Pilih Kategori Artikel

Destinasi Bulan Madu Romantis yang Realistis di 8 Kota di Indonesia
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat membicarakan tentang bulan madu romantis, kita sering kali langsung memikirkan kota-kota yang jauh seperti di luar negeri atau luar pulau. Alasannya, tempat tersebut belum pernah dikunjungi atau sering muncul menjadi latar film yang kelihatan romantis. Sayangnya, jika nekat melakukannya tanpa budget dan persiapan yang cukup, bukan bahagia yang didapatkan malah bisa-bisa kalian berdua semakin pusing setelahnya.

Tenang, kamu tetap bisa kok menghabiskan waktu berbulan madu bersama pasangan tanpa harus mengunjungi tempat-tempat yang jauh. Kamu tetap bisa bepergian ke beberapa kota di Indonesia ini dan menikmati beberapa hari kalian dengan itinerary yang romantis. Simak, yuk, penjelasan selengkapnya!

1. Bulan madu menikmati suasana urban di Jakarta

wm_article_img
Fotografi: SweetEscape

Mungkin saat mendengarkan kota Jakarta sebagai salah satu tujuan bulan madu, kamu akan mengernyit dan bertanya “Memangnya apa yang bisa dilakukan di sana?” Kota ini memang memiliki penduduk yang padat dan lalu lintas yang sering semrawut. Namun, jika kamu jarang merasakan keramaian kota urban, Jakarta akan cocok menjadi tujuan.

Kamu dan pasangan bisa menjelajahi kuliner di berbagai wilayah di ibu kota atau bahkan melakukan makan malam romantis di gedung-gedung tinggi. Atmosfer ini akan jarang kamu temui jika tinggal jauh dari kota besar.

2. Bulan madu di kota romantis Bandung

wm_article_img
Fotografi: Wedday Photography

Bandung menjadi salah satu kota paling romantis di Indonesia. Di sana, kamu bisa staycation di hotel kabin, mengunjungi berbagai wisata alam seperti Tangkuban Perahu dan Kawah Putih, hingga berjalan romantis dan ngopi di Braga. Kalian juga bisa pergi ke daerah Lembang untuk menikmati alam seperti kebun teh, kebun stroberi, dan kebun bunga. 

Tak hanya itu saja, Bandung juga terkenal dengan tempat untuk berbelanja segala keperluan, termasuk fashion. Kamu dan pasangan juga bisa menikmati kuliner kaki lima, seperti mi kocok atau batagor.

3. Terbuat dari rindu dan pulang, bulan madu romantis di Jogja

wm_article_img
Fotografi: Lightjogja Photo

Kota ini memiliki hampir semua hal yang kamu butuhkan. Saat ingin menikmati dinginnya pegunungan, kamu bisa menghabiskan waktu dengan staycation di Yogyakarta bagian utara. Mulai dari tidur di villa hingga merasakan pengalaman glamping yang seru, semua bisa kamu lakukan di kota ini. Jika kurang suka dengan pegunungan, kamu dan pasangan juga bisa menghabiskan waktu di berbagai pantai di Gunung Kidul. Di sana kalian bisa bermain air, snorkeling, maupun sekadar berjalan kaki.

Menghabiskan waktu dengan berjalan berdua di Jalan Malioboro atau menikmati kopi maupun es krim di Prawirotaman juga akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan berdua. Tak hanya itu, Yogyakarta juga terkenal dengan kulinernya yang khas. Pecinta makanan wajib mencicipi berbagai kuliner di restoran maupun di kaki lima untuk pengalaman yang lebih autentik.

4. Kota yang murah dan serba ada, Surakarta

wm_article_img
Foto via instagram/exploresurakarta

Tak jauh dari Yogyakarta, ada kota Surakarta yang kini memiliki semakin banyak kawasan untuk dikunjungi. Kamu bisa menikmati suasana yang kental dengan budaya, misalnya dengan mengunjungi keraton. Kamu dan pasangan juga bisa mengunjungi kawasan Kampoeng Batik Laweyan. Di tempat ini kalian tak hanya bisa mengunjungi dan membeli batik saja, tapi juga bisa melakukan kegiatan untuk membangun bonding dengan belajar membuat batik.

wm_article_img
Foto: instagram/albertus_bagusr

Kencan romantis di bulan madu yang juga bisa kalian lakukan di kota ini adalah dengan menonton berbagai pertunjukan kebudayaan, seperti menonton wayang bersama. Yang tak kalah penting, jangan lupa menikmati malam di Solo dengan makan nasi liwet atau sate buntel. Kalian juga bisa mencoba angkringan date di kota ini. Nilai plus lain dari kota ini adalah harga makanannya yang murah.

