Pilih Kategori Artikel

Ini Dia Inspirasi Baju Akad Nikah untuk Penyatuan Janji yang Mempesona
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Untuk melangsungkan sebuah acara akad nikah, tentunya kamu harus menggunakan baju akad yang sesuai. Meskipun bukan menjadi salah satu syarat sah sebuah akad nikah, namun kurang lengkap rasanya jika kamu tidak menggunakan baju khusus untuk prosesi yang satu ini. Sebab, hal tersebut merupakan momen yang tidak akan terulang lagi.

Maka tak heran bila semua hal untuk prosesi ini harus berlangsung dengan sangat mengesankan dan tak terlupakan. Dengan menggunakan baju atau pakaian yang tepat maka acara prosesi akad nikah bisa lebih sakral dan berjalan dengan lancar tanpa terganggu dengan penggunaan busana.

Beberapa orang seringkali merasa tidak nyaman dengan apa yang ia kenakan. Hal ini jangan sampai terjadi untuk acara akad nikahmu nanti. Pakaian yang dipilih harus sesuai dan tentunya memberikan kenyamanan baik bagi mempelai wanita maupun mempelai pria. Jangan lupa untuk pakaian tidak hanya fokus untuk mempelai wanitanya saja.

Baju akad untuk pria juga harus dipikirkan bahkan dikonsep dengan sangat matang. Pastikan pakaian yang digunakan oleh kedua mempelai sangat cocok dan serasi. Tak hanya dari segi model, ukurannya pun sebisa mungkin harus sesuai dan cocok. Bisa menggunakan beberapa inspirasi berikut ini untuk pakaian acara akad nikah.

Kumpulan Baju Akad Nikah yang Mempesona

1. Baju Melayu

wm_article_img
Foto: Flona.co

Penggunaan pakaian pengantin Melayu saat ini sudah cukup banyak digunakan. Meskipun sang pengantin tidak berasal dari adat Melayu mereka juga seringkali menggunakan pakaian dengan tema seperti ini karena terkesan lebih unik. Konsep seperti ini sebagian besar dipilih oleh mereka dan menggerakkan acara pernikahan secara islami atau syar'i.

Sebab biasanya jenis pakaian ini sering digunakan di daerah Malaysia yang mayoritasnya beragama Islam. Sehingga sebagian besar pengguna pakaian adat Melayu ini ialah pengantin yang beragama Islam dengan konsep pernikahan secara syar'i. Pakaian seperti ini bisa dipilih untuk baju akad pernikahan yang akan kami selenggarakan.

Untuk wanita biasanya akan mengenakan dress dengan sedikit mengembang pada bagian pinggang dan juga lutut. Lebih tepatnya untuk bagian lutut menggunakan potongan duyung atau mermaid. Untuk jenis pakaian ini lebih cenderung menggunakan potongan lurus sehingga tidak dibuat terlalu mengembang.

2. Warna Merah

wm_article_img

Foto: myrnamyura on instagram

Jika kamu sempat menyaksikan prosesi akad nikah dari aktris cantik Nikita Willy beserta suaminya maka kamu akan melihat pakaian yang dikenakannya berwarna berbeda dari biasanya. sang aktris beserta suaminya menggunakan pakaian adat Minang dengan warna merah marun. Warna ini cukup jarang dipilih untuk acara akad nikah sebab biasanya akad nikah mengenakan kebaya pengantin putih.

Jika kamu masih bingung pakaian seperti apa yang akan kamu pilih, maka warna merah marun seperti Nikita Willy Ini bisa menjadi pilihan. Untuk modelnya bisa menggunakan potongan kebaya seperti pada umumnya. Namun untuk ukurannya bisa dibuat panjang hingga ke bagian lutut seperti kebaya khas adat Minang ini.

Baju akad seperti ini tetap cantik dan mempesona untuk acara akad nikah. Tidak ada makna yang dihilangkan dengan penggunaan baju berwarna merah ini. Untuk pengantin pria juga bisa mengenakan warna baju yang senada sesuai dengan konsep yang diusung. Jika ingin menggunakan baju adat pun tetap tidak masalah dengan menggunakan warna merah ini.

3. Warna Mocca

wm_article_img
Foto: Nur Liyana on Pinterest

Warna mocca tak harus selalu dipilih untuk acara resepsi saja, sebab pemilihan kebaya akad nikah warna ini juga tetap tidak masalah jika ingin dipilih. Kamu bisa tetap tampil mempesona tanpa menghilangkan kesakralan dari sebuah akad nikah. Pilihlah gaun atau kebaya pengantin coklat mocca yang sesuai baik dengan konsep adat maupun internasional.

Untuk pengantin prianya bisa menggunakan baju akad dengan warna yang senada, sehingga bisa tampil lebih serasi. Jika menggunakan baju adat seperti pada gambar juga tetap tidak masalah karena bisa tetap tampil gagah dengan warna tersebut. Kamu bisa menggunakan riasan yang sedikit lebih bold untuk membuatnya terlihat lebih detail.

Jika kamu ingin menggunakannya pada acara resepsi, maka kamu tinggal mengganti riasan wajahmu saja dengan yang lebih natural. Untuk prianya bisa menggunakan setelan jas yang lebih kasual mengiringi pakaian yang digunakan oleh mempelai wanita. Warna ini tetap membuatmu tampil mempesona pada acara inti tersebut.

4. Gaun Panjang

wm_article_img
Foto: marioginan7ar on Instagram

Kamu bisa memilih gaun akad nikah panjang dengan potongan A line untuk acara akad nikahmu. Baju akad nikah seperti ini tetap bisa menampilkan pesona pengantin yang lebih anggun dan cantik. Kamu bisa menggunakan baju ini untuk acara akad nikah dengan riasan yang bold maupun natural. Keduanya tetap cocok menggunakan baju ini.

Penggunaan hijab yang simple tanpa bunga tetap cocok digunakan pada jenis pakaian seperti ini. Kamu bisa terlihat manglingi dengan style seperti ini tanpa menghilangkan konsep akad yang lebih sakral dan resmi. Jangan lupa gunakan pakaian yang sepadan untuk sang mempelai pria agar lebih serasi.

Kamu bisa memilih jas yang cukup panjang hingga batas lutut seperti pada gambar. Selain lebih nampak syar'i, jas ini mampu mengimbangi penampilan sang mempelai wanita dengan baju akad yang lebih mewah dan bervariasi. Warna putih tetap direkomendasikan untuk setelan seperti ini sehingga nampak lebih cantik dan gagah.

5. Arabian Modern

wm_article_img
Foto: vebbypalwinta on Instagram

Baju akad seperti ini lebih banyak digunakan oleh mempelai yang memiliki keturunan bangsa Arab. Contohnya saja pada pernikahan Veby Palwinta dan Razi Bawazier. Razi merupakan keturunan bangsa Arab, sehingga menggunakan pakaian akad nikah khas bangsa Arab berupa outer longgar dan jubah.

Luaran atau outer yang digunakan biasanya memiliki warna dasar berwarna hitam dengan hiasan berwarna kuning keemasan seperti pada gambar. Kemudian salah satu ciri khas lainnya ialah penggunaan penutup kepala seperti dari sorban yang tidak dibelitkan. Style seperti ini terlebih jika terdapat keturunan Arab antara kedua mempelai.

Sementara itu, untuk mempelai wanita bisa menggunakan pakaian gaun akad nikah panjang yang lebih modern. Keduanya tetap menjadi sebuah perpaduan yang sangat serasi. Untuk mempelai wanita bisa memilih warna putih sehingga lebih netral. Untuk mengimbanginya dengan pria bisa menggunakan jubah beserta penutup kepala dengan warna putih.

Baju akad seperti ini tetap terlihat menarik bahkan lebih terlihat mempesona dengan kesakralan yang lebih terlihat. Hal ini bisa menjadi referensi untuk acara pernikahanmu nanti sehingga akad nikah bisa lebih berkesan dengan pakaian yang lebih serasi. Untuk pakaian seperti ini kamu bisa membuatnya sendiri atau menyewa ke penata busana terpercaya.

Beberapa rekomendasi di atas bisa menjadi referensi untuk pemilihan pakaian akad nikah yang serasi namun tidak menghilangkan konsep utama dari akad nikah itu sendiri. Jangan lupa pastikan konsep acara tersebut juga harus didiskusikan dengan sangat matang.

Hal ini tentunya untuk menjadikan baju akad yang kamu kenakan tidak sia-sia karena didukung oleh konsep acara yang sudah matang. Dengan begitu acara bisa berlangsung dengan kondusif dan sesuai dengan rundown yang sudah ditentukan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...