Pilih Kategori Artikel

5 Alasan Mengapa Foto Prewedding Harus Dilakukan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pada era modern ini, sesi foto prewedding telah menjadi elemen penting dalam perencanaan pernikahan. Bahkan, bisa dikatakan sesi ini sangat dinantikan oleh calon pengantin, khususnya para wanita.

Tak bisa dipungkiri, bahwa sesi foto prewedding ini merupakan momen berharga yang akan menjadi kenangan manis dan kisah romantis. Kenangan berharga ini akan dapat dibagikan berulang kali kepada anak dan cucu nantinya. 

Kita semua tentu menyadari bahwa foto prewedding adalah sesi fotografi dengan konsep khusus yang dilakukan bersama pasangan beberapa hari atau minggu sebelum pernikahan. Banyak dari kita hanya menganggap foto prewedding sebagai pajangan yang dipamerkan saat hari pernikahan.

Namun, foto prewedding tentu memerlukan biaya ekstra di luar anggaran pernikahan dan resepsi. Hal ini sering menimbulkan pertanyaan tentang pentingnya foto prewedding. Pendapat pun bervariasi, ada yang setuju dan tidak. Berikut beberapa alasan mengapa sesi foto prewedding dianggap cukup penting.

1. Jadi momen bersenang-senang bersama pasangan

wm_article_img

Menjelang pernikahan, banyak pasangan yang mungkin merasa cemas dan terbebani. Untuk mengurangi stres, cobalah untuk bersantai dan bersenang-senang dengan pasangan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan sesi foto prewedding

Kamu dapat memilih lokasi pemotretan, baik di luar maupun di dalam ruangan. Nikmati waktu luang bersama dengan berkencan atau jalan-jalan dan abadikan momen romantis di tempat-tempat yang indah. Jangan lupa untuk memadukan busana yang menarik agar hasil foto prewedding kamu maksimal.

Karena, masa-masa menjelang pernikahan merupakan periode penuh kebahagiaan. Maka, jangan sampai kamu dan pasangan melewatkan momen ini begitu saja. Memberikan kado terindah dalam pernikahan berupa foto prewedding yang bisa dikenang selamanya adalah pilihan yang istimewa. 

Foto ini menjadi saksi dari janji-janji yang telah kamu lalui bersama pasangan, memastikan bahwa kasih sayang dan kesabaran selalu lebih besar daripada ego.

2. Lebih dekat dengan fotografer

wm_article_img

Prewedding adalah kesempatan emas untuk berinteraksi dengan fotografer sebelum hari besar tiba, serta untuk mengenal gaya kerjanya. Meskipun kamu mungkin sudah melihat banyak hasil karya indah mereka dan mungkin telah bertemu sambil minum kopi untuk saling mengenal, kamu belum benar-benar melihat mereka bekerja di lapangan. 

Melakukan sesi foto prewedding memberi kamu kesempatan untuk memahami bagaimana mereka akan bekerja pada hari pernikahan – durasi setiap pose dan bagaimana mereka mengarahkan kamu sebagai pasangan.

Ini adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih fotografer pernikahan. Mengingat kamu akan menghabiskan banyak waktu bersama mereka pada hari tersebut, memiliki fotografer yang membuat kamu merasa nyaman adalah keuntungan besar.

Jika ternyata kamu tidak cocok dengan fotografer yang dipilih, masih ada waktu untuk mencari yang lebih sesuai dengan selera. Dengan demikian, kamu akan puas dengan hasil jepretan lensa yang sesuai dengan harapan dan menangkap semua momen-momen berharga.

Perlu kamu pahami, setiap fotografer memiliki gaya dan ciri khas tersendiri dalam pengambilan foto. Jika ada fotografer yang hasil karyanya tidak sesuai dengan keinginan, itu bukan berarti dia tidak profesional atau kurang berpengalaman, ya.

3. Menemukan konsep busana

wm_article_img

Saat melakukan foto prewedding, kamu akan menjelajahi berbagai konsep yang sesuai dengan keinginan. Ini memberikan banyak referensi untuk acara pernikahan nanti, seperti gaya tradisional, mewah, kasual, tematik, dan lainnya.

4. Momen berlatih gaya di depan kamera

wm_article_img

Meskipun tampaknya mudah, berpose dengan gaya alami dan tidak kaku ternyata cukup menantang. Banyak foto pernikahan yang tampak kaku meskipun konsep dan pengambilannya sudah luar biasa. 

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan senyuman yang kaku. Cobalah berpose seolah-olah sedang mengobrol, tertawa, berpelukan, atau melakukan gaya dinamis lainnya. Inilah mengapa sesi foto prewedding sangat penting, karena dapat menjadi latihan untuk berfoto secara alami tanpa panik.

