Pilih Kategori Artikel

Cantik Memukau Jadi Ratu Sehari! Ini Tips Memilih Warna Gaun Pengantin untuk Acara Malam dan Siang Hari
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ada beberapa orang yang memilih untuk mengadakan pesta pernikahan di siang hari, ada juga yang lebih memilih untuk menggelar pernikahannya saat malam hari. Semuanya punya alasan masing-masing, mulai dari alasan yang lebih praktis seperti mempertimbangkan akses para tamu, ketersediaan venue, dan waktu yang mungkin dimiliki oleh para tamu. Ada juga alasan yang lebih estetis, seperti pencahayaan, aksen dekoratif yang bisa dipilih, dan lain sebagainya.

Selain beberapa hal itu, ada hal lain yang harus diperhatikan, yaitu pemilihan gaun yang akan dikenakan oleh pengantin. Warna yang cocok untuk malam hari belum tentu akan cocok menjadi warna baju pengantin untuk siang hari. Lalu, warna-warna apa saja yang cocok untuk dua waktu pernikahan ini? Simak yuk selengkapnya!

Gaun untuk pernikahan di siang hari

wm_article_img
Wedding dress: Sebastian Gunawan Signature

Hal yang harus dipertimbangkan

Beberapa hal ini akan memengaruhi pemilihan gaun untuk acara pernikahan yang akan kamu gelar di siang hari.

1. Cahaya alami

Pernikahan siang hari mendapatkan keuntungan dari cahaya alami yang lebih terang dan sering kali lebih sejuk. Warna-warna pastel atau terang seperti putih, mawar, atau mint cocok untuk mencerminkan cahaya alami ini dan memberikan tampilan yang ringan.

2. Lebih santai dan kasual

Pernikahan siang hari seringkali memiliki nuansa yang lebih santai dan informal daripada pernikahan di malam hari. Oleh karena itu, warna-warna cerah dan pastel dapat menciptakan suasana yang sesuai.

3. Karakter alam

Pernikahan yang digelar siang hari, apalagi di luar ruangan biasanya akan memiliki konsep yang dekat dengan alam, seperti rustic atau garden party. Hal ini bisa juga digunakan untuk mempertimbangkan warna gaun yang akan dipakai.

Warna yang cocok

wm_article_img
Gaun pengantin by Cynthia Tan

Jika ingin menggelar pernikahan di siang hari yang memberikan suasana lebih santai dan bergembira, beberapa warna gaun pernikahan ini bisa kamu jadikan pilihan untuk pernikahan nanti.

1. Pastel

Warna-warna pastel seperti putih, krem, mawar, lavender, atau hijau mint cenderung cocok untuk pernikahan siang karena memberikan tampilan yang ringan dan segar. Kamu juga bisa mempertibangkan warna-warna yang dekat dengan alam, seperti hijau atau biru langit.

2. Warna terang

Warna-warna terang seperti kuning muda, peach, atau biru langit juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk pernikahan di siang hari karena akan memberikan tampilan kasual dan penuh dengan rasa gembira.

3. Hindari warna gelap

Warna-warna gelap seperti merah tua atau hitam mungkin kurang cocok untuk pernikahan siang karena bisa terasa terlalu berat.

Gaun untuk pernikahan di malam hari

wm_article_img
Kebaya pengantin: Eddy Betty

Hal yang harus dipertimbangkan

1. Cahaya buatan

Tidak ada cahaya alami dari matahari di malam hari. Cahaya alami dari bulan pun tidak akan seterang saat siang sehingga pernikahan malam hari cenderung mengandalkan cahaya buatan, seperti lampu luar atau cahaya dekoratif. Warna-warna gelap atau berkilau seperti merah, marun, atau emas dapat menonjolkan kilauan dan menciptakan suasana yang mewah.

2. Kesan yang dramatis dan formal

Pernikahan malam hari sering kali memiliki nuansa yang lebih dramatis dan formal. Gaun dengan warna-warna yang lebih gelap dan detail yang mencolok seperti payet atau renda dapat memberikan tampilan yang sesuai dengan suasana ini.

3. Elegan dan megah

Pernikahan malam hari sering dianggap sebagai acara yang lebih elegan. Rangkaian acara yang dibuat biasanya terdiri dari sesi-sesi yang berkelas seperti wine toast hingga berdansa bersama sehingga pilihan warna yang berkelas juga perlu dipertimbangkan.

Warna yang cocok

wm_article_img
Gaun pengantin : Soko Wiyanto

Untuk memberikan kesan elegan, mewah, dan dramatis, beberapa pilihan warna ini bisa kamu pertimbangkan jika ingin menggelar pernikahan di malam hari.

1. Warna-warna yang lebih gelap

Pada pernikahan malam hari, warna-warna lebih gelap seperti merah, marun, biru tua, emas, atau ungu sering kali menjadi pilihan populer karena memberikan tampilan yang mewah dan elegan.

2. Glitter atau payet

Pernikahan malam hari juga sering kali memungkinkan penggunaan detail gaun yang berkilau seperti payet atau glitter untuk menambah kilauan pada gaun pengantin. Warna yang dipilih bisa disesuaikan dengan warna gaun yang dikenakan.

3. Warna netral

Warna-warna netral seperti putih, off-white, atau silver juga tetap menjadi pilihan yang elegan untuk pernikahan malam hari. Kamu bisa memilih warna basic tersebut untuk memberikan kesan klasik pada tampilanmu.

Model gaun yang cocok

Selain memperhatikan warna-warna pada gaun, kamu juga bisa memilih model gaun pernikahan yang cocok dipakai di siang hari atau malam hari.

Model gaun untuk pernikahan di siang hari

wm_article_img
Wedding Dress: Tommy Pancamurti

1. A-Line

Gaun model A-line dengan potongan yang melancip dari pinggang hingga bawah sering menjadi pilihan yang cocok untuk pernikahan di siang hari. Gaun ini memberikan tampilan yang anggun, tapi tetap cocok untuk suasana yang ringan.

2. Empire waist

Gaun dengan potongan empire waist, yaitu pinggang yang ditinggikan dengan rok yang jatuh dan flowy bisa menjadi pilihan yang bagus untuk pernikahan siang hari. Model ini adalah model gaun yang nyaman dan ringan.

3. Tea-length dress

Gaun dengan panjang di sekitar betis atau di bawah lutut, yang dikenal sebagai gaun tea-length, adalah pilihan yang populer untuk pernikahan siang hari. Gaun ini memberikan tampilan yang ceria dan cocok dengan suasana hari yang terang.

Model gaun pernikahan malam hari

wm_article_img
Gaun pengantin: bychristiebasil

1. Mermaid atau trumpet

Gaun dengan model mermaid atau trumpet yang ketat hingga lutut atau paha dan melebar ke bawah sering dipilih untuk pernikahan malam hari karena memberikan tampilan yang anggun dan dramatis. Selain itu, gaun ini juga akan memberikan kesan yang ramping pada pemakainya.

2. Ball gown

Gaun dengan model ball gown dengan rok yang lebar dan bervolume adalah pilihan yang mewah untuk pernikahan malam hari. Gaun ini memberikan tampilan yang megah dan elegan. Jika ingin tampil cantik bak tuan putri, kamu bisa mengenakan gaun jenis ini.

3. Backless

Gaun dengan model backless atau punggung terbuka sering kali menjadi pilihan untuk pernikahan malam hari karena menambah sentuhan glamour pada penampilan. Kamu juga bisa menambahkan detail, seperti payet, renda, atau brokat.

4. V-Neck atau sweetheart neckline

Model gaun dengan leher V atau sweetheart neckline sering kali memberikan tampilan yang memikat dan cocok untuk pernikahan malam hari. Model ini juga akan meningkatkan kepercayaan dirimu karena akan memberikan frame yang indah pada tubuh.

Tips untuk menentukan warna dan model gaun pernikahan

wm_article_img
Gaun pernikahan oleh Tex Saverio

Setelah mengetahui beberapa warna dan model gaun pernikahan tersebut, kamu juga perlu mengetahui tips untuk menerapkannya sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Pertimbangkan lokasi pernikahan

Pertimbangkan tempat pernikahanmu. Apakah acara pernikahan akan diadakan di luar ruangan seperti taman atau pantai atau di dalam ruangan seperti di gedung atau ballroom? Warna yang cocok untuk setiap lokasi dapat berbeda. Misalnya, warna-warna pastel atau terang lebih cocok untuk pernikahan di luar ruangan, sementara warna-warna yang lebih gelap bisa lebih sesuai untuk pernikahan di dalam ruangan.

2. Sesuaikan dengan warna kulit dan warna rambut

Kadang kita mungkin sudah memilih warna tertentu untuk dikenakan hanya karena menyukainya. Namun, kamu masih harus menyesuaikannya dengan warna kulit dan rambut juga. Dari beberapa warna yang disarankan untuk pernikahan di siang hari maupun di malam hari, kamu bisa memilih mana yang paling cocok dengan warna kulit dan rambutmu.

3. Pertimbangkan tema pernikahan

wm_article_img
Gaun pengantin by Cynthia Tan

Pernikahan di siang hari biasanya memang cenderung identik dengan konsep yang lebih kasual atau santai. Namun, kamu tetap bisa menggelar pernikahan di siang hari dengan tema mewah dan elegan. Terutama, jika acara digelar di dalam ruangan sehingga kamu juga bisa menyesuaikan warna gaun dengan tema acara pernikahan tersebut. Pun, kamu juga bisa membuat acara yang lebih santai di malam hari dengan warna pakaian yang lebih cerah, tapi tidak terlalu mencolok.

4. Cuaca pada hari pernikahan

Jika pernikahan digelar di malam hari, hal yang satu ini mungkin tidak terlalu memengaruhi. Namun, jika pernikahan digelar di siang hari, ada baiknya kamu juga mempertimbangkan cuaca di lokasi pernikahan. Cuaca pada hari pernikahanmu dapat memengaruhi pilihan warna. Jika kamu berencana untuk menikah di musim panas yang cerah, warna-warna terang atau pastel bisa menjadi pilihan yang baik. Jika cuaca lebih dingin, warna-warna yang lebih hangat seperti marun atau emas bisa lebih sesuai.

Walaupun tidak ada pakem yang pasti tentang warna baju pernikahan, kamu bisa menggunakan beberapa panduan tersebut untuk memberikan penampilan terbaik selama acara pernikahan berlangsung. Jika masih bingung, kamu juga bisa berdiskusi dengan penjahit yang akan membuatkan gaunmu, ya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...