Pilih Kategori Artikel

Budget tidak Akan Membengkak, Inilah 7 Tips Hemat Biaya Lamaran Sederhana
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap pasangan yang ingin melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, tentu akan berpikir untuk segera melangsungkan pernikahan dengan pujaan hati. Biasanya, niat baik tersebut diutarakan lewat acara lamaran. Pihak keluarga laki-laki akan berkunjung ke rumah pihak keluarga perempuan, dalam menjelaskan maksud dan tujuannya untuk melamar menjadi pasangan suami istri kelak. Tentu dalam acara lamaran ini pun harus dipersiapkan dengan matang.

Tak sedikit pasangan yang memang menginginkan acara lamarannya berjalan secara sederhana dan tidak terlalu mewah. Selain bisa menghemat budget lamaran, prosesi lamaran pun akan lebih intim dan hangat, karena dihadiri oleh keluarga inti saja. Jika budget pernikahan bisa hemat, tentunya dapat menabung lebih cepat untuk modal nikah dengan pasangan. Berikut tips yang bisa dilakukan.

  1. Pilih tempat lamaran di rumah

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Beberapa pasangan mungkin akan membayangkan acara lamaran yang digelar di sebuah resort tepi pantai yang romantis  sambil disaksikan oleh keluarga dan teman terdekat. Tentunya, banyak yang mendambakan hal tersebut.

Namun tidak semua pasangan punya finansial yang memadai untuk bisa mewujudkan lamaran di tepi pantai. Jika memang tidak memiliki budget, alangkah baiknya lamaran ini digelar secara sederhana dan mencari tempat yang mudah.

Pemilihan tempat lamaran di kediaman pihak perempuan menjadi pilihan tepat agar hemat biaya. Apalagi jika diselenggarakan di rumah, tidak perlu repot-repot membayar sewa nih! Melangsungkan lamaran di rumah bukan hanya murah, suasananya pun terasa intim karena tidak akan berinteraksi dengan orang banyak, sehingga bisa menjalin kedekatan keluarga satu sama lain.

  1. Pakailah dekorasi yang sederhana saja

wm_article_img
Dekorasi: Moist Decoration

Demi acara lamaran yang hemat biaya, sebaiknya tidak menyewa dekorasi yang mewah dan terlalu banyak pernak-pernik hingga aksesoris berlebihan. Karena hanya pertemuan dua keluarga, usahakan properti atau dekorasi sesederhana mungkin.

Pasangan tidak perlu menyewa dengan harga mahal, buatlah dekorasi sederhana seperti menyiapkan backdrop untuk kain, bunga buket bikinan sendiri, gunakan pita untuk menambah kesan menarik dan pergunakan kursi hingga meja untuk meminimalisir biaya tambahan.

Selain murah, pasangan atau pihak perempuan bisa mendekornya sendiri dengan barang-barang yang sudah tersedia. Karena hanya lamaran, tidak usah terlalu heboh seperti dekorasi pelaminan untuk pesta ya! Sebab, di acara tersebut tidak perlu mengundang banyak tamu, cukup keluarga inti saja.

  1. Beli pakaian couple 

wm_article_img
Fotografi: By My Sight

Kebanyakan orang mungkin akan berpikiran bahwa prosesi lamaran harus selalu pakaian yang sama atau couple. Padahal tidak mesti, ya. Jika kamu memang ingin menunjukkan kekompakan menggunakan pakaian yang sama, belilah pakaian seperti kemeja atau tenun yang punya paket couple.

Jika dirasa sangat mainstream, kamu bisa mengakalinya dengan membeli kain secara terpisah dan jahit sendiri ke penjahit langganan. Selain hemat, baju lamaran pasangan yang akan digunakan nantinya menjadi unik dan sesuai selera.

Selain itu, demi meminimalisir pengeluaran, lebih baik tidak membuat pakaian seragam untuk keluarga besar ya. Jika memang ingin terlihat kompak dan seragaman, cobalah untuk gunakan di momen pesta pernikahan saja.

  1. Masak sebagai solusi hidangan untuk jamuan keluarga

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Ketika acara lamaran berlangsung, kedua keluarga biasanya akan makan bersama. Secara tidak langsung, pihak perempuan sebagai tuan rumah akan menjamu pihak keluarga laki-laki.

Demi hemat biaya lamaran, pihak keluarga perempuan bisa mengambil alternatif yakni memasak sendiri. Selain murah, kita bisa alokasikan menu sesuai dengan selera keluarga. Biasanya hidangan keluarga berupa 5-6 menu, meliputi daging, sayuran, bahkan menu cuci mulutnya.

Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk membeli set menu dengan harga per pax nya tidak lebih dari Rp50.000 ya. Kunci dari hematnya catering ini tentu berpengaruh terhadap jumlah keluarga yang menghadiri acara lamaran. Jika memang keluarga inti saja, tidak akan memakan banyak biaya. Berbeda jika pasangan mengundang teman masing-masing untuk acara laman, biaya pun akan membengkak.

  1. Dokumentasi sendiri atau sewa alat

wm_article_img
Fotografi: By My Sight

Momen-momen seperti lamaran tentu tidak boleh dipandang sebelah mata, sama seperti prosesi pernikahan, momen bahagia ini harus diabadikan dengan seluruh keluarga yang hadir. Biasanya saat lamaran ini kita membutuhkan jasa fotografer dan videografer.

Karena pasangan ingin lebih memangkas budget, pilihlah jasa foto dan video yang tarifnya di bawah harga pasaran, atau bisa mencari teman yang hobi foto untuk menawarkan jasa foto lamaran. Jika tidak memungkinkan juga, foto menggunakan smartphone yang proper pun bisa tampil menarik kok.

Kamu tinggal menyediakan gawai yang proper untuk foto, siapkan peralatan seperti tripod demi menghasilkan foto yang lebih baik. untuk jasa videografer sama seperti fotografer di awal, carilah yang harganya terjangkau, dan biasanya mereka akan menerima jika baru memulai bisnis tersebut, sehingga tarifnya berkisar Rp400.000 saja.

  1. Beli cincin lamaran tidak perlu satu pasang

wm_article_img
Fotografi: By My Sight

Lamaran pernikahan tentu tidak afdol jika tidak memberikan sebuah cincin kepada pihak perempuan sebagai bentuk atau simbolis mengikat. Pada umumnya lamaran di Indonesia, calon pengantin laki-laki akan memberikan cincin kepada pasangannya sebagai bentuk ikatan.

Ada pasangan yang membeli sepasang atau hanya membeli satu buah cincin saja untuk pihak perempuan. Walaupun memang membeli satu pasang tidak menjadi kewajiban, jika tujuannya untuk hemat biaya lamaran, maka tidak perlu membeli cincin mewah seperti cincin pernikahan.

Beli lah satu buah cincin emas dengan kadar 50% atau 75% seberat 2 gram saja, kisarannya seharga Rp1.500.000. Jika menginginkan cincin yang mewah, alokasikan untuk pernikahan saja ya. Untuk membungkus atau tempat cincin kepada pihak perempuan, beli lah yang tidak terlalu mewah, karena banyak tempat cincin yang dijual di toko emas yang harganya terjangkau.

  1. Bawa hantaran yang sederhana

wm_article_img
Foto via Seserahan Indonesia

Berbeda dengan pernikahan, hantaran lamaran berisi makanan, buah-buahan atau barang lainnya yang bisa digunakan atau diberikan kepada pihak perempuan. Hantaran lamaran ini jangan disamakan dengan seserahan atau hantaran pernikahan yang berisi perlengkapan ibadah, pakaian, tas atau bahkan kebutuhan skincare.

Hantaran lamaran ini fungsinya sebagai buah tangan pihak keluarga laki-laki sebagai tamu untuk berkunjung kepada pihak keluarga perempuan sebagai tuan rumah. Maka hantarannya pun biasanya berisi makanan, seperti roti, dodol, wajik, cemilan, kue basah, buah-buahan yang dikemas dengan nampan atau keranjang parcel.

Dengan biaya yang murah sebesar Rp500.000 saja, kita bisa memberikan berupa makanan atau buah tangan yang sesuai harga yang ada. Tentunya, estimasi yang diperkirakan di atas itu tidak menjadi patokan pasti, karena tergantung dan menyesuaikan harga kebutuhan di tempat tinggal masing-masing pasangan.

Karena patokan hemat biaya lamaran sederhana ini pastinya berbeda-beda setiap pasangan, alangkah baiknya untuk melakukan obrolan atau berkomunikasi terlebih dahulu dengan pasangan terkait konsep acara yang akan diselenggarakan, sehingga berlangsung lancar dan sesuai harapan.

Itu tadi beberapa tips hemat biaya lamaran yang mungkin bisa diterapkan bagi pasangan yang hendak melangsungkan lamaran. Diharapkan sebelumnya untuk membuat perencanaan keuangan bersama agar sesuai harapan kedua belah pihak. Kunjungi WeddingMarket untuk informasi lainnya mengenai persiapan menikah hingga mencari vendor profesional untuk acara pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami