Your Smart Wedding Platform

Dear Groom-To-Be, Ini Dia 8 Inspirasi Model Jas Pengantin Pria yang Kekinian Banget!

21 Feb 2024 | By Nurul Fatimah Wedding Market | 340
Tuksedo oleh Wong Hang Tailor

Pernikahan merupakan salah satu langkah penting yang ingin dilalui oleh sebagian besar orang. Pada fase tersebut orang-orang memutuskan untuk hidup bersama dengan pasangannya dan ingin membangun keluarga yang harmonis. Dengan begitu besarnya arti pernikahan, maka tidak heran jika orang-orang mempersiapkannya sebaik mungkin, termasuk ingin tampil menawan di pesta pernikahan.

Salah satu cara tampil menawan di pesta pernikahan adalah dengan menggunakan pakaian terbaik di acara tersebut. Untuk mempelai perempuan biasanya menggunakan gaun pengantin, sedangkan untuk mempelai laki-laki menggunakan jas. Khusus untuk mempelai laki-laki, walaupun jas yang digunakan terlihat simpel dan modelnya sama, namun ternyata terdapat banyak model jas yang cocok digunakan di pesta pernikahan.

Jika kamu sedang mencari jas pengantin pria yang cocok dan dapat memberikan tampilan menawan di pesta pernikahan, simak informasinya berikut ini!

1. Single Breasted

Suit: Henri Winata Bespoke Menswear

Rekomendasi jas pengantin pria yang pertama adalah jas yang sering disebut dengan single breasted. Jas satu ini memiliki ciri khas yaitu kancing yang berada di tengah. Untuk jumlah kancing di setiap jas tipe ini dapat berbeda-beda namun yang lebih sering adalah satu dan tiga kancing dimana orang-orang lebih sering menggunakan satu kancing saja untuk mengancing jasnya.

Untuk menciptakan kesan yang lebih menawan, sebelum menggunakan jas, pengantin pria dapat menggunakan rompi warna abu-abu terlebih dahulu, setelah itu dapat dibalut dengan jas single breasted. Dengan begitu, aura kematangan dari pengantin pria lebih terpancar. 

2. Double Breasted

Suit: SAS Design

Inspirasi jas selanjutnya adalah double breasted. Jika model jas sebelumnya mempunyai lajur kancing berada di tengah saja, maka untuk jas satu ini mempunyai dua lajur kancing yang membuat double breasted dapat digunakan di acara formal maupun semi formal.

Untuk jumlah kancing, jas ini memiliki jumlah kancing sama dengan sebelumnya yaitu satu hingga tiga kancing. Hanya saja, yang membedakan kedua jas tersebut terletak pada tambahan aksesorisnya, jika sebelumnya cocok dipadu padankan dengan rompi, sedangkan untuk double breasted lebih cocok untuk menambahkan dasi kupu-kupu sebagai aksesori. Dengan begitu, tampilan pengantin pria tidak hanya terlihat formal namun juga menarik.

3. Tuxedo

Tuxedo: Wong Hang Tailor

Jika dibandingkan dengan model jas sebelumnya, tuxedo lebih familiar didengar oleh orang-orang. Hal ini tidak lepas dari banyaknya laki-laki yang menggunakan tuxedo di acara-acara formal seperti pernikahan.

Tuxedo mempunyai ciri khas yang membedakan dengan model yang lain yaitu kain satin yang digunakan di bagian kerah jas. Hal ini membuat tuxedo mempunyai daya tarik yang khas ketika digunakan. Selain itu, tuxedo juga dapat dikombinasikan bersama rompi, dan dasi dengan berbagai desain

4. American Style

Suit: Jonathan Wongso | Wong Hang Tailor

Jika kamu lebih menyukai jas yang longgar dan tidak terlalu ketat di badan, kamu dapat mencoba jas model American style. Berbeda dengan model jas lain yang mempunyai desain ketat dan cenderung membentuk badan, American style justru didesain dengan potongan lurus dengan lingkar pinggang yang berukuran sedang.

Suit: Wong Hang Tailor

Tujuan dibuatnya gaya tersebut adalah agar penggunanya lebih nyaman dan tidak menghambat gerakan pemakainya. Di luar dari masalah ukuran, dari segi desain tidak berbeda dengan jas model lain yang mempunyai satu lajur kancing dan dilengkapi dua saku di bagian kiri dan kanan. Untuk membuat tampilan lebih menarik, kamu dapat memadu padankan American style dengan rompi dan dasi four in hand yang polos. Dengan perpaduan tersebut aura wibawa pengantin pria bertambah berkali-kali lipat.

