Ragam Pilihan Baju Pengantin Adat Sunda untuk Hari Istimewa

04 Jan 2021 | By Septina Muslimah WeddingMarket | Viewers: 444
Ragam Pilihan Baju Pengantin Adat Sunda untuk Hari Istimewa
Foto: officialnuke from Instagram

Menyelenggarakan pernikahan dengan adat istiadat adalah salah satu cara untuk membuat hari pernikahan kamu akan lebih berkesan dengan adanya serangkaian acara yang harus dilakukan. Baju pengantin yang kamu pakai juga harus disesuaikan dengan adat yang dipilih. Jika akan memilih menggunakan adat Sunda, berikut ragam pilihan baju pengantin adat Sunda untuk hari istimewa kamu.

Kebaya pengantin adat Sunda terinspirasi dari busana putri kerajaan Sunda zaman dahulu, meskipun kini sudah banyak modifikasi agar terlihat modern, namun kebaya pada umumnya terbuat dari brokat dengan warna terang seperti putih, krem atau kuning.

6 Model Baju Pengantin Adat Sunda yang Direkomendasikan

6 Model Baju Pengantin Adat Sunda yang Direkomendasikan
Foto: widya_dlestari from Instagram

Kebaya adat Sunda memiliki bentuk seperti kebaya brokat dengan panjang mencapai kaki yang akan dipadukan dengan kain batik khas Jawa Barat berikut pilihan baju pengantin adat Sunda yang bisa kamu pilih:

1. Kebaya Putih Panjang

6 Model Baju Pengantin Adat Sunda yang Direkomendasikan
Foto: mayalembayung_boutique from Instagram

Kebaya putih panjang biasanya digunakan saat akad nikah berlangsung untuk melambangkan kesucian pada momen sakral tersebut. Baju kebaya ini merupakan busana yang melekat pada adat sunda.
Kebaya yang kamu pilih bisa kebaya panjang dilengkapi dengan ekor yang dihiasi dengan mutiara.agar terlihat lebih istimewa dan menampilkan kesan mewah,

2. Gaun Berpayet Warna Rose Gold

Model Baju Pengantin Adat Sunda Berhijab  yang Direkomendasikan

Foto: mayalembayung_boutique from Instagram

Jika kamu tidak ingin memakai gaun berwarna putih, bisa memakai  baju pengantin muslimah berwarna lain seperti warna rose gold yang akan membuat tampak lebih modern. Kamu dapat memilih gaun minimalis namun dilengkapi dengan payet detail dan menyebar di seluruh bagian gaun agar menambah kesan elegan.
Untuk gaun yang dipakai kamu bisa menambahkan ekor dengan warna senada sebagai variasi. Selain itu kamu bisa padukan dengan siger berwarna gold bronze. Jika ingin memakai riasan pada tangan sebaiknya gunakan warna coklat kemerahan agar lebih gelap dan penampilan kamu akan semakin segar.

3. Gaun Berwarna Coklat untuk Kesan yang Menyatu dengan Alam

6 Model Baju Pengantin Adat Sunda yang Direkomendasikan

Foto: berkatkebaya from Instagram

Jika kamu mengusung dekorasi pernikahan dengan garden party, bisa memilih baju pengantin adat Sunda berwana coklat agar lebih serasi. Sebaiknya kamu memilih warna coklat yang lebih mudah agar terlihat lebih cerah. Gaun yang bisa kamu pilih dapat berupa gaun kebaya panjang yang membentuk ekor.

Agar tampilan kamu terlihat tidak biasa, kamu bisa menambahkan payet yang detail dan rapi pada kebaya. Untuk bawahannya bisa memakai kain batik dengan motif sederhana berwarna coklat atau meneruskan kebaya hingga berbentuk seperti dress. Tampilan terakhir agar lebih sempurna, kenakan siger senada dengan gaun.

4. Gaun Berwarna Biru Tua

6 Model Baju Pengantin Adat Sunda yang Direkomendasikan
Foto: infokece.online

Saat kamu memilih gaun pengantin di tempat sewa baju, mungkin kamu akan menemukan gaun berwarna gold seperti biru tua, gaun berwarna ini akan sangat bagus untuk dipakai di pelaminan nanti.
Agar penampilan kamu tidak terkesan monoton, bisa menambahkan payet dan akan lebih bagus lagi jika ada mutiara yang menyebar pada seluruh gaun.

5. Gaun Beludru Hitam dengan Kombinasi Emas

6 Model Baju Pengantin Adat Sunda yang Direkomendasikan
Foto: taldebrooklyn.com

Jika kamu ingin tampil lebih beda, bisa mengenakan baju pengantin adat Sunda dengan kebaya yang dibuat dari bahan beludru hitam dikombinasikan dengan bordiran serta detail motif berwarna emas. Untuk melengkapi penampilan, kamu dapat memilih bros besar berwarna emas yang akan dipakai di dada.

Untuk menyempurnakan tampilan, kombinasikan dengan makeup bold, dan kenakan siger berwarna emas yang senada dengan bordiran pada gaunnya. Untuk kembang goyangnya dapat memakai yang berwarna silver.

6. Kebaya dengan Aksen Bergelombang

6 Model Kebaya Pengantin Adat Sunda yang Direkomendasikan
Foto: hipwee

Jika kamu ingin tampil kekinian, bisa memilih gaun kebaya dengan aksen bergelombang pada bagian pinggang. Untuk menciptakan aksen bergelombang biasanya menggunakan kain tile atau kain organza.

Untuk variasi kamu dapat memasang ikat pinggang yang dibuat dari kain dan membentuk pita menjuntai dan usahakan agar tidak terlalu panjang.

Aksesoris Riasan Pengantin Adat Sunda

Aksesoris Riasan Pengantin Adat Sunda
Foto: niwangnastiti18 from Instagram

Setelah kamu memutuskan gaun pengantin adat Sunda yang akan dipakai, saatnya menyiapkan aksesoris yang biasa dikenakan pada pernikahan adat Sunda, diantaranya:

  • Siger

Riasan pengantin yang dikenakan mempelai wanita akan tampak semakin khas dengan menggunakan siger di kepalanya. Siger ini seperti mahkota yang bertaburan permata, dengan berat sekitar 1,5 sampai 2 kg dengan makna berupa harapan akan kebijaksanaan, rasa hormat, dan kearifan dalam pernikahan

  • Daun Sirih Berbentuk Wajik

Selain menggunakan siger, ada pula hiasan daun sirih yang dibentuk wajik kecil yang akan di tempelkan di tengah-tengah kening pengantin wanita dengan simbol sebagai penolak bala

  • Kembang Tanjung

Untuk hiasan pada sanggul rambut disebut kembang tanjung yang terdiri dari enam pasang bunga dengan bentuknya yang menyerupai kupu-kupu kecil. Hiasan ini mempunyai makna yaitu kesetiaan mempelai wanita terhadap pasangannya.  

  • Kembang Goyang

Riasan pengantin adat Sunda juga nantinya akan dilengkapi dengan kembang goyang yang ada 7 dan dipasang di atas sanggul. 5 dari sanggul tersebut akan menghadap ke belakang yang berarti wanita cantik baik dari depan atau dari belakang.

  • Untaian Melati

Untuk hiasan ini melambangkan kemurnian serta kesucian dari mempelai wanita yang terdiri dari melati mayangsari, penetep, mangle sisir, mangle susun dan mangle pasung.

Itu dia beberapa baju pengantin adat Sunda dan riasan yang digunakan dalam pernikahan adat Sunda, semoga informasinya bisa bermanfaat bagi kamu.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket