Pilih Kategori Artikel

7 Bahan Menu Katering Pernikahan Mewah, Bisa Capai Jutaan Rupiah!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Terlepas budget yang disediakan, setiap pengantin pasti ingin mengusahakan yang terbaik untuk para tamu yang datang. Mereka akan berusaha membuat pernikahan yang menyenangkan dan berkesan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjamu tamu dengan makanan-makanan yang lezat. Bahkan, beberapa pengantin rela mengocek kantong yang dalam untuk mendapatkan bahan-bahan pilihan demi memberikan pengalaman istimewa tentang berbagai rasa makanan pada para tamu.

Jika bahan utama yang sering disajikan pada pernikahan biasanya terdiri dari ayam, ikan, dan sayuran, ternyata masih ada banyak sekali jenis bahan yang mungkin kita belum dengar. Beberapa bahan ini biasanya dipilih oleh para crazy rich untuk dimasukkan ke dalam menu katering pernikahan mereka. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah, lo. Simak yuk apa saja!

1. Caviar

wm_article_img
Foto: Garlic & Zest

Kamu mungkin pernah mendengar jenis makanan mahal yang satu ini. Caviar merupakan telur dari ikan jenis sturgeon yang sudah diproses untuk bisa dimakan. Bahan yang satu ini memiliki harga yang mahal, berkisar antara satu jutaan hingga ratusan juta tergantung jenis dan kualitasnya. 

Harga yang fantastis ini disebabkan karena kelangkaan ikan sturgeon di alam bebas sehingga perlu usaha lebih ekstra untuk mendapatkannya. Beberapa orang juga ada yang sampai mengembangbiakkan secara khusus. Produksi yang lama dan pengolahan yang sulit juga membuat bahan ini mahal. 

wm_article_img
Foto: Hotel Indonesia Kempinski

Tak hanya itu, caviar juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, misalnya kandungan asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin D, vitamin E, protein, hingga antioksidan. Kandungan tersebut mampu menjaga fungsi kesehatan jantung, kulit, tulang, mata, hingga otak.

Pada acara pernikahan, caviar bisa digunakan sebagai campuran menu makanan lain, seperti salmon roll dan sandwich atau bisa juga digunakan sebagai topping untuk berbagai jenis makanan. Caviar yang diletakkan di atasnya akan membuat makanan menjadi semakin cantik dan terlihat mewah.

2. Truffle

wm_article_img
Foto: pexels/Pixelme Stock Photography

Truffle adalah jenis jamur yang terkenal mahal dalam dunia kuliner. Harganya berkisar dari Rp5,6 juta untuk 450 gram. Alasan mahalnya jamur ini adalah karena sifatnya yang sulit ditemukan. Meskipun tumbuh secara liar di alam, truffle biasanya tumbuh di dekat akar pohon yang tidak terlihat. Beberapa petani bahkan harus menggunakan bantuan dari penciuman binatang untuk mengetahui keberadaan jamur yang satu ini. Namun, kini ada juga petani di Amerika Serikat yang membudidayakan jamur truffle. Tentunya budidaya ini juga tidak mudah dilakukan. 

wm_article_img
Foto: Better Homes&Gardens

Para petani bahkan harus menanam pohon ek atau birch terlebih dahulu untuk menumbuhkan jamur. Proses penanaman ini tentu memerlukan waktu yang cukup lama. Sudah begitu, tidak semua pohon bisa menghasilkan jamur truffle. Selain itu, penyimpanan truffle juga cukup riskan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya bahan ini langsung diolah. Namun, jika hal tersebut tidak memungkingkan, harus ada tempat penyimpanan khusus supaya aroma khasnya tidak menghilang.

Truffle biasanya akan disajikan dengan keju dan menjadi duet yang cocok. Namun, bahan ini juga bisa dijadikan hidangan utama, lauk, atau hiasan. Pada acara pernikahan, truffle akan cocok disajikan dengan telur, pasta, risotto, atau bahkan daging panggang.

3. Lobster

wm_article_img
Foto: Akasya Catering & Co.

Salah satu hidangan favorit yang sering muncul di acara pernikahan sultan adalah lobster. Lobster laut merupakan salah satu bahan menu katering pernikahan yang mahal karena proses pertumbuhannya yang lambat dan butuh waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan lobster siap konsumsi. Sudah ditangkap pun, binatang yang satu ini memiliki biaya pengiriman yang mahal karena harus ditangkap saat hidup supaya bisa diolah dalam keadaan yang segar. Jika sudah mati, lobster biasanya akan memiliki tekstur yang lebih alot dan menjadi sarang bakteri. 

wm_article_img
Foto: Hotel Indonesia Kempinski

Lobster ternyata juga tidak mudah untuk diolah. Perlu teknologi khusus untuk bisa memisahkan daging untuk hasil terbaik. Tentu saja, salah satu hal yang membuat harga lobster juga mahal adalah cita rasanya yang enak. Dalam pernikahan, lobster bisa disajikan dalam berbagai olahan, mulai dari kuliner lokal hingga cita rasa internasional. 

