Pilih Kategori Artikel

12 Rekomendasi Kue Kekininan dan Disukai Semua Orang, Cocok untuk Hantaran Lamaran Modern!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Sebelum melangsungkan pernikahan, pihak calon mempelai pria akan meminta izin kepada keluarga wanita untuk mempersuntingnya. Di proses tersebut, keluarga pria akan membawa seserahan pernikahan. Biasanya, seserahan pernikahan akan diberikan dalam bentuk barang-barang permintaan calon mempelai wanita yang sudah disepakati bersama. Acara ini biasanya menjadi momen paling ditunggu-tunggu sekaligus mendebarkan bagi kedua calon pengantin.

Karena, proses lamaran ini merupakan pintu awal penentu keberhasilan pernikahan. Semua hal terkait pernikahan akan dibahas dengan detail di pertemuan kedua keluarga. Selama proses lamaran, ada beberapa persiapan penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah kue hantaran lamaran pernikahan.

Sebenarnya, kue yang akan diberikan tersebut tidak memiliki banyak aturan. Hanya saja, makanan untuk seserahan haruslah memiliki rasa manis. Agar proses lamaran selalu dikenang sebagai momen indah bagi kedua pasangan. Lebih baik, hindari makanan-makanan pahit atau asam. 

Di tiap daerah, jenis kue seserahan pernikahan berbeda-beda. Banyaknya jenis kue seserahan cukup membuat bingung untuk memilih. Sebagai rekomendasi, WeddingMarket memberikan 12 jenis kue hantaran pernikahan yang tidak membosankan, kekinian, dan disukai oleh semua orang. 

1. Cheese cake

wm_article_img
Sumber foto: Unsplash/ Dara O

Kue kekinian dengan tekstur lembut dan rasa yang lezat. Cheese cake sudah dijadikan pilihan banyak pasangan untuk hidangan pernikahannya. Karena bentuknya yang cantik dan rasa dapat dibuat sesuai selera, cheese cake bisa kamu jadikan kue seserahan pernikahan.

Cheese cake cokelat dan strawberry merupakan rasa paling populer saat ini. Jangan sampai kelewatan, kue lembut dan manis ini harus menjadi salah satu daftar pilihan kamu!

2. Kue lapis

wm_article_img
Foto via sweetrip.id

Siapa suka kue lapis? Tidak kalah unik dengan cheese cake, kue lapis menebarkan pesonanya lewat berbagai macam warna. Di setiap daerah, kue lapis memiliki warna berbeda-beda.

Namun, kamu akan lebih sering menjumpai kue lapis yang memiliki warna hijau dan putih. Dua warna ini cukup terkenal karena rasanya yang manis, gurih, dan memiliki aroma pandan menyegarkan.

Walaupun menu tradisional, kue lapis masih eksis hingga kini. Kamu juga bisa menyandingkan makanan ini dengan kue-kue hantaran pernikahan unik lainnya. Tenang saja, pesona kue lapis jangan disepelekan.

3. Lapis legit

wm_article_img
Foto via kumparan.com

Sama seperti sebelumnya, kue lapis legit juga merupakan salah satu masakan tradisional. Namun, sudah banyak kreasi kue lapis legit kekinian saat ini. Walaupun harganya lebih mahal tetapi rasanya tidak main-main.

Ketika lapis legit masuk ke dalam mulut, kamu akan merasakan masakan tradisional yang manis dan lembut. Rasanya masih autentik dan belum berubah hingga kini. Bentuknya hampir sama dengan kue lapis. 

Namun, lapis legit tidak lengket dan proses pembuatannya lebih sulit dibandingkan kue lapis biasanya. Tiap lapisan dipanggang satu persatu, proses ini juga merupakan faktor yang membuat kue lapis legit memiliki harga mahal.

Kue lapis legit campuran warna keemasan dan cokelat akan disukai oleh semua keluarga serta tamu acara lamaran kamu. So, apalagi alasan tidak memilih lapis legit sebagai kue seserahan pernikahan?

4. Dessert box

wm_article_img
Foto via tempat.com

Kembali lagi ke jenis kue kekinian yang banyak digandrungi kawula muda. Beberapa harganya memang mahal, karena isi dari kue yang menggunakan bahan-bahan premium, seperti Nutella, cokelat belgia, lotus, dan lain-lain.

Namun, harganya yang mahal tidak mengkhianati rasa. Jika kamu ingin lebih menghemat anggaran, dessert box bisa dibuat sendiri. Karena pembuatannya cukup mudah dan sederhana. 

Jika kamu ingin menjadikannya sebagai salah satu kue dalam baki atau box hantaran pernikahan, jangan sampai salah pilih rasa. Kamu bisa memilih rasa-rasa umum saja seperti cokelat. 

5. Cupcake

wm_article_img
foto: Unsplash/ Deva Williamsom

Kue satu ini juga banyak dijumpai di acara pernikahan. Selain pernikahan, cupcake juga sering dijadikan makanan ringan acara-acara resmi seperti syukuran, kegiatan kantor, dan lainnya. Di deretan banyaknya kue hantaran lamaran modern, cupcake masih cukup menonjol dan layak untuk dipilih.

