Pilih Kategori Artikel

Calon Pengantin Harus Catat! Ini 18 Checklist Kebutuhan Pernikahan yang Wajib Disiapkan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menggelar acara pernikahan membutuhkan sebuah persiapan yang matang. Pasalnya, pernikahan merupakan acara penting yang memerlukan kebutuhan yang kompleks. Bukan hanya perihal finansial saja, kamu juga harus menyiapkan banyak waktu dan tenaga. Jika ini adalah kali pertamamu dalam mempersiapkannya mungkin akan ada perasaan terbebani karena ketakutan ada sesuatu yang terlewatkan padahal kamu ingin meninggalkan kesan yang baik kepada para tamu yang datang.

Tidak perlu terlalu stres, beberapa kebutuhan ini mungkin bisa mulai kamu catat dan cari tahu. Tentu saja, kebutuhan satu pernikahan dengan pernikahan yang lainnya bisa saja berbeda. Namun, kamu bisa menggunakannya untuk patokan yang umum. Apa saja? Simak sampai habis, ya!

1. Biaya

wm_article_img
Venue: Pesona Alam Resort And Spa

Kebutuhan pertama yang harus disiapkan saat akan menikah adalah biaya. Biaya ini nantinya akan dibagi ke dalam beberapa pos sehingga elemen pernikahan bisa disesuaikan. Biaya yang dipersiapkan mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Venue

  • Baju pengantin dan pakaian pengiring

  • Dekorasi

  • Cincin pernikahan

  • Undangan pernikahan

  • Katering

  • Kue pernikahan

  • Hiburan

  • Fotografer dan videografer

  • Transportasi

  • Makeup dan hair do

  • Wedding organizer 

  • Suvenir

Beberapa hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep pernikahan seperti apa yang ingin dihadirkan.

2. Venue pernikahan

wm_article_img
Foto via Behind The Vows

Jika biaya sudah disiapkan, venue pernikahan menjadi hal selanjutnya yang harus segera dipikirkan matang-matang. Ada banyak pilihan venue pernikahan yang bisa dipilih, mulai dari outdoor venue, seperti di pantai, hutan, kebun, atau lokasi ruangan lainnya, hingga indoor venue, seperti di gedung, ballroom hotel, restoran, dan lain sebagainya. Kebutuhan venue penting untuk segera dipersiapkan karena dengan ini kamu bisa menyesuaikan hal lain yang cocok, seperti dekorasi hingga pakaian yang akan dikenakan.

3. Baju pernikahan dan pakaian untuk pengiring

wm_article_img
Foto via Twogather Wedding Planner

Baju pernikahan juga sebaiknya disiapkan jauh-jauh hari, apalagi jika ingin membuatnya sendiri. Pasalnya, banyak penjahit yang slotnya sudah penuh sampai tanggal tertentu sehingga kamu harus mengantre. Fitting juga perlu dilakukan oleh calon pengantin sehingga ada waktu yang cukup untuk membenahi detail tertentu jika ternyata ada penyesuaian yang harus dilakukan setelah pakaian dibuat. Selain pakaian, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai aksesori tambahan yang mungkin juga dibutuhkan, seperti sepatu dan perhiasan.

Selain pakaian untuk pengantin itu sendiri, kain yang akan dibagikan kepada para pengiring juga wajib dipikirkan jauh hari agar mereka bisa lekas menaruh bahan ke penjahit. Jangan lupa untuk memberikan referensi model supaya keluarga atau para pengiring tidak kebingungan.

4. Dekorasi

wm_article_img
Dekorasi: Cassia Decoration

Meskipun kedengarannya sederhana dan hanya terdiri dari bunga-bunga saja, dekorasi memiliki detail turunan yang perlu diperhatikan. Kamu harus mengetahui konsep pernikahan seperti apa yang ingin diterapkan. Kemudian, warna besar apa yang ingin ditonjolkan pada setiap elemen di area pernikahan. Bahan dan elemen yang ingin dimasukkan juga perlu dipikirkan dengan lebih detail. 

Selain hal-hal tersebut, teknis lain seperti pencahayaan juga tak boleh dilewatkan. Pencahayaan akan membantu membangun mood pada acara pernikahan sehingga konsep yang diterapkan bisa lebih sempurna.

