Pilih Kategori Artikel

7 Ide Bulan Madu Romantis di Rumah, Hidupkan Api Cinta Kamu dan Dia!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bulan madu adalah masa setelah pernikahan yang dirayakan oleh pasangan baru sebagai waktu khusus untuk menikmati kebersamaan. Biasanya, bulan madu dilakukan dengan pergi berlibur ke tujuan romantis, seperti pantai, kota-kota indah, atau destinasi eksotis lainnya. Ini adalah kesempatan bagi pasangan untuk beristirahat, bersantai, dan menikmati waktu bersama setelah persiapan pernikahan yang melelahkan.

Bulan madu memberikan kesempatan bagi pasangan untuk memperkuat ikatan, menjalani pengalaman baru bersama, dan memulai babak baru dalam kehidupan pernikahan mereka. Selama bulan madu, pasangan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan, berpartisipasi dalam kegiatan menyenangkan, menjelajahi budaya lokal, dan menciptakan kenangan indah yang akan menjadi memori sepanjang hidup.

Namun, bulan madu tidak selalu harus dilakukan dengan pergi ke luar kota atau luar negeri. Beberapa pasangan memilih untuk merayakan bulan madu di rumah dengan menciptakan suasana romantis, melakukan kegiatan khusus, atau hanya bersantai bersama. Pasalnya, tujuan utama dari bulan madu adalah menghabiskan quality time bersama sebagai pasangan baru, memperkuat ikatan emosional, dan merayakan awal pernikahan dengan cara yang istimewa.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan selama bulan madu di rumah?

1. Piknik di taman belakang

wm_article_img
Fotografi: Diko A2S

Hal ini cocok kamu lakukan jika memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk melakukan piknik. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti pemilihan waktu. Piknik cocok dilakukan di sore hari menuju malam supaya tidak terlalu panas, kecuali jika ada pohon rindang di halaman belakang  rumah. 

Jika dilakukan di malam hari, jangan lupa untuk mengatur pencahayaan menggunakan lentera yang lembut, lampu taman, atau lilin yang membuat suasana jadi semakin romantis. Latar musik juga bisa menambahkan suasana romantis yang ingin dibangun. Gunakan matras atau kain lebar dengan bantal lembut untuk menambah kenyamanan saat kalian beraktivitas di sana.

Jangan lupakan elemen makanan. Pilih makanan favorit kalian berdua atau hidangan baru yang ingin dicoba agar suasana jadi semakin menyenangkan. Taruh berbagai camilan di keranjang supaya benar-benar terasa seperti piknik.

Untuk mengabadikan momen ini, kalian bisa menggunakan foto polaroid untuk mengambil gambar. Hasilnya bisa langsung kalian pajang di rumah baru nantinya.

2. Maraton film atau serial

wm_article_img
Foto: pexels/cottonbro-studio

Apa yang harus dilakukan saat bulan madu di rumah? Inti dari bulan madu adalah quality time untuk melakukan bonding dengan pasangan. Hal ini bisa didapatkan dengan menonton film saja di dalam rumah. Namun, kamu perlu membuat kegiatan ini menjadi naik kelas dengan menyiapkan segalanya dengan lebih niat.

Misalnya, alih-alih menonton hanya menggunakan smart TV yang ada di rumah, kamu bisa menggunakan layar proyektor yang lebih lebar. Kamu dan pasangan bisa menontonnya dari sofa atau kasur yang nyaman. Kemudian, tidak lupa siapkan juga camilan dan minuman untuk menemani kalian selama menonton film.

Pilihan film atau serial yang dipilih tidak harus selalu bertema romantis, kok. Kalian bisa menonton sesuai dengan genre favorit masing-masing supaya tidak bosan di tengah jalan. Hindari menonton film sedih, ya, agar suasana tidak berubah menjadi sedih juga. Bagaimanapun bulan madumu harus memberikan perasaan nyaman dan menyenangkan.

3. Menjelajah alam sekitar rumah

wm_article_img
Foto: Amara Pictures

Selama ini kamu dan pasangan mungkin sekadar melewati jalanan tanpa benar-benar memperhatikan ada apa saja di sekitar. Pada kesempatan berbulan madu ini, kalian bisa menjelajah ke sekitar. Datangi jika ada tempat seperti taman, danau, sungai, atau bahkan hanya jalan setapak.