Karena, cupcake tidak hanya memiliki satu warna dan bentuk saja. Kamu bebas ingin warna dan bentuk seperti apa. Agar lebih menarik, sebaiknya kamu meminta bentuk cupcake anti mainstream, colorful, dan lezat tentunya.

6. Kue wajik

wm_article_img
Foto: Thebakeology.id

Masih mau mempertahankan kue-kue tradisional? Bisa menjadikan kue wajik sebagai salah satu menu hantaran. Pembuatan hingga tampilan kue wajik sangat sederhana. Namun, kue tradisional Jawa ini sangat menggugah selera.

Apalagi, bagi orang-orang tua, nenek dan kakek kamu pasti suka jika makanan satu ini dijadikan kue seserahan pernikahan. Kue berbahan dasar beras ketan dan gula merah ini cocok dimakan setelah selesai menyantap hidangan utama.

7. Kue brownies

wm_article_img
Foto: pexel-Martha Dzedyshko

Brownies merupakan kue tradisional dan kekinian. Loh, loh, bagaimana bisa tradisional tetapi kekinian juga? Awalnya, brownies hanya disajikan dengan satu varian saja dan taburannya pun ‘itu-itu mulu’. 

Sekarang ini, brownies sudah berada di level berbeda. Kalau kamu sering lihat, kue brownies semakin bervariasi. Ciri khas rasa kuenya tetap sama tetapi toppingnya berbeda-beda. Mulai dari menggunakan topping milo, matcha, almond, keju panggang, green tea, dan banyak lainnya.

Kue seserahan pernikahan akan lebih istimewa jika kamu memasukkan brownies sebagai salah satu menunya. Begitu dihidangkan, langsung ludes!

8. Bomboloni

wm_article_img
Foto via briliofood.net

Adonan bomboloni sama seperti donat. Bomboloni juga sering disebut dengan donat tetapi dengan tampilan berbeda. Donat biasanya memiliki bolongan di bagian tengah. Namun, berbeda dengan bomboloni. Bolongannya berada di bagian pinggir dan akan mengeluarkan isian.

Isian bomboloni sengaja diperlihatkan sedikit agar menyerupai jambul. Karena adonan yang mirip dengan donat, sudah pasti bomboloni memiliki rasa lezat. Semua orang pasti suka, apalagi anak-anak kecil.

Bomboloni tidak hanya memiliki isian di dalam adonan saja, loh. Kamu bisa minta menambahkan topping pilihan di sisi depan atau belakangnya agar lebih kaya rasa. Jadi, tamu lebih menikmatinya. Daripada menyajikan donat, lebih baik memilih bomboloni dengan bentuk unik dan rasanya yang lezat.  

9. Lemper

wm_article_img
Foto via kompas.com

Kue-kue tradisional masih tidak mau kalah, salah satunya si lemper ini. Bentuknya sederhana tetapi rasanya tidak biasa. Harganya juga murah, cocok kalau kamu mau menghemat budget untuk kue hantaran lamaran pernikahan.

Walaupun berbahan dasar beras ketan, lemper bisa jadi favorit para tamu, loh. Kamu bisa mengisi lemper dengan abon atau ayam. Pasti, deh, para tamu kamu berkali-kali nambah makan lempernya.

10. Puding

wm_article_img
Foto: Thebakeology.id

Puding merupakan kue berbentuk kenyal, biasanya memiliki rasa manis dan segar. Untuk melengkapi kue seserahan lainnya, puding dengan rasa-rasa buah bisa kamu jadikan pilihan. Jadi, selesai makan kue-kue manis, bisa menikmati puding untuk menetralkan lidah.

Jangan pilih buah-buah asam, lebih baik menghidangkan puding rasa mangga atau pisang. Selain manis, rasa dan tekstur puding bisa menyegarkan mulut.

11. Mini pastry

wm_article_img
foto: unsplash/Brooke Lark

Kalau masih bingung ingin menghidangkan kue apa di acara lamaran, campur semua rasa menjadi satu! Caranya bagaimana? Dengan menghidangkan mini pastry. Mini pastry menjadi kue yang unik karena topping di atasnya. 

Kamu bisa menghidangkan berbagai macam rasa. Kamu juga bisa menambahkan topping buah-buahan di atasnya. Karena bentuknya yang kecil-kecil dan beragam, kue ini bisa menarik perhatian dan akan disukai oleh banyak orang.

12. Bolu kukus

wm_article_img
Foto via fimela.com

Bolu kukus juga tidak mau ketinggalan, bisa menjadi salah satu menu kue hantaran lamaran pernikahan. Kamu bisa menyajikannya dalam bentuk kotak kecil atau besar. Agar lebih menarik kamu bisa menggunakan cup tambahan sebagai wadahnya. Bolu kukus memiliki berbagai jenis rasa. Kamu bisa banget menentukan rasa apa yang kira-kira dapat dinikmati semua orang di acara lamaran nantinya. 

Nah, itu dia 12 rekomendasi kue hantaran lamaran pernikahan, mulai dari modern hingga kue-kue tradisional dengan konsep unik dan kekinian. Bagaimana menurut kamu? Menu mana yang kira-kira akan kamu pilih sebagai kue seserahan pernikahan nantinya? Jenis kue apapun yang kamu pilih diantaranya rekomendasi di atas, semuanya akan disukai oleh banyak orang.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...