Pilih Kategori Artikel

12 Inspirasi Gaun Pengantin Warna Biru, Tampil Tenang dan Elegan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Selama ini kita mengetahui bahwa baju pernikahan identik dengan warna putih. Warna ini sudah dikenakan sejak lama. Pada abad ke-19, Ratu Victoria memelopori penggunaan gaun warna putih ini saat melangsungkan pernikahan hingga diikuti oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Warna putih sendiri banyak dipercaya memiliki makna kesucian, kebaikan, hingga kebersihan.

Meskipun warna putih banyak digunakan sebagai warna baju pernikahan, tidak ada pakem yang mengharuskan pengantin memakai baju warna ini. Oleh sebab itu, banyak pengantin yang memutuskan untuk mengenakan pakaian dengan warna putih untuk acara janji suci seperti akad atau pemberkatan, kemudian mengganti baju dengan warna lain saat acara resepsi. 

Salah satu warna cantik yang bisa dipakai saat acara resepsi ini adalah warna biru yang juga melambangkan kepercayaan dan kesetiaan. Menurut beberapa sumber, warna ini ternyata juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dan meredakan stres. 

Berikut ini beberapa baju pernikahan dengan warna biru yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk acara pernikahanmu.

1. Ball gown dengan lengan panjang

wm_article_img
Gaun pengantin: Ayung Berinda

Ingin merasakan menjadi Putri Cinderella dalam gaun birunya selama seharian? Kamu mungkin bisa mempertimbangkan ball gown dengan puff long sleeves ini. Gaun ini akan cocok dengan pernikahan dengan tema Disney maupun tema elegan lainnya. Untuk menambahkan kesan mewah, jangan lupakan detail payet yang memiliki warna silver untuk ditempel ke seluruh permukaan gaun. 

Lengannya yang panjang memungkinkan kamu yang mengenakan hijab juga bisa memakai gaun yang satu ini. Kamu bisa memilih hijab dengan warna yang sama untuk membuat tampilan monokromatik yang tetap elegan. Tambahkan headpiece tiara berwarna perak untuk membuat tampilan bak putri rajamu semakin paripurna.

2. Kebaya dengan queen anne neckline

wm_article_img
Kebaya pengantin: Ayung Berinda

Kebaya berwarna biru dengan model menjuntai sampai ke lantai ini akan menggantikan gaun yang biasanya memiliki model serupa. Ada aksen unik di bagian atas yang bisa digunakan sebagai bagian yang menarik perhatian. Bagian tersebut adalah potongan neckline dengan bentuk queen anne. Selain itu, untuk menambahkan kesan yang lebih indah dari baju yang fit body ini, detachable train dengan warna yang sedikit berbeda seperti hijau juga bisa ditambahkan.

3. Kebaya fit body dengan model off shoulder

wm_article_imgwm_article_img

Kebaya pengantin: Ayung Berinda

Sekilas dilihat, kebaya pengantin modern ini mirip dengan yang sebelumnya. Namun, sebenarnya ada perbedaan pada keduanya. Kebaya yang satu ini dipadukan dengan dandanan khas Betawi. Uniknya lagi, jika biasanya pengantin Betawi akan mengenakan atasan dengan model kerah Shanghai tertutup, kebaya modern ini justru mengekspos bagian bahu dengan membuatnya off shoulder untuk menekankan bagian bahu yang indah. Kemudian, baju ini dipadukan dengan bawahan rok tumpal yang memiliki warna emas dengan sentuhan biru yang sama dengan atasannya.

4. Tunik high neckline untuk pengantin berhijab

wm_article_img
Kebaya: Beblooms Wedding

Jika kamu mengenakan hijab, potongan baju bagian leher akan sangat penting. Pilih yang menutupi sampai bagian atas sehingga kamu tidak perlu lagi mengenakan dalaman atau manset. Potongan high neckline akan cocok untuk dipilih. Bagian ini juga bisa dihias cantik dengan berbagai mutiara di sekelilingnya. 

Sementara itu, bagian depan yang polos bisa dihias dengan payet silver yang berkilauan. Hijabnya yang polos bisa ditambahkan veil dari kain tile polos dengan warna serupa untuk membuat penampilan jadi terlihat lebih menarik.

5. Baju off shoulder elegan dengan warna biru langit

wm_article_img
Kebaya: Beblooms Wedding

Mirip dengan baju yang sebelumnya, baju yang satu ini juga memiliki potongan fit body yang bagian bawahnya asimetris. Bagian bahu dibuat off shoulder dengan aksen tambahan yang membuatnya terlihat lebih cantik. Pemilihan warna biru yang lembut, dipadukan dengan bawahan dengan warna putih membuat tampilanmu terlihat lebih elegan maksimal. Usahakan untuk memadukannya dengan pakaian pria yang memiliki warna lebih gelap.

