Pilih Kategori Artikel

Beli Baju Pernikahan Baru, Second, Sewa, atau Jahit Sendiri?
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Tampil paripurna dengan gaun pengantin yang cantik adalah idaman bagi para wanita. Makanya, mencari baju pengantin menjadi salah satu bagian persiapan pernikahan yang membuat para calon pengantin semangat sekaligus gelisah. Pasalnya, ada banyak yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah memilih apakah akan membeli baju baru, membeli pakaian bekas pakai, menyewa, atau justru menjahit sendiri.

Untuk menentukan langkah pertama tersebut, kamu harus memperhatikan apa saja kelebihan dan kekurangannya agar bisa mendapatkan gaun pernikahan yang maksimal. Untuk membantumu dalam menentukan, berikut ini plus minus pilihan-pilihan tersebut. Simak sampai habis, ya!

Membeli gaun pengantin baru

wm_article_img
Foto: via Monica Ivenna

Kelebihan

  • Desain dan kualitas yang bagus

Saat membeli gaun baru berarti modelnya pun biasanya juga cenderung lebih kekinian. Kamu juga bisa memutuskan bahan seperti apa yang akan digunakan. Gaun baru biasanya terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang akan lebih nyaman saat dikenakan.

  • Bisa melakukan penyesuaian

Ketika membeli gaun baru, kamu bisa melakukan penyesuaian pada ukuran dan bentuk yang cocok dengan tubuh. Bahkan, jika kamu merasa gaun yang dikenakan butuh tambahan lainnya, kamu juga bisa memilih detail khusus, seperti bordir atau payet. 

  • Pengalaman belanja

Proses memilih gaun baru bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan emosional. Kamu dapat mencoba berbagai model, mendapatkan saran dari ahli, dan merasakan kebahagiaan saat menemukan gaun impian.

Kekurangan

  • Biaya tinggi

Gaun yang baru biasanya cenderung akan memiliki harga yang lebih tinggi. Jika dibeli dari desainer ternama, harganya akan semakin melambung lagi karena mereka biasanya memiliki desain yang eksklusif dan bahan pilihan yang berkualitas. Kamu harus mempersiapkan dana yang cukup untuk hal yang satu ini.

  • Waktu dan proses

Proses pemesanan dan penyesuaian gaun baru bisa jadi akan memakan waktu yang cukup lama, jadi kamu perlu merencanakan dengan baik dan jauh hari agar tidak terburu-buru. 

Membeli/mengenakan gaun secondhand

wm_article_img
Foto: via Tommy Pancamurti

Kelebihan

  • Harga terjangkau

Jika kamu ingin menghemat anggaran, gaun secondhand biasanya akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli gaun baru. Jika gaun yang kamu kenakan adalah milik ibu atau nenek, kamu bahkan bisa mendapatkannya secara gratis. Artinya, kamu bisa lebih menghemat anggaran dengan membeli atau mengenakan pakaian ini.

  • Memiliki kualitas baik dan unik

Jika pandai mencari dan beruntung, kamu bisa mendapatkan gaun yang memiliki kualitas yang bagus dengan desain yang unik, apalagi jika baju yang dipilih dibuat oleh desainer ternama. Jika kamu mencari gaun dengan gaya tertentu, seperti vintage, kamu malah bisa mendapatkan gaun yang lebih menyatu dengan tema.

  • Lebih ramah lingkungan

Membeli atau mengenakan barang bekas, termasuk pakaian, bisa mengurangi limbah. Gaun yang tadinya tidak terpakai dan lama-kelamaan akan berakhir menjadi sampah bisa kamu selamatkan dan berikan kehidupan baru.

Kekurangan

  • Kondisi gaun

Ketika membeli atau memakai gaun yang sebelumnya pernah dipakai, ada kemungkinan gaun ini memiliki kondisi yang tidak sempurna. Mungkin akan beberapa bagian yang kekuningan, robek, atau memiliki kerusakan yang lainnya. Perhatikan apakah berbagai kerusakan ini bisa diperbaiki atau tidak. 

  • Keterbatasan ukuran dan desain

Gaun pernikahan second biasanya memiliki keterbatasan dalam ukuran dan desain. Pun, menyesuaikannya mungkin akan lebih sulit. Jadi, untuk mendapatkan yang paling cocok denganmu, perlu usaha yang lebih dan teliti. 

Menyewa gaun pengantin

wm_article_img
Foto: via Tommy Pancamurti

Kelebihan

  • Biaya lebih rendah

Salah satu pertimbangan terbesar bagi seseorang dalam menyewa gaun pernikahan daripada membeli adalah karena biaya. Menyewa gaun biasanya memiliki harga yang lebih rendah daripada membelinya. Sisa anggaran pun bisa dialokasikan untuk pos lainnya dalam pernikahan.

