Pilih Kategori Artikel

Menuju Halal: 7 Amalan Sebelum Menikah yang Bisa Kamu Lakukan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan adalah sebuah fase di mana kamu dan pasangan membutuhkan ketenangan diri agar setiap prosesnya bisa diresapi ke dalam jiwa yang tenang. Proses pernikahan juga merupakan salah satu ibadah sakral di dalam ajaran agama Islam yang bahkan bertujuan untuk menyempurnakan agama. 

Oleh karena itu, kamu dan pasangan diharapkan bisa menjalankan beberapa amalan sebelum menikah.  Menjalankan amalan ini juga merupakan bisa menjadi salah satu bentuk usaha kamu dalam mempersiapkan pernikahan.

Tujuan menjalankan amalan-amalan sunnah sebelum menikah adalah agar memperoleh kemudahan dalam persiapan prosesi pernikahan dan memintah berkah Tuhan untuk membentuk pernikahan kamu dan pasangan nantinya menjadi pernikahan yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah.

7 Amalan Sebelum Menikah

wm_article_img

Untuk kamu yang belum mengetahui amalan sebelum menikah yang bisa dijalankan bersama pasangan, berikut tim WeddingMarket sudah merangkumnya di bawah ini.

1. Memperdalam Ilmu Agama 

Pada dasarnya, tujuan menikah adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Terlebih lagi menikah merupakan bentuk penyempurnaan ibadah seorang hamba kepada Tuhan. Oleh karena itu, sebelum melangsungkan pernikahan ada baiknya kamu dan pasangan memperdalam ilmu agama sebagai landasan dasar untuk memasuki kehidupan berumah tangga. 

Ilmu agama yang bisa dipelajari sebelum memasuki kehidupan pernikahan meliputi syarat sah dan rukun akad nikah, tanggung jawab suami istri, dan fiqih perceraian. Memahami batasan kata-kata cerai, konsep khulu', dan konsekuensinya menjadi bekal penting dalam membina rumah tangga yang langgeng dan kokoh. Dengan mempelajari ilmu ini kamu dan pasangan memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi segala tantangan dan rintangan yang akan kamu temui di dalam kehidupan pernikahan. 

2. Perbanyak Doa

wm_article_img

Sebelum menikah, kamu dan pasangan ada baiknya untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT dan senantiasa untuk bertawakal. Menjelang hari pernikahan kamu akan dihadapkan dengan berbagai persoalan yang membuat hati gelisah dan khawatir. Tentu hal ini wajar karena hal tersebut berhubungan dengan persiapan pernikahan. Oleh karena itu, perbanyak doa menjadi salah satu amalan yang bisa kamu lakukan sebelum hari pernikahan datang. 

Berdoa dan menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT adalah bentuk penyerahan diri seorang hamba kepada Tuhan. Kamu dan pasangan cukup melakukan yang terbaik pada persiapan pernikahan yang akan dilaksanakan. Dengan mengandalkan doa serta tawakal kepada Allah menjadi landasan dan utama untuk menghadapi godaan dan kegelisahan menjelang acara pernikahan. 

3. Senantiasa Beristighfar

Salah satu amalan sebelum menikah yang bisa kamu jalankan dengan mudah adalah senantiasa melafalkan istighfar. Melafalkan istighfar mempunyai berbagai keutamaan yang salah satu adalah kamu akan mendapatkan banyak kemudahan dan jalan keluar setiap kali mengalami kesulitan ketika mempersiapkan pernikahan. 

Hal ini sejalan dengan apa yang ditegaskan Allah SWT dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas di mana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan bahwa mereka yang rajin beristighfar akan menemukan solusi dari kesedihan, kelonggaran dari kesulitan, dan rezeki yang tak terduga.

4. Shalat Hajat

wm_article_img

Shalat Hajat merupakan salah satu ibadah sunnah yang dapat dilakukan kapan saja setiap kali kita memiliki keinginan atau hajat kepada Allah SWT. Shalat dua rakaat ini bisa kamu lakukan sebagai salah satu amalan sebelum menikah. Shalat Hajat menjadi upaya yang dianjurkan dalam meraih keberkahan dan ridha dari Allah SWT kamu bisa meminta kepada Allah SWT untuk memperlancar dan mempermudah acara pernikahan yang akan kamu laksanakan bersama pasangan. Kamu bisa melakukan Shalat Hajat ini pada waktu siang atau malam hari, kecuali waktu setelah shalat Subuh dan Ashar. Pada dua waktu tersebut kamu diharamkan untuk menunaikan Shalat Hajat. 