Salah satu menu favorit lobster dari berbagai negara yang biasanya disajikan adalah lobster thermidor, lobster bisque, dan lobster roll, sementara untuk hidangan lokal ada lobster dengan saus padang yang menggoda.

4. Daging wagyu

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Daging yang satu ini mungkin sering kamu dengar, terutama bagi para pecinta kuliner steak. Wagyu adalah jenis daging sapi dengan kualitas tinggi yang diproduksi di Jepang. Yang membuat daging ini memiliki rasa istimewa adalah teksturnya yang lembut dan marbling yang intens. 

Uniknya, untuk mendapatkan kualitas daging tersebut, sapi diberikan makanan yang bernutrisi tinggi dan lingkungan yang bebas stres. Makanan yang diberikan pada sapi ini adalah rumput laut dan omega 3 serta jerami yang dipotong dengan ukuran tertentu yang lebih mudah dikunyah. Daging ini biasanya akan dihargai Rp400.000,00-Rp5.000.000,00 per kilogram tergantung dari grade.

wm_article_img
Foto: The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

Ada bermacam olahan yang bisa dihasilkan dari daging berkualitas tinggi ini. Salah satu yang cocok untuk acara pernikahan adalah wagyu steak dengan mushroom sauce. Jika pernikahan bersifat lebih santai dan kasual, korean beef grilled juga banyak digunakan.

5. King crab

wm_article_img
Foto: Recipes.net

King crab merupakan hidangan yang jarang ditemui di acara pernikahan biasa. Namun, kamu mungkin akan menemui hidangan ini di pernikahan para sultan. King crab dinamai demikian karena ukurannya yang besar dengan kerapas atau cangkang mencapai 28 cm dan rentang kaki 150 cm. Harga dari makanan yang satu ini berkisar antara Rp700.000,00 per pon hingga ada juga yang memiliki harga Rp6,5 juta satu ekornya. 

Rasanya sudah enak membuat king crab tidak perlu banyak dibumbui lagi. Beberapa olahan yang biasanya disajikan, yaitu king crab butter garlic, king crab bisque, dan king crab leg panggang.

6. Foie gras

wm_article_img
Foto: howstuffworks

Makanan yang satu ini juga sering disajikan oleh orang-orang kaya. Foie gras merupakan hati bebek atau angsa yang memiliki tekstur lembut dan halus. Beberapa pihak berpendapat bahwa makanan ini sebaiknya tidak dihidangkan karena menggunakan proses yang menyakitkan untuk hewan. Namun, beberapa koki menyatakan bahwa sebenarnya ada cara yang lebih manusiawi untuk bisa mendapatkan foie gras dengan cara tertentu. Bahan yang satu ini biasanya disajikan dengan dipanggang atau dihaluskan hingga membentuk mousse

7. Edible gold

wm_article_img
Foto: Giusto Manetti Battiloro

Sering melihat ada makanan yang berlapis emas? Ternyata emas yang digunakan untuk melapisi berbagai makanan tersebut memang salah satu jenis emas sungguhan, lo. Meskipun banyak yang skeptis karena emas merupakan salah satu jenis logam, edible gold ini tidak berbahaya dan tidak mengandung racun sehingga aman untuk dikonsumsi. Proses pembuatannya adalah emas ditumbuk hingga menciptakan serpihan yang sangat tipis, kemudian emas ini dicetak menjadi lembaran. 

Lembaran inilah yang biasanya akan digunakan untuk melapisi berbagai makanan yang disajikan di acara pernikahan. Umumnya, edible gold akan digunakan untuk melapisi kue pernikahan, es krim, dan berbagai makanan lainnya. Karena terbuat dari emas, harga edible gold cukup fantastis, yaitu mencapai Rp341.000.00 untuk lima lembar. Meskipun mahal, bahan makanan yang satu ini sebenarnya tidak memiliki rasa dan aroma. Namun, edible gold mampu memberikan sentuhan mewah pada makanan.

Nah, itu dia beberapa bahan makanan untuk catering pernikahan mewah yang biasanya ditemui di pernikahan orang-orang kaya. Meskipun harganya terkesan fantastis, nyatanya ada saja crazy rich yang menghidangkan berbagai bahan tersebut untuk memanjakan para tamu yang datang. Tentu saja, makanan ini hanya cocok dihidangkan untuk konsep pernikahan dengan fine dining, bukan prasmanan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...