selalu menyala di malam hari, lampu kendaraan yang berlalu lalang, dan baliho yang menciptakan harmoni  warna yang unik dapat membuat fotomu terlihat semakin cantik dan memiliki unsur kontemporer.

7. Prewedding mengenakan piyama

wm_article_img
Fotografi: byjatidiriono

Salah satu hal yang identik dengan kegiatan malam hari adalah menginap. Hal ini identik pula dengan kostum piyama yang bisa kamu kenakan untuk sesi prewedding. Walaupun diambil di dalam ruangan, kamu bisa membuatnya kental akan suasana malam hari dengan membuat pencahayaan yang dibuat remang-remang. Untuk membuatnya lebih playful, kamu bisa menambahkan properti seperti beberapa balon dengan warna-warni.

8. Menggunakan properti senter

wm_article_img
Fotografi: Christian

Kunci berfoto yang bagus di malam hari adalah pencahayaan. Walaupun foto di luar ruangan di tempat yang gelap, kamu tetap bisa menggunakan bantuan pencahayaan dari properti, seperti lampu senter. Selain memiliki fungsi praktikal, lampu ini juga menambahkan kesan unik pada foto yang kamu ambil.

9. Berfoto di komidi putar

wm_article_img
Fotografi: Polar Photograph

Salah satu tempat berfoto yang indah di malam hari adalah komidi putar. Tak perlu ada tambahan lagi properti yang lain karena suasana yang sudah ramai, ditambah pencahayaan yang biasanya sudah indah. Untuk terlihat outstanding di antara keramaian itu, kamu dan pasangan bisa mengenakan pakaian yang formal.

10. Berfoto di depan api unggun

wm_article_img
Fotografi: Morden

Konsep foto prewedding yang satu ini bisa dibilang unik karena jarang digunakan oleh kebanyakan orang. Alih-alih menggunakan cahaya dari lampu, kamu dan pasangan bisa menggunakan cahaya dari api yang menyala. Kesan dramatis dan romantis bisa didapatkan dari pemandangan ini.

11. Siluet hujan di malam hari

wm_article_img
Fotografi: Morden

Untuk mendapatkan kesan misterius pada fotomu, kamu dan pasangan bisa mengambil foto prewedding dalam bentuk siluet yang dihasilkan dari cahaya mobil di belakang. Percikan air atau hujan alami bisa membuat foto terlihat semakin dramatis. Pilih area yang juga mendukung untuk membuat fotomu sarat akan kesan petualangan.

12. Foto dengan background bintang

wm_article_img
Fotografi: Alinea.

Jika membicarakan foto prewedding, pose menunjuk bintang menjadi salah satu pose klise yang paling sering dilakukan. Kini, kamu bisa menggantikannya dengan menatap langit tanpa menunjuknya, lo. Hasilnya juga terlihat semakin indah saat diambil di malam hari dengan angle dari bawah. Bintang-bintang yang terambil kamera membuat foto semakin unik.

13. Foto dengan konsep candle light dinner

wm_article_img
Fotografi: Polar Photograph

Siapa sangka jika candle light dinner bisa dijadikan konsep foto yang menarik seperti ini? Sesuai dengan namanya, foto ini bisa diambil di malam hari dan di dalam ruangan. Salah satu properti penting yang bisa digunakan dalam foto konsep ini adalah lilin yang dinyalakan di atas meja. Voila, foto indah pun tercipta!

14. Berfoto dengan lampu minyak

wm_article_img
Fotografi: Alinea.

Selain menggunakan properti dalam bentuk lampu, senter, atau lilin, lampu minyak zaman dulu juga bisa dijadikan properti indah untuk berfoto di malam hari. Cahaya yang temaram akan membuat foto menjadi terlihat lebih romantis. Dengan properti tersebut, kamu dan pasangan pun tidak perlu bingung berpose lagi.

Nah, ternyata melakukan sesi prewedding di malam hari bisa menghasilkan foto-foto secantik itu, ya. Kalau kamu masih bingung dan ragu-ragu untuk melakukannya karena takut memiliki hasil yang kurang memuaskan, sepertinya kamu bisa mempertimbangkan ulang sekarang. Hasil foto prewedding unik dan nggak pasaran!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...