Pilih Kategori Artikel

11 Inspirasi Kue Hantaran Lamaran Modern Kekinian, Enak dan Elegan!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Tradisi menyajikan kue hantaran lamaran dalam pernikahan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kita. Sejak dulu momen lamaran selalu disertai dengan pemberian hantaran atau seserahan berupa makanan atau kue-kue tradisional. 

Selain karena sudah menjadi tradisi secara turun-temurun, biasanya kue-kue hantaran tradisional ini dipilih karena memiliki makna secara filosofi. Namun, dengan berkembangnya zaman, ada berbagai inovasi yang menarik dalam penyajian kue hantaran lamaran di masa kini, yang turut menambah kesan modern pada acara tersebut.

Kue hantaran lamaran modern kini hadir dengan desain yang lebih kreatif dan personalisasi yang lebih menarik. Bahkan, kamu juga bisa memilih dan menyesuaikan desain kue dengan tema pernikahanmu, loh. Misalnya, kamu bisa menambahkan sentuhan personal seperti inisial nama, tanggal pernikahan, atau bahkan gambar yang menggambarkan kisah cinta kamu dan pasangan pada kue hantaran modern tersebut.

Selain tampilan yang menawan, kue hantaran lamaran modern juga menawarkan varian rasa yang beragam. Para pembuat kue menggunakan berbagai bahan dan teknik untuk menciptakan kombinasi rasa yang unik dan menggugah selera. Mulai dari rasa klasik seperti cokelat dan vanilla hingga rasa eksotis seperti green tea atau salted caramel, pilihan kue hantaran modern sangat beragam. 

Nah, biar nggak bingung mau pilih kue yang mana untuk melengkapi seserahan lamaran kamu, ada baiknya kamu lihat rekomendasinya. Berikut ini beberapa contoh kue modern yang bisa kamu jadikan sebagai hantaran lamaran pernikahan. Let’s check it out!

1. Kue Wajik versi Modern

wm_article_img

Tradisi dan nilai-nilai budaya memang sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sebab hal ini seolah sudah mendarah daging dan menjadi identitas masyarakat kita. Seperti halnya tradisi lamaran adat Jawa yang identik dengan kue wajik sebagai salah satu isi dalam kotak hantaran. 

Kue bertekstur lengket yang terbuat dari perpaduan beras ketan, santan dan gula merah ini senantiasa menjadi simbol kelengketan hubungan pasangan. Oleh karena itu, nggak bisa di-skip begitu saja

Nah, meskipun ini jenis kue tradisional, tapi tetep bisa menyesuaikan kok dengan tampilan yang lebih modern dan kekinian. Kue wajik versi modern bisa dicetak menjadi cantik dengan berbagai bentuk yang indah, misalnya menjadi bunga, bentuk love, bahkan inisial nama pasangan. Sehingga, tampilannya nggak kalah dengan kue-kue artisan masa kini!   

2. Aneka Bolu Cantik

wm_article_img

Siapa sih yang nggak suka kue bertekstur fluffy dan beraroma buttery ini? Duh, bisa dibilang semua orang pasti doyan sama yang namanya kue bolu, baik itu bolu panggang ataupun bolu kukus. 

Selain itu, variannya banyak sekali dan bisa disesuaikan dengan selera. Salah satunya adalah bolu marble yang cantik ini. Dengan tampilannya yang cantik dan rasanya yang lezat, kue ini layak banget masuk di jejeran kue hantaran lamaran modern yang akan kamu bawa di hari pertunangan nanti!

3. Cheese Chiffon Cake 

wm_article_img

Selanjutnya ada kue favorit sejuta umat nih, Chiffon Cheese Cake. Ini adalah kue dengan kombinasi yang lezat antara tekstur ringan dan lembut dari chiffon cake dengan kekayaan dan kelembutan dari cheese cake. Ditambah dengan kesegaran topping strawberry membuat rasanya menjadi seimbang. 

Selain tampilannya elegan dan cantik, rasanya yang lembut menggoyang lidah sulit untuk ditolak. Kamu nggak akan nyesel buat nambahin si dessert lezat ini untuk kue hantaran lamaran modern kamu. 

4. Basque Burnt Cheesecake

wm_article_img

Masih tentang keju, kue viral yang satu ini punya tampilan yang unik dengan permukaan yang gosong seperti berkerak. Tapi jangan salah, justru disitulah kenikmatannya. Basque Burnt Cheesecake, terbuat dari campuran krim, keju  gula dan telur dengan tekstur seperti mouse, kemudian dipanggang dengan suhu tinggi sehingga terbentuk kerak di permukaan atas dan pinggirannya. 

Kue yang berasal dari Spanyol ini menawarkan kenikmatan dari rasa dan aroma smokey yang khas dari adonan krim, keju dan telur yang terbakar. Teksturnya yang creamy sungguh lumer di mulut. Meski terlihat seperti ‘kue gagal’, tapi setelah dikemas dalam kotak hantaran kue ini akan terlihat cantik dan elegan juga kok. Apalagi dari segi rasanya, duh, nggak bisa ditolak! 

5.  Nastar Crumble Cake

wm_article_img

Doyan makan nastar? Nah, nastar crumble cake ini adalah kue nastar versi besarnya, yang sebenarnya merupakan kombinasi dari vanilla sponge cake, dilapisi dengan selai nanas dan krim vanilla, kemudian ditutup dengan topping crumbles dan kue nastar itu sendiri. 

