Your Smart Wedding Platform

8 Spot Foto Prewedding Outdoor di Bandung, Aesthetic nan Romantis

20 Mar 2023 | By Dyar Ayu | Editor Ade Mutia Wedding Market | 5001
Fotografi: Dibatas Senja Photo

Bandung terkenal dengan suasananya yang sejuk, lengkap dengan kuliner serba aci yang lezat. Selain itu, kota berjuluk The Paris Van Java ini juga punya banyak tempat wisata alam yang indah, loh, sehingga sering dijadikan tempat prewedding

Tempat wisata di Bandung memang identik di perbukitan, tapi yang di perkotaan pun tak kalah memukau. Well, karena beragamnya pilihan, kamu yang berminat buat foto prewedding di kota tersebut makin punya banyak referensi nih baik soal tema sampai pilihan outfit

Mau yang bertema fairy tale? Bisa! Atau ingin ala-ala foto prewedding Korea yang simple tapi estetik? Bisa banget! Berikut rekomendasi lokasi prewedding outdoor di Bandung yang telah disusun tim WeddingMarket. Dijamin hasilnya bikin puas!

1. Situ Patenggang

Fotografi: Arkamaya

Sudah pernah main ke Situ Patenggang? Kalau belum, Situ Patenggang adalah wisata danau di Bandung, tepatnya di Ciwidey. Lokasinya ada di dataran tinggi dan dikelilingi kebun teh yang asri. 

Foto via instagram/wisatasitupatenggang

Biasanya, pasangan yang mengadakan foto prewedding di Situ Patenggang akan mengenakan gaun panjang untuk calon mempelai wanita dan jas serta kemeja rapi, bagi calon mempelai lelaki. Namun kalau ingin berbeda, kamu bisa bergaya kasual yang tak kalah cocoknya. Biaya prewedding di Situ Patenggang berkisar Rp500-Rp750 ribu untuk satu rombongan. Jangan lupa izin lebih dahulu juga supaya momen istimewamu berjalan lancar.

2. Kawah Putih

Fotografi: Vilvia Photography

Kawah Putih yang masih berlokasi di kawasan Ciwidey termasuk dalam lokasi prewedding terkenal di Bandung. Tak banyak kota punya tempat wisata berupa kawah, sehingga sering kali pasangan dari luar kota pun kemari demi mendapatkan hasil foto seperti di luar negeri.

Fotografi: Alfa Studios

Kawah Putih ini memiliki suasana bagai di negeri dongeng. Kawah dengan gradasi putih dan hijau itu makin terlihat indah dengan lanskap berupa perbukitan yang sering kali, dijadikan spot menyaksikan matahari terbit oleh wisatawan. 

Sayangnya, untuk melakukan sesi foto prewedding di sana tak bisa sekadar bayar seharga tiket masuk saja. Biaya untuk prewedding dipatok kurang lebih Rp500 ribu.

3. Jalan Braga

Fotografi: Roy Wicaksono

Siapa bilang kalau tak ada lokasi foto prewedding gratis di Bandung? Ada dong, salah satunya adalah ikon wisata Bandung sendiri, yakni Jalan Braga. 

Di sepanjang jalan ini banyak bangunan dan kafe yang masih mempertahankan bangunan lama kolonial sehingga sangat cocok buat prewedding bertema vintage. Apalagi mengingat definisi prewedding artinya tak melulu harus fancy. Kini telah banyak pasangan membuktikan kalau foto di pinggir jalan pun sama cantiknya. 

Fotografi: Danu Adiyansah | visualkita.pictures

Selain mengusung tema prewedding vintage, tema tradisional dengan pakaian dari daerah tertentu seperti kebaya untuk perempuan dan Jawa jankep untuk laki-laki boleh dijajal, loh, terutama jika kamu memiliki darah Jawa. Kemudian, daripada pakai pantofel dan high heels, kamu juga pasangan akan semakin kekinian jika dipadukan dengan pemakaian sneakers warna senada.

4. Ranca Upas

Fotografi: Potret D-Hidayat

Rekomendasi tempat prewedding di Bandung yang tak kalah menarik adalah Ranca Upas. Ranca Upas merupakan wisata berupa bumi perkemahan sekaligus kawasan konservasi. 

Fotografi: KianPhotomorphosis

Punya banyak daya tarik, Ranca Upas sangat cocok jadi lokasi foto pasangan bertema alam. Terlebih di sana terdapat rusa yang ramah sehingga bisa menjadi teman berfoto yang menyenangkan. Kamu dan pasangan tinggal memilih mau pakai outfit kasual yang santai atau mengenakan pakaian safari.

