Your Smart Wedding Platform

Menikah Itu Gak Harus Mahal! Ini Dia 8 List Persiapan Pernikahan Sederhana

16 Feb 2024 | By Nurul Fatimah Wedding Market | 253
Fotografer: Andine (andinlst)

Pernikahan adalah salah satu momen bahagia yang diidam-idamkan oleh sebagian besar orang. Pada momen tersebut mereka resmi melepaskan masa lajang dan berjanji untuk setia bersama pasangan hingga maut memisahkan. Dengan besarnya makna dan arti dari pernikahan, maka sudah seharusnya untuk dipersiapkan sebaik mungkin mau itu pernikahan sederhana ataupun yang mewah.

Apabila anggaranmu terbatas, tidak masalah jika pesta pernikahan diadakan secara sederhana. Namun, dalam hal persiapannya sebaiknya hal-hal yang esensial tidak boleh dilewatkan sedikit pun. Tak jauh berbeda, dalam mempersiapkan pernikahan sederhana pun ada banyak hal yang harus kamu siapkan seperti berkas pernikahan, gedung, make up, hingga busana pengantin. Untuk lebih jelas tentang apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan, simak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Mulai dari Mempersiapkan Dana

Foto via weddingvenues-adelaide

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah dana pernikahan. Hal ini tentunya sangat wajar mengingat dalam melangsungkan pernikahan membutuhkan budget yang tidak sedikit untuk melengkapi berbagai elemen. 

Ketika menentukan besaran dana pernikahan, kamu dapat berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan. Hal ini penting untuk didiskusikan karena sebagian besar biaya pernikahan akan ditanggung oleh kalian berdua. Walaupun jika ke depannya, keluarga akan membantu dengan memberikan dana tertentu namun bagian pengeluaran yang paling besar ada di tangan pasangan. Oleh karena itu, diantara kamu dan pasangan harus saling menyadari dengan kesanggupan dana yang dimiliki. 

Jika kamu dan pasangan memiliki dana terbatas, maka tidak masalah untuk mengadakan pernikahan secara sederhana, karena pada hakikatnya yang terpenting dari pernikahan adalah menyatunya dua insan yang saling mencintai baik secara agama maupun negara.

2. Mahar dan Hantaran Sederhana

Foto: Seserahan Story

Setelah mempersiapkan dana pernikahan, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan mahar pernikahan. Definisi mahar sendiri adalah harta yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada keluarga pengantin perempuan ketika dilangsungkan pernikahan. Bentuk mahar dapat beragam, namun umumnya pihak laki-laki dapat memberikan seperangkat alat sholat, uang, dan emas.

Dalam menentukan mahar yang akan diberikan, keluarga laki-laki dan perempuan dapat melakukan pertemuan dan melakukan diskusi. Tentunya dalam diskusi tersebut, kedua pihak harus mempertimbangkan kesanggupan dana yang dimiliki dan tidak memberatkan salah satu pihak.

Selain mahar, ada kebutuhan lain yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan hantaran. Dalam hal ini, secara umum hantaran akan dipersiapkan oleh pihak laki-laki yang akan diberikan kepada pengantin wanita.

Hantaran biasanya berisi perlengkapan pribadi yang dibutuhkan oleh pengantin wanita. Contohnya saja seperti make up, pakaian, sepatu, seperangkat alat sholat hingga perlengkapan mandi. Namun perlengkapan tersebut hanya gambaran besar isi hantaran pada umumnya. Tentunya untuk memberikan isi hantaran yang lebih akurat, calon mempelai laki-laki dapat bertanya terlebih dahulu kepada pasangannya tentang kebutuhan apa saja yang ingin diberikan sebagai isi hantaran agar hal tersebut dapat bermanfaat ke depannya. 

3. Persiapan  Berkas dan Biaya KUA


Kebutuhan selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah menyiapkan berkas dan biaya menikah di KUA. Hal satu ini perlu kamu lakukan agar pernikahanmu dapat tercatat secara agama dan negara. Dalam mempersiapkan berkas, kamu dapat mencari tahu persyaratan yang diperlukan di internet ataupun langsung datang ke KUA, namun biasanya berkas yang harus dilampirkan seperti fotocopy KTP, akta kelahiran, ijazah terakhir, surat izin orang tua dan lain-lain.

Selain berkas, kamu juga perlu menyiapkan dana. Kebutuhan dana di sini digunakan untuk membayar dalam proses pengumpulan berkas seperti mencetak ataupun fotocopy. Selain itu, jika kamu mengadakan pernikahan di Sabtu-Minggu dan tidak di kantor KUA, maka akan dikenakan biaya sesuai ketentuan yang berlaku. 

4. Cincin Kawin

Cincin kawin: V&Co Jewellery

Dalam pernikahan, tentunya menyiapkan cincin kawin untuk kedua calon mempelai menjadi hal penting. Pasalnya cincin kawin menjadi simbol terikatnya seseorang dengan pasangan dalam sebuah pernikahan. Cincin kawin sendiri mempunyai banyak desain dengan bahan baku yang berbeda-beda, namun yang paling terkenal adalah cincin kawin yang terbuat dari bahan emas. 

Seiring berkembangnya waktu, cincin kawin mengalami perkembangan tidak hanya dari segi desain tetapi juga dari sisi bahan baku. Jika sebelumnya cincin kawin banyak terbuat dari emas, saat ini ada banyak cincin yang terbuat dari bahan lain seperti perak, platinum, hingga palladium. Untuk dari segi harga, cincin yang terbuat dari perak ataupun platinum mempunyai harga yang lebih terjangkau dari cincin emas. Meskipun begitu, dari segi desain cincin kawin perak maupun platinum tidak dapat dianggap remeh karena banyak desain cincin menarik yang terbuat dari kedua bahan tersebut. 

