Pilih Kategori Artikel

20 Referensi Gaya Foto Pengantin Wanita agar Lebih Luwes di Depan Kamera
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menjadi seorang pengantin bukan hanya berarti kamu akan menjadi seorang raja atau ratu selama sehari, tapi juga menjadi seorang selebritas. Pasalnya, akan ada banyak kamera yang menangkap gerak-gerikmu selama pernikahan mulai dari persiapan hingga acara selesai. Foto ini bisa diambil secara candid, tapi ada juga yang membuat para pengantin harus bergaya supaya hasil foto terlihat cantik.

Sayangnya, tidak semua pengantin adalah seseorang yang pandai berpose di hadapan kamera. Memang benar, fotografer biasanya akan mengarahkan pengantin untuk melakukan pose tertentu. Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin berlatih supaya tidak kaku saat berpose. Kamu juga bisa melakukan eksplorasi untuk mendapatkan pose yang paling cocok denganmu.

Untuk membantumu mendapatkan pose terbaik, beberapa referensi ini bisa kamu tiru untuk latihan maupun untuk berpose di acara pernikahan sungguhan nantinya. Seperti apa? Simak yuk selengkapnya!

1. Gaya self portrait saat persiapan

wm_article_img
Fotografi: Scenic Picture

Biasanya saat persiapan selesai dilakukan dan masih ada waktu sebelum acara pernikahan, pengantin akan melakukan sesi pengambilan foto. Pengantin wanita yang sudah full make-up, tapi masih mengenakan bridal robe akan melakukan self portrait di dalam ruangan maupun di luar ruang ganti.

Baju pernikahan yang masih dikenakan oleh manekin akan menjadi properti yang cocok untuk sesi ini. Untuk gayanya, pengantin bisa menghadap ke samping untuk detail rambut yang telah ditata. Kemudian, salah satu tangan bisa diletakkan di bawah dada dan tangan yang lain bisa diletakkan di dagu.

2. Pose mengenakan sepatu

wm_article_img
Fotografi: Scenic Picture

Masih dalam sesi persiapan yang dilakukan di dalam ruangan make-up, pose yang satu ini adalah pose yang tampak diambil secara candid. Jika kamu termasuk orang yang canggung saat di depan kamera, pose seperti ini akan cocok. Pengantin bisa pura-pura mengenakan sepatu layaknya Cinderella. Selain menggunakan manekin yang mengenakan gaun sebagai properti, kamu juga bisa menaruh bunga di sampingmu.

3. Pose mengenakan anting

wm_article_img
Fotografi: Axioo

Sering kali satu hal yang membuat kita tampak canggung ketika berfoto adalah bingung di mana harus meletakkan tangan. Untuk mengatasi hal ini, pose seperti mengenakan atau membenarkan letak anting bisa dicoba. Tidak perlu bingung juga untuk berekspresi karena tersenyum lebar tidak pernah salah. Bahkan, walaupun foto terlihat hitam putih, kamu tetap bisa menyebarkan kebahagiaan melalui foto ini.

4. Berpose berdiri di antara gorden

wm_article_img
Fotografi: Axioo

Saat menggelar pernikahan di hotel, biasanya akan ada jendela kaca besar di ruangan. Spot ini bisa dimanfaatkan untuk berfoto. Apabila pemandangan di belakang adalah pemandangan kota yang menakjubkan atau pemandangan indah lainnya, kamu bisa cukup berdiri di depan kaca saja. Namun, jika pemandangan terasa biasa saja, pose berdiri di antara gorden yang diambil dari belakang seperti ini juga bisa dilakukan.

5. Pose menutup wajah dari sinar matahari

wm_article_img
Fotografi: Axioo

Biasanya akan ada sinar matahari yang baru masuk ke ruangan saat pemotretan dilakukan di pagi hari. Memanfaatkan cahaya ini, pose menutupi wajah dengan tangan bisa dilakukan. Cahaya yang masuk seolah menjadi spotlight atau lampu yang menyorotmu sebagai tokoh utama di hari ini. Untuk menambahkan kesan dramatis, foto juga bisa dibuat berwarna hitam putih.

6. Pose bersandar yang santai

wm_article_img
Fotografi: Voir Pictures

Kamu tetap bisa rileks saat melakukan sesi foto. Carilah sofa terdekat dan bersandarlah di sofa ini. Supaya tidak bingung, tangan bisa diletakkan di sandaran lengan dan satu lagi berpose topang dagu.

