Pilih Kategori Artikel

18 Inspirasi Dekorasi Kuade Pernikahan Elegan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Saat membicarakan tentang dekorasi pernikahan, kamu mungkin akan menemui istilah-istilah baru yang sebelumnya masih asing. Salah satunya adalah kuade pernikahan. Apakah kamu pernah mendengar sebelumnya? Kuade pernikahan adalah dekorasi bagian yang biasanya digunakan untuk duduk pengantin selama acara pernikahan berlangsung. Bagian inilah yang akan menjadi pusat perhatian bagi banyak orang sehingga harus dibuat dengan cantik.

Tak perlu mewah dan serba ekstra, kamu bisa mendekorasi kuade pernikahan dengan kesan yang elegan. Berikut ini beberapa dekorasi yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk pernikahanmu kelak. Simak sampai habis, ya!

1. Dekorasi simpel untuk acara malam hari

wm_article_img

Pernikahan yang digelar di luar ruangan biasanya sudah memiliki suasana yang istimewa karena pemandangan sekitar. Namun, jika pernikahan digelar di malam hari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama tentu saja adalah lighting. Pencahayaan penting selain untuk menerangi area, juga untuk membangun mood di sekitar kuade selama acara berlangsung. Pilihan chandelier dan standing lamp yang berbentuk lilin akan menjadi pilihan  yang cocok. Sementara itu, hiasan simpel yang dibuat dari arch sehingga tidak menutupi pemandangan belakang akan membuat dekorasi ini paripurna. Supaya lebih menarik, tapi tetap elegan, bunga-bunga dengan warna biru yang menyolok bisa ditambahkan.

2. Kuade berwarna bold elegan

wm_article_img

Untuk memberikan kesan elegan ke arah bold, warna yang pekat seperti hitam dan merah bisa dipadukan. Namun, bunga yang digunakan sebagai hiasan tak perlu dibuat terlalu rimbun. Supaya bagian depan tempat duduk pengantin tidak terlalu kosong, kamu bisa menaruh tanaman cantik di bagian ini. Untuk kursinya, pilih kursi dari bahan velvet dengan warna cokelat yang akan menyatu dengan warna kayu.

3. Backdrop ala lukisan pedesaan

wm_article_img

Walaupun menikah di tengah kota, ternyata suasana pedesaan tetap bisa dibawa ke area pernikahan. Tidak perlu menyewa joglo atau rumah tradisional lainnya, cukup gunakan backdrop yang memiliki gambar dengan setting pedesaan yang memiliki warna kalem. Padukan dengan bunga-bunga yang memiliki beberapa warna cerah di beberapa bagian saja. Selain memilih warna kursi yang lembut, kamu juga bisa memilih karpet yang memiliki warna serupa dengan backdrop untuk membuatnya tetap elegan.

4. Dekorasi dengan warna bunga monokromatik

wm_article_img

Kuade pernikahan ini tampak elegan karena pemilihan bunga yang hanya satu warna saja. Warnanya pun bold, tapi tidak terlalu menyala. Bunga diletakkan di bagian atas tempat duduk untuk menjadi background cantik ketika berfoto. Railing yang ditata berjajar mengerucut ke bagian atas dan berwarna emas membuat kesan elegan benar-benar paripurna. Standing lamp yang juga berbentuk bunga diletakkan di bagian belakang kursi menambahkan sentuhan elegan yang dreamy.

5. Kuade elegan dengan warna putih

wm_article_img

Saat membicarakan kesan yang elegan, kita tidak bisa meninggalkan warna putih. Warna ini adalah warna dasar yang sering dilihat di acara pernikahan dan akan bagus dipadukan dengan warna apa saja. Dalam dekorasi kuade ini, warna putih dipadukan dengan bunga-bunga di sisi kanan dan kirinya yang ditata horizontal. Kursi yang dipasang berwarna krem dan memiliki desain yang simpel membuat kuade ini memiliki kesan yang minimalis.

