Pilih Kategori Artikel

20 Inspirasi Dekorasi Altar Pernikahan, Bikin Suasana Jadi Lebih Menakjubkan!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pernikahan menjadi momen berharga dan setiap orang berharap itu akan berakhir selamanya. Oleh karena itu, ketika merayakannya, setiap pasangan akan memberi seluruh perhatiannya pada konsep dan detail. Salah satunya adalah dekorasi altar pernikahan. Wedding arch dengan dekorasi klasik nan elegan menjadi pilihan banyak pasangan. Namun, dekorasi tersebut bukanlah satu-satunya opsi.

Jika kamu ingin menghadirkan sentuhan unik dan mengejutkan, terdapat berbagai alternatif menarik yang bisa menggantikan arch tradisional tersebut. Jelajahi beragam inspirasi ini untuk menciptakan suasana indah dan memukau.

Kamu memiliki banyak sekali pilihan model-model dekorasi altar pernikahan. Sudah pasti, ada dekorasi bunga-bunga cantik di setiap sudut lokasi, instalasi unik dan menarik, elemen-elemen arsitektur modern, sampai pada konsep serba kayu yang bisa membuat pesta pernikahan lebih indah.

Dengan menggunakan imajinasi dan kreativitasmu bersama pasangan, pernikahan impian dengan konsep menawan tersebut bisa terwujud. Terlebih lagi kalau kamu meminta bantuan dari WeddingMarket, segalanya akan lebih mudah.

Ini, nih, ide-ide segar dan konsep menarik yang bisa membantu kamu mempercantik altar pernikahan. Jangan heran, kalau kamu suka dengan semua dekorasinya. Maklum, semua referensi yang akan kamu lihat memang merupakan alternatif dekorasi terkini dan pasti akan memanjakan mata.

1. Floating florals

wm_article_img

Dekorasi floral tidak akan pernah mati pesonanya sampai kapanpun, apalagi untuk memeriahkan acara pernikahan. Keindahan dekorasi berada pada puncaknya ketika kamu merangkai bunga mawar dengan dedaunan hijau. Membuatnya melayang di udara seperti gambar akan menambah kesan indah dan magical dari rangkaian bunga-bunga mawar tersebut. 

Struktur bunga menakjubkan ini melayang di udara dengan menggunakan kawat transparan, menciptakan sebuah kanopi yang memesona di atas panggung tempat pasangan mengucapkan janji suci. Suasana romantis ini akan memberikan sentuhan ajaib pada momen istimewamu.

2. Warna vibran

wm_article_img

Perpaduan warna yang cerah seperti merah, pink, fuschia, dan peach yang memukau menghiasi dekorasi tiang lengkungan, menangkap esensi seperti musim semi. Dekorasi ini sangat cocok kamu gunakan ketika mengadakan pernikahan di tengah-tengah alam.

Dengan kepiawaian tangan-tangan berpengalaman, perpaduan ini akan mencerminkan warna-warna cerah di sekitarnya, menciptakan altar yang menakjubkan dan harmonis dengan palet alam. Tampilan memukau ini mengubah upacara menjadi pesta visual penuh pesona.

3. Menggunakan tiga tiang

wm_article_img

Tiga tiang lengkungan megah menjadi latar sempurna untuk pernikahan yang memukau. Dewasa ini, nuansa pastel menjadi primadona di kalangan pasangan yang akan mengadakan pesta pernikahan. Warna-warna pastel mampu menciptakan pemandangan memikat dan tak terlupakan. Keindahan yang bergradasi menambah sentuhan artistik pada momen istimewa pernikahan.

4. Dekorasi asimetris

wm_article_img

Secara visual, desain-desain asimetris memang akan memberikan sentuhan menarik baik itu pada busana maupun dekorasi. Seperti di gambar, dekorasi tampak lebih indah dengan hamparan mawar blush, mauve, dan krem, sweet pea, hydrangea, delphinium, serta eukaliptus.

5. Instalasi altar modern

wm_article_img

Buat kamu yang lebih suka dengan instalasi yang tegas, sederhana, dan berestetika, maka dekorasi ini pilihannya. Namun, desain instalasi dengan elemen utama kaca seperti ini lebih cocok jika pernikahan diadakan di dalam ruangan, karena tidak ada kejadian cuaca atau gangguan serangga yang perlu dipertimbangkan.