5. Cincin pernikahan

wm_article_img
Foto via Behind The Vows

Cincin pernikahan merupakan simbol dari cinta yang diikat dalam janji suci. Meskipun ukurannya kecil, cincin ini akan disimpan selamanya sehingga perlu dicari yang paling sesuai dengan preferensi dan budget. Kamu dan pasangan bisa menyiapkan waktu untuk mencari cincin dengan bahan, model, dan ukuran yang paling sesuai.

6. Undangan pernikahan

wm_article_img
Foto: Vinas Invitation

Jika dahulu undangan pernikahan harus selalu memiliki bentuk fisik yang dikirimkan ke setiap tamu undangan yang akan datang, kini sudah ada subtitusi lain yang lebih praktis, yaitu undangan online. Mungkin tidak semuanya bisa kamu undang secara online, tapi mengganti sebagian saja juga bisa menghemat budget, waktu, dan tenaga. Saat ini ada banyak situs yang menyediakan template undangan gratis. Namun, jika ingin lebih personal, kamu bisa menggunakan jasa pembuat undangan online professional.

7. Katering

wm_article_img
Foto: Leguri & Co.

Katering merupakan salah satu kebutuhan dalam pernikahan yang juga krusial. Makanan dan minuman yang disajikan kepada tamu tidak harus mewah. Namun, sebaiknya perhatikan benar-benar citarasa hidangan yang disajikan. Hidangan yang disajikan biasanya terdiri dari hidangan pembuka, makanan utama, dan penutup. Kamu juga bisa menambahkan menu lainnya, seperti buah-buahan. Sebelum memutuskan menu yang akan dipilih, jangan lupa untuk melakukan tes rasa supaya hidangan untuk tamu terjamin.

8. Kue pengantin

wm_article_img
Wedding Cake: Ivoire Cake Design

Masih berhubungan dengan makanan, kue pengantin merupakan salah satu kebutuhan yang bisa kamu pertimbangkan untuk membuat acara lebih meriah. Pemotongan kue ini akan menjadi sebuah prosesi sendiri yang akan dimasukkan ke dalam rundown. Makanya, kue yang disiapkan harus berbeda dengan kue yang disajikan untuk tamu. Ada berbagai macam bentuk kue yang bisa dipilih, mulai dari  kue satu tingkat hingga beberapa tingkat sekaligus.

9. Hiburan

wm_article_img
Foto via Yannie Wedding Organizer

Ada berbagai macam hiburan yang bisa dipilih. Hal ini perlu disesuaikan dengan tema pernikahan. Misalnya, jika ingin membuat pesta pernikahan yang mewah, musik orchestra atau band dengan formasi lengkap bisa dipilih. Namun, jika pernikahan bersifat intim atau digelar di alam, kamu bisa mengundang band akustik. Selain musik, ada juga hiburan lain, seperti tarian tradisional maupun modern. 

Jika ingin membuat hiburan sekaligus aktivitas yang melibatkan tamu, kamu juga bisa menyiapkan berbagai kegiatan atau permainan hiburan yang menyenangkan. Carilah banyak referensi dan minta bantuan kepada MC untuk membuat acara lebih seru.

10. Fotografi dan videografi

wm_article_img
Fotografi: Iluminen

Fotografi dan videografi dibutuhkan untuk merekam momen-momen berharga selama pernikahan berlangsung. Bahkan, mereka bisa saja berperan sejak sebelum pernikahan digelar apabila kamu memutuskan untuk melakukan sesi prewedding. Selain prewedding, ada juga sesi postwedding yang dilakukan setelah pasangan sudah sah menjadi suami dan istri. Pastikan untuk memilih fotografer dan videografer yang memiliki hasil sesuai dengan keinginanmu. Foto-foto ini bisa dilihat dari portofolio mereka.

11. Makeup dan hair do

wm_article_img
MUA: Eva Lovira

Selain pakaian, penampilan saat pernikahan juga akan tergantung dari makeup dan hair/hijab do. Kini, ada berbagai macam jenis makeup yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing dan venue tempat menggelar pernikahan. Tentunya pernikahan yang digelar di dalam ruangan akan berbeda dengan pernikahan yang digelar di luar ruangan. Pernikahan yang digelar di dalam ruangan dengan AC akan membuat kulit menjadi lebih cepat kering, sementara itu pernikahan yang digelar di luar ruangan akan membuat pengantin lebih mudah berkeringat sehingga jenis makeup harus disesuaikan. Konsep pernikahan juga akan memengaruhi hal ini. Makeup untuk pernikahan tradisional biasanya akan memiliki pakem yang lebih banyak daripada pernikahan modern.

