Pilih Kategori Artikel

8 Alternatif Baju Pernikahan selain Gaun Tradisional yang Sesuai dengan Kepribadian
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Melenggang di hari bahagia dengan pakaian yang terbaik dan membuat kita semakin cantik adalah impian bagi banyak perempuan. Tak sedikit yang rela merogoh kocek yang dalam untuk meminta desainer terbaik membuatkan baju pernikahan mereka. Ada juga yang merelakan kenyamanan demi penampilan yang paripurna. 

Beberapa perempuan justru ingin tampil berbeda dengan pakaian yang tidak biasa. Kabar baiknya, kamu tetap bisa mendapatkan penampilan yang luar biasa walau memakai pakaian yang tidak pada umumnya.

Beberapa baju pernikahan ini bisa mengganti gaun pernikahan atau baju adat yang biasanya dikenakan oleh para pengantin. Simak yuk apa saja!

1. Wedding jumpsuit untuk si tomboy

wm_article_img
Foto: Kleinfeld Bridal

Baju pernikahan biasanya identik dengan dress yang panjang dan mengembang. Padahal, kamu bisa juga mengenakan jumpsuit yang nyaman. Jumpsuit adalah pakaian yang menggabungkan atasan dan bawahan yang biasanya dikenakan untuk acara non-formal. Namun, pakaian ini bisa kamu jadikan baju nikah yang modern, nyaman, dan tetap bergaya.

Tentu saja kamu harus menyesuaikan bahan yang digunakan, seperti sutra, satin, atau renda sehingga lebih cocok dengan acara yang lebih formal. Hiasan seperti payet dan detail bordir juga bisa ditambahkan. 

Jangan lupa untuk menyesuaikan baju ini dengan tema pernikahan juga, ya. Baju jumpsuit akan cocok untuk pernikahan yang lebih kasual, seperti pernikahan di pantai atau pernikahan outdoor di siang hari.

2. Wedding suit untuk si girl boss

wm_article_img
Foto: Eva Lendel

Wedding suit ternyata tidak hanya cocok dikenakan oleh pengantin laki-laki saja. Pengantin wanita pun juga akan cocok mengenakan baju pernikahan dengan model yang terdiri dari atasan dan bawahan ini. Baju pernikahan ini akan memberikan kesan yang chic, berani, tapi juga elegan.

Ada banyak perpaduan yang bisa dilakukan, mulai dari atasan blazer yang berpotongan crop hingga tuxedo. Bawahannya pun bisa dipilih berbentuk celana maupun rok. Tak hanya itu, jika ingin mengganti warna putih dengan warna lain, kamu bisa memilih warna nude, pastel, hingga warna-warna yang cerah.

Pakaian ini akan cocok untuk berbagai jenis tema pernikahan, mulai dari pernikahan dengan konsep urban, pernikahan dengan konsep vintage, bahkan hingga pernikahan yang memiliki tema formal.

3. Playsuit atau short dress untuk si ceria

wm_article_img
Foto: Two Sunflowers

Jenis pakaian ini mirip dengan jumpsuit, tapi playsuit memiliki bagian bawah yang lebih pendek. Biasanya playsuit memiliki panjang hanya sampai menutupi bagian paha saja. Selain playsuit, short dress juga akan memberikan kesan ceria yang serupa. 

Untuk membuatnya terlihat semakin playful, kamu juga bisa memilih warna-warna yang lebih ceria atau menggabungkannya dengan aksesori yang lucu, misalnya mahkota atau gelang dari bunga-bunga asli yang berwarna-warni.

Baju pernikahan berpotongan pendek ini akan cocok untuk pernikahan dengan tema pernikahan santai, seperti pernikahan dengan tema piknik atau garden party yang digelar di luar ruangan.

4. Bolero untuk si hangat

wm_article_imgwm_article_img

Foto: Davids Bridal

Selain memberikan kesan yang unik dan berbeda, bolero juga akan memberikan kesan yang hangat bagi si pemakai. Bolero biasanya digunakan sebagai layering. Kamu bisa memadukannya dengan sleeveless dress hingga jumpsuit yang memiliki potongan longgar pada bagian bawahnya.

Selain hangat, kesan yang ditimbulkan dari pakaian ini juga beragam tergantung dari pemilihan bahan dan warna. Kamu bisa memberikan kesan elegan hingga vintage sehingga beberapa pernikahan dengan tema tersebut akan cocok untuk pakaian dengan bolero ini.

