Pilih Kategori Artikel

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Jawa Modern, Hadirkan Nuansa Tradisional namun Tetap Kekinian!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Para pasangan sering menghadapi dilema saat mempersiapkan pernikahan. Pasalnya, mereka harus memilih satu di antara beberapa pilihan sekaligus. Salah satunya adalah memilih antara tema pernikahan tradisional atau modern. Yang satu memberikan kesan sakral yang kuat, yang lainnya terasa lebih mengikuti perkembangan zaman. Rasanya dua-duanya ingin dipilih semuanya.

Ternyata kamu bisa, lo, memilih untuk menggelar pernikahan tradisional tetap dengan sentuhan modern dengan menyesuaikan beberapa hal pada elemen pernikahanmu. Salah satunya adalah elemen pada dekorasi. 

Alih-alih menggunakan dekorasi yang penuh dengan elemen tradisional ala zaman dahulu, kamu bisa menyesuaikan elemen warnanya yang lebih cerah dan lembut untuk memberikan kesan modern.

Jika kamu dan pasangan akan menggelar pernikahan dengan tema Jawa modern, berikut ini beberapa dekorasi pernikahan Jawa modern yang bisa dijadikan inspirasi. Simak, yuk, seperti apa saja!

1. Dekorasi gunungan dengan backdrop papan kekinian

wm_article_img
Dekorasi: Likalikumu Dekorasi

Jika membicarakan dekorasi pernikahan Jawa, gunungan adalah salah satu elemen yang banyak diterapkan. Bentuknya yang cantik dengan ukiran di dalamnya membuatnya cocok ditaruh di mana saja, termasuk di pelaminan. Gunungan ini bisa diletakkan di belakang kursi pengantin maupun orang tua. 

Untuk membuatnya lebih modern, backdrop papan dengan warna cokelat muda bisa diterapkan juga. Pilih bunga berwarna putih dan merah untuk menghias bagian ini. Chandelier juga bisa ditambahkan untuk kesan yang mewah.

2. Dekorasi pernikahan Jawa modern warna putih

wm_article_img
Dekorasi: Likalikumu Dekorasi

Backdrop yang paling sering digunakan untuk dekorasi pernikahan Jawa adalah gebyok, yaitu kayu yang biasanya ada di rumah-rumah Jawa zaman dahulu. Hal ini memberikan nuansa tradisional yang kental. Untuk menyeimbangkan, warna dekorasi bisa dibuat lebih netral dengan elemen warna putih yang memberikan kesan modern yang clean.

Gunakan kain berwarna putih untuk dekorasi di bagian atap hingga meja dan kursi yang digunakan untuk akad. Pilih juga bunga-bunga yang memiliki warna pastel yang lembut untuk mempermanis dekorasimu.

3. Dekorasi berwarna sage dan emas

wm_article_img
Dekorasi: Aerin Decora

Sage menjadi sebuah warna yang hits selama beberapa waktu ke belakang. Pasalnya, warna ini terlihat netral dan memberikan efek yang menenangkan. Yang unik, warna ini bisa disandingkan dengan warna emas untuk memberikan sentuhan mewah juga pada dekorasi. 

Backdrop yang terinspirasi dari bentuk rumah joglo yang biasa memberikan kesan tua pun langsung berubah menjadi sesuatu yang terlihat lebih modern. Tambahan anyaman kayu bisa dijadikan aksen dekoratif yang diletakkan di atas venue akad.

4. Backdrop berbentuk candi

wm_article_img
Dekorasi: Aerindecora

Jika biasanya backdrop di pelaminan memiliki bentuk gunungan, gebyok, atau rumah joglo, ternyata bentuk candi juga bisa dijadikan backdrop yang unik. Untuk membuatnya tidak terlalu kosong, gambar pepohonan yang biasanya ada di area candi juga bisa didapatkan dengan mencetak gambar ini dan menaruhnya di antara candi. Kamu juga bisa menambahkan bunga-bunga yang disusun seolah taman di area  pelaminan untuk membuatnya tampak lebih natural.

5. Dekorasi papan gambar di lorong

wm_article_img
Dekorasi: Dewa Decoration

Dekorasi pernikahan Jawa yang tampak di sini adalah gunungan yang berada di ujung lorong, tentunya lengkap dengan bunga-bunga yang menghiasi. Uniknya, bagian lorong dilengkapi dengan papan-papan yang ditempeli dengan foto pengantin yang bisa diambil dari foto saat pacaran, prewedding, atau foto lamaran. Pilihan warna putih dengan bingkai kuning emas bisa membuat area ini tampak makin cantik.

