Pilih Kategori Artikel

Baju Pengantin Adat Jawa Hijab Modern, tetap Islami dan Syar'i
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Baju pengantin adat Jawa hijab modern adalah solusi tepat bagi kamu para muslimah suku Jawa yang biasa menggunakan hijab syar'i. Kamu tak perlu sedih dan khawatir tentang penampilanmu di hari istimewa nanti, karena berbagai ide kreatif busana dan tata rias pengantin adat Jawa hijab telah berkembang pesat dan menjadi tren baru di kalangan para muslimah Indonesia.

Tren baru baju pengantin adat Jawa hijab modern adalah fenomena yang mulai membudaya di kalangan muslimah di berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari masyarakat awam, pegawai, pengusaha, sosialita, dan para selebritis sudah mulai berhijrah, meninggalkan busana adat baju pengantin yang terbuka dan menampakkan aurat di bagian-bagian tertentu seperti bagian rambut, kepala, leher dan dada.

Buat kamu yang biasa menggunakan baju hijab syar'i yang lebar dan panjang, masih bisa, lho, menggunakan baju pengantin adat Jawa hijab modern yang islami dan syar'i. Desain bajunya lumayan panjang, lebar dan menutup aurat bagian rambut, kepala, leher dan dada.

Disamping itu, baju pengantin adat Jawa hijab modern juga didesain dengan model kebaya yang kental dengan aksen adat Jawa. Namun, dibuat panjang dan lebar sehingga menutupi bagian lekuk-lekuk tubuh yang menggoda seperti bagian pantat dan dada.

Bagaimanakah cara memilih baju pengantin adat Jawa hijab modern yang islami dan syar’i?

wm_article_img
Kebaya pengantin: Griya Aristy

Hal pertama yang harus dipahami adalah ketentuan hukum busana muslimah yang diajarkan dalam syariat Islam yaitu :

  1. Busana muslimah harus menutupi semua aurat perempuan kecuali wajah dan telapak tangan.

  2. Busana muslimah tidak boleh ketat yang dapat membentuk lekukan tubuh sehingga dapat menggoda dan menimbulkan hasrat lelaki yang memandangnya.

  3. Busana muslim dianjurkan berwarna gelap, putih atau warna lain yang soft dan tidak mencolok.

Setelah memahami ketentuan hukum busana muslimah, maka kamu dapat memilih baju pengantin adat Jawa hijab modern. Caranya dengan memadukan busana pengantin adat Jawa dengan menambah beberapa pernak-pernik atau aksesoris yang dapat menutupi bagian-bagian aurat yang terbuka sehingga semua tertutup secara syar'i.

Berikut ini adalah beberapa cara memilih baju pengantin adat Jawa hijab modern yang islami dan syar'i:

wm_article_img
Kebaya pengantin: Beblooms Wedding

  1. Pilihlah baju pengantin adat Jawa yang memiliki nuansa karakteristik Jawaisme yang kuat. Seperti baju pengantin hitam beludru yang di bordir bunga-bunga dan payet warna kuning keemasan dengan kekhasan model baju kebesaran keraton Solo atau keraton Yogya. Bisa juga baju kebaya brokat warna putih atau warna lainnya dengan payet-payet warna perak.

  2. Tentukan model baju adat tersebut dibuat dengan model kebaya modern yang panjang dan lebar hingga ujung kaki, sehingga dapat menutupi bagian pantat yang cenderung menonjol akibat pemakaian kain jarik yang ketat. Pilihlah model baju pengantin yang tidak membentuk lekukan tubuh yang ketat dan menonjol.

  3. Pilihlah warna yang sesuai dengan prosesi yang sedang berlangsung. Misal kamu bisa menggunakan pasangan baju warna putih untuk digunakan saat acara akad nikah. Sedang saat resepsi dan sungkeman, kamu dapat menggunakan pasangan baju pengantin adat Jawa warna hitam, pastel dan warna lainnya.

  4. Pilihlah hijab yang lentur dan lembut untuk menutupi bagian tubuh tertentu yang masih terbuka misal untuk menutupi bagian kepala, rambut, leher dan dada.

  5. Gunakan kaos kaki dan manset tipis yang sewarna dengan kulit untuk menutupi kaki, lengan tangan dan telapak tangan.

  6. Pilihlah beberapa aksesoris untuk memperindah tampilan baju pengantin adat Jawa hijab modern, seperti aksesoris kepala dengan menggunakan mahkota warna emas, dan 7 atau 5 cunduk mentul yang dipasang di atas kepala.

  7. Lengkapilah aksesoris baju pengantin adat Jawa hijab modern dengan rangkaian kembang melati atau kembang goyang yang dipasang di belakang kepala menjuntai panjang hingga ke pinggang.

  8. Tambahkan aksesoris kalung berlapis untuk hiasan jilbab yang menutupi bagian leher dan dada. Aksesoris tambahan berupa rangkaian kembang melati atau kembang goyang dapat membuat penampilan kamu menjadi lebih elegan dan dapat memancarkan aura kecantikan dan keharuman yang sempurna.

Bagaimana jika kamu ingin menggunakan baju pengantin adat Jawa hijab modern dengan menggunakan dress panjang lebar ala Eropa?

wm_article_img
Dress kebaya: Dinda Firdausa

Pemilihan baju dress panjang atau model yang lainnya pada prinsipnya dapat digunakan sebagai baju pengantin adat Jawa hijab modern. Dengan catatan, terpenuhinya persyaratan baju pengantin muslimah yang menutupi aurat perempuan.

Kamu tinggal melengkapi baju dress tersebut dengan hijab muslimah dan beberapa aksesoris tambahan. Pilihlah aksesoris tambahan berupa mahkota, cunduk mentul, dan rangkaian kembang melati atau kembang goyang.

wm_article_img
Kebaya pengantin: Dinda Firdausa

Kamu dapat memadukannya dengan baju pengantin laki-laki model busana adat Jawa  ala baju keraton Solo dan keraton Yogya. Adapun pemilihan warnanya disesuaikan dengan warna baju pengantin perempuan.

Pemilihan tata rias pada pengantin perempuan dan pengantin laki-laki juga sangat penting untuk diperhatikan agar kamu tampil cantik sempurna. Kamu dapat mengaplikasikan tata rias dengan menggunakan paes Jawa ataupun tanpa paes yang merupakan ciri khas tata rias pengantin adat Jawa.

wm_article_img
Kebaya pengantin: Dinda Firdausa

Jika kamu ingin menggunakan sanggul kepala yang biasanya digunakan untuk tempat hiasan cunduk mentul dan hiasan rangkaian kembang melati atau kembang goyang, maka pastikan bahwa sanggul tersebut menggunakan aksesoris dan bukan rambut asli. Agar tidak ada kekhawatiran rambut kamu terlihat yang dapat mengakibatkan tampaknya bagian aurat rambut sehingga tidak sesuai dengan ajaran syariat agama Islam.

Bagaimana mengatur budget agar kamu dapat memiliki baju pengantin adat Jawa hijab modern yang bisa disimpan sebagai kenangan baju pengantinmu?

wm_article_img
Kebaya: Dinda Firdausa

Kamu dapat membuat budget untuk baju pengantin adat Jawa hijab modern tergantung dari keadaan cashflow. Kamu bisa menyewanya, membeli baju pengantin yang sudah jadi dengan menyesuaikan ukurannya, atau membuat baju pengantin dengan desain seperti yang kamu inginkan.

Tentu Saja masing-masing budget-nya berbeda-beda. Menyewa baju pengantin tentu budget-nya lebih murah daripada membeli baju pengantin yang sudah jadi. Dan, membuat atau menjahit baju pengantin dengan desain tertentu seperti yang kamu inginkan tentu budget-nya lebih mahal. Kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

wm_article_img
Foto via Deliafara

Saat ini sudah banyak vendor yang menyediakan baju pengantin adat Jawa hijab modern yang disewakan atau dijual. Kamu pun dapat membelinya dengan harga yang sesuai budget. Murah atau mahalnya tergantung dari jenis bahan yang digunakan, jenis aksesorisnya, dan desain bajunya.

Semakin sulit tingkat pembuatannya maka semakin mahal harganya. Begitu juga jika kamu ingin membuat baju pengantin adat Jawa hijab modern dengan cara membuat atau menjahitkannya, maka kamu dapat mendatangi para desainer yang melayani pembuatan baju pengantin tersebut.

Pada saat kamu ingin membuat atau menjahit baju pengantin adat Jawa hijab modern, maka harus benar-benar memastikan bahwa desain yang dipesan sudah sesuai dengan syariat agama. Sehingga kamu bisa tampil cantik sempurna menggunakan baju pengantin adat Jawa hijab modern yang tetap islami dan syar'i.

Berbagai pilihan kebaya dan gaun pengantin dari vendor busana pengantin di WeddingMarket juga bisa menjadi opsi terbaik buat kamu. Selamat memilih, dears!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...