5. Velvet Tuxedo

Foto Jennis and Warmann

Bagi calon pengantin yang ingin tampil beda dan berkilau, dapat menggunakan velvet tuxedo. Sesuai namanya, jas satu ini memang terbuat dari bahan velvet yang bersinar ketika ditimpa cahaya. Oleh karena itu, velvet tuxedo cocok digunakan untuk pengantin pria yang menginginkan atensi orang-orang tertuju padanya.

Dalam penggunaanya, velvet tuxedo ini cocok digunakan untuk acara formal yang diselenggarakan di dalam ruangan seperti di ballroom hotel yang diterangi oleh cahaya lampu. Dengan cahaya tersebut, tentunya velvet tuxedo akan lebih tersorot dan kemilaunya akan lebih terlihat di mata orang-orang. Dengan begitu, aura ketampanan pengantin pria dapat lebih terpancar dan juga meningkatkan rasa percaya diri di hari pernikahannya.

6. British Style

Foto via Bali Chemistry Wedding

Sesuai dengan namanya, jas satu ini memang berasal dari Inggris. Lebih tepatnya sering digunakan oleh bangsawan Inggris pada abad ke-19. Secara desain, british style mempunyai desain yang hampir sama dengan jas lain. Hanya saja yang membedakannya adalah jalur kancing pada jas satu ini cenderung lebih rendah daripada jas lain sehingga ketika kamu menggunakan kemeja, kemeja tersebut lebih terekspos. Selain itu, kancing yang dimiliki british style juga ada di sekitar satu hingga tiga kancing.

Sayangnya, untuk jas satu ini memiliki bahan yang lebih berat dari jas lain sehingga ketika digunakan lebih terasa kaku. Namun jika kamu menyukai jas dengan desain klasik dan sederhana, maka british style sangat cocok untuk digunakan.

7. Summer Suits

Foto: Proper Cloth

Rekomendasi jas pengantin yang selanjutnya adalah summer suits. Sesuai dengan namanya, jas ini memang mengusung tema musim panas sehingga tidak heran jika warna yang digunakan adalah warna-warna cerah khas musim panas. Selain itu, ciri khas summer suit juga terletak pada bahannya yang tipis sehingga ketika digunakan pada musim panas tidak membuat gerah penggunanya.

Warna-warna yang sering digunakan untuk summer suit adalah biru muda, merah, abu-abu dan oranye. Summer suits tentunya sangat cocok digunakan untuk pengantin yang mengadakan pernikahan outdoor. Dengan bahan yang tipis membuat pengantin nyaman untuk menggunakan dan tidak merasa panas.

8. Mandarin Suits

Foto via Fayette Wedding

Mandarin suits adalah tipe jas yang mempunyai desain berbeda dari yang lain. Hal ini tidak lepas dari desain mandarin suits terinspirasi dari pakaian khas Tiongkok. Jika desain jas yang lain mempunyai bentuk kerah berbentuk V yang turun dan tidak menutup dada, maka mandarin suits mempunyai desain yang sebaliknya.

Kerah yang dimiliki pada jas satu ini berbentuk melingkar yang cenderung menutup dada. Untuk kancing, pada jas  ini memiliki jalur kancing di tengah yang terdiri dari 4 kancing utama. Selain itu, pada mandarin suits dilengkapi dengan lapisan furing di dalamnya sehingga jas tersebut cocok digunakan untuk pernikahan indoor maupun outdoor.

Itulah delapan inspirasi jas pengantin pria yang dapat digunakan di pesta pernikahan. Jika masih bingung untuk memilih tipe jas mana yang ingin digunakan, kamu dapat menentukan dulu tema dan tempat pesta pernikahan yang akan diadakan. Jika sudah menentukan tema dan tempat pernikahan, maka akan lebih mudah memilih desain jas. Misalnya kamu ingin mengadakan pesta pernikahan outdoor, maka tipe jas yang paling cocok digunakan adalah summer suits. Selain warnanya yang cerah, bahannya yang tipis juga tidak membuat gerah ketika digunakan. Demikianlah semoga ulasan ini bermanfaat!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru