Pilih Kategori Artikel

List Kue Hantaran Lamaran Unik Dengan Rasa yang Manis
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ada berbagai pilihan kue hantaran lamaran unik yang bisa digunakan dalam rangkaian acara pernikahan yang sangat bermakna. Biasanya kue hantaran ini tersedia dalam berbagai rasa, salah satunya ada kue dengan cita rasa yang manis. Tentu saja, ada berbagai variasi kue hantaran yang unik yang bisa dipilih oleh calon pengantin. Mau kue tradisional ataupun kue hantaran lamaran modern yang akan dibawa, haruslah dipilih dengan baik agar sesuai dengan keinginan dan misi para calon pengantin ke depannya. 

Biasanya pada acara pernikahan yang mengutamakan adat tertentu, akan ada beberapa pilihan kue hantaran untuk lamaran. Namun, pilihan kuenya sendiri sebenarnya merupakan keputusan pribadi dari para calon pengantin. Bukannya tanpa alasan kudapan manis seringkali menjadi pilihan untuk isi kotak atau baki hantaran lamaran. 

Selain karena cita rasanya yang disenangi semua kalangan, menurut beberapa adat, seperti dalam tradisi seserahan adat Jawa, pakem kue hantaran yang manis dan lengket bermakna harapan untuk keharmonisan dan kelanggengan hubungan kedua mempelai. Sejalan dengan hal tersebut, mereka percaya bahwa pantang membawa hantaran lamaran yang bercita rasa pahit dan asam.

List Kue Hantaran Lamaran Unik yang Rasanya Manis 

Kue dengan rasa manis menjadi salah satu jenis hantaran yang wajib ada pada setiap acara lamaran. Ada banyak sekali pilihan kue dengan cita rasa yang manis ini. Mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Nah, agar para calon pengantin tidak terlalu bingung, berikut WeddingMarket rangkumkan list kue hantaran manis sebagai referensi!

1. Kue Jenang yang Wajib Ada 

wm_article_img

Kue Jenang bisa dibilang merupakan kue yang wajib ada pada setiap acara lamaran adat Jawa. Kue tradisional dengan tekstur kenyal dan rasa manis kombinasi dengan gurih ini berasal dari gula jawa yang menjadi pemanis alaminya. Perlu tenaga ekstra untuk membuat kue jenang terutama dalam proses mengaduknya yang harus sangat konsisten. Ada alasan mengapa kue ini wajib ada di acara lamaran, kue jenang memiliki filosofi kekuatan dan gotong royong, agar pengantin bisa bekerja sama dalam rumah tangga. 

2. Bentuk yang Cantik dengan Kue Wajik 

wm_article_img

Pilihan kue hantaran pernikahan selanjutnya adalah kue wajik, kue ini berbahan dasar ketan dengan rasa yang manis dari gula jawa. Kue wajib ini bisa menjadi pilihan yang unik, karena sesuai dengan namanya. Kue wajik bisa dibuat berbagai bentuk sesuai selera. Dengan bentuknya yang cantik apalagi jika dihiasi dengan berbagai ornamen. Kue wajik akan mempercantik hantaran lamaran para calon pengantin. Apalagi, kue wajik ini bisa dibuat dalam bentuk yang bervariasi agar lebih unik. Tidak hanya berwarna cokelat dari gula Jawa, tetapi bisa juga hijau dengan daun pandan. 

3. Berwarna-Warni dengan Kue Lapis 

wm_article_img

Kue lapis merupakan salah satu panganan tradisional yang banyak digemari oleh masyarakat. Kue tradisional ini juga bisa menjadi pelengkap dalam hantaran lamaran. Sesuai dengan namanya, kue ini terdiri dari lapisan-lapisan dengan berbagai warna yang berbeda. Hal ini memberikan tampilan yang lebih cantik pada kue lapis. Karena dibuat dengan berlapis-lapis, tidak mengherankan untuk membuat kue tradisional satu ini, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. 

4. Kue Ku dengan Isi Kacang Hijau 

wm_article_img

Kue Ku terkenal dengan bentuknya yang lucu, serta rasa manis gurih khas dari kacang hijau. Kue ini memang ide tepat sebagai hantaran lamaran yang unik. Bentuknya yang berbagai macam bisa mempercantik hantaran lamaran para calon pengantin. Bahkan, pada beberapa pembuat membiarkan pelanggan untuk request sendiri bentuk dari Kue Ku. Jadi, para calon pengantin bisa menyesuaikan tampilan Kue Ku dengan tema hantaran lamaran yang akan dibawa. 

