Pilih Kategori Artikel

20 Inspirasi Dekorasi Pelaminan Modern, Cocok untuk Berbagai Tema dan Suasana
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Sejak dahulu resepsi pernikahan memiliki kesan meriah dan indah karena dekorasi yang diterapkan. Dulunya mungkin lebih banyak pernikahan yang digelar dengan konsep tradisional, tapi seiring berjalannya waktu ada berbagai tambahan aksen dekoratif yang membuat pernikahan semakin terlihat menyenangkan. Bahkan, dengan bantuan teknologi, pernikahan bisa jadi terlihat semakin dreamy dan menakjubkan. Vendor pun berlomba-lomba menawarkan kreativitas dan inovasi untuk menyediakan dekorasi yang terbaik sehingga kamu tak perlu khawatir memiliki pernikahan yang membosankan.

Mulai dari pernikahan dengan konsep minimalis, hangat, hingga futuristik, berikut ini beberapa dekorasi pelaminan modern yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk referensi acaramu kelak.. Simak sampai habis, ya!

1. Area pelaminan yang berbentuk seperti stage

wm_article_img

Biasanya area pelaminan tersambung dengan pintu masuk melalui lorong atau aisle yang panjang. Namun, area ini tampak berbeda karena layout yang seperti stage atau panggung, tapi sebenarnya memiliki tinggi yang sama dengan sekitar. Area pelaminan memiliki penampakan yang cantik dengan perpaduan warna putih dari backdrop dan bunga-bunga yang berwarna lilac. Backdrop ini masih dibingkai dengan arch berwarna hijau yang memberikan kesan alami dan menyatu dengan alam. Sementara itu, bagian ujungnya bisa digunakan untuk acara potong kue hingga first dance pengantin. Selain cocok untuk konsep round table, kursi yang ditata sejajar dengan view ke arah pelaminan juga akan menjadi pilihan yang cocok.

2. Memboyong nuansa outdoor ke dalam ruangan

wm_article_img

Jika biasanya venue pernikahan yang dipenuhi tumbuhan hijau hanya ada di luar ruangan, kini kamu bisa ‘memboyongnya’ ke dalam ruangan. Untuk membuat spot ini semakin terlihat, dekorasi berupa tiang yang diselimuti rumput dan tumbuhan yang tumbuh menggantung di atas bisa ditaruh di area pelaminan. Tambahan beberapa chandelier akan memberikan suasana elegan serasi dengan warna backdrop. Gabungan dekorasi yang dekat dengan alam, tapi tetap elegan pun bisa kamu dapatkan.

3. Kombinasi warna hijau dan putih

wm_article_img

Salah satu yang menjadi ciri khas konsep sebuah dekorasi adalah mengenai perpaduan warna. Biasanya warna yang identik dengan dekorasi modern adalah perpaduan antara hijau dan putih. Kedua warna ini akan cocok untuk pernikahan dengan tema rustic karena memberikan kesan yang minimalis dan dekat dengan alam. Warna ini bisa diterapkan di berbagai elemen yang ada di pelaminan, mulai dari backdrop, bunga, hingga kursi yang digunakan. Namun, kamu juga bisa memberikan hint warna yang lain jika ingin memberikan sentuhan yang berbeda, misalnya adalah warna emas yang akan membuat mood terasa lebih mewah. 

4. Pelaminan di atas panggung

wm_article_img

Jika pada zaman dahulu biasanya pelaminan dibuat di atas panggung dari kayu, kini beberapa venue menyediakan lokasi pelaminan yang memang lebih tinggi dari yang lain sehingga tampak seperti di atas panggung. Pilihan ini membuat para pengantin menjadi lebih terlihat dari segala penjuru. Untuk memberikan kesan yang lebih modern, kamu bisa memilih backdrop rumput hijau yang biasanya digunakan sebagai aksen dekoratif di kafe–kafe estetis. Sebagai centerpiece, bunga-bunga yang ditata dengan model cascade akan membuat tampilan semakin paripurna. Jika ingin menambahkan kesan yang dreamy, chandelier yang ditaruh di bagian atas dan lebih rendah akan cocok untuk konsep ini.

5. Pelaminan tradisional yang lebih modern

wm_article_img

Pernikahan tradisional dan modern biasanya saling bertolak belakang. Namun, kamu bisa kok mendapatkan kesan modern dari pernikahan yang mengusung tema tradisional. Caranya adalah dengan melakukan beberapa penyesuaian. Contohnya adalah pelaminan tradisional Jawa ini.

Jika dahulu pernikahan tradisional hanya digelar di rumah dengan backdrop gebyok dan hiasan seadanya atau janur saja, kini acara ini bisa digelar di dalam gedung dengan gebyok bahkan joglo yang dibuat replikanya. Bunga-bunga yang digunakan sebagai hiasan pun bukan hanya melati dan mawar yang biasanya digunakan di pernikahan adat ini. Pemilihan bunga-bunga warna pastel memberikan sentuhan manis dan modern tersebut. Selain itu, untuk memberikan sentuhan alami, taman buatan juga dibuat di depan pelaminan.

6. Dekorasi dengan konsep di rumah

wm_article_img

Walaupun pernikahan digelar di sebuah gedung, kamu bisa membuat dekorasi seolah acara digelar di rumah. Caranya adalah dengan menggunakan backdrop yang dibuat seolah seperti bagian depan rumah yang memiliki pintu, daun, dan berbagai properti, seperti lampu-lampu yang digantung. Pilih kursi yang juga sering ditemui di rumah, tapi dengan warna dan bahan yang lebih mewah, seperti velvet berwarna cokelat. Dekorasi ini akan cocok untukmu yang ingin mendapatkan kesan hangat ala di rumah, tapi tetap modern.

7. Dekorasi dengan konsep modern heritage

wm_article_img

Kini, selain menggunakan pakem backdrop gebyok yang biasa digunakan untuk acara pernikahan tradisional ala Jawa, ada juga alternatif lain yang bisa diterapkan, yaitu menggunakan backdrop berbagai motif batik yang dibentangkan dengan cantik di antara daun-daun dekoratif. Tentu saja center point berupa bunga-bunga yang dihias dengan tambahan roncean bunga melati untuk sentuhan tradisional yang lebih kuat. Pemilihan sofa dari rotan dan kain velvet akan memberikan sentuhan mewah dan modern. Untuk membuat tempat duduk ini lebih nyaman, beberapa bantal kecil yang dibalut kain yang sama bisa ditambahkan.

8. Dekorasi dengan detail ukiran yang cantik

wm_article_img

Pelaminan yang satu ini memiliki backdrop cantik yang berbentuk melengkung di belakangnya. Di sana, terdapat bunga yang ditata dengan bentuk V dengan perpaduan beberapa warna vibrant yang sering ditemui di berbagai dekorasi pernikahan modern. Titik uniknya justru ada di bagian samping dari pelaminan ini karena terdapat aksen dekoratif yang unik dengan detail ukiran cantik yang dipotong dengan teknologi modern. 

9. Dekorasi dengan taman buatan

wm_article_img

Backdrop dari pelaminan ini memiliki bentuk seperti dome yang berjaring dengan warna putih dan hijau. Tak hanya itu, ada juga tambahan bunga pastel yang menghiasi area kursi yang juga memiliki perpaduan warna putih dan pastel. Namun, ada hal lain yang membuat area pelaminan ini semakin terlihat modern, yaitu bagian taman buatan di seberangnya yang terdiri dari bunga baby’s breath dan melati.

10. Memindah hutan ke dalam ruangan

wm_article_img

Mendengar hutan yang dipindah ke dalam ruangan mungkin terdengar tidak masuk akal. Namun, hal ini benar-benar bisa diwujudkan, lo. Pepohonan dengan batang yang kecil bisa ditata di dalam ruangan secara berjajar hingga daun-daunnya bersinggungan membuatnya tampak rimbun. Untuk membuatnya tampak semakin nyata, bagian belakang dan lantai bisa dibuat dengan warna hitam. Sementara itu, kesan modern juga bisa ditonjolkan melalui arch yang dibungkus dengan bunga–bunga berwarna pastel. Lampu-lampu chandelier bisa digantung menjadi hiasan sekaligus lighting yang dreamy.

11. Dekorasi layaknya instalasi seni

wm_article_img

Dekorasi yang satu ini terlihat sangat modern dengan backdrop yang berbeda dari yang lain. Meskipun sama-sama dibuat dari papan, bentuk backdrop yang satu ini terlihat abstrak layaknya sebuah instalasi seni apalagi dengan tambahan lighting yang memiliki warna ungu dengan bunga yang sama. Perpaduan warna putih dan cahaya ungu ini memberikan kesan modern yang sangat kuat.

12. Dekorasi modern untuk backyard wedding

wm_article_img

Siapa bilang backyard wedding akan terlihat membosankan dan tidak bisa tampak lebih kreatif? Justru, kamu tetap bisa mendapatkan pernikahan impian yang lebih intim. Caranya adalah dengan menerapkan dekorasi rustic dengan warna hijau dan putih yang minimalis karena backdrop yang tidak menutup bagian belakang sepenuhnya. Alih-alih arch dengan simbol nama yang modern bisa diterapkan pada bagian ini. Kursi yang ditata juga hanya terdiri dari warna putih tanpa ada tambahan properti lainnya memberikan kesan minimalis yang kekinian.

13. Dekorasi dengan warna pastel

wm_article_img

Warna pastel yang lembut memberikan kesan modern yang manis apalagi dipadukan dengan elemen lain yang juga memiliki kesan serupa, seperti kursi berwarna bening dan lampu-lampu yang berbentuk bunga tinggi. Backdrop papan di bagian belakang dekorasi ini juga bisa dihias dengan nama pengantin yang ditulis dengan font modern. 