Jika pakaianmu sudah cukup meriah, tidak perlu ada tambahan properti lagi. Namun, jika pakaianmu terasa polos dan sofa pun juga tidak bermotif, properti dalam bentuk bunga bisa ditambahkan.

7. Pose memegang bunga melati

wm_article_img
Fotografi: Maximus Pictures

Bunga melati biasanya dipakai sebagai hiasan di kepala oleh pengantin di Jawa. Ada banyak makna yang terkandung dari roncean bunga yang satu ini, yaitu pernikahan yang agung, suci, dan dipenuhi ketulusan.

Selain maknanya yang dalam, bunga ini juga bisa dimanfaatkan sebagai aksesori untuk dipegang saat berfoto. Pandangan juga bisa diarahkan ke bunga-bunga ini untuk menghindari kamera.

8. Pose bersandar pada railing 

wm_article_img
Foto: Picture House Photography

Coba eksplorasi tempat-tempat yang ada di sekitar tempatmu bersiap. Biasanya kamu akan menemukan spot cantik untuk berfoto. Salah satunya adalah spot dengan railing yang akan membantumu mengurangi rasa canggung karena kamu bisa berpose menaruh tangan di sana. Hanya dengan menoleh, kamu akan mendapatkan foto secantik ini.

9. Pose bersandar pada meja

wm_article_img
Foto: Bootes Photography

Selain bersandar pada railing yang belum tentu ada di sekitarmu, kamu bisa memanfaatkan meja yang hampir selalu ada di berbagai tempat. Foto ini bisa diambil dari samping di mana kamu menyandarkan siku ke meja dan melakukan pose topang dagu. 

10. Pose tersenyum dari balik veil

wm_article_img
Fotografi: Axioo

Jika mengenakan veil yang besar, aksesori ini bisa digunakan sebagai properti yang membuat fotomu estetis. Wajahmu yang masih tertutup bisa tersenyum dari balik veil ini sambil membawa properti bunga yang kecil. Hanya berdiri sambil tersenyum seperti itu, foto yang estetis pun sudah bisa didapatkan.

11. Berpose layaknya tuan putri

wm_article_img
Foto: Picture House Photography

Balkon akan menjadi salah satu spot foto yang sangat cocok untuk digunakan untuk melakukan pemotretan. Tempat ini akan membuatmu bak tuan putri yang sedang menunggu pernikahan yang akan segera digelar.

Foto akan semakin sempurna apabila kamu sudah mengenakan gaun yang menjuntai ke lantai. Sementara itu, pose berdiri saja sambil sedikit menoleh sudah bisa menjadi pose yang bagus.

12. Pose ‘nempel di dinding’

wm_article_img
Foto: Bootes Photography

Sudah melihat ke sekitar dan hanya ada tembok? Tenang, tembok ini juga bisa dimanfaatkan selain menjadi background foto saja. Kamu bisa berpose dengan menempelkan kedua tangan ke tembok ini. Pertahankan ekspresi wajah yang datar untuk mendapatkan hasil pemotretan layaknya model majalah. Foto ini bisa diambil setengah badan saja sehingga kamu tidak perlu memikirkan lagi pose untuk tubuh bagian bawah.

13. Pose menutup wajah dengan selendang

wm_article_img
Foto: Bootes Photography

Apakah kamu seorang yang pemalu dan sulit untuk menampakkan wajah di depan kamera? Selain mengambil angle dari belakang, pose yang satu ini juga bisa dipraktikkan. Caranya adalah dengan memanfaatkan aksesori dalam bentuk selendang atau veil. Kedua item ini bisa kamu gunakan untuk menutup setengah bagian wajah. Pose jenis ini cocok untuk foto dengan metode close up.

14. Pose menutup wajah dengan tangan

wm_article_img
Foto: Bootes Photography

Selain menutup wajah dengan aksesori berupa selendang atau veil, kamu bisa menggunakan tanganmu untuk menutup bagian ini. Pose ini akan menunjukkan bagian mata saja sehingga walaupun tidak seluruh wajah yang terlihat, hasil foto tetap terlihat penuh dengan makna. Selain itu, pose ini juga memungkinkan pengantin untuk memamerkan kuku yang cantik atau henna jika pengantin memakainya.