Jika tertarik menggunakan cincin kawin berbahan selain emas, kamu dapat melakukan riset kecil-kecilan terkait kekurangan dan kekurangan cincin perak ataupun platinum sehingga ketika sudah memantapkan pilihan tidak akan menyesal. 

5. Busana Pengantin

Busana Pengantin: Sista Wedding

Pesta pernikahan adalah hari di mana kedua pengantin ingin tampil mempesona di hari bahagianya. Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut, kamu ingin menggunakan busana terbaik di hari pernikahan. Hanya saja untuk membuat baju atau gaun pernikahan sendiri membutuhkan biaya tergolong besar apalagi jika kamu menginginkan gaun pernikahan dengan desain unik, sudah dapat dipastikan biayanya akan semakin membengkak. 

Untuk menyiasati hal tersebut, daripada membeli, kamu dapat menyewa di tempat yang khusus menyewakan busana pernikahan. Biasanya di tempat tersebut, gaun pernikahan dengan berbagai desain dan biaya tersedia di sana. Kamu dapat memilih gaun sesuai dengan desain yang diinginkan. Dengan begitu, kamu tetap dapat menggunakan model gaun pernikahan sesuai keinginan dan tentunya dapat menghemat budget.

6. Dekorasi Pernikahan

Foto: Ami Dekorasi

Dekorasi pernikahan adalah sebuah usaha menghias sebuah gedung atau rumah yang digunakan sebagai tempat pernikahan yang membuat tempat tersebut memiliki suasana seperti pesta pernikahan. Pada umumnya, dekorasi pernikahan dilakukan dari pintu masuk ke tempat pelaminan. 

Dekorasi pernikahan sendiri ada banyak jenis dan desain yang tersedia, namun yang paling umum digunakan adalah desain kombinasi warna putih dan emas yang digunakan sebagai dekorasi pernikahan. Penyebab dari desain tersebut sering digunakan adalah karena kombinasi warna putih dan emas dapat diaplikasikan di semua tempat dan budget, sehingga sekalipun budget terbatas, kamu tetap dapat menggunakan dua kombinasi warna tersebut untuk menampilkan sebuah pernikahan yang mewah, elegan namun tetap sederhana.

7. Undangan Pernikahan

Undangan: Papeworks Wedding Invitation

List persiapan pernikahan yang selanjutnya adalah menyiapkan undangan. Dalam hal ini undangan berfungsi untuk mengundang orang-orang terdekat secara formal untuk datang ke pesta pernikahan. 

Zaman sekarang undangan pernikahan tidak hanya berbentuk fisik, namun juga ada yang berbentuk digital. Tentunya desain dan bentuk undangan digital tidak kalah unik dan menarik dari undangan fisik. Hanya yang membedakan adalah undangan digital dapat disebarluaskan melalui dunia maya sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengirim undangan fisik melalui post ke orang-orang yang jauh.

Jika bingung dalam menentukan bentuk undangan yang ingin dipakai, kamu dapat menggunakan undangan fisik maupun digital. Misalnya, undangan fisik dapat kamu gunakan untuk mengundang orang-orang lebih tua dan tidak familiar dengan undangan digital, sedangkan untuk orang yang lebih muda dapat dikirimkan undangan digital.

8. Makanan dan Hidangan Pernikahan

Foto: Masterpiece Catering
Hidangan pernikahan sederhana bisa menjadi pilihan yang baik untuk acara yang lebih intim atau dengan anggaran terbatas. Kamu dan pasangan bisa masih menghadirkan variasi menu masakan sederhana namun bercita rasa lezat untuk dihidangkan dalam prasmanan pernikahanmu.

Menghemat biaya catering pernikahan bisa menjadi tantangan, tetapi dengan beberapa strategi bijak, kamu dapat merencanakannya tanpa mengorbankan kualitas atau kepuasan tamu. Pilihlah menu-menu yang banyak disukai dan hindari memilih masakan tertentu yang kurang familiar dengan lidah orang Indonesia.

Selain itu, pastikan untuk menyajikan hidangan dengan presentasi yang indah, meskipun sederhana. Penataan meja yang rapi dan sentuhan dekorasi dapat membuat hidangan terlihat lebih istimewa. Jangan lupa untuk berkomunikasi dengan penyedia makanan atau vendor catering untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan anggaran dan selera kamu.

Itulah 8 list persiapan pernikahan sederhana yang dapat kamu lengkapi. Tentunya list tersebut hanya sebagian kecil dari detail-detail persiapan pernikahan lainnya yang begitu banyak, tetapi merupakan hal-hal yang paling esensial untuk dilengkapi. Untuk menghindari terlewatkannya satu dua hal, kamu dapat menuliskan dulu semua daftar kebutuhan pernikahan tersebut.

Sementara itu, untuk melengkapi kebutuhan tersebut tidak perlu langsung dilaksanakan sekaligus. Kamu dapat menyicil satu dua kebutuhan dari jauh-jauh hari, jika sudah terlaksana, kebutuhan tersebut dapat dicoret dari list dan melanjutkan menyiapkan kebutuhan berikutnya. Dengan begitu, kamu dan pasangan dapat mengontrol kebutuhan apa saja yang sudah disiapkan dan kebutuhan apa yang belum. Happy wedding, dears!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru