Pilih Kategori Artikel

Aneka Jenis Bolu Kue Hantaran Pernikahan Untuk Dibawa Ke Rumah Calon Besan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Memilih hantaran yang akan diberikan kepada keluarga calon pengantin wanita, terkadang menjadi salah satu hal yang paling dicemaskan oleh pengantin pria. Dalam tradisi adat tertentu bahkan ada barang-barang wajib yang dijadikan seserahan, seperti daun suruh ayu hingga kue-kue tradisional yang punya makna filosofinya tersendiri. 

Demi kepraktisan, ada pula para calon pengantin yang memilih seserahan atau hantaran modern. Contohnya barang perlengkapan sehari-hari, gadget, hingga hantaran kue-kue modern seperti kue bolu, tart dan sebagainya. 

Khusus untuk bahasan kali ini, WeddingMarket akan mengulas tentang aneka jenis bolu kue hantaran pernikahan, sehingga kamu bisa pilih yang sesuai dengan keinginan. Pastinya kue hantaran yang direkomendasikan  memiliki cita rasa yang nikmatnya pas, tidak terlalu manis serta tampilan yang estetis. 

Rekomendasi Bolu Kue Hantaran Pernikahan

Kue bolu memang sering digunakan masyarakat dari seluruh nusantara untuk acara-acara tertentu termasuk pernikahan. Proses pembuatan bolu bisa dengan cara dikukus, sehingga banyak juga yang menyebutnya dengan kue bolu kukus, maupun dipanggang. Beberapa dari kue berjenis bolu yang akan dibahas berikut ini juga berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Nah, buat kamu para pecinta kue bolu, siapa tahu bisa dijadikan hantaran keren buat keluarga pasanganmu nanti.

1. Bolu Lapis Legit

wm_article_img

Setiap kali kita membahas mengenai kue bolu maka tidak bisa lepas dari kue lapis legit. Kue tradisional yang satu ini bisa dipastikan hampir ada di setiap kota-kota besar di Indonesia, sehingga termasuk dalam makanan legendaris. Tekstur dari kue bolu lapis legit begitu lembut dan memiliki banyak lapisan. Lapisan dibuat berselang-seling antara warna cokelat dengan warna kuning. 

Siapapun pasti dapat dengan mudah mengenali bolu lapis legit. Proses pembuatan dari kuenya menggunakan tepung terigu, mentega, dan juga telur. Beberapa bolu lapis Surabaya modern juga memanfaatkan perasa seperti moka maupun coklat pada bagian lapisan warna coklatnya. Ada pula yang membuat lapis legit dengan tambahan buah prunes kering sehingga rasanya lebih segar. Bolu lapis legit menjadi salah satu jenis kue hantaran mewah yang tidak boleh kamu lupakan.

2. Bolu Macan Khas Bangka

wm_article_img

Bolu kukus untuk hantaran yang berikutnya berasal dari wilayah Bangka. Nama dari bolu tersebut yakni bolu macan. Dinamakan bolu macan karena memang punya corak loreng-loreng mirip dengan binatang macan. Corak loreng ini memberikan nuansa estetika yang indah pada saat kuenya diiris. kamu bisa menjadikan kue bolu ini sebagai salah satu hantaran yang dibawa untuk keluarga calon pasangan.

Berkat keindahan motif yang dimiliki bolu jenis ini hampir sebagian besar tersedia di toko kue terdekat atau di Bangka sana. Tekstur dari bolu yang satu ini juga lembut karena proses pembuatannya menggunakan telur cukup banyak. Hanya saja proses pembuatan memakan waktu cukup lama. Dijamin kamu bisa memberikan hantaran yang unik bersama dengan bolu macan khas Bangka.

3. Bolu Kemojo

wm_article_img

Bolu yang memiliki bentuk berbeda dari jenis bolu lainnya adalah bolu kemojo. Bentuk dari kuenya seringkali dibuat mirip bunga. Ternyata asal usul dari kuenya berasal dari suku Melayu yang mana banyak dari keturunan suku tersebut tinggal di Riau.

Teksturnya kue basah yang satu ini berbeda dari kebanyakan kue bolu yang ada, karena bolu kemojo sedikit lebih padat. Proses pembuatannya menggunakan air pandan atau daun suji, telur, tepung terigu dan santan. Sehingga, aroma harum yang khas tercipta. Proses memasak ke tradisional Riau ini bisa dengan cara dikukus ataupun dipanggang. 

