Pilih Kategori Artikel

Bagaimana Cara Memilih Makeup Pernikahan yang Cocok Untuk Pengantin Indonesia?
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pernikahan adalah salah satu hari paling bersejarah di hidup seseorang. Oleh sebab itu, siapapun pastinya ingin terlihat sempurna di hari istimewanya itu. Salah satu aspek yang paling menentukan untuk tampilan sang pengantin tentunya adalah make up pernikahan.

Opsinya pun beragam, mulai dari riasan natural, flawless, hingga make up bold yang manglingiDengan banyaknya pilihan gaya dan produk make up yang bisa dipilih, tak jarang malah menimbulkan kebingungan bagi calon pengantin dalam memilih yang paling cocok dikenakan di hari pernikahannya.

Lantas, harus mulai dari mana? Tak perlu pusing, berikut WeddingMarket berikan beberapa tips cara memilih make up pengantin yang sempurna untuk kamu para calon pengantin Indonesia.

1. Pertimbangkan tone kulitmu!

wm_article_img
MUA: Marlene Hariman

Langkah pertama dalam menentukan make up pengantin yang tepat adalah dengan mempertimbangkan warna kulitmu. Indonesia memiliki penduduk dengan ragam tone kulit yang berbeda, mulai dari kuning langsat, sawo matang hingga kulit yang lebih gelap.

Tentunya setiap skin tone ini unik dan cantik dengan keindahannya sendiri. Untuk memilih shades dan formula produk make up pernikahan yang diaplikasikan pun akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Oleh sebab itu kamu perlu mengetahui apa jenis warna kulitmu, lebih ke hangat (warm skin tone), dingin (cool skin tone), atau justru netral?

Sebagai contoh apabila kamu memiliki tone kulit yang cenderung hangat, maka untuk riasan wajah bernuansa peachy dan golden undertone akan lebih cocok dikenakan. Sementara itu, jika warna kulitmu cenderung memiliki tone dingin, maka sebaiknya kamu memilih make up pernikahan dengan nuansa pink atau blue undertones.  

2. Sesuaikan dengan tema pernikahan

wm_article_img
MUA: Marlene Hariman

Gaya make up pengantin yang akan kamu pilih hendaknya melengkapi konsep atau tema pernikahan. Jika pernikahanmu mengusung tema tradisional, maka sebaiknya gunakan riasan tradisional yang sesuai dengan pakem adat yang dipilih. Begitupun bila menggunakan konsep pernikahan modern, kamu bisa mencoba make up natural atau yang bold sekali pun, untuk tampilan yang lebih dramatis. 

Selain itu, pertimbangkan pula warna dan model gaun pengantin yang dikenakan, serta jika perlu dengan keseluruhan dekorasi pernikahan. Sebab, akan lebih indah apabila antara satu elemen dan elemen lainnya saling berpadu harmonis dalam satu kesatuan nuansa yang senada.    

3. Pilih produk make up yang tepat

wm_article_img
MUA: Kanya Putri Make Up

Produk make up yang digunakan akan sangat menentukan hasil akhir riasan yang diaplikasikan pada pengantin. Untuk momen penting pernikahan yang diharapkan menjadi sekali seumur hidup, tentunya setiap pengantin ingin menggunakan produk terbaik meskipun terkadang harganya relatif lebih mahal dibandingkan produk make up yang digunakan sehari-hari. Beberapa produk wajib yang biasanya dipakai untuk make up pengantin diantaranya foundation,  concealer, blush, eyeshadow, mascara, dan lipstick. 

Penting pula untuk memilih make up pengantin yang tidak mudah luntur terkena keringat serta tahan lama. Maka dari itu, wajar saja rasanya untuk momen penting ini kamu mengutamakan make up yang berkualitas agar di hari pernikahanmu kelak kamu bisa tampil flawless sepanjang hari. 

