Pilih Kategori Artikel

12 List Seserahan Pernikahan Sesuai Hobi, Investasi untuk Kebahagiaan Bersama
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ada begitu banyak hal yang harus dipikirkan ketika akan melangsungkan pernikahan. Berbagai hal ini mencakup hal yang besar, seperti venue pernikahan hingga yang mendetail seperti seserahan untuk diberikan kepada pasangan. Jika saat ini kamu sedang merasakan kebingungan ini, ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi beban mengenai hal yang satu ini. Pertama, kamu harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasangan. Selain kebutuhan utama, kamu juga bisa memberikan seserahan yang berkaitan dengan hobi milik pasanganmu.

Walaupun menurut kebanyakan orang hobi merupakan kebutuhan tersier, nyatanya ada orang yang bahagia karena hal ini. Selain itu, ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu pikirkan untuk memberikan seserahan yang berkaitan dengan hal ini. Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu bisa memberikan seserahan yang berkaitan dengan hobi dan beberapa list seserahan yang bisa kamu pertimbangkan. Simak sampai habis, ya!

Kenapa memberikan seserahan yang berkaitan dengan hobi?

wm_article_img

Kamu bisa mengurangi kebingungan dengan memberikan seserahan yang berkaitan dengan hobi. Selain itu, beberapa hal berikut ini juga bisa membantumu dalam mempertimbangkannya.

  1. Mendukung kebahagiaan pasangan

Banyak yang menganggap bahwa ketika sudah menikah, seseorang akan kehilangan kesenangan yang sebelumnya ia sukai, termasuk hobi. Dengan memberikan seserahan ini, kamu bisa menunjukkan komitmen bahwa kamu akan terus mendukung pasangan untuk melakukan apa hal yang ia sukai sebelum menikah. Artinya, kamu juga memahami dan menghargai pasangan sebagai individu.

  1. Memperkuat hubungan

Hobi sering kali menjadi salah satu identitas kuat yang melekat pada seseorang. Selain itu, kegiatan yang dilakukan akan terasa lebih menyenangkan apabila bisa dilakukan secara bersama-sama. Oleh sebab itu, dengan memberikan hal ini, kalian bisa mempererat hubungan setelah menikah nanti dengan melakukan hal tersebut bersama. Kamu juga akan belajar menyenangi apa yang ia juga sukai sehingga kalian akan lebih terhubung.

  1. Mengeksplorasi minat bersama

Dengan memberikan seserahan yang berhubungan dengan hobi pasangan, artinya kamu juga akan belajar tentang hobi yang ia miliki. Apabila kalian berdua memiliki hubungan yang sehat, bukan tak mungkin pasanganmu juga akan menjadi tertarik dengan hobi yang kamu miliki. Dengan demikian, kalian berdua bisa bersama-sama melakukan eksplorasi untuk menemukan kegiatan yang bisa dilakukan bersama.

  1. Investasi pada keharmonisan

Dengan memberikan seserahan yang berkaitan dengan hobi, artinya kamu sedang melakukan investasi pada kebahagiaan jangka panjang bersama pasangan. Pasalnya, melakukan hobi akan memberikan kepuasan tertentu pada pasangan yang juga akan mempengaruhi kehidupan rumah tangga kalian berdua.

Tips memilih seserahan sesuai dengan hobi

wm_article_img

Setelah mengetahui beberapa kelebihan tersebut, kamu mungkin akan mulai memikirkan untuk memilih seserahan yang sesuai dengan hobi. Namun, bisa jadi kamu masih bingung. Tenang, beberapa tips berikut ini bisa kamu lakukan.

  1. Mengetahui hobi pasangan

Tentu saja langkah pertama adalah dengan cara mengetahui apa hobi yang dimiliki oleh pasanganmu. Pastikan ia memiliki hobi tersebut sudah dalam waktu yang cukup lama atau bukan kesenangan sesaat supaya seserahan yang diberikan juga akan memiliki manfaat dalam jangka waktu yang lama. Kamu bisa memperhatikan apa yang dia lakukan dalam jangka waktu tertentu atau langsung menanyakannya.

