Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Menu Catering Pernikahan Modern dan Tips Memilihnya
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ada banyak unsur penting dalam sebuah acara pernikahan, salah satunya adalah catering. Makanan yang disediakan dalam pernikahan merupakan sebuah cara untuk menjamu tamu yang datang sekaligus sebagai ajang untuk berbagi kebahagiaan. Makanya, hal yang satu ini perlu dipersiapkan matang-matang. 

Ada banyak jenis cara menyediakan catering hingga jenis hidangannya. Yang paling populer adalah catering yang disediakan dengan konsep prasmanan. Dengan konsep ini, menu catering pernikahan yang disajikan lebih beragam dan tamu yang datang bisa mengambil makanan sesuai dengan selera mereka.

Menu inilah yang sering kali membuat bingung karena kita dituntut untuk menyediakan makanan yang bukan hanya kita sukai, tapi juga disukai oleh para tamu kebanyakan. Akan lebih baik apabila kamu menyediakan makanan modern yang banyak dijadikan favorit. Apa saja jenis makanan tersebut? Kita simak yuk selengkapnya!

Tips memilih catering

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Sebelum memilih berbagai variasi menu catering modern, perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Lakukan riset

Tak ada salahnya untuk menghubungi beberapa vendor catering sekaligus dan mencocokkan dengan budget. Setelah itu, kamu bisa mengerucutkannya menjadi pilihan yang lebih sedikit dan melakukan tes makanan untuk memilih yang terbaik.

2. Baca ulasan dan minta rekomendasi

Jika hanya membaca iklan atau penawaran dari website, maka kamu mungkin akan mudah tergiur. Namun, pastikan membaca ulasan dari mereka yang sudah menggunakan jasa catering yang sedang kamu cek. Jangan lupa untuk meminta rekomendasi kepada mereka yang sudah pernah menggelar pernikahan sebelumnya.

3. Lakukan pertemuan dengan vendor catering

Meskipun sudah melakukan komunikasi melalui pesan online, pastikan juga untuk melakukan pertemuan dengan berbagai agenda yang perlu dilakukan. Kamu bisa mendiskusikan ide makanan apa yang akan cocok dengan tema pernikahan, anggaran yang kamu miliki, hingga melakukan tes rasa.

4. Mencicipi makanan

Pada saat ini, kamu mungkin akan fokus pada rasa makanan saja. Namun, ada beberapa hal lain yang sebenarnya juga perlu diperhatikan, yaitu kualitas bahan makanan, presentasi, dan kebersihan dalam proses pembuatannya.

5. Pertimbangkan kebutuhan khusus

Akan lebih mudah jika menyediakan hidangan untuk tamu dengan menu yang sama. Namun, jika kamu ingin menghidangkan sebuah menu tertentu dan ada tamu yang memiliki alergi terhadapnya, sebaiknya sediakan hidangan pengganti untuk menu tersebut.

6. Hindari makanan yang sulit disajikan

Makanan yang memiliki penyajian unik memang akan lebih menarik. Namun, pertimbangkan juga cara penyajian dan makan para tamu. Makanan yang mudah meleleh seperti cake dengan isian cokelat cair akan membuat ribet mereka yang memakan.

Rekomendasi menu katering modern

1. Aneka jenis nasi

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Jadi, nasi sudah pasti harus masuk ke dalam menu. Selain itu, nasi juga sumber karbohidrat yang akan membuat para tamu merasa kenyang. Jika bosan dengan nasi putih, kamu juga bisa menyediakan berbagai jenis nasi lainnya, seperti nasi merah, nasi goreng, nasi daun jeruk, hingga nasi kuning. Dengan berbagai jenis nasi ini tamu jadi memiliki lebih banyak pilihan karbohidrat.

