Pilih Kategori Artikel

15 Menu Masakan Padang untuk Pernikahan, Kelezatan Favorit Banyak Orang
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Indonesia memiliki berbagai macam warisan kuliner yang melegenda dan menjadi favorit bagi banyak orang. Terlepas dari daerah mana asal makanan tersebut, orang-orang dari daerah lain pun biasanya akan menikmatinya. Salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar di berbagai penjuru Indonesia adalah masakan Padang. Hampir di setiap daerah ada restoran dengan menu-menu dari Sumatera Barat ini. Menu yang dihidangkan biasanya memiliki ciri khas bumbu yang medhok dan rasa yang cenderung pedas.

Makanan lezat ini digemari oleh banyak orang sehingga akan cocok disajikan untuk menjamu tamu, salah satunya adalah di acara pernikahan. Masakan Padang akan cocok untuk acara pernikahan dengan konsep prasmanan. Berikut ini beberapa menu masakan Padang untuk pernikahan mulai dari lauk utama hingga berbagai sayurannya. Simak sampai habis, yuk!

1. Rendang

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Banyak orang yang meletakkan makanan yang satu di dalam ranking satu makanan terenak versi mereka. Pasalnya, olahan daging yang satu ini memang memiliki cita rasa yang juara.  Daging yang digunakan merupakan daging sapi, tapi kini ada banyak penyesuaian dengan menggantinya dengan bahan lain, seperti ayam atau bahkan jengkol. Sajian yang dimasak dengan berbagai rempah dan santan ini memiliki rasa kuat yang khas. Selain itu, rendang juga dimasak dengan metode suhu rendah, tapi dalam waktu yang lama sehingga memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang meresap hingga ke dalamnya. Untuk mendapatkan masakan yang satu ini biasanya dibutuhkan waktu memasak 5 sampai 6 jam.

2. Ayam pop

wm_article_img
Foto via GNFI

Siapa yang tak menyukai hidangan ayam? Ayam merupakan sebuah menu makanan yang banyak diidolakan banyak orang karena rasanya yang simpel dan bisa dimasak dengan bermacam-macam cara. Alih-alih menyajikan ayam goreng biasa, kamu bisa memilih olahan ayam yang lebih unik, seperti ayam pop. Masakan yang satu ini juga sering ditemui di rumah masak Padang dengan ciri khas warnanya yang terlihat pucat. Meskipun begitu, rasa dari ayam ini tak kalah lezat dari olahan yang lainnya karena direbus dengan air kelapa dan bawang putih cincang baru setelah itu digoreng dalam minyak panas dan ditiriskan saat warnanya masih putih pucat. Saat menyajikan ayam pop, saus sambal juga akan menjadi tambahan yang cocok.

3. Gulai tunjang

wm_article_img
Foto via Ragam Indonesia

Gulai merupakan salah satu makanan yang digemari juga oleh masyarakat. Ada banyak olahan gulai yang ada di Indonesia, salah satunya adalah gulai tunjang. Tunjang merupakan bagian dari kaki sapi. Teksturnya kenyal karena biasanya terdiri dari kulit, tulang, dan otot. Gabungan antara tekstur bahan yang kenyal dengan kuah santan yang kental dan gurih pedas memberikan kenikmatan tersendiri bagi para tamu yang datang.

4. Dendeng batokok

wm_article_img
Foto via Royal Tumpeng

Masih terbuat dari bahan utama daging, dendeng batokok juga menjadi salah satu sajian favorit banyak orang. Batokok berasal dari kata “tokok” dalam bahasa Melayu yang memiliki arti dipukul. Sesuai dengan arti tersebut, dendeng batokok dibuat dengan cara daging dipukul supaya lebih empuk dan bumbu bisa lebih mudah meresap. Rasa dari masakan ini merupakan perpaduan dari asam, gurih, dan pedas karena bagian atasnya akan diolesi cabai. Walaupun tidak melalui proses pembakaran, dendeng biasanya memiliki warna cokelat.

5. Sate Padang

wm_article_img
Foto: Cheche Kitchen

Sate menjadi salah satu menu yang mungkin paling sering kamu jumpai di acara pernikahan. Bagaimana tidak? Makanan yang satu ini selain memiliki bentuk yang unik karena ditusuk, juga memiliki rasa yang lezat. Ada begitu banyak jenis sate yang disajikan, tapi yang paling sering ditemui adalah sate ayam dengan saus kacang. Selain sate ayam, kamu bisa juga menyajikan jenis sate yang lain, lo, seperti sate Padang. Sate Padang dibuat dari daging sapi, lidah, atau jeroan. Kuahnya biasanya memiliki warna kuning dengan rasa yang pedas. Sama seperti jenis masakan Padang yang lain, kuah sate ini memiliki rasa rempah yang juga kental.

6. Ikan asam padeh

wm_article_img
Foto: Rudy dan Sahabat TV

Gulai ikan asam padeh merupakan sajian Minangkabau yang memiliki rasa asam dan pedas. Ikan yang digunakan beragam, mulai dari ikan tongkol, ikan tuna, hingga ikan salmon. Gulai ini memiliki bumbu rempah yang kuat terdiri dari berbagai bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai, lengkuas, dan lain sebagainya. Selain memiliki rasa yang lezat, para tamu juga bisa mendapatkan berbagai nutrisi yang terkandung pada ikan yang digunakan sebagai bahan.