Elemen kaca akan menambah keindahan bunga-bunga yang telah dirangkai di atasnya. Rangkaian bunga tampak lebih bersinar. Terlebih lagi ketika desain instalasi dilengkapi dengan kilatan cahaya di sekelilingnya.

6. Dekorasi di jalan menuju altar

wm_article_img

Sepanjang jalan menuju ke altar pernikahan juga dapat didekorasi dengan hiasan yang menawan seolah membingkai sepanjang jalan. Kamu bisa memanfaatkan tumbuhan segar maupun dedaunan kering sehingga membuat momenmu berjalan menuju pelaminan jadi lebih spesial.

Seperti di gambar, dekorasi yang didominasi dengan warna hijau dan arch berbentuk lengkungan penuh. Kemudian di sisi-sisi jalan juga ditempatkan rangkaian tanaman hijau yang senada, desain tersebut memperindah dekorasi lokasi pernikahanmu dengan sempurna.

7. Bunga disusun tebal dan bertumpuk

wm_article_img

Pucuk hijau merayap dan melebur bersama bunga-bunga dalam sebuah lukisan alam, membentuk lengkungan pernikahan boho-chic. Konsep pernikahan outdoor kamu akan lebih sempurna jika menggunakan dekorasi ini. Sebuah panorama alam yang menakjubkan, dihiasi dengan sentuhan elegan. Dekorasi ini memberikan keindahan alam yang bersanding harmonis menciptakan kenangan tiada dua.

8. Dinding hijau penuh bunga

wm_article_img

Cari sesuatu yang lebih eksklusif daripada dinding bunga? Ganti tempat janji suci berlangsung di depan latar belakang hijau segar dan dedaunan yang menawan. Dengan nuansa alam, momen sakral pernikahanmu akan diberkahi oleh keindahan alami yang memesona. Rasakan keajaiban suasana yang berbeda, karena di sinilah di mana cinta dan alam berkumpul dalam keharmonisan sempurna. Berani keluar dari kebiasaan dan kamu akan mendapatkan momen terbaik dengan gaya istimewa.

9. Dekorasi dengan satu warna

wm_article_img

Hadirkan keindahan dan dramatisasi dengan menciptakan lengkungan-lengkungan dari satu jenis bunga dalam nuansa yang serupa. Tamu akan terpesona dengan lengkungan ganda mawar merah cerah dan muda di pernikahan kamu.

10. Menggunakan unsur grafis

wm_article_img

Kamu dan pasangan menyukai desain-desain modern? Nih, cocok banget menggunakan dekorasi dengan desain sederhana, tetapi tetap memukau. Walaupun menggunakan elemen dengan bentuk yang tegas, dekorasi tetap terlihat indah dengan tambahan bunga warna-warni, memberikan kesan segar dan kreatif pada perayaan. Itu adalah pemandangan yang menghadirkan keindahan tak terduga di momen bahagia.

11. Dominasi bunga cluster kecil

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Kamu pasti seringkali melihat bunga dengan kelopak kecil berkluster ini menghiasi acara pernikahan, kan? Kalau biasanya bunga berkelopak kecil hanya digunakan sebagai pelengkap, kali ini kamu bisa mencoba hal baru dengan menjadikannya sebagai pemandangan utama. Tetap cantik, kan?

12. Dekorasi berbentuk lingkaran

wm_article_img

Sudah pernah kepikiran untuk menambahkan dekorasi lengkungan berbentuk lingkaran di altar pernikahan? Coba, deh, lihat di gambar, dekorasi tersebut terlihat seperti indahnya karangan bunga raksasa. Menambahkan elemen lingkaran di dekorasi pernikahan kamu bisa menjadi simbol penting. Di mana lingkaran menggambarkan dua orang yang bersatu melalui pernikahan, tanpa awal dan akhir.

13. Dekorasi terowongan

wm_article_imgwm_article_img

Pernikahan identik dengan dekorasi bunga dan semua orang tahu itu. Cantik, bukan? Jika pernikahan kamu didekorasi dengan banyak bunga berwarna muda. Warna-warna tersebut bersatu membentuk nuansa romantisme dua pasangan.