6. Dekorasi dengan backdrop yang asimetris

wm_article_img

Dekorasi ini juga memiliki warna putih dengan hiasan bunga yang juga memiliki warna serupa. Yang membuatnya tidak terlihat membosankan adalah backdrop yang bentuknya dibuat asimetris alias berbeda di sisi kanan dan kirinya. Terdapat sebuah titik pusat perhatian yang merupakan nama pengantin yang dihias dengan lighting yang sedemikian rupa. Untuk membuat tempat duduk pengantin yang lebih hidup, hindari memilih kursi berwarna putih lagi, tapi pilih warna yang tetap netral seperti cokelat.

7. Dekorasi kuade simpel di rumah

wm_article_img

Apakah pernikahanmu digelar di rumah? Biasanya dekorasi pernikahan yang digelar di rumah akan lebih simpel. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya terlihat lebih elegan. Meskipun tidak terlalu banyak aksen dekoratif, kamu tetap bisa membuatnya terlihat menarik. Jika tempat sempit, backdrop yang digunakan tidak perlu terlalu besar. PIlih yang bisa menjadi background kursi saja seperti pada gambar. Kemudian, dekorasi bunga-bunga bisa ditata rimbun di bagian dekat kursi saja.

8. Kuade dengan dekorasi segitiga

wm_article_img

Pernikahan di luar ruangan dengan background yang sudah cantik tidak perlu kuade yang terlalu berlebihan. Misalnya, jika kamu menggelar pernikahan di rooftop dengan pemandangan gedung-gedung tinggi, alih-alih menggunakan backdrop yang menutup semua pemandangan tersebut, kamu bisa memilih aksen dekoratif yang memiliki bentuk segitiga. Dekorasi ini cocok untuk acara pernikahan dengan konsep rustic. Pilih bunga-bunga berwarna putih yang dipadukan dengan daun palem untuk menghiasi papan kayu yang digunakan.

9. Hiasan frame asimetris

wm_article_img

Biasanya orang akan memilih hiasan dengan bentuk frame persegi atau persegi panjang untuk membuat dekorasi tampak indah. Namun, yang satu ini berbeda. Sudut papan kayu sengaja dibuat dengan tinggi yang berbeda untuk menciptakan kesan yang lebih estetis. Sementara itu, hiasan bunga yang biasanya digunakan untuk menghias papan, justru digunakan untuk menghias sekitar kursi pengantin. Warnanya bermacam-macam, tapi memiliki tone pastel yang indah cocok dengan warna dasar putih.

10. Kuade minimalis

wm_article_img

Dengan mengusung konsep “less is more” dekorasi ini menunjukkan bagaimana kuade minimalis terlihat lebih estetis. Kuncinya ada pada pemilihan hiasan yang didominasi daun hijau yang terlihat menyatu dengan alam. Selain itu, backdrop papan kayu putih juga terlihat semakin estetis dengan kain tile yang memiliki warna serupa yang digantung di beberapa bagiannya. Kursinya pun minimalis bahkan tanpa ada arm rest dan sandaran. Kuade ini akan cocok untuk pernikahan dengan konsep intimate yang mana pengantin akan lebih banyak berbaur dengan para tamu yang datang.

11. Tema all-white

wm_article_img

Dekorasi serba putih ini sangat elegan dan cocok untuk digunakan sebagai dekorasi di dalam maupun di luar ruangan. Mulai dari backdrop kain, bunga-bunga hingga meja panjang yang digunakan, semuanya memiliki warna putih. Hanya papan kayu yang ditata untuk backdrop yang memiliki warna emas lembut yang tidak mengurangi keeleganan dekorasi secara keseluruhan.

12. Arch yang dihias dengan pampas

wm_article_img

Pernikahan outdoor akan cocok dengan tema-tema pernikahan rustic yang menggunakan banyak bunga kering. Salah satunya adalah dengan menata kuade pernikahan menggunakan pampas untuk menghias arch. Kamu juga tetap bisa menggunakan bangku taman untuk duduk. Namun, untuk memberikan sentuhan elegan, tak ada salahnya menaruh bunga-bunga yang memiliki warna pastel yang cantik.