  • Desain terbaru

Persewaan gaun pengantin biasanya akan menawarkan desain yang lebih bervariasi dari yang lama hingga kekinian. Jika kamu ingin mendapatkan gaun pernikahan dengan model bagus dan kualitas tinggi tanpa harus membayar penuh, menyewa gaun adalah jawaban yang cocok.

Kekurangan

  • Keterbatasan untuk kustomisasi

Biasanya penyesuaian yang bisa dilakukan untuk gaun yang disewa cenderung terbatas karena gaun ini nantinya dipakai lagi oleh orang lain. Oleh sebab itu, mungkin akan lebih sulit untuk mendapatkan kecocokan yang sangat pas dengan dirimu.

  • Tidak ada kenangan fisik

Ada banyak hal yang digunakan sebagai kenang-kenangan bagi banyak orang. Salah satunya adalah gaun pernikahan ini. Saat gaun sudah dikembalikan, kamu tidak akan memiliki kenangan fisik dari gaun tersebut. Bagi sebagian orang mungkin hal ini jadi terasa kurang.

Membuat baju pernikahan

wm_article_img
Foto: via Hian Tjen

Kelebihan

  • Kustomisasi penuh

Saat membuat gaun dari awal, kamu bisa dengan bebas untuk membuat desain dan memilih bahan sesuai dengan yang paling pas dengan keinginanmu. Hal-hal lain pun bisa kamu sesuaikan sampai detail. Gaun yang dijahit pada akhirnya akan bisa dibuat sangat sesuai dengan keinginanmu.

  • Kenyamanan

Salah satu hal penting dari gaun pernikahan adalah kenyamanan karena akan dipakai sepanjang hari. Karena desain dan ukuran yang bisa disesuaikan, kamu bisa membuat gaun senyaman mungkin. Jika mendekati hari-H ternyata ada banyak hal yang harus disesuaikan lagi, kamu pun bisa melakukannya dengan nyaman.

  • Proses yang menyenangkan

Membuat rancangan baju, mendiskusikan dengan desainer dan penjahit, mendapatkan kabar mengenai perkembangan pembuatannya, hingga menjajal ketika sudah jadi, seluruh proses ini akan memberikan pengalaman menarik yang akan terus teringat dalam jangka waktu yang panjang.

  • Bisa dikenakan turun-temurun

Sentuhan personal yang dimiliki oleh baju yang dibuat sendiri ini bukan hanya pada bagian pembuatannya saja, tapi juga semua nilai kenangannya. Nantinya, gaun ini bisa dikenakan kembali oleh anak cucu asal disimpan dengan baik. Gaun ini akan memiliki cerita dan makna yang lebih dalam daripada mereka mencari gaun baru kembali.

Kekurangan

  • Biaya

Membuat gaun memang memiliki biaya yang bervariasi tergantung dari desainer dan bahan yang digunakan. Semakin tinggi kualitasnya, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Meskipun begitu, membuat gaun pada umumnya akan menggunakan anggaran yang lebih banyak daripada menyewa dengan jenis gaun yang sama. Jadi, kamu harus menyiapkan anggaran yang cukup untuk yang satu ini.

  • Waktu yang cukup lama

Untuk membuat gaun yang cantik dan detail, waktu yang dibutuhkan akan cukup lama apalagi jika penjahit memiliki banyak pelanggan. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus menyiapkannya jauh-jauh hari dan memastikan bahwa gaun bisa selesai sebelum pernikahan dilangsungkan.

Lalu, mana yang terbaik?

wm_article_img
Foto: via Hian Tjen

Setiap pilihan memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Membeli gaun baru artinya kamu bisa mendapatkan desain dan kualitas terbaik, tapi dengan harga yang mahal. Membeli gaun secondhand adalah pilihan hemat dengan keunikan tersendiri. Namun, kamu harus lebih teliti dalam memeriksa kondisi. Sementara itu, menyewa gaun adalah cara yang praktis dan hemat biaya, tetapi tidak memberikan kenangan secara fisik. Terakhir, membuat baju pernikahan akan memberikanmu kebebasan dalam membuatnya lebih personal, tapi kamu perlu anggaran dan waktu lebih banyak.

Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Tidak perlu terlalu memaksakan karena setiap gaun pernikahan akan terlihat cantik jika kamu memancarkan kebahagiaan dan kepercayaan diri selama acara pernikahan berlangsung. Temukan pilihan busana pernikahan terbaik, yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan kamu di WeddingMarket Fair. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan para vendor terkemuka dan nikmati diskon serta berbagai penawaran menarik lainnya! Yuk, cek info lebih lanjut dan pesan tiket gratis dengan kuota terbatas di weddingmarketfair.com!


Cover | Foto via Tommy Pancamurti

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...