Pilih Kategori Artikel

Mengenal Tren 'After Party' di Pesta Pernikahan Berikut Panduan Penyelenggaraannya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

After party merupakan tren yang relatif baru dalam penyelenggaraan pesta pernikahan. Bahkan, mungkin ada sebagian orang yang masih asing dengan istilah ini. After party merupakan acara hiburan tambahan yang dilaksanakan setelah resepsi pernikahan, biasanya lebih santai dan hanya diikuti oleh orang-orang terdekat dari kedua mempelai saja. Para pengantin boleh saja memilih untuk menyudahi perayaan pernikahan sebatas resepsi atau melanjutkan kembali bercengkrama bersama para sahabat dalam keseruan after party.

Kenapa Perlu Mengadakan After Party?  

Pada umumnya, resepsi pernikahan cenderung bersifat formal. Dimana kedua mempelai tidak bisa bebas berinteraksi dan menjamu seluruh tamu undangan, serta harus duduk di kursi pelaminan selama berjam-jam. Kecuali untuk konsep pernikahan semi-formal bertema mingle, sang pengantin bisa bebas menghampiri tamu satu per satu dan menyapanya.

Namun, dalam kondisi tersebut tetap saja pengantin tidak bisa mengobrol banyak dan berlama-lama bercengkrama dengan para tamu spesial di hari pernikahannya. Belum lagi, yang hadir ketika resepsi mungkin bercampur dengan tamu undangan para kolega dari pihak keluarga yang tidak terlalu dikenal

Oleh karena itu, sebagian pengantin berpikir perlu menyediakan waktu khusus yang lebih eksklusif agar dapat bercengkrama lebih dekat dengan para sahabat atau tamu spesial di hari pernikahannya. Walau bagaimanapun, pernikahan adalah momen berharga bagi setiap pasangan pengantin, tak heran apabila mereka ingin agar hari itu menjadi berkesan dan bisa selalu dikenang sepanjang masa.

Nah, dengan mengadakan after party seusai gelaran resepsi, sang pengantin bisa menikmati hari pernikahannya dalam suasana lebih intim bersama orang-orang spesial baginya. Sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang telah memberikan support dan membantu pernikahannya.

Tamu yang diundang pada after party pun lebih terbatas, karena tujuannya adalah mengumpulkan orang-orang yang memang memiliki kedekatan secara personal dengan kedua mempelai. Biasanya after party ini hanya dihadiri 10 hingga 30 orang tamu yang merupakan sahabat atau teman-teman dekat dari pengantin.

Merencanakan After Party Untuk Pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Terralogical

Karena tak ingin momen indah di hari pernikahan tersebut berlalu begitu saja, after party pun menjadi sayang untuk dilewatkan. Bahkan, untuk menyenangkan para tamu istimewanya, para pengantin ingin mengatur pesta sedemikian rupa dengan menggunakan berbagai konsep yang seru dan menyenangkan. 

Tidak jarang acara after party pun dibuat sama meriahnya dengan resepsi pernikahan. Contoh saja para artis yang menggelar after party wedding yang meriah seperti pada pernikahan Maudy Ayunda, Eva Celia, Nikita Willy hingga diva internasional Britney SpearsKamu tentu juga bisa mengadakan after party yang sesuai dengan gayamu, baik formal ataupun informal.

Supaya tak bingung harus mulai dari mana,  pertama-tama tentukan gaya atau tema after party terlebih dahulu. Ada gaya penyelenggaraan after party yang spontan, misalnya kamu mengajak sahabat untuk karaoke atau nonton bioskop bersama-sama seusai resepsi. Ada pula after party yang benar-benar terkonsep dengan rapi sehingga sahabat atau orang terdekat hanya perlu datang sebagai tamu undangan dan menikmati acara yang sudah disiapkan. 

Selain itu, agar suasana pesta semakin semarak, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Pilih Lokasi yang Mudah Diakses 

Setelah menentukan gaya after party yang sesuai dengan keinginanmu, kemudian tentukan lokasinya. Pertimbangkan apakah ingin menggelar after party di tempat yang sama dengan venue resepsi atau berpindah ke lokasi lain? Apabila ingin berpindah tempat, sebaiknya pilih lokasi yang mudah dijangkau ya! Bila perlu siapkan transportasinya sehingga para tamu tak perlu repot menggunakan kendaraannya sendiri. 

  • Persiapkan Waktu yang Tepat

Menetapkan waktu yang tepat untuk melaksanakan after party juga penting loh untuk menyukseskan acara. Sebab, salah-salah pilih waktu justru membuat tamu-tamu malas atau enggan untuk bergabung. Misalnya, apabila resepsi digelar pada siang atau sore, kamu bisa mengadakan after party di malam harinya dengan memberi jedah waktu antara kedua rangkaian acara ini. Penting juga pahami situasi dan kondisi tamu-tamu ya! 

  • Siapkan Makanan, Camilan atau Minuman Ringan

Jangan lupa siapkan camilan dan minuman agar para tamu bisa semakin menikmati acara after party-nya, ya! Meskipun di luar negeri after party identik dengan minum-minuman beralkohol, tak perlu khawatir! Kamu bisa menyesuaikan dengan tradisi dan budaya setempat kok. Ada banyak pilihan minuman ringan seperti soda, jus atau mocktail sebagai alternatif.