15. Pose foto di meja makan

wm_article_img
Fotografi: Axioo

Selain melakukan sesi foto di pelaminan, ternyata area lain di venue pernikahan juga bisa menjadi spot yang cantik untuk berfoto. Salah satunya adalah meja makan yang akan digunakan para tamu untuk duduk. Cukup berdiri di sana dan mengarahkan pandangan ke meja, foto unik ala di film ini bisa didapatkan.

16. Berfoto di tengah bunga-bunga

wm_article_img
Foto: Picture House Photography

Foto di pelaminan biasanya menjadi sesi yang paling membingungkan, apalagi jika kamu harus berpose sendirian tanpa pasangan. Venue yang begitu luas akan membuatmu semakin bingung untuk mengekspresikan diri.

Tenang, jika kamu melihat ke sekitar dan ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan, manfaatkan barang ini. Misalnya, jika di bagian pelaminan ada bunga yang rimbun, kamu bisa berpose seolah mencium wanginya atau sekadar melihatnya sambil duduk yang anggun.

17. Pose berdiri dengan gaun menjuntai

wm_article_img
Fotografi: Voir Pictures

Pose berdiri dengan tangan di depan adalah pose andalan bagi kebanyakan pengantin. Untuk membuat pose ini naik kelas, angle yang bagus harus diperhatikan. Alih-alih menghadap ke depan, pengantin bisa menghadap ke samping dan menoleh ke arah kamera. Selain itu, gaun atau kebaya dengan veil yang menjuntai hingga ke lantai bisa dimanfaatkan untuk menambah kesan dramatis dari foto.

18. Pose seolah candid

wm_article_img
Fotografi: Voir Pictures

Foto candid tidak hanya diambil ketika acara berlangsung atau saat persiapan saja. Foto candid juga bisa disiapkan dengan melakukan pose tanpa melihat ke kamera. Untuk menunjukkan kebahagiaan yang sedang dirasakan, senyum yang lebar dengan mengibaskan veil seperti ini bisa menjadi referensi yang bagus. Untuk menambah kesan ceria, jangan lupa untuk mengambil foto di luar ruangan, ya.

19. Pose menari dengan gaya tradisional

wm_article_img
Foto: Bootes Photography

Masih dengan konsep seolah candid, foto ini memancarkan kebahagiaan kepada yang melihatnya. Jika sulit mengambil foto ini setelah mengenakan kebaya dan bawahan batik, foto ini bisa diambil saat pengantin masih mengenakan bridal robe. Pose seolah sedang menari dengan  ekspresi tertawa lepas ini menghasilkan foto yang estetis.

20. Berpose bak model

wm_article_img
Fotografi: Voir Pictures

Manfaatkan kesempatan ini untuk menjadikanmu model selama seharian. Pasang ekspresi fierce dan menghadap ke arah lain. Kemudian, kamu bisa menyandarkan tangan di bangku yang tersedia. Hasilnya, kamu akan mendapatkan portrait layaknya model yang akan tampil di majalah.

Itu dia beberapa pose yang bisa kamu jadikan referensi untuk melakukan gaya foto pengantin wanita saat melakukan sesi pemotretan di acara pernikahan. Jangan lupa untuk melakukannya dengan rileks. Lakukan latihan di depan kaca atau ambil foto dengan ponsel yang kamu punya untuk membuatmu lebih luwes saat hari-H.

Nah, sebagai informasi tambahan untukmu, salah satu pameran pernikahan terbesar tahun ini, WeddingMarket Fair akan segera hadir. Diselenggarakan di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace pada tanggal 4-5 November 2023, WeddingMarket Fair mengusung konsep nasional dan tradisional yang memukau.

Menghadirkan 100+ vendor pernikahan profesional dari 15+kategori, kamu dapat menemukan berbagai kebutuhan untuk pernikahanmu! Mulai dari venue, dekorasi, catering, busana pernikahann dan lain sebagainya.

Dapatkan berbagai promo dan keuntungan dengan menghadiri WeddingMarket Fair, mulai dari hadiah langsung, promo spesial dari vendor, voucher diskon, dan grand prize dengan total nilai ratusan juta rupiah. Jangan lupa nikmati juga free test food gratis dan abadikan momenmu di photobooth dan spot foto menarik ala "Infinity Garden" yang cerah dan ceria.

Tiket masuk untuk WeddingMarket Fair dapat kamu akses gratis di tautan ini. Sampai jumpa, dears!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...