12. Administrasi dan layanan agama

Tujuan utama digelarnya pernikahan adalah membuat pasangan kekasih sah di mata agama dan di mata negara. Untuk melakukan hal ini, ada banyak yang perlu dipersiapkan, seperti administrasi dari masing-masing calon pengantin. Tak hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa ada penghulu dan saksi yang bersedia datang ke acara pernikahanmu di hari yang sudah ditentukan. Untuk mengetahui detailnya, kamu bisa datang ke KUA.

13. Prosesi sesuai tradisi

wm_article_img
Foto via The Sasongko Wedding Organizer

Pada pernikahan modern, biasanya kebutuhan yang harus dipersiapkan lebih umum. Namun, pernikahan yang digelar dengan tradisi tertentu biasanya memerlukan berbagai detail yang sedikit lebih kompleks. Jangan lupa untuk tanyakan kepada pihak yang lebih tahu tentang apa saja detail yang dibutuhkan untuk bermacam-macam prosesi tersebut.

14. Perizinan

Saat menggunakan venue tertentu yang memang sudah sering digunakan untuk menggelar pernikahan, izin tempat mungkin sudah diurus oleh pengurus tempat. Namun, jika kamu berniat untuk menggelar pernikahan di rumah atau di tempat yang belum memiliki pengurus, kamu wajib mempersiapkan hal ini agar acara bisa berlangsung dengan lancar.

15. Transportasi dan akomodasi

Hal ini harus dipersiapkan apabila pernikahan digelar di luar rumah, terutama di tempat yang agak jauh. Kamu dan keluarga harus memutuskan bagaimana mobilitas selama acara dan di mana kalian akan melakukan persiapan serta beristirahat setelahnya. Untuk mempermudah hal ini, pilihan venue seperti hotel atau vila akan mempermudahmu. Namun, kamu juga tetap bisa menggelar di venue pernikahan lain, tapi dengan memastikan ada penginapan didekatnya. Selain keluarga, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah ada keluarga dari jauh yang juga membutuhkan kedua hal ini. 

16. Suvenir

wm_article_img
Souvenir: Lucklig

Terlihat sebagai detail yang kecil, tapi suvenir merupakan satu-satunya barang yang bisa dibawa oleh tamu untuk pulang sebagai kenang-kenangan. Barang yang satu ini tidak perlu mahal, tapi akan lebih bermanfaat kalau suvenir dipilih yang memiliki kegunaan bagi para tamu. Jumlahnya yang banyak karena sesuai dengan tamu yang datang mungkin akan membuatmu merasa sedikit terbebani, makanya penting untuk melakukan riset kecil-kecilan demi mendapatkan hal yang satu ini. 

17. Vendor dan wedding organizer

wm_article_img
Foto via Bridemarket

Untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan yang lebih detail, kamu bisa menggunakan bantuan wedding organizer.  Wedding organizer inilah yang akan membantumu merekomendasikan vendor-vendor dan membantumu dalam mengatur mereka semua. Jadi, walaupun ada banyak hal yang harus diurus, ada orang-orang yang akan membantumu. Kemungkinan detail terlewat pun akan semakin kecil.

18. Detail kecil lainnya

Ada detail kecil lainnya yang tetap masuk ke dalam kebutuhan pernikahan, tapi biasanya bentuknya kecil. Beberapa contoh dari hal ini adalah buku tamu, kotak sumbangan, papan penunjuk ke arah lokasi, peta, hingga perlengkapan pribadi. Perlengkapan darurat juga bisa kamu siapkan untuk menghadapi beberapa hal yang mungkin terjadi secara tidak disengaja. Misalnya, ketika bajumu robek, kamu mungkin akan membutuhkan perekat, peniti, atau alat jahit sederhana. 

Itu dia beberapa kebutuhan pernikahan yang harus dipersiapkan mulai dari jauh-jauh hari. Kamu bisa mencatatnya dan mulai membuat checklist supaya tidak ada yang tertinggal. Namun, untuk hal-hal yang lebih detail, diskusi dengan masing-masing vendor adalah hal yang harus dilakukan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...