Pilih Kategori Artikel

Inilah yang Perlu Kamu Lakukan dalam Memilih Baju Akad Pria
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dalam sebuah acara pernikahan, biasanya kebutuhan pengantin wanita lebih diutamakan daripada pengantin laki-laki. Contohnya dalam pemilihan gaun pengantin yang mana biasanya pengantin wanita lebih berperan penting dalam menentukan jenis pakaian baik untuk dirinya ataupun untuk pengantin laki-laki. Jika kamu ingin baju akad pria sesuai dengan keinginan, kamu bisa menyesuaikannya dengan gaun pengantin yang akan dipakai oleh pengantin wanita.

Secara umum, mayoritas masyarakat khususnya para pemuda lebih suka menggunakan jas dalam acara akad pernikahan yang dimaksud baik jas modern ataupun jas tradisional atau beskap. Selain itu, penggunaan batik sebagai baju untuk acara pernikahan juga tak kalah menariknya.

Namun, dari sekian banyaknya pilihan baju pengantin laki-laki yang biasa digunakan dalam acara akad nikah, terkadang seseorang malah salah dalam memilih baju pengantinnya sendiri. Karena tidak memperhatikan beberapa hal.

Agar kamu tidak mengalami hal yang sama, tentu kamu harus berhati-hati dan teliti dalam menentukan baju akad pernikahan yang akan digunakan nantinya. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang harus kamu lakukan dalam memilih baju pengantin untuk acara akad nikah:

1. Menyesuaikan dengan Konsep Pernikahan

wm_article_img
Foto: Instagram/hijazpictura

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam memilih baju pengantin untuk acara akad nikah yang tepat yaitu memperhatikan konsep yang akan digunakan dan menyesuaikannya dengan baju yang akan dipilih.

Hal ini merupakan sesuatu yang wajib kamu lakukan, karena sangat tidak bagus apabila baju akad pria tidak sesuai dengan konsep acara pernikahanmu. Contohnya, konsep dari pernikahanmu adalah adat Jawa, tetapi kamu memilih menggunakan baju akad nikah pria dengan konsep adat Sunda. Tentu sangat tidak sesuai kali bukan? Selain menyesuaikan dengan konsep pernikahan kamu juga harus menyesuaikannya dengan gaun pengantin dari pengantin wanita.

2. Menyesuaikan dengan Warna Kulit

wm_article_img
Foto: Dok. Stockshoot

Langkah kedua yang harus kamu lakukan yaitu memilih baju atau jas akad nikah pria yang sesuai dengan warna kulit. Jika kamu asal-asalan dalam memilih warna  baju akad pria, tentu akan berpengaruh terhadap penampilanmu sendiri.

Sangat disarankan untuk orang yang memiliki warna kulit fair, agar tidak menggunakan warna-warna cerah seperti kuning ataupun coklat. Sedangkan untuk orang yang memiliki warna kulit cerah atau putih bisa menggunakan jas atau baju akad pernikahan yang berwarna biru.

Kemudian untuk kulit cenderung gelap juga tidak disarankan untuk menggunakan baju akad pernikahan yang berwarna coklat ataupun coklat tua, tetapi lebih disarankan untuk menggunakan warna abu-abu.

Agar kamu tidak salah dalam pemilihan warna ini kamu harus menggunakan jasa dari vendor pembuat gaun pengantin yang paham dengan beberapa variasi warna yang cocok.

3. Memperhatikan Detailnya

wm_article_img
Foto: islam.nu.or.id

Hal yang paling sering dilupakan oleh para calon pengantin yaitu memperhatikan detail detail dari  baju akad pria yang akan digunakan. Tentu jika hal ini diabaikan begitu saja akan sangat merugikan di kemudian hari. Detail dari gaun pengantin yang harus kamu perhatikan mulai dari kerah, lengan bahkan kancing pun juga harus kamu perhatikan.

4. Perhatikan Ukuran

wm_article_img
Foto: Ayu Lil'princess on Pinterest

Dalam memilih baju pengantin untuk pria yang bagus memang ada banyak trik dan tips nya. Hanya saja memperhatikan ukuran merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Sebab meskipun baju tersebut bagus, sesuai dengan warna kulit dengan detail yang juga menarik tetapi jika ukuran gelas tersebut tidak sesuai dengan bentuk tubuhmu maka semua itu percuma.

Sebab ukuran dari baju pengantin laki-laki itu sangat menentukan terhadap penampilanmu. Dalam pemilihan baju akad pria ini jangan sampai terlalu kebesaran atau bahkan terlalu kecil karena tidak enak untuk dipandang dan pastinya baju pengantinnya pun juga tidak nyaman untuk digunakan.

5. Perhatikan Bahan

wm_article_img
Foto: Instagram.com/motretmen

Dalam pembuatan baju akad untuk pria, pastikan menggunakan bahan yang sesuai atau setidaknya bahan tersebut tidak panas ketika digunakan. Sebab pada saat akad nikah, pria cenderung berkeringat. Maka dari itu, pastikan agar baju akad yang akan digunakan oleh pengantin pria tersebut bisa menyerap keringat dengan cepat.

6. Usahakan Baju Tersebut Dibuat Oleh yang Ahli

wm_article_img
Foto: Instagram.com/terragraph.co

Cara memilih baju pengantin pria yang bagus selanjutnya yaitu memastikan baju tersebut harus dibuat oleh orang yang ahli. Sebab jika baju tersebut tidak dibuat oleh orang yang ahli atau profesional, maka hasilnya pun juga tidak akan terlalu bagus.

Biasanya orang yang sudah ahli dalam pembuatan  baju akad pria tersebut bisa dengan mudah menyesuaikan baik bentuk, model ataupun warna dari baju pengantin agar bisa sesuai dan cocok untuk kamu gunakan pada saat acara pernikahan.

Selain itu, biasanya orang yang ahli bisa memberikan beberapa saran agar kamu bisa terlihat lebih menawan dan gagah pada saat acara pernikahan khususnya dalam akad nikah.

Demikianlah beberapa cara dalam memilih baju akad pria yang bagus. Beberapa tips di atas harus kamu lakukan agar pada saat akad nikah kamu tampil lebih menawan dan menarik serta membuat pengantinmu terpesona.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...