  • Pesan Live Band atau Live DJ

Rasanya ada yang kurang party tanpa musik, bukan? Yup, maka dari itu lebih baik kamu minta bantuan profesionalnya. Bisa sewa live band atau DJ. Tak perlu bingung memilih, kamu bisa menggunakan vendor entertainment music yang sama dengan acara resepsi. 

wm_article_img
otografi: Imagenic

  • Redupkan Cahaya 

Nah, apabila kamu ingin after party lebih santai dan tak canggung, terutama untuk yang berkonsep pesta dansa, movie night, atau karaoke, maka kiat satu ini boleh dicoba, nih. Dengan meredupkan sedikit cahaya dan atau menambahkan beberapa lampu tambahan suasana party akan terbangun secara natural sekaligus mendorong para tamu untuk ikut berpesta bersama. 

  • Pilih Ruangan yang Mencukupi

Pemilihan ruangan yang tepat untuk after party juga tak kalah pentingnya, loh! Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah tamu undangan. Jika kamu hanya mengundang kurang dari sepuluh orang, menyewa sebuah kamar hotel yang agak besar saja sudah cukup. Namun, apabila kamu mengundang lebih banyak tamu, bisa juga menyewa lounge khusus agar mampu menampung seluruh tamu-tamu yang hadir.

Selain itu, besar kecil ruangan yang digunakan juga akan sangat terkait dengan aktivitas yang ingin dilakukan. Apabila kamu ingin melakukan berpesta dan berharap para tamu ikut berdansa bersama pilih ruangan yang cukup leluasa tidak terlalu mungil ataupun sebaliknya.

Tema After Party Wedding yang Seru dan Menyenangkan

Apabila kamu masih bingung memilih tema yang ingin dipakai, beberapa ide tema kegiatan untuk after party berikut sangat menarik untuk dicoba.

1. Hotel Lounge

wm_article_imgwm_article_img

Fotografi: Terralogical

Apabila kamu dan pasangan berencana menikah di hotel, maka kalian bisa memanfaatkan hotel lounge untuk menggelar acara after party. Jadi, tak usah repot-repot mencari tempat lain. Kamu bisa menyewa lounge tersebut untuk mengadakan private party seusai resepsi dan menikmati waktu bersama para sahabat.

Untuk menghidupkan suasana pesta semakin semarak kamu bisa menyewa DJ, menyetel musik, menari atau menyusun games seru untuk dimainkan bersama sahabat. Karena party biasanya mengharuskan untuk aktif dan bergerak, jangan lupa siapkan camilan atau bawa makanan lebihan dari resepsi ke lounge after party agar tak terganggu dengan rasa lapar, ya

2. Hotel Room

Selain hotel lounge, kamu pun juga bisa menyewa satu ruangan kamar yang agak besar di hotel yang sama tempat menggelar resepsi untuk dijadikan tempat berpesta bersama sahabat atau kerabatmu. Berbagai aktivitas seru mulai dari mengobrol, karaoke hingga bermain games bersama bisa kamu lakukan untuk menambah keintiman dengan orang-orang istimewa ini.  

3. Karaoke

wm_article_img
foto via instagram.com/kallula

Aktivitas berkaraoke adalah hal yang disukai hampir semua orang. Jika kamu dan para sahabat sehari-hari suka karaoke dan bernyanyi bersama-sama, maka tak ada salahnya after party yang dilaksanakan mengusung tema ini. Setelah melewati proses pernikahan yang sangat panjang, lepaskan segala penat dengan menyanyikan lagu-lagu favorit. Pastinya akan sangat menyenangkan sekali, apalagi dikelilingi oleh orang-orang terdekat. Biar makin seru kamu juga bisa jadikan after party ini seperti kompetisi bernyanyi dan membagi tim-timnya. Jangan heran bila waktu akan terasa sangat singkat.

4. Berolahraga Bersama 

Mau after party yang sehatIde selanjutnya yang bisa kamu coba yakni berolahraga bersama, misalnya bowling party atau night swimming. Kamu dan sahabat bisa sambil seru-seruan di arena bowling atau sewa kolam renang hotel di tempatmu menginap and then have fun! Setelah mengalami hari yang melelahkan, melepas penat dengan bermain sambil berolahraga tentunya akan sangat menyenangkan.

5. Garden Party

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Ide garden party tampaknya tak pernah usang, ya?! Sedari dahulu, perayaan apapun yang berkonsep pesta kebun pasti selalu bisa menciptakan keseruan. Untuk after party pun juga demikian. Kamu bisa menuangkan berbagai ide pesta kebun yang menyenangkan sesuai dengan keinginan. Misalnya, karnaval, piknik atau BBQ bersama sambil bermain kembang api. Tentunya, pesta pun akan jadi semakin berkesan! 

6. Liburan Bersama

Kalau punya budget lebih, tak ada salahnya kamu memberikan treatment kepada para sahabat atau kerabat untuk liburan bersama sebagai bentuk after party. Seperti artis Nikita Willy dan suaminya Indra Priawan yang merayakan after party wedding di destinasi wisata Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat. Memboyong sahabat untuk ikut berlibur bersama pastinya akan menjadi kado yang indah sekaligus momen tak terlupakan yang akan ia kenang sepanjang hidupnya.

wm_article_img
foto via instagram.com/raisyawidjaya

Itulah ulasan mengenai fenomena after party wedding yang mulai digandrungi para pengantin masa kini. Tentu kembali lagi, pilihan untuk melaksanakannya atau tidak tergantung pada kemampuan dan kesiapan pribadi masing-masing pasangan pengantin. Terutama untuk urusan budget, karena akan ada biaya tambahan bilamana kamu hendak menyelenggarakan acara ini. Pastikan kondisi keuanganmu mampu, pun tidak perlu memaksakan diri apabila dirasa berat.

Jika kamu menginginkan after party, jangan lupa rencanakan dengan matang dan persiapkan segala kebutuhannya, vendor WeddingMarket siap membantumu! Informasi lebih lanjut, cek di sini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...