13. Dekorasi elegan dengan roncean bunga-bunga cantik

wm_article_img

Saat menggelar pernikahan dengan tema tradisional yang digabungkan dengan tema modern, biasanya dekorasi kuade yang dipilih tak jauh-jauh dari gebyok dan rumah joglo. Namun, yang satu ini berbeda. Elemen yang dimasukkan ke dalam dekorasi justru terdiri dari berbagai roncean bunga melati yang biasanya digunakan untuk merias pengantin. Roncean ini disusun dengan indah di berbagai tempat dan dipadukan dengan elemen lain, seperti kain putih yang panjang. Hasilnya dekorasi kuade yang super estetis.

14. Dekorasi elegan dengan background Merapi yang megah

wm_article_img

Untuk mengimbangi kemegahan merapi, kamu  tidak perlu lagi menambahkan kemewahan dengan dekorasi yang berlebihan. Cukup sediakan kayu yang dihias dengan kain putih yang ditata sedemikian rupa dan bunga-bunga yang berwarna indah, kuademu pun sudah sangat mencuri perhatian. Jika ingin mengimplementasikan kesan tradisional, dekorasi dalam bentuk janur kuning bisa ditata di samping kanan dan kiri kuade.

15. Gunungan yang ditaruh di papan backdrop

wm_article_img

Papan backdrop putih yang digunakan biasanya dihias dengan bunga-bunga saja dan menjadi dekorasi pernikahan modern. Namun, kamu bisa menambahkan beberapa gunungan yang biasanya ditemukan di pewayangan di sana untuk membuat dekorasi memiliki sentuhan tradisional. Pilih warna emas yang tidak terlalu menyolok untuk membuat kuademu tetap terlihat elegan. Untuk kursi pengantin, kamu bisa memilih antara warna putih atau emas.

16. Dekorasi indah di belakang rumah

wm_article_img

Dekorasi yang satu ini akan cocok jika kamu menggelar pesta pernikahan di rumah saja. Pasalnya, area yang dibutuhkan untuk memasang kuade ini tidak terlalu lebar, tapi kamu tetap bisa memaksimalkannya. Gunakan backdrop yang bagian tengahnya tertutup, tapi bagian samping berbentuk seperti pintu. Pilih bunga yang memiliki warna mirip dengan warna backdrop untuk membuatnya terlihat harmonis.

17. Pernikahan rustic dalam ruangan

wm_article_img

Biasanya pernikahan yang memiliki tema rustic digelar di luar ruangan. Namun, sebenarnya kamu tetap bisa menggelarnya di dalam ruangan. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan bagian kuade. Hias bagian ini dengan beberapa papan yang dihiasi bunga  dan dominasi daun warna hijau. Letak point of interest-nya adalah bagian kursi pengantin yang terbuat dari kayu rotan dengan ukuran yang lebih besar.

18. Dekorasi elegan dengan warna cerah

wm_article_img

Untuk mendapatkan dekorasi yang memiliki kesan elegan bukan berarti warna yang bisa dipilih hanya warna putih dan warna-warna pastel saja, ya. Dekorasi dengan warna cerah juga bisa digunakan untuk mendapatkan kesan ini. Caranya pilih warna dasar yang lebih dalam seperti biru tua, kemudian padukan beberapa warna bunga yang cerah untuk menghias backdrop. Pilih warna kursi pengantin yang lebih kalem dan taruh cushion yang memiliki warna sama dengan backdrop.

Pelaminan akan menjadi bagian yang paling banyak disorot dan mendapatkan banyak perhatian. Untuk itu, tak ada salahnya memikirkannya dengan matang-matang. Beberapa inspirasi tersebut bisa kamu gunakan jika ingin mendapatkan kesan dekorasi kuade pernikahan elegan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...