Pilih Kategori Artikel

Tips Merangkai Bunga Plastik Dekorasi Pelaminan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Masa pandemi yang tengah mewabah saat ini membuat banyak pasangan yang akan menikah merubah rencana mereka. Kebanyakan dari mereka memilih menunda untuk menggelar konsep pernikahan mewah. Namun ada sebagian orang yang tetap melangsungkan pernikahan dengan acara yang sederhana, tak lain hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat terdekat. Meskipun sederhana prosesi pernikahan tetap harus dibuat secantik mungkin.

Jika kamu ingin membuat dekorasi maksimal dengan anggaran yang minim, kamu bisa membuatnya sendiri. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu merangkai bunga plastik dekorasi pelaminan yang terlihat indah dan berkelas. Maka simaklah beberapa cara merangkai bunga yang menarik dibawah ini:

Memilih Jenis Bunga

wm_article_img
Foto: Asmaraku.com

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum merangkai adalah memilih bunga pernikahan yang akan dirangkai. Baik itu bunga hidup, bunga mati maupun bunga dari plastik. Untuk dekorasi pernikahan biasanya memiliki bunga plastik karena bersifat mati sehingga akan unik jika dijadikan sebagai dekorasi pernikahan.

Jenis Warna Bunga yang Sesuai

wm_article_img
Foto: theknot.com

Ketika memilih dekorasi, hal yang pertama diperhatikan adalah memilih tema. Dengan begitu kamu akan lebih mudah memilih persiapan apa saja yang harus kamu pilih termasuk memilih dekorasi. Bunga yang dirangkai haruslah sesuai dengan konsep pernikahan. Tidak hanya berkaitan dengan nilai estetika, juga agar terlihat lebih nyambung dan serasi. 

Contohnya untuk kamu yang lebih suka tema penuh warna, pilihlah warna pastel yang bersifat lembut. Bisa juga memilih warna lebih cerah seperti merah, hijau dan lain sebagainya sehingga pesta terlihat lebih ceria.

Utamakan Sisi Kepraktisan

wm_article_img
Foto: herworld.co.id

Untuk membuat rangkaian bunga pernikahan yang unik tidak melulu harus yang rumit dengan simpul dan tali yang berlebih. Rangkaian bunga yang praktislah yang lebih utama. Hal ini dimaksudkan bunga yang praktis adalah bunga yang mudah dipotong dan dibentuk sesuai karakter namun tetap terlihat menarik. 

Tidak hanya itu, menambahkan pita pada rangkaian bunga akan terlihat lebih rapi dan enak dilihat meskipun hanya digenggam. Bunga yang rapi akan tetap indah jika dilihat dari setiap sudut ruangan. Apalagi jika bunga memiliki nilai estetika yang tinggi.

Perhatikan Letak Bunga yang Akan Dipasang

wm_article_img
Foto: apple_deco on Instagram

Setelah bunga berhasil dirangkai, langkah selanjutnya adalah proses penempatan bunga tersebut. Untuk dekorasi pelaminan biasanya bunga di simpan atau ditempelkan pada gabus yang sudah diukir sebagai letar belakang. Dalam hal ini bunga juga dekorasi gabusnya pun harus disesuaikan. Hal tersebut dilakukan agar terlihat lebih serasi dan enak dipandang.

Pastikan Bunga yang Dipilih Memiliki Makna

wm_article_img
Foto: southerliving.com on Pinterest

Bunga yang paling banyak digunakan untuk hiasan diantaranya bunga yang berkepala besar. Di antaranya seperti dahlia, pony, dan lain sebagainya. Bunga-bunga tersebut memiliki efek yang kuat sebagai sebuah hiasan. Pemilihan tidak hanya dilihat dari segi keindahannya saja, tetapi juga makna yang terkandung dalam bunga tersebut. 

Pasalnya setiap bunga memiliki makna filosofi tersendiri. Bahkan bunga bisa menjadi sebuah makna untuk kedua mempelai. Meskipun sederhana, namun memiliki makna yang mendalam bagi keduanya.

Sesuaikan Tinggi Rendahnya Bunga

wm_article_img
Foto: Erin Wilson Photography and Cinematography

Dalam merangkai bunga penggunaan tangkai tidak harus selalu sama tingginya. Usahakan untuk merangkai beberapa bunga dengan tangkai yang rendah agar terlihat lebih pendek dan beberapa yang ditinggikan. Hal ini untuk menciptakan kesan natural pada bunga. Sebab dalam seni merangkai bunga tidak hanya warna saja yang ditonjolkan, tetapi juga detail dari rangkaian tersebut.

Menggunakan Teknik Merangkai

wm_article_img
Foto: dekoruma.com

Untuk dapat merangkai bunga yang bagus dibutuhkan teknik yang tepat. Diantaranya ada teknik basing yang bertujuan memberikan penekanan pada rangkaian bunga dari bagian bawah. Teknik layering yang bertujuan menyusun rangkaian daun agar terlihat rapi. Penyusunan daun bunga dengan teknik layering dilakukan mulai dari ukuran yang kecil hingga besar dengan mengatur gradasi warna yang baik.

Ada juga terracing yang merupakan teknik sederhana dalam merangkai bunga. Teknik ini memiliki bentuk yang berundak-undak, dengan susunan yang paling kecil terlebih dahulu sampai yang paling panjang. Sementara teknik pave yaitu merangkai bunga dengan disusun secara melingkar. Lalu yang terakhir ada teknik clustering yang banyak digunakan untuk membuat bucket bunga.

Bagikan Inspirasi Rangkaian Bunga Terbaikmu

wm_article_img
Foto: weddingwire.in

Tidak ada salahnya jika kamu juga berbagi dengan teman atau saudara dalam merangkai bunga. Justru mereka juga akan membantu kamu mencarikan inspirasi rangkaian bunga yang terbaik. Mereka juga dapat membantumu merangkai bunga untuk dekorasi. Dapat menghemat waktu sehingga rencana yang kamu buat dapat terstruktur dengan baik.

Itulah beberapa tips merangkai bunga plastik dekorasi pelaminan. Selain menghemat biaya, kelebihan dari bunga plastik ini adalah lebih awet dan tidak akan mudah rusak. Bisa digunakan kembali jika suatu saat kamu membutuhkannya untuk dekorasi pesta. Apalagi jika kamu dapat melihat peluang untuk mendaur ulang plastik, sehingga dapat mengurangi limbah plastik yang ada di sekitar.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...