Pilih Kategori Artikel

9 Cara Memaksimalkan Teknologi untuk Tema Pernikahan Modern
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setiap masa akan ada tren pernikahan tertentu yang diikuti oleh banyak orang. Misalnya, tren warna yang biasanya akan diumumkan pada awal tahun atau tren dekorasi yang mengikuti tren besar yang terjadi pada tahun tersebut. 

Salah satu situasi yang membuat vendor harus memutar otak dan menciptakan tren baru adalah saat terjadi pandemi. Pernikahan yang biasanya dilakukan secara konvensional; undangan dikirim dalam bentuk cetak, tamu datang ke acara pernikahan, dan lain-lain, harus diubah menjadi lebih ramah jarak karena orang tidak boleh berkumpul. 

Pada saat itu, penggunaan teknologi benar-benar dimaksimalkan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi. Para vendor berusaha untuk menciptakan pernikahan yang tak terlupakan walaupun dengan berbagai keterbatasan. 

Ternyata beberapa tren pada situasi tersebut juga masih banyak yang bisa diterapkan saat keadaan sudah normal seperti sekarang. Salah satunya adalah penggunaan teknologi. Beberapa penerapan teknologi ini akan banyak membantumu dalam mempersiapkan maupun mewujudkan pernikahan modern dengan tema futuristik. Simak yuk selengkapnya!

1. Undangan digital

wm_article_img
Foto: viding.co

Hal yang satu ini sudah mulai banyak diterapkan oleh para pengantin di Indonesia. Alih-alih mencetak semua undangan dan mengirimkannya ke para tamu yang datang, kini proses ini dibuat lebih praktis dengan membuat dan mengirim undangan secara online. Selain praktis untuk menghemat waktu dan energi, mengirimkan undangan secara online juga dinilai lebih ramah lingkungan.

Tidak perlu khawatir karena merasa bahwa kamu adalah seseorang yang gaptek. Kini, ada banyak tutorial untuk membuat undangan digital sendiri. Banyak pula yang menyediakan template di internet sehingga kamu hanya perlu mengganti detail, seperti namamu dan pasangan, tempat diadakannya acara, dan detail informasi lainnya. 

Jika ingin lebih praktis lagi, kini juga sudah ada banyak sekali vendor yang menyediakan opsi untuk pembuatan undangan secara online. Kamu dan pasangan tinggal menyerahkan detail saja dan terima beres.

Tambahan QR code pada undangan juga akan membuat semua data bisa direkam dengan baik dan digunakan saat acara pernikahan tiba. Misalnya, untuk masuk ke venue pernikahan, menerima suvenir, hingga antrean berfoto.

2. Layanan live streaming

wm_article_img
Foto: Kamaro_id

Jarak kini tidak lagi menjadi masalah karena kamu bisa menggunakan berbagai media untuk mengabarkan pernikahanmu. Bahkan, kamu bukan hanya bisa membagikan foto-foto selama pernikahan saja, tapi juga video prosesi demi prosesi acara pernikahan. 

wm_article_img
Foto: Kamaro_id

Jika ingin lebih real time, kamu juga bisa menyiarkan pernikahanmu melalui layanan live streaming. Layanan ini akan membantu mereka yang berada jauh di sana untuk ikut menyaksikan acara pernikahanmu walaupun tidak  bisa datang.

Layanan streaming bisa dilakukan melalui banyak media, mulai dari siaran di Instagram yang bisa dioperasikan sendiri hingga melalui media lain dengan meminta bantuan dari vendor fotografer atau vendor tersendiri untuk membuat live streaming lebih jelas dan lancar.

3. Hashtag pernikahan

wm_article_img
Foto via Behind the Vows

Walaupun kelihatan sederhana, hashtag pernikahan akan membantumu dalam banyak hal. Pertama, dengan hashtag pernikahan, kamu bisa melihat unggahan para tamu yang datang dan ikut memeriahkan acaramu. Dengan menyimak unggahan ini, kamu bisa melihat bagaimana acara pernikahanmu berlangsung dari sudut pandang yang para tamu yang datang. 

Tak hanya itu saja, melalui hashtag ini, tamu juga bisa mengecek vendor apa saja yang digunakan sehingga bisa memeriksanya jika membutuhkan informasi terkait hal ini kelak.

Membuat hashtag pernikahan mungkin cukup sulit untuk mereka yang tidak terbiasa membuat permainan kata. Oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan jasa copywriter untuk membuatnya atau mengadakan sayembara di media sosial sebelum pernikahan berlangsung untuk membuat rangkaian acara semakin meriah.

4. Photobooth interaktif

wm_article_img
Foto: LOL Photobooth

Tamu yang datang biasanya ingin mengambil foto di venue pernikahan untuk mengabadikan momen. Tak hanya berfoto dengan pengantin biasanya mereka juga akan mengambil foto sendiri untuk mengabadikan outfit dan makeup yang dikenakan pada saat datang. Oleh sebab itu, kamu bisa menyediakan photobooth untuk mengambil foto. 