4. Bolu Lapis Modern

wm_article_img

Kue bolu yang juga banyak beredar sekarang adalah bolu lapis modern. Hampir semua bakery membuat kue dengan jenis yang satu ini. Perbedaan biasanya hanya terletak dari bagian cita rasa di setiap lapisannya. Bagian tekstur juga dibuat sangat lembut mirip dengan sponge cake. Beberapa bahan dasar utamanya berupa pengembang kue, tepung terigu, gula pasir, dan mentega.

Kue bolu lapis modern ini seringkali dibuat dengan berbagai varian rasa, mulai dari lapis talas, hingga red velvet dengan berbagai topping berupa parutan keju, butter cream, parutan kelapa, maupun coklat. Beberapa kue bolu lapis modern juga ada yang dihiasi dengan topping berupa kombinasi antara buah-buahan dengan keju atau coklat. Penggemar bolu lapis modern cukup banyak dan dari segala kalangan usia.

5. Bolu Meranti

wm_article_img

Pada dasarnya bolu Meranti berasal dari daerah Sumatera Utara, lebih tepatnya Medan. Setiap pengunjung yang pergi ke sana seringkali pulang dengan membawa bolu yang satu ini. Kuenya sendiri berupa bolu gulung dengan bagian tengah terdapat mirip selai. Kue bolu ini punya tekstur yang lembut dan cita rasa manis yang pas sehingga tidak enek ketika ingin makan cukup banyak.

Bagi kamu yang bertempat tinggal di area sekitar Sumatera juga bisa menggunakan bolu Meranti sebagai salah satu kue hantaran pernikahan. Cita rasa dari kuenya sendiri sangat bermacam-macam, seperti coklat, moka, keju, kacang, dan lain sebagainya. Bagian packaging pun bisa ditambahkan pita sebagai hiasan. Packaging dari bolu ini sudah berupa box high quality sehingga seringkali tidak perlu ditambahkan hiasan apa-apa lagi dan langsung diberikan kepada orang lain.

6. Bolu Klemben

wm_article_img

Jika kamu memutuskan untuk memberikan bolu bersama dengan makanan tradisional maka dapat memilih bolu klemben juga. Kuenya punya bentuk mirip dengan kue yang berasal dari negara Perancis bernama madeleines. Asal muasal dari bolu yang satu ini yakni Banyuwangi. Bentuk dari bolunya sendiri mirip dengan cangkang kerang tiram.

Jenis tekstur berbeda dibandingkan kue bolu lainnya. Bagian luar dari kuenya punya tekstur sedikit keras. Tidak terdapat perasa lain selain gula ketika kamu menggigit kuenya. kamu bisa menemukan dengan mudah kue ini di pasar tradisional.

7. Kue Bhoi

wm_article_img

Jenis bolu yang satu ini mirip dengan bolu klemben. Kuenya sendiri berasal dari Aceh tetapi bentuknya tidak mirip dengan bolu klemben. Bentuk kue bhoi dapat berupa bunga, ikan, dan lain-lain. kamu juga dapat menjumpai kue tradisional ini di pasar lokal.

Hampir sebagian besar masyarakat Aceh juga membawa kue ini sebagai hantaran pernikahan dari pria ke pihak wanita. Sekarang banyak dari kue bhoi bagian tengahnya diberikan selai atau berbagai macam isian manis lainnya. Berkat sentuhan modern ini banyak dari masyarakat generasi muda yang tertarik mengkonsumsi. Jadi pecinta kue bhoi tidak lagi hanya berasal dari generasi tua saja.

8. Bolu Pandan

wm_article_img

Salah satu bolu yang pasti sering kamu jumpai adalah bolu pandan. Bolunya punya warna hijau dari daun pandan. Aromanya yang khas sangat menggugah selera. Hampir semua jenis bakery juga menawarkan kue satu ini. Tidak ada salahnya kamu menggunakan bolu pandan sebagai salah satu kue hantaran pernikahan modern

Bahkan, bolu pandan pun bisa dikreasikan dengan berbagai topping sehingga tampil lebih cantik dan menggiurkan.  Tekstur dari bolu juga mirip kue sponge yang lembut serta rasa manis dan gurihnya yang pas digemari banyak orang. 

wm_article_img

Itu dia aneka jenis kue bolu kreasi dari penjuru nusantara yang dapat dijadikan hantaran lamaran pernikahan yang menarik dan nikmat. Kamu bisa memilih beberapa diantaranya untuk dibawa sebagai seserahan atau hantaran ketika mengunjungi calon besan kelak.

Selain jenis-jenis bolu yang sudah disebutkan, ada juga ragam pilihan kue tradisional untuk hantaran pernikahan yang sarat akan makna seperti, jenang, wajik, lemper hingga roti buaya bisa kamu jadikan opsi. Agar lebih praktis, cari tahu selengkapnya tautan ini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...