5. Tetap Kekinian dengan Lapis Legit 

wm_article_img

Walaupun tergolong kue tradisional, namun sepertinya posisi lapis legit tidak tergeser oleh berbagai macam kue kekinian. Bahkan, kue tradisional satu ini semakin banyak digemari. Kue lapis legit pun bisa menjadi pilihan tepat untuk dijadikan kue hantaran lamaran yang unik. Tekstur kuenya lembut berlapis, dengan rasa yang legit tapi tidak membuat mual. Lapis legit menjadi pilihan yang tepat untuk para calon pengantin yang ingin membuat hantaran pernikahan dengan kue tradisional namun tetap berkesan modern. 

6. Banyak Disukai, Kue Bolu Kukus 

wm_article_img

Kue bolu kukus adalah kue yang umum ditemukan di masyarakat Indonesia. Penggemar kue ini pun sangat banyak. Hal ini yang menjadikan kue ini bisa menjadi pilihan tepat sebagai hantaran lamaran. Karena kue bolu kukus ini disukai hampir semua orang. Jadi, pastinya akan diterima dengan senang hati oleh pihak calon besan  Apalagi, kue bolu kukus dibuat dengan tampilan yang cantik dan penuh warna. Sehingga dapat memaksimalkan tampilan dari bolu kukus dan mempercantik hantaran pernikahanmu. 

7. Sangat Khas dengan Roti Buaya 

wm_article_img

Roti buaya adalah salah satu kue hantaran yang wajib dibawa dalam kebudayaan Betawi. Roti buaya ini memiliki filosofi kesetiaan dan kemapanan, seperti halnya hewan buaya yang setia pada pasangannya dan kuat di alam. Roti buaya ini biasanya diisi dengan isian manis, seperti selai srikaya, cokelat, kacang tanah, dan berbagai varian rasa manis lainnya. Karena bentuknya yang menyerupai buaya, tentu saja kue ini bisa memperindah dan membuat hantaran lamaran menjadi semakin unik. 

8. Manis dan Gurih Kue Bugis Mandi 

wm_article_img

Pilihan selanjutnya untuk kue hantaran lamaran adalah kue bugis mandi. Kue khas satu ini sangat unik, karena kuenya disiram dengan kuah kental yang terbuat dari santan dengan rasa yang gurih. Ini juga yang menjadi sebab kue ini disebut dengan kue bugis mandi. Rasa manis dari kue bugis ini berasal dari kelapa parut yang dipadukan gula di dalamnya, dikombinasikan dengan rasa gurih santan menciptakan rasa yang khas dan tampilan yang tidak kalah unik juga. Tidak heran, banyak calon pengantin yang memilih kue bugis mandi ini sebagai kue hantaran lamaran, karena memang terlihat unik dan juga rasanya terbilang sangat enak. 

9. Kue Jadah Manis yang Khas 

wm_article_img

Kue Jadah juga bisa menjadi pilihan kue hantaran lamaran. Biasanya kue jadah ini tersedia dalam dua variasi rasa, yaitu rasa yang manis dan rasa asin dan gurih. Kue jadah secara tradisional dibuat dari bahan ketan dan tanpa tepung. Untuk membuatnya ketan yang digunakan harus benar-benar dalam kondisi yang halus. Kemudian, komposisi gula dan garamnya disesuaikan dengan apa yang ingin dibuat, apakah rasa kue jadah yang manis ataupun yang asin. Biasanya, kue ini tidak diberi pewarna tambahan sehingga berwarna putih bersih. Namun, kadang ada juga yang memberikan pewarna agar tampilannya semakin cantik. 

Itulah beberapa list kue hantaran lamaran unik yang bisa menjadi pilihan. Semua kue di atas merupakan kue tradisional dengan rasa manis yang bisa menjadi pilihan tepat untuk hantaran lamaran pernikahan yang istimewa. Untuk mempercantik tampilannya, hiasi juga hantaran kue bercita rasa manis tersebut dengan berbagai pilihan kotak hantaran pernikahan unik. Selamat mencoba!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...