6. Beberapa gunungan sekaligus untuk photobooth

wm_article_img
Dekorasi: Dewa Decoration

Selain diletakkan di bagian belakang pelaminan, gunungan juga bisa dijadikan dekorasi di bagian lain, salah satunya adalah di photobooth. Di area ini, gunungan bisa digabungkan dengan berbagai jenis bunga, seperti baby’s breath yang diletakkan di bagian bawah dan bougenville putih di bagian atasnya. Tambahan bunga-bunga lain seperti anggrek juga akan membuat area ini tampak semakin meriah.

7. Dekorasi gunungan dengan wayang

wm_article_img
Dekorasi: Dewa Decoration

Gunungan adalah sebuah hal yang biasanya ditemui dalam dunia pewayangan. Untuk itu, kamu bisa juga memasukkan tokoh wayang yang lain ke dalam dekorasi pernikahanmu. Tokoh-tokoh ini akan membuat pernikahanmu menjadi semakin ramai. Jangan lupa untuk menggabungkannya dengan aksen dekoratif lain, seperti dedaunan dan bunga yang bisa ditaruh di belakangnya.

8. Tokoh wayang berpasangan

wm_article_img
Dekorasi: Allegra Dsign

Tokoh-tokoh di wayang yang memiliki cerita seperti Rama dan Sita atau Arjuna dan Drupadi bisa dijadikan hiasan juga untuk venue pernikahanmu. Kamu bisa menyediakan suatu sudut yang bisa digunakan untuk berfoto dengan tokoh wayang tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menambah kesan etnik pada area ini dengan menambahkan kain beludru, hiasan berupa kayu-kayu yang sudah lawas, hingga radio. Sementara itu, untuk menambahkan kesan modern, bunga-bunga baby’s breath dan mawar yang berwarna putih bisa ditaruh di sekitar. 

9. Aksen rumah lama dan gamelan

wm_article_img

wm_article_img
Dekorasi: Griyo Palastri Decor

Rumah Jawa zaman dahulu biasanya memiliki beberapa aksen yang etnik, seperti bagian tiang atau pintunya. Nah, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menghias venue pernikahan untuk memberikan kesan tradisional yang kental. 

Selain digunakan untuk fungsional, gamelan juga akan menjadi hiasan yang bagus untuk venue pernikahan. Jangan lupa tambahkan dekorasi bunga dengan warna yang vibrant untuk membuat acara pernikahan tidak hanya modern, tapi juga lebih cerah dan ceria.

10. Backdrop foto rumah joglo

wm_article_img
Dekorasi: Griyo Palastri Decor

Ternyata kamu tetap bisa memasang backdrop yang terdiri dari papan kayu yang dibentuk sedemikian rupa supaya terlihat modern. Namun, untuk memberikan sentuhan tradisional, bagian belakang kursi pengantin bisa dibuat dengan cetakan foto rumah joglo yang unik. Tambahkan juga aksen hiasan etnik di sisi kanan dan kiri tempat duduk pengantin untuk membuatnya semakin lengkap.

11. Dekorasi rumah joglo

wm_article_img
Dekorasi: Griyo Palastri Decor

Biasanya rumah joglo digunakan sebagai venue pernikahan yang kental dengan nuansa tradisional. Kini kamu juga bisa mendapatkan suasana ini dengan lebih modern dengan menggelarnya di dalam ruangan. 

Namun, jangan lupa untuk menghadirkan suasana joglo tiga dimensi di bagian pelaminan. Pilihan kursi sofa yang nyaman bisa dipilih untuk kesan modern. Jangan lupa tambahkan dekorasi bunga dan dedaunan untuk membuat suasana seolah seperti di depan rumah sesungguhnya.

12. Backdrop batik dengan gunungan di tengah

wm_article_img
Dekorasi: Dewa Decoration

Selain menghiasi bagian pelaminan, bagian lain juga perlu didekorasi supaya konsep acara bisa semakin paripurna. Pada bagian tertentu yang memerlukan backdrop, kamu bisa menambahkan aksen batik di sana. 

Tambahkan gunungan di bagian tengahnya dan kamu sudah bisa mendapatkan pernikahan tradisional yang menyenangkan. Untuk kesan modern, kamu bisa menambahkan aksen lilin yang diletakkan di candle holder yang terbuat dari kaca. 

Beberapa dekorasi Jawa modern tersebut bisa dijadikan inspirasi untuk pernikahan dengan nuansa tradisional dengan sentuhan modern yang seimbang. Selain dekorasi, jangan lupa sesuaikan yang lain juga, seperti pakaian yang dikenakan, catering yang disediakan, hingga pilihan musiknya, ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...