Pilih Kategori Artikel

4 Persiapan Pernikahan yang Penting namun Sering Terlupakan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dears, apakah kamu sedang dalam proses merencanakan pernikahan? Sudah sejauh mana persiapanmu? Gedung, catering, dekorasi, hingga MUA sudah dipesan? WeddingMarket paham, ada banyak sekali detail pernikahan yang harus direncanakan oleh calon pengantin, bahkan dari jauh-jauh hari. 

Saking banyaknya persiapan pernikahan, terkadang ada hal-hal yang luput dari perhatian. Padahal, beberapa detail tersebut sangat esensial dan tak boleh terlewatkan. Sebagai pengingat, yuk cek lagi persiapan pernikahan yang penting namun sering terlupakan berikut ini!

1. Dokumen Pernikahan

wm_article_img
Foto: AWP Photography

Menjelang hari H, biasanya para pasangan calon pengantin terlalu bersemangat mempersiapkan segala kebutuhan untuk resepsi pernikahan. Mulai dari memilih model gaun pengantin, MUA, undangan hingga souvenir semuanya dilakukan dengan seksama bahkan sejak beberapa bulan sebelum hari pernikahan.

Namun, berbicara soal dokumen pernikahan justru sebaliknya, terkadang disepelekan sehingga terlupakan. Padahal ada begitu banyak dokumen yang perlu dilengkapi, loh! Oleh karena itu, jangan sampai urusan dokumen pernikahan ini terlewatkan. Sebaiknya persiapkan sejak jauh-jauh hari agar mendekati hari H hal ini tak akan membuat kamu terburu-buru maupun panik. 

Sebelum pergi mendaftarkan pernikahan ke kantor kelurahan, pertama-tama siapkan kartu identias (KTP) dan mintalah surat pengantar menikah dari RT/RW setempat. Setelah itu kamu bisa mengikuti alur pengurusan pernikahannya sesuai dengan arahan dari kantor kelurahan. Karena prosesnya cukup panjang dan melibatkan beberapa instansi, maka sebaiknya jangan ditunda-tunda ya! Urus segala dokumennya segera agar prosesi pernikahanmu berjalan dengan lancar tanpa ada yang terlupakan. 

2. Liputan Prosesi Pernikahan

wm_article_img
Foto: Thepotomoto Photography

Video menjelang pernikahan seperti momen prewedding atau cuplikan beauty shot di hari pernikahan biasanya jadi fokus utama para calon pengantin. Tentu video cinematic berdurasi pendek tersebut sangat penting lantaran dapat dipublikasikan untuk undangan maupun di sosial media. Meskipun video tersebut tidak menampilkan prosesi pernikahan secara utuh.

Ada kalanya, justru prosesi pernikahan malah tidak terdokumentasikan dengan sempurna. Padahal itulah momen inti dari sebuah pernikahan, seperti prosesi akad atau holy matrimony, tukar cincin, hingga ke pelaminan. Apalagi jika pernikahan kamu kelak mengusung prosesi adat, maka akan ada banyak sekali ritual-ritual penting yang perlu didokumentasikan.

Untuk itu, jangan lupa untuk ingatkan kepada fotografer pernikahan kamu agar tak melewatkan satu momen pun di hari istimewamu kelak. Hal ini penting, karena suatu saat ketika kamu membuka kembali album kenangan pernikahanmu, memori itu tetap rapi tersimpan di sana. Tentunya, bisa pula kamu ceritakan kembali kepada anak cucumu kelak!  

3. Lahan untuk Parkir Tamu

wm_article_img
Dekorasi: Levine Decor

Menikah di tempat yang bagus dan indah pastinya menjadi impian setiap pengantin. Kamu pun tentu memiliki venue pernikahan impianSelain mempertimbangkan suasana dan fasilitas di tempat tersebut, ada satu hal penting lagi yang tak boleh terlupakan yakni lahan untuk parkir tamu.

Sayangnya urusan tempat parkir ini terkadang jadi pertimbangan kesekian bahkan terlupakan ketika calon pengantin memutuskan untuk menggelar acara di suatu tempat pernikahan. Padahal penting sekali loh untuk memastikan ketersediaan lahan untuk tamu bisa memarkirkan kendaraannya dengan aman dan nyaman.

Selain itu, pertimbangkan juga jarak tempat parkir ini dengan lokasi resepsi pernikahan digelar. Upayakan untuk menyediakan lahan parkir yang tidak terlalu jauh dengan lokasi acara digelar ya, demi kenyamanan bersama!

4. Hadiah untuk Para Bridesmaid dan Groomsmen

wm_article_img
Foto via Dante Planner

Banyak calon pengantin yang membutuhkan peran bridesmaid dan groomsmen dalam membantu persiapan pernikahan. Lantaran telah berjasa, maka tak ada salahnya apabila kamu menyiapkan kado khusus untuk para bridesmaid dan groomsmen ini. Tidak hanya sebatas baju seragam bridesmaid atau groomsmen saja, kamu pun bisa menghadiahkan souvenir kecil untuk mereka sebagai ungkapan rasa terima kasih kamu atas berbagai bantuan yang sudah diberikan.

Sama halnya apabila kamu menggunakan panitia pernikahan alih-alih bridesmaid atau groomsmen. Kamu bisa memberikan kado kecil sebagai ungkapan terima kasih atas bantuan mereka. Tentunya, gesture seperti ini juga akan sangat berkesan  bagi mereka.

Nah, itu dia beberapa hal yang penting namun terkadang terlupakan dalam persiapan pernikahan. Setelah membaca ulasan di atas, semoga persiapan pernikahan kamu zero mistakes dan tak melewatkan satu detail apapun ya! Jangan lupa lengkapi segala kebutuhan untuk hari bahagiamu di WeddingMarket store, mulai dari venue, catering hingga perhiasan bisa kamu dapatkan dengan diskon serta penawaran harga yang menarik. Cek sekarang, yuk!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...