7. Telur balado

wm_article_img
Foto: Endeus TV

Jika ingin menambahkan menu selain dari bahan daging sapi dan ayam, kamu juga bisa memilih bahan telur yang kaya akan nutrisi baik. Menu ini juga akan cocok bagi mereka yang menghindari atau tidak bisa memakan daging. Salah satu olahan telur dari Padang yang banyak diminati karena rasa lezatnya adalah telur balado. Olahan ini terbuat dari telur yang direbus kemudian dibumbui dengan berbagai bumbu termasuk cabai merah. Bumbu balado memiliki rasa pedas yang khas sehingga akan membuat para tamu makan dengan lebih lahap. 

8. Telur dadar Padang atau talua barendo

wm_article_img
Foto: Desmawati Kuretangin/cookpad

Walaupun namanya telur dadar, masakan yang satu ini memiliki rasa dan tampilan yang berbeda dengan telur pada umumnya. Biasanya telur dadar Padang memiliki bentuk yang lebih tebal, tapi renyah dan keriting di bagian luarnya. Telur yang digunakan biasanya adalah telur bebek atau telur ayam kampung. Di dalam telur ini biasanya terdapat potongan sayuran yang membuatnya terlihat lebih berwarna. Walaupun sederhana, banyak orang yang menjadikannya menu andalan pada masakan Padang.

9. Lontong sayur khas Padang

wm_article_img
Foto: Top Sumbar

Jika kamu menggelar pernikahan dari pagi hari, lontong sayur khas Padang akan menjadi pilihan menu sarapan yang menarik. Salah satu yang menjadi ciri khas dari hidangan ini adalah penggunaan bahan utama pakis muda. Kemudian, bahan ini akan dimasak dengan berbagai bumbu lain termasuk kuah santan. Gulai pakis kemudian akan disiram ke lontong dan menjadi perpaduan masakan yang memanjakan lidah para tamu yang datang.

10. Itiak lado mudo

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Daging sapi dan ayam menjadi dua bahan daging yang paling populer, tapi ternyata ada bahan daging lain yang juga menjadi salah satu khas di masakan Padang, yaitu daging bebek. Itiak lado mudo adalah olahan daging itiak (bebek) yang berusia muda dengan berbagai bumbu, termasuk lado mudo (cabe hijau keriting). Daging dibakar untuk menghilangkan bulu, kemudian dilumuri bumbu, dan ditumis sampai empuk. Makanan ini cocok disajikan untuk memperkenalkan hidangan unik lainnya kepada para tamu.

11. Gulai nangka

wm_article_img
Foto: Susan Mell/cookpad

Nangka muda menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan di berbagai daerah. Jika nangka muda diolah menjadi gudeg yang memiliki rasa khas yang manis di Yogyakarta, bahan ini memiliki cita rasa yang cenderung lebih gurih dan pedas saat diolah menjadi masakan Padang. Tak hanya memiliki rasa gurih dari santan, nangka muda juga memiliki tekstur yang lembut 

12. Gulai daun singkong

wm_article_img
Foto via Baba.id

Terdapat berbagai kandungan baik dalam bahan yang satu ini. Daun singkong juga memiliki serat yang tinggi sehingga akan cocok untuk menjadi pendamping berbagai makanan yang berbahan daging. Apapun lauknya, sayuran yang satu ini rasanya tak boleh ketinggalan. Selain direbus biasa, daun singkong juga bisa diolah menjadi gulai. Tak hanya memiliki rasa khas dari daun singkong itu sendiri, gulai ini juga memiliki kuah dengan santan dan berbagai rempah lainnya sehingga bercita-rasa gurih.

13. Gulai rebung khas Padang

wm_article_img
Foto: instagram/resepmudahkita

Rebung adalah tunas bambu yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Yang paling populer, rebung biasanya digunakan sebagai bahan untuk isian lumpia khas Semarang. Namun, ternyata tak hanya itu, ada juga makanan khas Padang yang menggunakan bahan ini, yaitu gulai rebung. Meskipun masih dibuat dengan kuah gulai, gulai rebung memiliki tekstur yang renyah sehingga memberikan rasa yang baru bagi para tamu.

14. Perkedel

wm_article_img
Foto via Rukita

Meskipun banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, perkedel menjadi salah satu makanan pelengkap yang ada di restoran Padang. Ternyata makanan ini sebenarnya berasal dari Belanda dan bernama frikadelle. Makanan ini terbuat dari kentang yang dilumatkan,  lalu dicampur dengan daging yang dicincang dan irisan daun bawang. Sebelum digoreng, bahan yang sudah dibuat bulat-bulat ini akan dimasukkan ke dalam telur kocok. Walaupun memiliki bentuk bulat sederhana, dijamin para tamu menyukainya.

15. Keripik sanjai

wm_article_img
Foto via Koran-Gala

Selain menyajikan makanan berat dan berbagai pilihan sayuran, ada juga cemilan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk disajikan. Makanan ini adalah keripik sanjai. Keripik sanjai adalah cemilan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis, kemudian digoreng. Keripik ini kemudian akan dilumuri bumbu balado sehingga memiliki tekstur yang lengket di luar, tapi renyah di dalam. Rasanya sangat lezat karena memiliki perpaduan antara gurih, manis, dan pedas.

Itu dia beberapa masakan Padang yang bisa digunakan sebagai menu sajian untuk acara pernikahan yang memiliki kelezatan terjamin. Biasanya makanan ini memiliki  kandungan rempah dan santan serta memiliki rasa yang pedas sehingga kamu bisa menyediakan kondimen atau pelengkap lain yang lebih segar. Sediakan juga pencuci mulut dan minuman yang menyegarkan untuk menetralkan rasa.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...