Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Baju Akad Nikah yang Sederhana Namun Tetap Elegan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Baju akad nikah sederhana menjadi idaman sebagian pasangan karena nyaman dan tidak mengganggu kesakralan dari acara tersebut.  Terlebih dii tengah pandemi seperti ini, tidak sedikit yang akhirnya mengundurkan bahkan membatalkan pesta pernikahan. Di batasi jumlah tamu undangan, pembatasan waktu pelaksanaan, hingga saran penyajian makanan pun menjadi sorotan.

Mungkin beberapa di antara calon pengantin dan keluarga yang sudah merencanakan pesta jauh-jauh hari bahkan sebelum pandemi tiba, akan dikagetkan dengan kejadian tersebut. Dari mulai mengatur ulang jadwal, memindahkan lokasi pernikahan, hingga kembali mengatur jumlah dan tamu yang akan diundang, tak jarang membuat pening kepala.

Namun apa boleh buat, meskipun pandemi tak kunjung reda, pernikahan sepasang kekasih memang tidak bisa dihindari lagi. Dan yang terpenting kini adalah, bagaimana pernikahan bisa berlangsung meski tanpa sebuah pesta.

Jawabannya ada pada sebuah acara akad pernikahan sederhana yang diselenggarakan di rumah. Mengapa tidak, toh, acara ini akan tetap sakral dan justru lebih intim juga khidmat karena tidak terganggu banyaknya tamu.

Tidak hanya itu, acara juga sudah bisa dipastikan lebih hemat dan tidak menguras banyak tenaga. Bahkan kamu pun bisa memilih baju akad yang paling sederhana sekali pun. Tertarik untuk memulainya? Mari kita lihat deretan baju akad nikah sederhana yang bisa kamu gunakan di bawah ini.

1. Gaun atau Baju Kurung

wm_article_img
Foto: Flona.co

Ya, warna putih memang kerap dikaitkan dengan sesuatu yang suci. Begitu juga dengan acara akad pernikahan. Tidak sedikit pengantin yang memilih warna putih sebagai baju pengantinnya. Di sini, kamu bisa melupakan untuk menggunakan kebaya dan kain untuk akad. Pilih saja gaun terusan seperti gambar di atas sebagai baju akadmu.

Meskipun terkesan sederhana, namun kamu akan terlihat nampak cantik dan elegan mengenakan gaun tersebut. Sebagai tambahan aksesori, kamu bisa menambahkan mahkota di kepalamu.

Masih menggunakan warna putih, pilihan lainnya bisa kau jatuhkan pada baju pengantin model baju kurung. Kemudian padukan dengan kain sarung yang berwarna atau corak sama dengan calon pendampingmu.

Untuk bagian kepala sendiri, jika kamu tidak menggunakan hijab, kamu bisa menggulung rambut sehingga terlihat lebih rapi. Pastikan wajahmu pun diberi make up agar terlihat lebih segar dan cantik.

2. Kebaya

wm_article_img
Foto: marlenehariman on Instagram

Pilihan baju akad sederhana berikutnya adalah kebaya. Kamu bisa memilih warna putih di sini. Pilih model kebaya akad nikah yang paling sederhana, dari bahan katun yang nyaman dan menyerap keringat.

Kamu bisa membuat kebaya dengan berbagai model, salah satunya adalah model kutubaru. Untuk model yang satu ini, kamu bisa memadankannya dengan kain atau sarung. Agar terkesan rapi, kamu bisa memilih menggunakan desain yang sama dengan pasanganmu.

Model kebaya lainnya yang juga bisa kamu pilih adalah model klasik yang panjangnya menyentuh betis atau ujung kakimu. Meski baju didesain dengan sederhana, percayalah, kamu akan terlihat sangat cantik menggunakan kebaya ini.

Ingin menggunakan desain yang berbeda, kamu bisa jatuhkan pilihan pada kebaya dengan desain pinguin. Jika ingin lebih praktis lagi, kamu juga bisa menggunakan kebaya dengan potongan lengan pendek.

3. Peplum

wm_article_img
Foto: Ayu Lil'princess on Pinterest

Rekomendasi berikutnya baju akad nikah sederhana bisa kamu pilih baju atasan model peplum seperti ini. Kmau bisa melengkapinya dengan rok model mermaid atau kain lurus.

Pemilihan warna pun bukan hal yang dikhawatirkan. Sebab kamu bisa memilih warna apa saja, asalkan sesuai. Sekadar saran, warna pastel sepertinya memang baik dipilih, hingga lebih menonjolkan kesederhanaanmu.

