Pilih Kategori Artikel

Tak Punya Waktu Mencari Jodoh? Taaruf Online Solusinya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ta’aruf menjadi solusi yang ditawarkan Islam agar umatnya bisa bersatu tanpa harus melalui pacaran. Pada proses ta’aruf laki-laki dan perempuan tidak diperbolehkan untuk berdua-duaan. Mereka harus ditemani oleh pihak ketiga agar tidak timbul fitnah di kemudian hari. Interaksi diantara keduanya pun tidak boleh berlebihan dan seperlunya saja.

Dahulu, proses ta’aruf biasa dilakukan secara secara langsung dengan cara meminta bantuan kepada ustad, teman atau keluarga untuk dikenalkan kepada seseorang. Cara ini sebenarnya masih digunakan sampai sekarang. Namun, seiring berkembangnya waktu, metode ta’aruf juga menjadi beragam. Proses pencarian jodoh tak hanya bisa dilakukan dengan pertemuan langsung tapi juga bisa dilakukan secara virtual dengan taaruf online.

Awal mula munculnya ta’aruf online tidak lepas dari semakin sibuknya manusia dengan berbagai aktivitas dan pekerjaan yang dimilikinya. Kesibukan tersebut akhirnya membuat mereka tak memiliki waktu untuk mencari jodoh, padahal umur terus bertambah. Di sisi lain, faktor adanya pandemi COVID-19 seperti saat ini juga membuat para pencari jodoh semakin susah untuk melakukan ta’aruf langsung. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibuatlah suatu wadah untuk melakukan ta’aruf secara online. Seperti namanya, ta’aruf online memang dilakukan melalui dunia maya. Bentuknya beragam, mulai dari group Whatsapp hingga melalui aplikasi ta’aruf

Meskipun demikian, kamu jangan membayangkan bahwa ta’aruf online akan sama seperti aplikasi pencarian jodoh lain yang bisa mencari pasangan secara langsung. Meskipun tujuan akhirnya adalah untuk menyatukan dua sejoli yang sudah siap untuk menikah, tetapi baik aplikasi ta’aruf maupun grup Whatsapp dikelola oleh admin atau orang ketiga yang menjadi perantara interaksi antara laki-laki dan perempuan. Fungsi orang ketiga di sini sekaligus untuk mengawasi diantara calon pasangan ta’aruf agar tetap berpegang teguh pada syari’at dan ajaran Islam. Untuk lebih jelasnya terkait ta’aruf online, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Taaruf Online Melalui Group WhatsApp

wm_article_img

Media untuk melakukan ta’aruf online yang pertama adalah melalui grup WhatsApp. Sesuai namanya, ta’aruf ini memang dilakukan melalui sebuah grup yang dikelola oleh seorang ustad atau ulama yang bertujuan untuk membantu laki-laki dan perempuan yang ingin mencari jodoh. Grup whatsapp ini biasanya bisa ditemukan melalui seminar ta’aruf yang diadakan oleh suatu organisasi. Dalam seminar tersebut, laki-laki atau perempuan yang hadir dan tertarik untuk melakukan ta’aruf bisa ikut bergabung ke dalam grup ta’aruf dimana nantinya mereka akan dikelompokkan berdasarkan gender.

Pihak panitia lalu meminta para peserta grup untuk mengirimkan CV taaruf atau curriculum vitae yang berisi data diri, keluarga, hingga visi dan misi dalam berumahtangga. Para panitia lalu akan menyeleksi CV taaruf dan menjodohkan laki-laki dan perempuan yang mempunyai visi dan misi yang sama. Baru setelah itu, kedua pihak yang akan dipasangkan ditempatkan ke dalam satu grup dengan pihak panitia sebagai perantara. Nantinya di grup tersebut, panitia akan menjadi pihak ketiga penyambung komunikasi diantara kedua belah pihak, hingga akhirnya pihak laki-laki mendatangi rumah calon wanita untuk melakukan nadzor atau meminta kepada orang tua wanita.

Taaruf Online Melalui Aplikasi

wm_article_img

Selain melalui grup Whatsapp, ta’aruf digital juga bisa dilakukan melalui aplikasi cari jodoh Islami, salah satunya adalah Ta’aruf Online Indonesia. Walaupun judulnya aplikasi pencari jodoh, tapi berbeda sekali dengan aplikasi dating lain, dimana laki-laki dan perempuan bebas berinteraksi secara langsung. Di aplikasi ta’aruf, laki-laki dan perempuan yang sedang mencari jodoh akan dipandu oleh seorang admin atau perantara sehingga interaksi diantara keduanya tetap terjaga.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ta’aruf online, kamu akan dikenakan beberapa persyaratan, diantaranya adalah biaya pendaftaran 200 ribu rupiah, dan harus melampirkan kartu identitas seperti KTP. Fungsi KTP di sini adalah untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, seperti tindak kejahatan yang bisa merugikan orang lain. Hal ini sangat bisa dimengerti, mengingat metode ta’aruf satu ini dilakukan secara online sehingga harus lebih berhati-hati.

Bentuk aplikasi ta’aruf online ini sangat berbeda dengan aplikasi pencari jodoh lain. Jika aplikasi lain langsung memuat foto individu beserta deskripsinya, maka aplikasi ta’aruf hanya memuat profil individu tanpa memuat fotonya. Profile di sini pun hanya berisi nama dan visi misi yang ingin dicapai orang tersebut. Tampilan profil dalam aplikasi ta’aruf online memang dibuat sesimpel mungkin dan tidak memperbolehkan penggunanya untuk mengupload foto diri. Hal ini dilakukan untuk menghindari lawan jenis yang mencari pasangan dari tampilan wajah serta mencegah terjadinya fitnah.

wm_article_img

Bagi kamu yang berminat namun belum terlalu familiar dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya aplikasi ta’aruf punya fitur yang simple dan cenderung mudah digunakan sehingga ketika sudah berhasil melakukan pendaftaran, kamu bisa langsung mencari calon yang menarik perhatian terutama dari segi visi dan misi. Jika sudah menemukannya, kamu bisa langsung menghubungi admin untuk mengirimkan CV. Pihak admin lalu akan menjadi perantara lalu menyampaikan pesan kepada calon pasanganmu bahwa ada seseorang yang tertarik untuk melakukan ta’aruf dengannya.

Setelah kedua pihak setuju untuk melakukan ta’aruf, keduanya akan melakukan pertukaran CV dengan admin sebagai perantara. Dari pertukaran CV taaruf tersebut, kamu bisa mencari tahu terkait seluk-beluk calon pasangan, mulai dari background pendidikan hingga dari segi sifat. Jika dari semua aspek dirasa cocok, kamu bisa melanjutkan ke proses berikutnya yaitu nadzor menemui orang tua wanita. 

Itulah sekilas pembahasan terkait dengan ta’aruf online yang bisa bisa menjadi ikhtiar kamu untuk mencari jodoh seiman. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang. Perkembangan tersebut juga ternyata merambah dalam hal menemukan pasangan hidup yang serius ingin menikah. Tentunya, sekarang ta’aruf tidak hanya bisa dilakukan secara langsung tapi juga dapat memanfaatkan berbagai platform digital. Tentunya hal tersebut sangat mempermudah, terutama bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk mencari jodoh namun ingin menikah dalam waktu dekat. Nah, setelah membaca ulasan ini apa kamu tertarik untuk mencoba taaruf online?

Baca juga: Panduan Membuat CV Taaruf Sebagai Ikhtiar Mencari Jodoh Buat Kamu yang Sudah Siap Nikah

Fotografi: Hijaz Pictura

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...