  1. Lihat dengan lebih spesifik

Selain mengetahui garis besar hobinya, lihat juga secara lebih dekat preferensinya terhadap hobi yang dilakukan. Misalnya, jika dia senang memasak, jangan hanya berhenti sampai di sana. Ketahui juga apakah ia lebih suka memasak main dish atau justru lebih suka membuat dessert. Walaupun sama-sama memasak, kedua hal tersebut membutuhkan peralatan yang berbeda sehingga perlu dipastikan untuk memberikan barang yang lebih tepat sasaran.

  1. Perhatikan kualitas

Sekadar memberikan barang sesuai dengan hobi mungkin akan menjadi kurang berkesan apabila memberikannya secara sembarangan. Pasalnya, ketika sudah memiliki hobi tertentu seseorang biasanya akan rela untuk mengeluarkan uang lebih untuk memenuhi barang yang diperlukan. Ia juga akan mengetahui mana barang yang berkualitas, mana yang dipilih secara asal-asalan. Makanya, daripada memilih banyak barang yang kurang sesuai, lebih baik alihkan untuk memberikan barang yang lebih bermanfaat.

  1. Lakukan riset

Untuk mengetahui berbagai detail yang dibutuhkan tersebut, kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukan riset. Banyak yang bisa dilakukan, mulai dari bertanya langsung ke pasangan, bertanya ke teman-teman atau keluarga, hingga mencari tahu melalui internet. 

  1. Tambahkan sentuhan pribadi

Untuk membuatnya tidak terkesan seperti kado biasa, tambahkan juga sentuhan pribadi. Salah satu langkah untuk mewujudkan hal yang satu ini adalah dengan melakukan kustomisasi, misalnya dengan mengukir atau menuliskan nama di permukaan barang atau tanggal kalian berdua menikah.

Inspirasi seserahan sesuai hobi

wm_article_img

Untuk membantu melakukan riset, berikut ini adalah beberapa seserahan yang berkaitan dengan hobi yang bisa kamu berikan pada pasangan. 

  1. Hobi kuliner

JIka kamu dan pasangan sama-sama memiliki hobi memasak, hal ini akan sangat menyenangkan terutama untuk tahun-tahun awal pernikahan. Berbagai peralatan, seperti set alat masak hingga buku resep bisa kamu masukkan ke dalam kotak seserahan.

  1. Hobi traveling

Intensitas kalian untuk bepergian setelah menikah mungkin akan berkurang karena kesibukan dan tanggung jawab yang baru. Namun, hobi ini tetap bisa dilakukan dengan kesepakatan bersama. Untuk tetap melakukan hobi ini, barang-barang yang sesuai bisa kamu berikan, seperti voucher perjalanan, koper, dan perlengkapan perjalanan lainnya.

  1. Hobi fotografi

Apakah pasanganmu merupakan seseorang yang senang memotret? Jika iya, memberikan seserahan yang sesuai dengan hobi ini mungkin tidak terlalu membingungkan, tapi perlu budget yang cukup karena gear yang biasanya lebih mahal. Set fotografi bisa kamu berikan dalam bentuk kamera beserta aksesorinya hingga album foto yang bisa digunakan untuk menyimpan hasil foto yang diambil. Selain mendukung hobi pasangan, hobi yang satu ini akan memberikan manfaat bagi kalian berdua di momen-momen istimewa.

  1. Hobi musik

Saat sudah menjalin hubungan ke arah yang serius, kalian berdua hendaknya sudah saling mengerti apakah ia memiliki hobi musik hanya sebagai penikmat saja atau menjadi pemain juga. Ada berbagai set yang bisa dimasukkan ke dalam seserahan untuk hobi yang satu ini, misalnya tiket konser, alat musik yang sudah lama ia inginkan, atau bahkan voucher untuk kursus  bermain musik.