5. Two pieces wedding dress untuk si kreatif

wm_article_img
Foto: Lula Bridal

Sesuai dengan namanya, two pieces wedding dress artinya baju pernikahan yang bentuknya sekilas seperti gaun pernikahan, tapi sebenarnya pakaian ini terdiri dari dua potong pakaian. Dua potong ini adalah atasan dan bawahan yang biasanya berbentuk rok atau bisa juga celana.

Baju pernikahan ini memiliki sifat yang lebih fleksibel karena bisa dipadupadankan sesuai dengan tema pernikahan yang ingin ditonjolkan. Pakaian model ini juga akan lebih ringan dan nyaman daripada gaun tradisional yang biasanya memiliki ukuran lebih besar.

Berkat sifatnya yang lebih fleksibel, two pieces wedding dress ini akan cocok untuk banyak tema pernikahan. Kamu bisa mengenakannya untuk tema pernikahan bohemian, pernikahan luar ruangan yang kasual, hingga destination wedding.

6. Coat dress untuk si praktis

wm_article_img
Gaun pengantin: Hian Tjen

Jika bosan dengan gaun pernikahan yang bentuknya begitu-begitu saja, kamu juga bisa melakukan modifikasi dengan mengenakan gaun yang berbentuk coat. Berbeda dari coat biasanya, kamu bisa membuat coat ini memiliki panjang hingga sampai mata kaki layaknya gaun pernikahan biasanya. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan bentuknya, misalnya memilih bentuk A-line untuk memberikan kesan yang ramping. Kamu juga bisa membuatnya terbuka dan memadukannya dengan bawahan celana.

Selain memiliki bentuk yang unik dan cantik, coat dress juga praktis dan cocok untuk pernikahan yang digelar di tempat yang memiliki udara dingin seperti pegunungan karena bentuknya yang memiliki lengan panjang dan biasanya terbuat dari kain yang lebih tebal.

Baju pernikahan ini cocok untuk pernikahan yang memiliki tema vintage, musim dingin, pernikahan klasik dengan nuansa yang lebih modern, hingga pernikahan formal yang dilangsungkan dalam ruangan.

7. Dress pendek asimetris yang dipadukan dengan celana untuk si ekstra

wm_article_img
Foto: Larimeloom

Ingin mengenakan dress, tapi juga ingin mengenakan celana sekaligus? Pakaian pernikahan yang satu ini mungkin akan cocok untukmu. Kamu bisa memadukan atasan dalam bentuk mirip dress yang bagian depannya lebih pendek daripada bagian belakang. Kemudian memadukannya dengan celana yang fit body untuk membuat tubuhmu tetap terlihat ramping.

Jika ingin membuat pakaian ini tetap chic dan simpel, kamu juga bisa memilih bagian atasan sleeveless. Pilih warna putih untuk tetap memberikan kesan yang formal dan elegan untuk pakaian ini. Pakaian ini akan cocok untuk pernikahan yang bertema urban atau intimate karena sifatnya yang eksperimental.

8. Kebaya modern untuk si kalem

wm_article_img
Kebaya pengantin: Dinda Firdausa Atelier

Kini, ada banyak sekali model kebaya yang bisa dikenakan untuk berbagai acara, termasuk acara pernikahan. Selain kebaya tradisional yang terdiri dari atasan yang berbentuk kutubaru atau memiliki kancing panjang, kini ada juga kebaya modern yang memiliki lebih banyak modifikasi. Bahkan, ada yang membuatnya berbentuk seperti gaun pernikahan yang panjang.

Yang menjadi nilai plus dari kebaya ini adalah pilihan warna yang tidak harus selalu putih. Kamu bisa menyelesaikannya dengan color palette pernikahan yang sudah ditentukan sebelumnya. Pun, kebaya modern akan cocok untuk pernikahan dengan tema tradisional maupun modern atau perpaduan antara keduanya.

Beberapa referensi baju pernikahan selain gaun tradisional tersebut bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kepribadian yang kamu miliki serta tema pernikahan yang digelar. Kamu juga bisa menyesuaikan warna dan bahan yang digunakan untuk membuatnya tetap nyaman dikenakan dan cocok dengan suasana pernikahan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...