Rasanya perpaduan lembut dari bolu vanila dan segar dari selai nanas dengan tekstur crunchy yang benar-benar menggoda. Kue ini nggak cuma lezat, tapi juga cantik visualnya. Makanya, pas banget buat kue hantaran lamaran modern. Iya, kan?

6. Kek Cokelat Ketagih

wm_article_img

Buat para penggemar cokelat, pasti sayang melewatkan kue viral asal negeri Jiran, Malaysia ini. Sebab, dari segi tampilan dan rasanya nyoklat banget! Kue cantik ini sekilas mirip brownies dari tampilannya, tapi dari segi tekstur dan rasa, Kek Cokelat Ketagih lebih moist dan lumer di mulut. Kemudian yang bikin makin cantik visualnya itu adalah ganache cokelat yang shinny di permukaanya. 

Dan ternyata, cara pembuatan kue ini lumayan mudah, loh. Kamu nggak perlu mixer atau oven, karena dia dimasak dengan cara dikukus. Bayangin deh kue ini ada di kotak hantaran lamaran kamu, tentu elegan banget, ya!

7. Dessert Box

wm_article_img

Kalau makanan manis yang satu ini pasti kamu sudah familiar kan? Dikemas dengan cantik dalam wadah transparan, cake dengan aneka filling dan topping ini menawarkan rasa yang creamy dan legit. Kamu bisa sesuaikan dengan selera, mau rasa apa dan topping apa. Misalnya, matcha, cokelat, red velvet dan sebagainya.

Dari segi tampilan, dessert box ini cantik banget bila dijadikan sebagai kue hantaran modern untuk momen lamaran kamu. Agar lebih ekonomis dan tampak lebih variatif dengan warna-warni yang menggoda, untuk ukurannya kamu bisa pilih yang sedang atau mini saja. 

Pastry atau “patisserie” adalah istilah untuk penyebutan aneka kudapan khas dari perancis yang terbuat dari adonan kulit berlapis-lapis berbahan dasar tepung dan shortening. Jenis kue-kue yang termasuk pastry ada bermacam-macam, mulai dari puff pastry, pie, hingga choux pastry. Tampilannya yang elegan dengan semerbak beraroma buttery, kue-kue yang masuk jenis pastry ini selalu bisa menggugah selera.

8. Aneka Pastry 

wm_article_img

Pastry atau “patisserie” adalah istilah untuk penyebutan aneka kudapan khas dari perancis yang terbuat dari adonan kulit berongga dari bahan dasar tepung dan shortening. Jenis kue-kue yang termasuk pastry ada bermacam-macam, mulai dari puff pastry, pie, hingga choux pastry

Tampilannya yang elegan dengan semerbak beraroma buttery, kue-kue yang masuk jenis pastry ini selalu bisa menggugah selera. Nah, untuk kue hantaran lamaran kamu, bisa menambahkan beberapa varian pastry yang cantik dan pastinya lezat, misalnya pie buah hingga danish pastry kekinian seperti cromboloni dan mille feuille.  

9. Eclair

wm_article_img

Masih ngomongin tentang pastry, rekomendasi kue hantaran lamaran modern yang satu ini elegan banget! Eclair namanya, ini adalah salah satu jenis choux pastry yang punya tekstur ringan dan berongga, mirip seperti kue soes tapi bentuknya memanjang. 

Pada bagian dalamnya biasanya diisi dengan krim kue (custard) dan dihiasi aneka jenis icing dengan topping yang menarik. Penampilannya yang indah sebanding dengan rasanya yang lezat! 

10. Puding Kekinian

wm_article_img

Satu lagi jenis panganan yang biasanya selalu ikut mengisi baki kue hantaran adalah puding. Menu makanan yang satu ini bercitarasa segar dan teksturnya lembut sehingga mudah dicerna. 

Apalagi sekarang jenis puding kekinian ada banyak banget! Kamu bisa pilih sesuai selera. Mau itu puding buah yang segar, atau puding dengan rasa yang creamy dan legit. Aneka dekorasi dan topping menarik pun sering kali ditambahkan sehingga tampilannya semakin elegan.

11. Kue Tart

wm_article_img

Di Indonesia, yang disebut kue tart biasanya adalah cake dengan tekstur lembut dan berongga yang didekorasi dengan indah. Kue tart pada dasarnya mirip seperti bolu yang dilapisi dengan cream, selai atau fondant. Nggak cuma untuk kue ulang tahun atau kue pernikahan saja, kue tart pun cocok dijadikan sebagai kue hantaran lamaran. 

Selain bisa bebas pilih rasa, untuk dekorasinya pun kamu bisa pilih sesuai selera, misalnya buttercream, fondant, atau glazing cokelat. Selain itu, kue tart ini juga bisa kamu customize loh, misalnya menjadi bentuk huruf dengan inisial nama, dengan edible printing bergambar foto kamu dan pasangan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah dia ulasan kita tentang berbagai jenis kue modern yang elegan banget dijadikan sebagai hantaran lamaran pernikahan. Kue-kue yang tampilannya menarik, kekinian, dan pasti rasanya approved! Setelah membaca artikel ini semoga kamu sudah punya gambaran, ya, mau memberikan kue apa untuk hantaran lamaran kamu nanti. Happy engagement

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...