2. Sushi

wm_article_img
Foto: Medina Catering

Sushi adalah makanan khas Jepang yang biasanya menggabungkan karbohidrat dan lauk yang mengandung nutrisi lain seperti protein. Makanan yang satu ini dirasa praktis karena tamu yang datang bisa memakan nasi dan lauk sekaligus dalam satu gigitan tanpa perlu repot memotongnya. Tak hanya itu, bentuknya yang menarik dan berbagai isian serta topping membuat sushi terlihat enak dilihat dan menarik perhatian saat ditampilkan.

3. Salad

wm_article_img
Foto: Medina Catering

Memasukkan makanan sehat ke dalam menu pernikahan mungkin menjadi tantangan tersendiri. Selain memesan sup atau tumisan berbagai jenis sayur, kamu juga bisa mengemasnya dalam bentuk salad. Selain sayur, buah-buahan juga bisa dibuat menjadi salad, lo. 

4. Makanan vegan

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Saat ini semakin banyak masyarakat yang menyatakan untuk lebih banyak makan sayuran. Nah, kamu juga bisa menyebarkan kesadaran ini dalam pernikahanmu. Kamu bisa menggandeng vendor catering yang menyediakan menu-menu vegan dalam acara pernikahan. Pastikan untuk melakukan tes rasa karena makanan vegan biasanya cenderung hambar. Pilih menu makanan vegan yang tetap lezat supaya tamu  juga tetap senang.

5. Taichan

Sate menjadi makanan khas Indonesia yang rasanya sayang jika tidak dimasukkan ke dalam menu. Penyajiannya yang khas dan rasanya yang unik membuat sate banyak digemari. Namun, jika kamu merasa bosan dengan sate tradisional dengan bumbu kacang, maka bisa menggantinya dengan sate taichan yang lebih modern dan kini masih banyak disukai. 

6. Pasta

wm_article_img
Foto: Medina Catering

Pasta atau mi juga bisa disediakan sebagai karbohidrat untuk mereka yang tidak ingin atau tidak bisa memakan nasi. Meskipun termasuk ke dalam makanan barat, sajian yang satu ini juga banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia dan mungkin juga para tamu yang datang ke pernikahanmu. Banyaknya pilihan jenis pasta yang tersedia membuatmu lebih mudah dalam memilih yang paling cocok dengan lidah orang Indonesia.

7. Maccaron

Maccaron adalah biskuit dengan warna-warna cantik dan tekstur renyah yang memiliki krim di bagian dalamnya.  Rasanya yang manis membuat makanan ini banyak disukai sehingga cocok dijadikan sebagai dessert. Namun, tidak seperti donat, maccaron memilki bentuk yang lebih kecil.

8. Es kopi

wm_article_img
Foto: Medina Catering

Kopi mungkin sudah sering disajikan sebagai minuman untuk acara-acara pernikahan. Namun, kini ada banyak sekali variasi kopi yang muncul dan digemari oleh anak muda. Selain kopi hitam atau Americano, es kopi susu menjadi sebuah sajian yang akan menjadi favorit banyak orang. Bahkan, kini ada vendor yang menyediakan es kopi susu untuk pernikahan, lo.

9. Makanan fusion

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Makanan fusion juga menjadi satu pilihan yang menarik untuk dihidangkan. Perpaduan antara makanan western dengan makanan tradisional Indonesia tentu akan menjadi hal yang membuat banyak tamu penasaran. Contoh makanan ini misalnya burger rendang dan croffle

Nah, itu dia beberapa menu katering pernikahan modern yang bisa kamu pertimbangkan untuk pernikahan. Menu tersebut bisa disajikan dengan konsep prasmanan sehingga tamu bisa memilih di antara beberapa menu yang disediakan. Untuk membuatnya lebih modern, jangan abaikan presentasinya juga, ya.

Itulah beberapa rekomendasi menu catering yang bisa kamu pilih untuk konsep pernikahan modern. Tentunya, pilihan tersebut tidaklah mutlak harus diikuti. Kamu pun dapat menyesuaikan kembali kepada preferensi pribadi dengan berbagai pertimbangan lainnya seperti budget yang dimiliki. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang harga catering pernikahan, kamu dapat melihat di WeddingMarket store. Semoga bermanfaat!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...