  1. Hobi olahraga

Hobi yang satu ini akan bermanfaat bukan hanya bagi pasangan saja, tapi juga ada kemungkinan untukmu juga. Gaya hidup setelah menikah pun bisa lebih baik. Kenali olahraga apa yang ia senangi untuk memberikan barang yang paling cocok untuknya. Set pakaian olahraga akan menjadi seserahan yang cocok dan praktis, sementara itu barang yang lebih besar, seperti barbel akan memberikan kesan yang unik dan nyeleneh sehingga membuat pernikahanmu akan lebih diingat.

  1. Hobi seni dan kerajinan

Hobi yang satu ini termasuk hobi yang paling umum dimiliki oleh banyak orang. Set seserahan yang diberikan bisa dalam bentuk bahan-bahan untuk membuat kerajinan seperti set untuk membuat keramik hingga peralatan menggambar. Voucher untuk bergabung dengan kelas kesenian juga akan menjadi seserahan yang unik dan bermanfaat.

  1. Hobi berkebun

Untuk memiliki hobi yang satu ini, ternyata tidak lagi diperlukan tanah yang luas di halaman rumah. Seseorang bahkan bisa melakukan hobi ini di pekarangan dengan pot. Untuk mendukungnya, seserahan dalam bentuk peralatan berkebun, tanaman hias, hingga biji-bijian bisa  diberikan.

  1. Hobi menonton film

Bagi pecinta film, menonton film di bioskop saja kadang terasa kurang memuaskan. Harus ada printilan lain yang dimiliki untuk menunjang hobi yang satu ini. Beberapa hal yang bisa dimasukkan ke dalam list seserahan untuk mereka yang memiliki hobi menonton film; antara lain koleksi DVD film favorit; merchandise film favorit pasangan seperti poster, collectible ticket, hingga kaus; peralatan menonton film seperti proyektor mini.

  1. Hobi membaca buku

Di antara maraknya orang mengonsumsi media sosial secara berlebihan, hobi membaca buku yang dimiliki oleh pasangan menjadi salah satu hobi yang harus didukung. Untuk menjadikannya seserahan, benda yang paling mungkin diberikan adalah buku itu sendiri, e-reader, peralatan membaca seperti lampu baca, bantal untuk membaca, hingga pembatas buku yang indah.

  1. Hobi fashion

Biasanya pakaian sudah termasuk ke dalam set seserahan. Namun, jika pasanganmu memiliki ketertarikan khusus pada fashion, ada beberapa hal lainnya yang bisa kamu berikan, misalnya pakaian dari brand favorit, majalah mode, bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat pakaian yang sesuai dengan preferensinya.

  1. Hobi mengoleksi parfum

Hobi yang satu ini mungkin terdengar akan memudahkanmu dalam memilih seserahan. Namun, alih-alih memberikannya parfum yang mungkin sudah ia miliki, kamu justru bisa memberikan peralatan yang bisa digunakan untuk pasanganmu membuat parfumnya sendiri yang lebih sesuai dengan kepribadian sekaligus memberikan pengalaman baru untuknya.

  1. Hobi teknologi

Kini, yang memiliki hobi teknologi bukan hanya kaum adam saja, banyak perempuan yang juga memiliki hobi yang berkaitan dengan teknologi. Untuk menunjang hal ini, ada berbagai hal yang bisa diberikan, mulai dari gadget terkini, printilan gadget lainnya, hingga voucher game apabila ia tertarik pada permainan online. Jika kamu memiliki hobi yang sama, pernikahan kalian akan semakin menyenangkan.

Perlu diketahui bahwa memberikan seserahan yang berkaitan dengan hobi yang dimiliki oleh pasangan merupakan sebuah investasi untuk kebahagiaan kalian berdua alih-alih hanya memberikan barang secara random. Selain itu, bukan tak mungkin kamu juga akan menemukan kesenangan baru dari apa yang dilakukan oleh pasanganmu. Jangan lupa untuk melakukan banyak riset dan menyesuaikannya dengan budget, ya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...