5. Shalat Tahajud

Salah satu amalan sebelum menikah selanjutnya yang dianjurkan untuk dijalankan adalah Shalat Tahajud. Di dalam ajaran agama Islam, Shalat Tahajud memiliki banyak keutamaan salah satunya adalah menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Di waktu-waktu tertentu menjelang sepertiga malam ketika banyak orang lain yang masih lelap dengan tidurnya, kamu bisa tunaikan shalat dua rakaat ini dengan hikmat dan khusyu. Kamu bisa meminta kepada Tuhan mengenai kehidupan pernikahan yang akan kamu jalani bersama pasangan kelak. 

Namun, Shalat Tahajud ini  membutuhkan komitmen dan disiplin tinggi, terutama untuk bangun di tengah malam dan menjalankan ibadah. Oleh karena itu dengan menunaikan Shalat Tahajud juga merupakan salah satu acara untuk kamu mengontrol diri dan kesabaran yang dibutuhkan dalam menjalani hubungan pernikahan.

6. Banyak Melakukan Sedekah

wm_article_img

Bersedekah juga merupakan salah satu amalan sebelum menikah yang bisa kamu lakukan bersama pasangan. Keutamaan bersedekah bukan hanya membukakan pintu rezeki melainkan juga bisa menghindarkan kamu dari mara bahaya, musibah, ataupun kejahatan. Rasulullah pernah bersabda mengenai sedekah yang mana sabdanya adalah, “Bersegeralah dalam bersedekah, sebab musibah dan bencana tidak bisa mendahului amal kebaikan”.

Pentingnya bersedekah merupakan salah satu langkah untuk menjauhkan diri dari musibah dan mendatangkan berkah. Oleh karena itu, jika kamu dan pasangan ingin mengharapkan acara pernikahan dan kehidupan pernikahan dijauhkan dari hal tersebut maka segeralah untuk bersedekah. Bersedekah bisa dilakukan kapan saja namun kamu bisa coba tunaikan sedekah pada waktu subuh. Beramal atau sedekah ini sebaiknya juga dilakukan secara terus menerus.

7. Melakukan Puasa Sunnah

wm_article_img

Amalan sebelum menikah yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah konsisten untuk menunaikan puasa sunnah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, bahwa ada tiga orang yang doanya tidak tertolak, yaitu orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang dizalimi. Dari penjelasan hadits di atas, puasa memiliki keutamaan agar segala doa yang kamu panjatkan dikabulkan oleh Allah SWT. 

Dalam melaksanakan puasa sunnah, kamu dan pasangan sebagai calon pengantin biasa berdoa agar segala impian dan keberkahan dalam pernikahan dapat diwujudkan melalui ridha Allah SWT. Puasa sunnah juga merupakan salah satu momen spiritual yang bisa membimbing kamu dan pasangan terutama dalam menanamkan nilai-nilai ajaran agama yang dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan berumah tangga. Puasa sunnah yang bisa kamu lakukan adalah puasa di hari Senin dan Kamis. 

Puasa Senin dan Kamis bisa menjadi bentuk pembersihan diri secara spiritual. Dengan menahan diri dari makan dan minum selama beberapa jam, kamu dapat melatih keteguhan hati dan kontrol diri yang nantinya akan berguna bagi kamu dan pasangan dalam kehidupan pernikahan. Puasa Senin dan Kamis juga merupakan salah satu sarana untuk segala doa dikabulkan oleh Tuhan. Terutama jika puasa Senin dan Kamis diikuti dengan amalan-amalan lain seperti shalat sunnah, dzikir, dan membaca Al-Qur'an. 

Itulah 7 amalan sebelum menikah yang bisa kamu lakukan bersama pasangan. Dengan selalu memohon kepada Allah SWT, segala tantangan, dan rintangan yang kamu temui bersama pasangan untuk mempersiapkan pernikahan akan diberi kelancaran dan solusi. Yang perlu diingat adalah penting untuk meniatkan seluruh amalan sebelum menikah di atas hanya untuk Allah SWT. Semoga pernikahan kamu dan segala urusan kita dilancarkan oleh Tuhan semesta alam.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...