14. Dekorasi warna ungu

wm_article_img

Pada pernikahan modern, kamu memiliki lebih banyak pilihan warna untuk diterapkan di luar warna tradisional. Kini, warna ungu pun bisa kamu jadikan pilihan dekorasi yang indah. Warna ini bisa diterapkan di beberapa bagian dekorasi, termasuk di pelaminan. Untuk menjadi background dari kursi-kursi yang berwarna putih, kamu bisa memasang bunga-bunga yang memiliki warna ungu. Selain itu, centerpoint dalam bentuk lampu gantung berbentuk unik ini  juga bisa ditambahkan untuk memberikan sentuhan yang menarik dan kekinian.

15. Dekorasi modern dengan sentuhan elegan dan mewah

wm_article_img

Jika pernikahan digelar di luar ruangan mungkin akan ada bagian yang ingin ditutupi supaya orang tidak salah fokus atau untuk alasan lainnya. Untuk itu, backdrop yang bisa memblok seperti papan berbentuk persegi bisa dipilih. Namun, supaya tidak terlalu datar, kamu bisa membuat bagian tengahnya terbuka dan dihias dengan bunga-bunga yang memiliki warna cantik, seperti peach. Lighting yang mendukung juga akan membuat dekorasi ini semakin paripurna. Dekorasi ini cocok untuk acara pernikahan yang digelar di malam hari.

16. Dekorasi kaidang yang kekinian

wm_article_img

Dekorasi kaidang merupakan dekorasi khas Thailand yang ditandai dengan backdrop yang dibuat dengan material yang tidak biasa dan memiliki detail yang cukup tanpa berlebihan. Pada bagian backdrop dekorasi ini tampak bentuknya seperti railing yang ditata sejajar. Selain itu, inisial nama juga menjadi salah satu hal yang mencuri perhatian di bagian tengahnya. Fairy lights yang juga ditata sejajar di bagian atap berpadu dengan lampu gantung yang menjuntai membuat dekorasi tampak lebih indah apalagi di sore hingga malam hari.

17. Pelaminan di gazebo

wm_article_img

Pelaminan yang konvensional biasanya berada di tengah panggung atau area yang lebih terbuka. Namun, kini kamu juga bisa memanfaatkan area lainnya yang memungkinkan, seperti gazebo yang justru biasanya digunakan sebagai lounge. Luangkan tempat untuk dibuat sebagai aisle menuju spot tersebut dan tata kursi-kursi sejajar mengarah ke pelaminan di samping kanan dan kiri untuk membuat gazebo jadi fokus utama.

18. Nuansa rustic yang kekinian

wm_article_img

Selain didominasi warna putih dan hijau, nuansa rustic juga bisa didapatkan dengan dominasi warna hijau dan cokelat alami dari kayu. Papan kayu yang disusun dengan agak tidak rapi di beberapa bagian membuat dekorasi ini justru tampak semakin alami. Di papan tersebut arch bunga dan beberapa bunga menggantung lainnya bisa dipasang dengan cantik. Kursi-kursi dari bahan yang juga kayu dan tambahan kain velvet warna cokelat akan membuat dekorasi modern ini semakin paripurna.

19. Dekorasi dengan sayap kupu-kupu

wm_article_img

Dekorasi zaman sekarang memberikan ruang yang luas untuk berkreasi, salah satunya adalah dengan membuat sayap yang muncul dari belakang kursi pelaminan ini. Untuk membuatnya berhasil, sesuaikan ukuran, penempatan, dan warna dengan keseluruhan dekorasi yang ada di pelaminan. Kesan yang manis bisa didapatkan dengan warna-warna lembut, seperti pastel. Sementara itu, jika ingin area ini lebih mewah, kamu bisa memberikan sentuhan warna emas atau justru warna yang gelap, seperti hitam.

20. Tambahan elemen dekorasi dari bahan kain

wm_article_img

Dekorasi yang satu ini juga memiliki detail warna hijau dan putih yang cantik. Namun, ada sentuhan lain yang membuat area pelaminan ini tampak lebih elegan dan berbeda, yaitu penggunaan kain sebagai elemen dekoratif. Kain putih panjang digantung miring dari atap ke lantai melengkapi tiang-tiang pendek yang seolah ditumbuhi dedaunan merambat yang ada di area pelaminan juga.

Itu dia beberapa dekorasi pelaminan modern yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk acara pernikahanmu kelak. Ada berbagai macam elemen dan desain yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Untuk mendapatkan dekorasi yang cocok, tak ada salahnya menambah referensi dan menciptakan dekorasi yang paling sesuai dengan kepribadianmu dan pasangan.


Vendor Dekorasi di Foto: Sweetbella Project | Aryagati Decoration | De Lavender Decoration | Michelleparis Decoration | Elior Design | 4Seasons Decoration

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...