6. Kebaya dengan kancing di bagian depan

wm_article_img
Kebaya: Hera Griya Pengantin

Jika tidak ingin kebaya bagian depanmu terlihat lebih kosong, kamu bisa memilih kebaya dengan aksen kancing baju alih-alih memilih kebaya dengan resleting di bagian belakang. Jika mengenakan hijab, kamu bisa memilih kancing yang menutup hingga bagian leher. 

Aksen hiasan dalam bentuk daun vertikal berwarna perak yang menjulur dari bahu juga akan membuat kebaya ini semakin meriah. Selebihnya, kamu bisa menambahkan berbagai payet berwarna serupa.

7. Gaun loose penuh payet

wm_article_img
Kebaya: Hera Griya Pengantin

Jika ingin mengenakan pakaian yang lebih nyaman dengan konsep monokromatik, kamu bisa memilih gaun biru dengan model loose ini. Bagian leher bisa dibuat dengan model yang juga nyaman, seperti scoop neckline ini.

Supaya tidak terlihat membosankan, kamu bisa menambahkan payet silver yang cukup ramai di seluruh permukaan gaun. Jangan lupa padukan juga dengan veil dari bahan yang sama. Jika terlalu berat, kamu tidak perlu menambahkan payet pada aksesori yang satu ini. 

8. Baju tuan putri dengan warna biru

wm_article_img
Gaun pengantin: Tommy Pancamurti

Jika ingin mengenakan pakaian ala tuan putri, model ball gown ini juga bisa dijadikan inspirasi. Bukan sekadar pakaian yang memiliki model mengembang bagian bawahnya saja, gaun ini juga memiliki aksen lain yang membuatnya terlihat lebih menarik dan meriah. Salah satu bagian bahu dihias dengan kain tile yang dibentuk dengan aksen drapery. Untuk memberikan sentuhan elegan, kamu harus mempertimbangkan warna baby blue yang elegan.

9. Atasan dengan bell sleeves

wm_article_img
Kebaya: Myrna Myura

Untuk membuat aksen yang ekstra pada baju yang terlihat biasa dengan model fit body, kamu bisa memodifikasi beberapa bagiannya. Salah satunya adalah bagian lengan yang dibuat dengan model bell sleeves. Alih-alih hanya membuat bell sleeves berukuran kecil atau sedang, kamu bisa membuatnya hingga menjuntai seperti ini. Pilihan warna yang lembut akan membuat menyeimbangkan tampilanmu supaya tidak berlebihan.

10. Gaun dengan warna gradasi

wm_article_img
Gaun pengantin: Mahligai Atelier

Selain berbagai aksen yang ditambahkan dan pemilihan model untuk mempercantik penampilanmu, hal menarik lainnya yang membuat tampilan ini menjadi lebih menarik adalah pemilihan warna gradasi biru ke putih yang membuat gaun tidak terlihat membosankan. Warna biru bisa diterapkan pada bagian atas. Semakin ke bawah, warna putih akan muncul. Gradasi ini akan membuatmu memiliki tampilan bak putri es yang dingin dan berkelas. 

11. Gaun mewah dengan detachable train

wm_article_img
Gaun pengantin: Ayung Berinda

Gaun ini cocok untukmu yang menyukai desain simpel, tapi tetap terlihat mewah. Modelnya hanya dibuat fit body dengan high neckline. Yang membuat gaun ini terlihat menarik adalah pemilihan bahannya. Jika yang sebelum-sebelumnya gaun atau kebaya dibuat dari bahan kain tile atau brokat, gaun yang satu ini dibuat dari kain yang tidak menerawang seperti satin. Namun, kamu tetap bisa membuatnya terlihat mewah dengan tambahan berbagai aksen payet.

12. Gaun off shoulder dengan cape

wm_article_img
Gaun pengantin: Beblooms Wedding

Pemilihan warna clear blue ini sarat akan kesan elegan dan cocok dipadukan dengan warna silver yang juga mewah. Sementara itu, kamu bisa memilih desain unik, yaitu baju desain off shoulder dengan cape dan detachable train untuk membuat gaun ini terlihat lebih elegan. Tidak perlu train yang meriah dengan layer, kamu bisa menambahkan satu piece saja.

Itu dia beberapa inspirasi baju pengantin berwarna biru yang kalem dan menenangkan. Biru juga merupakan warna yang akan meningkatkan kepercayaan dirimu. Berbagai model dan tambahan aksen bisa ditambahkan untuk membuatnya lebih cantik.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...