Meskipun demikian, kembali lagi harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki ya! Jika dana kamu terbatas, maka bisa dipertimbangkan kembali. Tak perlu menggunakan brand mahal, karena yang terpenting pilih produk yang cocok sesuai dengan skin tone serta aman untuk kulitmu. Beberapa make up artist (MUA) pun biasanya menyediakan beberapa pilihan produk yang bisa menyesuaikan dengan budget calon pengantinnya. 

4. Menggunakan jasa MUA profesional

wm_article_img
MUA: Kanya Putri Make Up

Beberapa wanita mungkin saja memiliki kemampuan make up yang mumpuni sehingga tau cara menggunakan make up pengantin sendiri. Sementara itu, bagi yang lainnya, memercayakan riasan untuk hari pernikahan pada seorang make up artist profesional adalah pilihan yang tepat. Tentu, hal ini perlu dipertimbangkan dengan matang karena dalam memilih MUA juga perlu disesuaikan dengan preferensi pribadimu. Agar make up pernikahan kamu cantik dan flawless sesuai dengan impian. 

Seorang MUA profesional bisa menyarankan jenis produk yang cocok untuk tipe kulit kamu serta membantu memilihkan shades yang sesuai dengan skin tone sehingga kamu tak perlu repot-repot memikirkannya. Dengan skill yang ia miliki, tentunya kamu bisa tenang memercayakan look untuk hari spesialmu kepada MUA yang dipilih. 

5. Lakukan trial make up 

wm_article_img
MUA: Marcella Widita

Untuk mendapatkan look yang paling pas untuk hari pernikahan kelak, ada baiknya kamu melakukan trial make up menjelang pernikahan. Sehingga kamu bisa melihat dimana letak kekurangannya, agar dapat disesuaikan kembali dengan keinginan. Pada saat trial make up pengantin ini kamu juga berkesempatan untuk menyampaikan request kepada MUA sehingga hasil makeup-nya nanti memuaskan. 

Pada saat melakukan trial make up pengantin, pastikan juga kamu mencoba mengambil foto pada berbagai pencahayaan berbeda. Sehingga kamu bisa melihat bagaimana hasil make up tersebut pada berbagai kondisi lighting yang berbeda.

6. Tetap perhatikan kesehatan kulit

wm_article_img
MUA: Viana Makeup

Hasil make up pada kulit yang sehat pastinya berbeda dengan kulit yang tidak terawat. Oleh sebab itu, sebelum mengenakan make up pengantin, kamu pun perlu merawat kulit agar tetap sehat dan terhidrasi di hari H nanti. Gunakan skincare yang cocok dengan kondisi kulitmu serta perhatikan makanan yang dikonsumsi, mulai dari beberapa minggu atau beberapa bulan menjelang pernikahan. Untuk hasil yang lebih maksimal, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, gula serta minyak supaya tak menimbulkan masalah kulit di saat hari pernikahanmu nanti.  

7. Pilihlah make up yang natural atau sesuai dengan karaktermu

wm_article_img
MUA: Eva Lovira

Tampil manglingi di hari pernikahan tak melulu identik dengan make up yang tebal atau berlebihan. Karena pada dasarnya, tujuan make up pernikahan bukanlah sebuah topeng, melainkan untuk mempertegas fitur wajah dan membantu mengeluarkan aura cantik alami sang pengantin. Untuk itu, sebaiknya tetap pilihlah make up sesuai dengan karakter kamu.

Secara keseluruhan, cara memilih make up pengantin yang tepat adalah dengan menyesuaikan skin tone yang dimiliki, dengan tema pernikahan, memakai produk yang tepat, hingga melakukan uji coba atau trial bersama MUA. Namun, penting pula untuk menjaga kesehatan kulit kamu hingga menjelang hari H. Dengan mengikuti tips di atas semoga kamu bisa menemukan make up pengantin yang paling pas dengan karaktermu serta bisa menambah kepercayaan dirimu dengan tampilan tercantik dan flawless di hari pernikahan kelak, ya! 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...