Oleh karena itu, desain seperti pintu terowongan ini bisa menjadi salah satu referensi dekorasi pernikahan kamu. Kamu dan pasangan bisa berfoto di depan ‘pintu’. Dekorasi seperti ini bisa menjadi lambang bahwa kamu dan pasangan siap masuk ke pintu baru kehidupan – rumah tangga.

Belum lagi, dekorasi full bunga tentu akan membuat setiap pasang mata yang hadir tertuju padanya. Bunga-bunga semakin indah lagi diterpa cahaya lampu di seluruh sudut ruangan pesta.

14. Menambah instalasi modern

wm_article_img

Di tengah-tengah dekorasi klasik bunga berwarna pastel, terdapat sentuhan instalasi modern seperti perhiasan emas di tengahnya. Meskipun terdapat perbedaan warna yang cukup signifikan, dua elemen ini dapat bersatu dengan indah.

15. Ada elemen tradisional

wm_article_img

Menggabungkan elemen tradisional dengan dekorasi romantis bunga bukan hal aneh lagi. Mengingat banyak pasangan menggunakan adat tradisional sebagai salah satu konsep acara pernikahannya. Susunan elemen tradisional bisa menjadi dasar untuk tempat menempelnya bunga-bunga mawar, anggrek, lily, peony, dan jenis lainnya.

16. Dikelilingi bunga

wm_article_imgwm_article_img

Kalau tadi dekorasi wedding archnya berbentuk terowongan, kali ini kedua pengantin seperti hidup di dalam rumah bunga. Seluruh altar pernikahan diselimuti oleh bunga-bunga cantik mulai dari dua sisi samping, depan, belakang, hingga di bagian atas. Berada di dalamnya pasti akan memberikan kesan luar biasa bagi kedua pengantin.

17. Frame the door

wm_article_img

Kamu akan diuntungkan jika memiliki tempat pernikahan dengan arsitektur menarik, seperti bangunan lama di gambar. Arsitektur tersebut dapat menjadi salah satu elemen dekorasi yang menambah estetika altar pernikahanmu. Aura vintage dan romantis di pernikahanmu akan semakin terasa. Kamu hanya tinggal menambahkan sentuhan bunga-bunga dan sedikit tanaman hijau, walla, langsung cakep, tuh, dekorasinya!

18. Desain berbentuk kotak

wm_article_img

Keindahan altar pernikahan tidak hanya dapat diperoleh dari dekorasi berbentuk lengkungan saja, kamu bisa banget memilih desain persegi. Bingkai persegi memberikan nuansa elegan di tempatmu mengucap janji suci bersama pasangan. Keanggunan desain ini menambah kesan mewah pada momen sakral tersebut.

19. Fall florals

wm_article_img

Gradasi warna merah akan selalu berhasil mempercantik dekorasi pesta pernikahan. Seperti di gampar, dua gradasi warna merah muda dan tua ini sangat memesona. Bayangkan bagaimana cantiknya pemandanganmu ketika berjalan menuju altar pernikahan nantinya. Kelopak-kelopak bunga di jalan menuju altar membuat suasana lebih dramatis dan haru ketika pengantin wanita berjalan menuju prianya.

  1. Dekorasi mini garden

wm_article_img

Lihat! Di tengah-tengah kamu ada patung kelinci lucu yang setia menemani dan memeriahkan hari pernikahan. Menarik, kan, ide dekorasinya? Kamu bisa menghadirkan miniatur hewan kesukaan atau kesayangan kamu di lokasi pernikahan. Mini garden dengan penuh bunga juga akan membuat suasana pernikahanmu terlihat lebih lucu dan berbeda dengan biasanya.

Nah, nambah lagi, kan, ide-ide baru untuk dekorasi background pernikahan dan wedding arch kamu. Dari 20 referensi di atas, mana favoritmu? Bisikin sini sama WeddingMarket, kami bisa bantu kamu mewujudkan bagaimana suasana dan dekorasi yang selama ini kamu impi-impikan. Wink, wink.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...