Saat ini ada berbagai jenis photobooth yang bisa dipilih, salah satunya adalah photobooth interaktif. Pilih photobooth yang menyediakan berbagai filter dan bisa terintegrasi dengan media sosial para tamu untuk memudahkan mereka dalam membagikan momen bahagia ini.

5. Website atau Aplikasi untuk menyiapkan pernikahan

wm_article_img
weddingmarket.com

Banyaknya hal yang harus dipersiapkan untuk acara pernikahan akan membuat beberapa hal kelupaan apabila tidak didokumentasikan. Memanfaatkan website pernikahan atau beberapa aplikasi akan sangat membantu untuk tahap persiapan ini. Kamu bisa menjelajah website pernikahan untuk menemukan vendor yang tepat, atau menggunakan aplikasi untuk menyusun perencanaan dan berkoordinasi dengan tim sehingga semua bisa melihat progres yang sedang berjalan. 

Tak hanya itu, ada banyak juga aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengumpulkan berbagai dekorasi atau warna untuk pernikahan yang akan memudahkan mengatur inspirasi yang nantinya bisa dipilih. Ada juga berbagai aplikasi untuk membantumu dalam menyusun budget hingga mendata tamu.

Selain aplikasi yang hanya bisa diakses  oleh calon pengantin dan vendor, aplikasi yang bisa diakses secara umum juga akan membantu para tamu pernikahan. Aplikasi ini mengandung informasi seperti dress code atau gift registry untuk membantu tamu undangan dalam menentukan apa yang dipakai dan dibawa.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi atau website ini untuk mengumpulkan data mengenai preferensi para tamu sehingga bisa memberikan layanan terbaik bagi mereka. Misalnya, preferensi tentang makanan atau musik yang disukai.

6. Teknologi Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR)

wm_article_img
Foto via Jakarta Wedding Planner

AR dan VR kini sudah semakin banyak digunakan oleh orang-orang untuk berbagai kebutuhan. Dalam pernikahan, teknologi yang satu ini bisa digunakan untuk melakukan tur virtual dari lokasi pernikahan. 

Pengantin bisa melihat seperti apa dekorasi dan layout yang dipilih apabila diterapkan ke dalam venue pernikahan. Kamera 360° juga bisa digunakan untuk merekam acara pernikahan dan resepsi sehingga saat diunggah atau dibagikan, orang-orang bisa merasakan sensasi datang ke acara pernikahanmu.

7. Memantau keamanan dengan drone

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Drone biasanya digunakan untuk mengambil shoot jarak jauh yang akan menambahkan kesan megah dan dramatis dari scene di pernikahan. Namun, ternyata drone bisa juga digunakan sebagai sebuah alat untuk memantau keamanan dari jarak jauh sehingga keamanan dan keselamatan pengantin, keluarga, dan para tamu yang datang bisa dipastikan selama acara pernikahan berlangsung.

8. Memaksimalkan audio dan pencahayaan yang canggih

wm_article_img
Lighting: Orion Prolight

Kini, menciptakan atmosfer pada venue pernikahan bukan hanya dilakukan dengan pemilihan dekorasi dan musik saja, tapi juga pencahayaan hingga jenis audio yang diterapkan. Penggunaan cahaya dan audio yang canggih yang bisa dikustomisasi dengan suasana yang ingin dibangun tergantung prosesi demi prosesi.

Selain itu, penggunaan proyeksi video atau mapping untuk memberikan sentuhan visual selama acara pernikahan juga menjadi salah satu hal yang membuat pernikahanmu lebih berkesan. Melalui teknologi ini, kamu dan pasangan bisa membagikan kisah perjalanan kalian berdua.

9. Cloud untuk berbagai foto dan video selama pernikahan

wm_article_img
Dekorasi: Steve Decor

Gunakan layanan penyimpanan cloud untuk membuat galeri foto dan video yang dapat diakses oleh semua tamu atau orang lain. Hal ini memungkinkan semua orang untuk berbagi dan mengakses momen-momen spesial selama acara. Jadi, kamu tidak perlu repot mengirim satu demi satu apabila ada yang meminta file foto pernikahanmu.

Itu dia beberapa pemanfaatan teknologi yang bisa kamu maksimalkan untuk acara pernikahan modern. Dengan bantuan teknologi, kamu bisa mendapatkan pengalaman pernikahan yang direncanakan dengan lebih efisien dan praktis. Namun, jangan lupa untuk menjaga informasi pribadi maupun tamu undangan dengan memastikan keamanan aplikasi maupun website yang digunakan karena maraknya kejadian pembobolan data dan sejenisnya.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami