Intip Rincian Biaya Tes Kesehatan Pranikah Tiap Masing-masingnya - Wedding Market

Intip Rincian Biaya Tes Kesehatan Pranikah Tiap Masing-masingnya

26 Apr 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 689
Intip Rincian Biaya Tes Kesehatan Pranikah Tiap Masing-masingnya
Foto: pondsaksit on iStock

Biaya tes kesehatan pranikah sangat penting untuk kamu ketahui. Sebab sebelum melangsungkan pernikahan kamu sangat dianjurkan untuk melaksanakan tes kesehatan supaya nanti tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan di dalam pernikahanmu.

Dengan melaksanakan kegiatan tes kesehatan pra nikah tentu memudahkan kamu untuk mengantisipasi penurunan penyakit genetik pada buah hati. Tidak hanya itu saja kalau pasanganmu atau kamu mempunyai penyakit menular bisa segera disembuhkan sebelum menular pada pasanganmu.

Untuk kamu yang belum tahu apa saja jenis tes kesehatan yang harus kamu lakukan sebelum menikah sekaligus biaya yang harus dikeluarkan. Bisa mencermati ulasan di bawah berikut ini semoga bisa membantu kamu untuk menyelesaikan masalah pranikah. 

Rincian Biaya Tes Kesehatan Pranikah

Intip Rincian Biaya Tes Kesehatan Pranikah Tiap Masing-masingnya
Foto: YakobchukOlena on iStock

1. Tes Golongan Darah

Ketidakcocokan golongan darah antara kamu dan pasangan bisa menyebabkan gangguan serius terhadap janin. Untuk itu tes golongan darah sangat dianjurkan untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan.

Walaupun golongan darah memang sudah lumrah diketahui oleh sebagian besar orang, tetapi kamu sebagai calon pengantin baru ada baiknya untuk melakukan tes kesehatan sebelum menikah yang satu ini untuk lebih memastikan kecocokan golongan darah masing-masing.

Pemeriksaan golongan darah ini selain bisa mengetahui golongan darah A, B, O atau AB, juga dapat menemukan rhesus antara kamu dan pasangan. Entah positif maupun negatif. Hal ini menjadi garis besar buat kamu yang ingin mempunyai keturunan dalam kondisi sehat dan normal. Biaya tes kesehatan pranikah ini hanya sekitar Rp. 30.000 saja. Cukup aman untuk budget pernikahanmu.

2. Tes Penyakit Genetik

Mengetahui penyakit genetik pasangan tentu menjadi kewajiban kamu sebagai calon pasangan hidupnya. Oleh karena itu, memperhatikan penyakit genetik pada pasangan atau kamu sendiri merupakan awal persiapan pernikahan dari kebahagiaan kamu dan pasangan.

Untuk mengatasi hal itu, maka penting sekali bagi kamu untuk melakukan tes DNA atau tes penyakit genetik. Supaya bisa segera mengatasinya dengan tindakan yang lebih intens lagi dan tidak menurun pada buah hati kamu.

Biaya tes kesehatan pranikah ini biasanya di bandrol harga mulai 7 sampai 10 juta. Harga setiap rumah sakit berbeda sehingga kamu perlu menyediakan budget lebih untuk melakukan tes penyakit genetik ini.

3. Pemeriksaan Pencitraan / Radiologi

Dalam proses tes kesehatan ini akan dilakukan dengan cara foto rontgen atau USG untuk memeriksa kondisi organ-organ dalam pada tubuh kamu seperti limpa, paru-paru, hati, pankreas, ginjal dan kandung kemih sekaligus prostat pada pria dan rahim untuk calon mempelai wanita.

Memastikan kesehatan organ prostat dan rahim sangat penting untuk keharmonisan keluarga. Sebab, dengan rahim dan prostat yang sehat kamu dan pasangan bisa segera mendapatkan keturunan dengan kondisi normal dan sehat.

Untuk masalah biaya dari pemeriksaan radiologi ini cukup sekitar Rp70.000 sampai Rp100.000 saja. Dengan harga yang terjangkau ini tentu sangat memungkinkan kamu untuk melakukan tes kesehatan pranikah ini.

4. Tes Kelainan Darah

Darah merupakan elemen yang sangat penting dalam tubuh sehingga ketika terjadi kelainan bisa menyebabkan gangguan yang sangat serius. Bahkan ketika menikah nanti dan memiliki anak kondisi janin yang ada di dalam kandungan bisa saja mengalami gangguan kesehatan.

Tidak hanya itu saja anak yang lahir dari rahim kamu bisa saja mengalami penyakit kelainan darah seperti yang kamu alami saat ini. Untuk itulah kamu harus berhati-hati dalam memutuskan untuk menikah jika belum melakukan tes kelainan darah dan menjalani pengobatan.

Tes kesehatan pra nikah ini dapat menunjukkan adanya penyakit thalasemia dan juga hemofilia pada tubuh kamu dan pasangan. Untuk mengantisipasi penyakit ini menular pada janin maka ada baiknya untuk melewati proses penyembuhan terlebih dahulu.

Biaya tes kesehatan pra nikah ini bisa menghabiskan uang sebesar 1 jutaan atau bahkan di bawah. Tiap rumah sakit biasanya berbeda-beda jadi ada baiknya untuk menyediakan budget yang lebih.

5. Tes Penyakit Menular

Tidak kalah pentingnya daripada mengetahui kelainan pada tubuh kamu dan pasangan selain mengetahui adanya penyakit menular seperti penyakit HIV dan hepatitis B. Tentu saja jika kamu mengalami penyakit yang seperti ini sangat mengkhawatirkan dalam keharmonisan rumah tangga kamu dan pasangan.

Untuk itulah penting sekali bagi kamu melakukan pemeriksaan medis supaya bisa mengetahui kondisi kesehatan organ produksi pasangan kamu. Dengan begitu kamu tidak lagi ragu untuk melanjutkan pernikahan dengan calon pasangan kamu.

Kalau ternyata pasangan kamu mengidap penyakit ini disarankan untuk segera melakukan pengobatan yang serius. Walaupun sebenarnya penyakit HIV atau penyakit menular ini sangat sulit untuk disembuhkan bahkan kemungkinan hanya bisa dihambat saja penularannya.

Masalah biaya kamu cukup menyediakan dana sekitar Rp75.000 sampai Rp370.000. Bisa dikatakan juga termasuk sangat terjangkau mengingat pentingnya tes penyakit menular pada organ reproduksi ini.

Itulah pembaca biaya tes kesehatan pranikah menurut rincian tes yang akan kamu lakukan bersama pasangan sebelum menikah. Rangkaian tes di atas memang penting untuk mengetahui kesehatan fisik dan mental sebelum menikah antara kamu bersama pasangan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai medical check up sebelum menikah lainnya, kamu bisa membacanya di beberapa artikel yang ada di WeddingMarket. Semoga bermanfaat, ya!

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us