Terlebih lagi, pada hari pernikahan, kamu mungkin akan merasa gugup karena diawasi oleh banyak tamu undangan. Foto prewedding akan membantu kamu berlatih bagaimana senyum manis yang sebaiknya kamu pamerkan di hari pernikahan nanti

5. Sebagai pelengkap dekorasi

wm_article_img

Buat kamu yang suka tanya, “Apa manfaat sebenarnya dari foto prewedding ini, sih?”, ini dia salah satu jawaban pentingnya. Foto-foto dari sesi prewedding akan menjadi salah satu elemen krusial dalam dekorasi pernikahan kamu nanti. 

Meskipun pernikahan mungkin sudah memiliki konsep yang indah dan elegan, hadirnya foto-foto tersebut akan memberikan sentuhan personal dan romantis yang lebih kuat pada dekorasi, memperkaya pengalaman visual para tamu.

Ajaklah tim dekorasi pernikahanmu untuk berdiskusi tentang konsep penempatan foto-foto tersebut yang unik dan menarik. Foto-foto ini dapat dipajang dengan cara yang kreatif di sepanjang jalur menuju pelaminan, sehingga tamu yang antri untuk bersalaman dengan kamu dan pasangan dapat menikmati momen foto prewedding tersebut.

Selain itu, foto prewedding juga dapat dimasukkan ke dalam desain undangan pernikahan, memberikan sentuhan personal yang istimewa kepada para tamu undangan.

Persiapan Sebelum Prewedding

Setelah tahu apa yang menjadi alasan kamu dan pasangan melakukan foto prewedding, sekarang waktunya persiapan. Berikut 4 hal penting yang harus dipersiapkan sebelum foto prewedding:

1. Anggaran

wm_article_img

Jangan pernah mengabaikan anggaran ketika merencanakan sesi prewedding. Penting untuk mengatur anggaran dengan bijak, sesuai dengan tema, konsep, lokasi, serta pemilihan fotografer, desainer, dan MUA. 

Jika kamu menginginkan hasil yang memuaskan dengan dukungan tema, konsep, fotografer, desainer, dan MUA yang berkualitas, maka tentu saja kamu perlu menyiapkan anggaran yang memadai.

2. Konsep

wm_article_img

Sebelum kamu memilih fotografer, desainer baju, dan MUA, penting untuk menyiapkan tema dan konsep yang sesuai. Diskusikan dan sepakati bersama dengan pasangan mengenai tema dan konsep prewedding tanpa adanya ketidaksepakatan. Setelah menetapkan tema dan konsep, langkah berikutnya adalah memilih lokasi prewedding. Pastikan lokasi yang kamu pilih cocok dengan tema dan konsep foto.

3. Memilih fotografer dan mua berpengalaman

wm_article_img

Jangan asal memilih fotografer sebelum menjalani sesi prewedding, karena perannya sangat vital dalam keseluruhan proses. Fotografer memiliki pengaruh besar terhadap hasil foto prewedding. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih fotografer yang telah memiliki pengalaman yang cukup.

Dengan fotografer berpengalaman, kamu dapat dengan mudah berdiskusi mengenai tema dan konsep prewedding. Mereka memiliki pemahaman yang baik tentang aspek-aspek tersebut. Tidak jarang, fotografer berpengalaman memberikan masukan yang berharga untuk meningkatkan keunikan dan keindahan tema serta konsep.

Selain itu, fotografer berpengalaman juga akan memberikan rekomendasi lokasi yang sesuai dengan tema dan konsep yang sudah kamu tentukan. Mereka juga akan membimbing kamu dan pasangan agar terlihat lebih natural dan nyaman di dalam foto prewedding, sehingga hasilnya akan terlihat lebih menawan.

Pengambilan angle yang tepat juga merupakan keahlian khas fotografer berpengalaman, sehingga foto prewedding akan tampak harmonis. Menghasilkan foto dengan keindahan maksimal juga didukung oleh penampilan kamu dan pasangan, tidak hanya konsep, tema, serta keterampilan fotografer saja.

Oleh karena itu, penting untuk memilih penata busana dan MUA yang berpengalaman untuk sesi foto prewedding. Libatkan mereka dalam diskusi dengan fotografer sehingga mereka dapat memahami outfit dan riasan yang sesuai dengan konsep.

Dengan adanya pemahaman tersebut, penata busana dapat menyarankan pakaian dengan desain yang cocok dan berkualitas, sementara MUA dapat menciptakan riasan terbaik. Pastikan juga bahwa peralatan yang digunakan oleh MUA berkualitas.

Dengan demikian, kamu dapat mempercayakan penampilan sepenuhnya kepada mereka tanpa rasa ragu dan hasil foto prewedding akan sesuai dengan harapan.

Sudah tahu mau mengadakan prewedding atau enggak? Jangan lupa kabarin ke kami, ya. Kami punya banyak fotografer handal yang bisa bantu kamu mendapatkan hasil foto prewedding terbaik. 


Fotografi oleh Polar Photography

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...