Fotografi: Baangjoe

Tak gratis, untuk bisa prewedding di Ranca Upas kamu dan pasangan harus merogoh kocek sebesar Rp1 juta. Mengutip dari laman ciwideyoutbound.com, biaya tersebut sudah termasuk 4 HTM, 1 unit kendaraan, 1 paket pawang rusa dan pakan rusa, satu orang guide

5. Pine Hill Cibodas

Foto via instagram/pinehillcibodas

Pine Hill Cibodas sedang naik daun sebagai venue pernikahan outdoor di Bandung. Banyak orang tertarik dengan pernikahan bertema rustic yang intimate sehingga membuat hutan pinus yang berlokasi di Cibodas, Lembang, Bandung, tersebut jadi rujukan terfavorit.

Namun selain sebagai tempat pernikahan, Pine Hill Cibodas juga kerap jadi lokasi foto prewedding outdoor. Hutan pinus dengan suasana yang sejuk sangat indah dipadukan dengan tema piknik yang ceria. Tinggal tambahkan properti seperti tikar, keranjang rotan, aneka kue, dan minuman, pasti menghasilkan foto yang estetik.

Fotografi: Vintage Photoworks

Untuk biaya prewedding di Pine Hill Cibodas berkisar Rp500 ribuan saja, kok. Cukup murah 'kan? Meski begitu, pastikan membuat janji dari jauh-jauh hari supaya kebagian tanggal sesuai keinginanmu!

6. Curug Maribaya

Curug Maribaya bisa jadi contoh foto prewedding outdoor yang mengesankan. Curug sendiri dalam bahasa Indonesia artinya air terjun, jadi kamu dan pasangan akan berfoto berlatar air terjun yang eksotis tanpa perlu jauh-jauh ke luar Bandung!

Curug Maribaya sendiri menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Lembang, jadi, tak perlu heran kalau sering jadi lokasi prewedding. Meski ingin hasil foto yang maksimal, jangan lupa buat selalu hati-hati sebab, jalannya sering licin terutama setelah hujan. Pilih outfit yang tak hanya tampak menawan di foto, tapi juga nyaman untuk dikenakan. 

7. Stone Garden

Fotografi: ASpictureco

Di Bandung mungkin tak banyak pilihan untuk foto prewedding di pantai. Namun, di Kota Kembang ini kamu bisa foto dengan latar belakang layaknya di atas awan, loh. Hal ini bisa terjadi jika kamu memilih Stone Garden sebagai lokasinya.

Di Stone Garden kamu akan melihat gagahkan taman yang terdiri dari bebatuan karst raksasa yang bagai disusun rapi. Selain itu, lokasi Stone Garden berada di ketinggian 908 mdpl yang tak hanya membuatmu merasa sejengkal di bawah awan saja, tapi juga bisa menyaksikan pemandangan serba hijau memanjakan mata. 

Fotografi: ASpictureco

Meski lokasinya tak datar dan cenderung terjal, banyak calon pengantin yang mengambil foto dengan gaun panjang sehingga tak jarang malah membuat kesulitan berjalan. Nah saran buatmu, jika ingin berfoto di Stone Garden, sebaiknya ambil konsep simple elegan pun tak masalah. Dengan pemandangan yang sudah bak lukisan, sudah bisa menjadikan fotomu eye catching!

8. Orchid Forest

Foto via instagram/orchidforestcikole

Prewedding dengan konsep ala fairytale tidak pernah kehilangan peminat. Umumnya calon pengantin perempuan yang mengenakan gaun bergaya anggun, sementara pasangannya akan mengenakan turtleneck atau kemeja yang dibalut setelan warna senada dengan gaunnya. Lantas, keduanya akan berpose romantis berlatar pepohonan tinggi, lengkap dengan lampu gantung sebagai hiasannya. 

Kecantikan ini akan kamu dapatkan jika memilih Orchid Forest sebagai tempatnya. Orchid Forest sendiri adalah wisata hutan pinus anggrek di Lembang yang juga sering jadi tempat pernikahan outdoor di Bandung. Tempatnya sangat asri, sejuk, juga jauh dari perkotaan. Inilah mengapa banyak yang menggelar pernikahan di Orchid Forest, terutama mereka yang memiliki wedding dream berupa pernikahan intimate yang kasual. 

Foto via instagram/orchidforestcikole

Bagaimana, sekarang tak bingung lagi ‘kan mencari rekomendasi tempat prewedding di Bandung yang outdoor? Ada yang gratis hingga berbayar jutaan, ada yang di hutan sampai tengah kota, kamu bisa tentukan lokasinya sesuai dengan budget dan tema yang akan dipilih. Jangan lupa juga memilih fotografer prewedding yang sesuai dengan seleramu, sebab, dimana pun lokasinya foto akan semakin aesthetic di tangan fotografer yang tepat!


Foto cover: Dibatas Senja Photo


Artikel Terkait



Artikel Terbaru