Pilih Kategori Artikel

12 Ide Menu Sederhana untuk Pesta Pernikahan, Dijamin Semua Tamu Puas dan Suka!

Pernikahan adalah momen yang penuh kegembiraan dan kebahagiaan. Salah satu elemen yang tidak bisa diabaikan dalam merayakannya adalah hidangan lezat. Memilih menu yang tepat untuk pesta pernikahan bukan hanya tentang memberikan energi kepada tamu, tetapi juga pengalaman kuliner. 

Ketika merencanakan menu untuk pesta pernikahan, penting untuk memilih hidangan yang memenuhi berbagai selera. Dengan menghadirkan variasi sederhana, kamu tidak hanya memberikan opsi yang berlimpah, tetapi juga menciptakan suasana pesta dinamis dan meriah. 

Di sini, kamu akan menemukan 12 ide menu sederhana yang pastinya akan membuat semua tamu puas dan bahkan ingin kembali merasakannya. Jadi, mari kita jelajahi dunia kuliner yang kaya dan buat pesta pernikahanmu menjadi pengalaman tak terlupakan!

1. Sate lilit

wm_article_img
Foto: Shutterstock/Sri Widyowati

Sate lilit terkenal karena keunikannya, dimana daging yang sudah dicampur dengan bumbu rempah-rempah khas Bali dibalut pada batang serai atau bambu, menciptakan hiasan unik memikat mata dan menambah nilai estetika pada hidangan. 

Proses pembuatannya melibatkan teknik memeluk daging pada batang serai menghasilkan cita rasa yang meresap dan lembut, membuat sate lilit menjadi pilihan istimewa untuk memanjakan tamu. Sate lilit tidak hanya menyajikan kenikmatan kuliner, tetapi juga memberikan sentuhan tradisional yang dapat memperkaya pengalaman gastronomi bagi tamu undangan.

2. Sup ayam

wm_article_img
Foto: Frisian Flag

Sup ayam, sebagai hidangan sederhana memiliki daya tarik yang tak tertandingi dalam menu pesta pernikahan. Dalam suasana penuh cinta, sup ayam bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk menghangatkan hati dan perut para tamu. 

Kelebihan utama dari sup ayam adalah kesederhanaannya yang menggoda; kaldu dan daging ayam lembut menciptakan perpaduan rasa yang lezat. Dengan tambahan sayuran segar seperti wortel dan seledri, sup ayam tidak hanya memuaskan selera tetapi juga memberikan nuansa sehat pada hidangan. 

Kelembutan daging ayam yang memanfaatkan rempah-rempah khas membuat hidangan ini cocok untuk berbagai selera tamu, dari anak muda hingga berpengalaman dalam urusan kuliner. Suasana yang diciptakan oleh aroma harum dan kenikmatan sup ayam akan membuat semua tamu merasa dihargai dan puas.

3. Kerang hijau saus padang

wm_article_img
Foto: Shutterstock/Ika Rahma

Salah satu hidangan yang dapat memberikan sentuhan khas Indonesia pada pesta pernikahan kamu adalah kerang hijau saus Padang. Hidangan ini menggabungkan kelezatan kerang hijau segar dengan cita rasa unik saus Padang yang pedas dan gurih. 

Kerang hijau yang dikenal karena kelembutannya akan dipadukan dengan saus Padang kaya rempah, memberikan sentuhan eksotis dan lezat pada setiap suapan. Gabungan antara rasa yang sedikit pedas, manis, dan gurih membuat saus Padang menjadi pendamping sempurna untuk kerang hijau. Tidak hanya memberikan variasi menu yang menarik, tetapi kerang hijau saus Padang juga dapat menjadi daya tarik utama di meja pesta pernikahan.

4. Pecel lele

wm_article_img
Foto: Shutterstock/Ika Rahma

Jangan lupa kita punya menu kesayangan semua orang, pecel lele. Walaupun sederhana, menu ini penuh cita rasa menarik yang sangat membanggakan ketika tersaji di pesta pernikahan. Pecel lele merupakan hidangan yang menyajikan kelezatan ikan lele goreng dengan bumbu kacang.

Salah satu ide menu sederhana, tetapi penuh cita rasa untuk memeriahkan pesta pernikahan adalah pecel lele. Pecel lele disajikan lewat kelezatan ikan lele yang digoreng dengan bumbu kacang khas. Keunikan rasa lele yang gurih di luar dan lembut di dalamnya, berpadu dengan saus kacang pedas. 

Hidangan ini tidak hanya menghadirkan cita rasa tradisional autentik, tetapi juga memberikan nuansa lokal yang bisa meningkatkan kesan khas pada pesta pernikahan kamu. Pecel lele dapat disajikan dengan nasi hangat dan lalapan segar, beuh mantap!

5. Oseng tempe kangkong

wm_article_img
Foto: Cookpad

Tahu, kan, kalau tempe itu dimasak dengan resep apapun selalu enak. Ini salah satunya! Hidangan oseng tempe dengan sayur kangkung. Jangan ragukan rasanya, sudah pasti enak! 

Terbuat dari tempe yang diiris tipis, kangkung segar, dan rempah-rempah pilihan, hidangan ini menjanjikan sentuhan rasa menggoda. Tempe memberikan kelezatan gurih, sementara kangkung menambah kecrispy-an dan kelembutan pada setiap suapan. 

Proses penggorengan dengan bumbu khas Indonesia seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai memberikan cita rasa pedas yang pas di lidah. Oseng tempe kangkung tidak hanya menyajikan hidangan lezat, tetapi juga memberikan opsi vegetarian yang memuaskan.

6. Nasi goreng seafood

wm_article_img
Foto: freepik.com/jcomp

Hidangan ini menggabungkan kelezatan nasi yang gurih dengan keanekaragaman seafood segar dan lezat. Dengan tambahan udang, cumi-cumi, dan potongan ikan yang diolah dengan bumbu khusus, nasi goreng seafood menjadi hidangan menggoda selera.

Keunikan dari kombinasi berbagai jenis seafood memberikan nuansa istimewa pada menu ini. Nasi goreng seafood tidak hanya cocok untuk semua selera, tetapi juga memberikan variasi yang menarik di antara hidangan pesta pernikahan lainnya.

7. Iga bakar madu

wm_article_img
Foto: Instagram @siuling_liau

Salah satu hidangan daging yang tak dapat diabaikan di acara pernikahan adalah iga bakar madu lezat. Iga bakar madu menyajikan perpaduan cita rasa manis dan gurih yang memukau, membuatnya menjadi pilihan sempurna untuk memanjakan selera tamu kamu. 

Daging iga yang dipanggang dengan sempurna, kemudian dilumuri dengan saus madu yang karamelisasi, menciptakan lapisan karamel renyah di permukaannya. Kelembutan daging iga ini sejalan dengan kelezatan saus madu, menciptakan harmoni rasa yang memanjakan lidah. 

8. Bakwan jagung 

wm_article_img
Foto: Instagram @liliswahyuwardanii

Bakwan jagung, hidangan ringan terbuat dari adonan jagung segar yang dicampur dengan tepung terigu dan bumbu-bumbu pilihan. Proses penggorengan memberikan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. 

Bakwan jagung memadukan rasa manis jagung dengan kelezatan rempah-rempah, menciptakan kombinasi lezat dan sempurna. Bakwan jagung dapat disajikan dengan saus cabai atau saus tomat sebagai pelengkap sehingga menciptakan rasa pedas atau manis sesuai selera.

9. Pepes tahu

wm_article_img
Foto: via Tokopedia

Pepes tahu, salah satu hidangan tradisional yang memadukan tahu dengan bumbu rempah-rempah khas dan dibungkus di dalam daun pisang, kemudian dipanggang. Menu ini menarik perhatian karena kesederhanaan dan penyajiannya. Cara memasak khasnya membuat pepes tahu menghadirkan aroma harum dari daun pisang. Kehadiran pepes tahu juga dapat menciptakan suasana yang hangat dan ramah pada pesta pernikahan. 

10. Ikan bakar dengan bumbu rica-rica

wm_article_img
Foto: Youtube/MamiFaqih

Menu yang menggabungkan kelezatan ikan panggang dengan bumbu khas rica-rica, menciptakan kombinasi rasa memikat selera. Ikan bakar bumbu rica-rica menghadirkan aroma harum dari rempah-rempah yang meresap hingga ke dalam daging ikan. Ikan bakar bumbu rica-rica adalah pilihan yang cerdas untuk menambahkan keberagaman dan kelezatan pada pesta pernikahan kamu.

11. Sayur asem

wm_article_img
Foto: Resep Koki

Sayur asem memukau semua orang lewat keunikan dan rasa segarnya, menjadi salah satu pilihan menu sederhana yang sempurna untuk pesta pernikahan. Dengan campuran berbagai sayuran seperti kacang panjang, jagung manis, labu siam, dan terong, sayur asem memberikan cita rasa menarik. 

Kuah bening asam-asam dan segar membuatnya cocok sebagai pilihan menu pelengkap untuk hidangan utama. Kombinasi antara keasaman, manisnya sayuran, dan aroma rempah-rempah menciptakan harmoni rasa yang membuat menu ini disukai oleh berbagai kalangan. 

12. Gulai kikil

wm_article_img
Foto: Cookpad/Havira Bee

Sebagai rekomendasi terakhir, kami menawarkan gulai kikil sebagai salah satu menu sederhana yang akan memeriahkan pesta pernikahan kamu. Dibalut dengan rempah-rempah yang khas, gulai kikil menghadirkan cita rasa gurih dan berpadu harmonis dengan kelembutan kikil. 

Kelebihan gulai kikil terletak pada kemampuannya menyerap bumbu hingga ke bagian dalam daging, menciptakan sensasi rasa yang melimpah di setiap gigitan. Gulai kikil akan memberikan cita rasa otentik yang membuat semua tamu undangan tersenyum puas ketika menikmatinya.

Ingatlah, pesta pernikahan bukan hanya tentang pertukaran janji, tetapi juga menciptakan kenangan yang berharga melalui pengalaman kuliner. Dengan menyajikan hidangan-hidangan yang lezat, kamu tidak hanya memberikan kepuasan bagi perut para tamu, tetapi juga menambah nilai positif pada keseluruhan acara. Jadi, selamat merencanakan pesta pernikahan dan semoga menu-menu di atas memberikan inspirasi bagi perayaan yang penuh keceriaan dan cita rasa!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...