5. Jarang dipertimbangkan padahal indah, Banyuwangi

wm_article_img
Fotografi: Males.Santai

Banyuwangi menjadi salah satu kota yang “underrated” atau jarang dibicarakan padahal sebenarnya memiliki banyak sekali hal yang bisa dieksplorasi bersama sang kekasih dan cocok digunakan sebagai destinasi untuk bulan madu bersama pasangan. 

Jika kamu dan pasangan menyukai alam, kalian berdua bisa mengunjungi Kawah Ijen untuk melihat pemandangan matahari terbit yang ikonik atau api biru di malam hari yang bisa kamu temui di bulan Juli hingga September.

wm_article_img
Foto via instagram/explore_banyuwangi

Selain menikmati matahari terbit atau pemandangan malam hari, kalian juga bisa menikmati matahari tenggelam di Pantai Pulau Merah. Tak berhenti sampai di situ saja, jika kamu dan pasangan menyukai kesenian, kalian bisa mengunjungi Desa Kemiren. Di sana kalian bisa melihat tradisi hingga melihat mereka berkesenian.

6. Keliling dan bersantai dengan bulan madu di Pontianak

wm_article_img
Fotografi: Ridwan Fazani

Kamu juga bisa berbulan madu di Kalimantan Barat dengan mengunjungi kota Pontianak. Di kota ini, kamu bisa menjelajahi Sungai Kapuas dengan perahu untuk menikmati pemandangan alam yang tenang dan menakjubkan. 

Kota ini juga akan cocok untuk kalian yang ingin lebih banyak menghabiskan waktu dengan bersantai, seperti membaca buku di tepi sungai atau sekadar berjemur di resort. Untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah, kalian juga bisa menikmatinya di Pantai Kakap.

Yang tak boleh ketinggalan adalah menikmati kuliner khas Pontianak seperti choipan, kue bingke, hingga bubur pedas khas Pontianak. Selain itu, kalian juga bisa menikmati makan malam romantis dengan pemandangan yang indah.

7. Menikmati lautan biru yang syahdu di Belitung

wm_article_img
Fotografi: SweetEscape

Belitung adalah salah satu destinasi bulan madu yang menawarkan berbagai pilihan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Pantainya yang indah dengan warna air zamrud serta bebatuan yang mengelilingi akan membuat bulan madumu semakin berkesan. Salah satu pantai ini adalah Pantai Tanjung Tinggi. 

Pulau Ketawai juga bisa dijadikan destinasi bulan madu jika kamu ingin menyingkri dari ingar-bingar tengah kota. Di pantai ini kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu berdua dengan lebih tenang. Kamu bisa menyaksikan terumbu karang dengan menyebrang menggunakan perahu.

8. Destinasi wajib untuk bulan madu, Bali

wm_article_img
Fotografi: SweetEscape

Saat membicarakan tentang tempat tujuan untuk bulan madu rasanya pulau yang satu ini tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Bali memiliki berbagai tempat romantis maupun wisata dengan berbagai aktivitas yang bisa dipilih. Jika ingin menghabiskan waktu berdua saja tanpa banyak melakukan aktivitas, kamu dan pasangan bisa menginap di villa atau resort di dekat pantai.

Selain itu, kalian bisa menikmati matahari terbit atau tenggelam di pinggir pantai. Lalu, kalian juga bisa berjalan bergandengan di sepanjang pantai tersebut. Jika ingin momen bulan madumu lebih variatif, kalian bisa datang ke pertunjukan seni atau museum. Bahkan, kalian juga bisa duduk sambil mengobrol di kafe-kafe lucu daerah Ubud maupun Kintamani.

Nah, beberapa destinasi bulan madu romantis tersebut bisa kamu pertimbangkan dari segi jarak maupun budget. Jika tidak ingin pergi terlalu jauh dari kotamu, kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa pengalaman baru seperti melakukan staycation di villa yang bagus atau melakukan camping yang seru. Selain mengunjungi beberapa tempat wisata, kalian juga bisa menghabiskan waktu berdua dengan mengobrol atau melakukan aktivitas lainnya di dalam ruangan saja.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...