Jika tinggal di perkotaan, kalian bisa mencoba berjalan kaki sekaligus berlatih untuk mindful. Dalam perjalanan ini, kalian bisa berbincang dengan warga sekitar dan membeli jajanan pinggir jalan yang mungkin jarang atau bahkan tidak pernah dibeli.

4. Sesi spa dan perawatan di rumah

wm_article_img
Foto: Pexels/Ketut-Subiyanto

Sesi relaksasi adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan saat kalian memiliki kesempatan. Pada saat bulan madu ini, kalian bisa saling merawat satu sama lain. Ada banyak paket spa dan perawatan lainnya yang bisa dibeli untuk dilakukan sendiri di rumah.  

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan antara lain berendam dengan bath salt atau air bunga, perawatan wajah dengan berbagai masker, melepas stres pada otot dengan pijat, merawat kuku dan pedikur termasuk melakukan nail art, dan mengoleskan lulur ke tubuh.

Ciptakan suasana rileks dengan menyalakan diffuser atau lilin aromaterapi. Tambahkan juga musik klasik atau musik relaksasi lainnya. Dengan cara ini, kalian bisa beristirahat dan menikmati waktu dengan sempurna.

5. Melakukan banyak gim bersama

wm_article_img
Foto: pexels/cottonbro-studio

Jika tidak disempatkan, kalian mungkin tidak memiliki waktu untuk hal yang satu ini. Bermain gim bersama akan membuat kalian tidak hanya semakin akrab, tapi juga bisa mendapatkan keseruan. Gim yang dipilih bisa beragam, mulai dari board game, permainan kartu, hingga online game yang memiliki beragam pilihan.

Jika ingin membuatnya lebih seru, kalian bisa melakukan taruhan sederhana, seperti siapa yang kalah maka akan memasak atau mencuci piring keesokan harinya. Hal ini akan membangkitkan rasa kompetitif dalam diri kalian.

Jika sudah bosan dengan pilihan gim yang tersedia, kalian bisa mengakhiri hari dengan melakukan karaoke dan menyanyikan lagu pilihan masing-masing. Untuk yang satu ini, pastikan kalian tidak mengganggu kenyamanan sekitar, ya.

6. Melakukan kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya

wm_article_img
Foto: pexels/евгений-шухман

Ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan bersama yang mungkin selama ini belum pernah kalian lakukan sama sekali. Hal ini misalnya melukis bersama, membuat kerajinan tangan yang beragam, hingga menulis cerita.

Pilih kegiatan-kegiatan yang ingin dilakukan atau yang belum pernah dilakukan untuk memberikan sensasi keseruan yang membuat kalian merasa puas  saat menghabiskan waktu bersama. 

Hasil yang kalian peroleh pun bisa disimpan dalam waktu yang lama untuk menjadi kenang-kenangan. Bahkan, jika kalian membuat kerajinan tangan, hal ini bisa digunakan sebagai hiasan atau sesuatu yang fungsional.

7. Masak bersama

wm_article_img
Foto: Amara Pictures

Selain menyenangkan, kegiatan memasak ini juga akan memberikan kalian kejutan karena hasilnya yang bisa jadi tak terduga. Hal ini bisa dilakukan oleh setiap pasangan, baik yang memang suka memasak maupun tidak. 

Jika kalian memang suka memasak, kali ini kalian bisa berkreasi dengan sesuatu yang belum pernah kalian buat atau bahkan kalian makan sebelumnya. Sementara, jika kalian tidak pernah masak sama sekali sebelumnya, inilah saat yang tepat untuk menguji kemampuan. Siapkan bahan-bahan terbaik untuk momen masak kali ini untuk hasil yang maksimal.

Jangan lupa siapkan set up meja makan supaya setelah memasak bersama kalian berdua bisa melanjutkan makan dengan suasana yang romantis. Tambahkan musik latar dan lilin-lilin untuk membuatnya semakin manis. Terakhir, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang bagus layaknya saat akan makan malam di restoran bintang lima supaya momen jadi semakin spesial.

Itu dia beberapa ide bulan madu di rumah yang bisa kalian lakukan. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi pasangan yang sibuk sehingga memiliki waktu terbatas, ingin berhemat, ataupun kalian yang memang lebih suka berkegiatan di rumah daripada harus berpergian jauh.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa kalian tidak perlu hanya memilih satu saja dari beberapa pilihan tersebut. Kalian bisa menyusunnya menjadi sebuah itinerary dan melakukan semuanya sekaligus dalam satu atau dua hari. Semoga bulan madu di rumahmu menyenangkan, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...