Untuk riasan wajah pun sebetulnya tidak perlu riasan tebal, namun bukan berarti kamu bisa merias wajahmu sesuka hati. Pastikan riasan dan baju akad nikah serasi agar tetap memperlihatkan kecantikanmu.

4. Maxi Dress

wm_article_img
Foto: layla1991.id on Shopee

Berikutnya adalah maxi dress yang sederhana bisa juga digunakan sebagai baju akad. Kamu bisa memilih gaun dengan model A line pada bagian roknya, sehingga leluasa saat bergerak.

Sementara pada bagian tangan, kamu bisa memilih baju dengan lengan terompet atau lurus. Jika keluarga tidak keberatan, kamu boleh menggunakan maxi dress tanpa lengan.

Bahan tulle dengan sedikit bordiran atau manik-manik juga akan terlihat tetap sederhana. Tidak berlebihan dan pastinya tidak akan memakan banyak biaya. Dengan memilih model seperti ini, kamu akan mewujudkan baju akad nikah simple dan cantik sekaligus.

5. Kaftan

wm_article_img
Foto: opac.gdctral.ac.in

Baju akad sederhana dengan kaftan yang simpel seperti gambat di atas, bisa menjadi pilihan terbaik juga, lo. Beads yang terletak di bagian depan baju, memberikan kesan manis pada penggunanya.

Kamu bisa memilih menggunakan kain atau celana. Yang penting, kamu bisa leluasa ketika duduk maupun berdiri. Untuk melengkapi penampilan, kamu bisa memilih mengguakan sepatu berhak tinggi.

6. Syar’i

wm_article_img

Untuk kamu yang ingin menggunakan baju hijab syari di acara akad nikah juga tidak jadi masalah. Terlebih bila baju ini memang kerap kamu gunakan.

Tidak seperti potongan baju lainnya yang akan melekuk di bagian pinggang, baju longgar mirip kaftan ini, akan membuatmu nyaman ketika menggunakannya.

Jangan lupa untuk memilih baju syari yang cantik. Seperti dengan tambahan bordir atau payet untuk mempermanis, kamu juga memilih bahan yang tidak tembus pandang, agak sedikit tebal namun tetap menyerap keringat. Hal tersebut akan membuatmu tidak kepanasan selama acara akad berlangsung.

Di sini kamu juga bisa menggunakan kerudung lebar dan bisa menggunakan cadarmu. Cadar juga bisa diberi hiasan payet agar terlihat istimewa. Meski wajahmu tertutup pastikan matamu tetap diberikan riasan agar matamu tampak lebih indah.

7. Batik

wm_article_img
Foto: carousell.sg

Rekomendasi terakhir yang bisa kamu pilih untuk baju akad adalah baju yang dibuat dari kain batik. Kain batiknya sendiri bisa dipilih dari tanah kelahiranmu. Seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia juga terdapat berbagai macam jenis batik, yang juga memiliki nilai historisnya masing-masing.

Untuk modelnya sendiri bisa beragam. Dari kain batik, bisa dibuat menjadi kebaya, dress dengan berbagai ukuran dan desain, baju kurung, hingga baju atasan dengan beragam desain.

Sementara untuk pasanganmu, dari batik yang senada, selain baju, juga bisa digunakan sebagai selendang, kain atau diubah menjadi celana.

Setelah menentukan mana yang akan menjadi baju akad nikah sederhana, selanjutnya pilihlah desainer yang akan kamu gunakan. Namun jika beruntung kamu juga bisa mendapatkan baju-baju tersebut di butik-butik langgananmu, sehingga kamu bisa langsung mencobanya tanpa menunggu waktu lama.

Meskipun acara dilangsungkan di rumah, kamu juga bisa meminta keluarga dan pihak terkait untuk tetap menggunakan baju senada atau seragam. Setidaknya suasana akan jadi lebih berbeda dan rapi, terutama ketika pengambilan gambaran.

Jika kamu masih enggan menggunakan rekomendasi di atas dan memilih baju kasual untuk digunakan pun tidak jadi masalah, bahkan ada pengantin lain yang berhasil melakukannya tapi tidak mendapatkan celaan.

Nah, dari sekian gambar rekomendasi baju akad pernikahan sederhana di atas, silahkan kamu pertimbangkan baik-baik. Berikutnya, pastikan kamu memilih yang sesuai dengan postur tubuhmu juga, ya. Jangan segan untuk berkonsultasi dengan orang-orang terdekatmu, setidaknya mereka bisa membantu menentukan baju mana yang paling cantik untukmu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...