Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Menu Catering Nikah dan Tips Memilihnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Catering menjadi aspek yang penting dalam berbagai acara, salah satunya adalah acara pernikahan. Penyedia layanan pembuatan dan penyajian makanan dan minuman ini sudah lama digunakan oleh masyarakat. Catering nikah memiliki sejarah yang panjang, jasa ini sudah digunakan sejak awal kebudayaan Mesir berlangsung.



Awalnya catering digunakan untuk mengangkut akomodasi makanan yang dibawa untuk tentara atau pekerja. Catering juga memiliki fungsi yang lain saat itu, yakni sebagai media barter dalam berbagai jalur perdagangan. Setelah masuk dalam abad pertengahan, catering kemudian digunakan pula untu mengantar makanan orang-orang yang kaya. 

Jerman merupakan negara yang pertama kali membuat regulasi dan penerapan standar untuk catering. Tak lama kemudian, ditemukan pula sterno atau pemanas, yang bisa digunakan untuk membuat masakan catering tetap panas. Di abad ke-19 catering sudah menjadi bidang usaha yang cukup menjanjikan. 

Tips Memilih Catering Nikah yang Tepat

Tidak hanya dekorasi yang perlu dipersiapkan untuk pernikahan, kamu juga harus menyiapkan catering nikah yang sesuai dengan konsep pernikahan. Kamu perlu memastikan hidangan yang disediakan oleh pihak catering enak dan tidak mengecewakan tamu undangan yang datang. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih catering pernikahan yang tepat, diantaranya adalah:

1. Tentukan Dulu Tamu Undangan

Sebelum memesan makanan ke pihak catering, pastikan kamu menentukan jumlah tamu undangan yang hendak diundang. Jangan sampai catering yang kamu pesan ternyata kurang dan membuat tamu undangan tidak kebagian makanan. 

Setelah menentukan jumlah tamu undangan yang hadir, kamu juga bisa menentukan konsep catering seperti apa yang kamu inginkan. Jika hendak melangsungkan acara pernikahan dengan konsep tradisional, ada baiknya kamu menyisipkan makanan tradisional di dalam buffet cateringmu, begitu pula sebaliknya. 

2. Survei Menu dan Harga

Selanjuntnya, kamu sudah bisa mulai untuk melakukan survey menu catering pernikahan yang hendak dipakai jasanya. Ada baiknya kamu tidak langsung menentukan satu vendor saja untuk disurvei, perluas pilihan dengan melakukan survey di vendor lainnya. 

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pelayanan dan makanan yang enak sesuai dengan budget yang kamu miliki. Pastikan pula jasa penyedia catering tersebut memang ahli membuat makanan yang kamu pesan. Misalnya kamu ingin menyajikan makanan dengan tema overseas, maka koki yang ada di jasa layanan catering harus tahu bagaimana memasak masakan luar negeri. 

3. Food Testing

Jangan lupa untuk melakukan food testing sebelum benar-benar memesan jasa catering pernikahan. Kamu bisa meminta penyedia layanan catering untuk menyiapkan makanan sebelum hari H dilakukan, sehingga kamu bisa mencicipi sendiri bagaimana rasa masakan tersebut. 

Jangan ragu untuk melakukan diskusi pada penyedia jasa catering nikah jika rasanya kurang enak dan sesuai dengan keinginanmu. Kamu sebaiknya tidak mengambil resiko untuk menyajikan makanan dengan rasa yang masih dipertanyakan rasanya, ini untuk menghindari kekecawaan yang mungkin dirasakan oleh tamu undangan. 

4. Anggaran Biaya yang Dimiliki

Kalau memang budget yang kamu miliki terbatas, kamu bisa memilih menu catering dengan sistem paket. Dengan begitu, biaya catering pernikahan yang kamu keluarkan bisa lebih minimalis daripada memesan sendiri jenis makanan yang tidak tersedia di dalam menu paket. 

Jika mengundang tamu dalam jumlah yang besar, maka kamu juga harus menyiapkan budget yang tidak sedikit. Terkait dengan harga, kamu bisa melakukan negoisasi dengan penyedia layanan jasa catering untuk mendapatkan harga terbaik, yang sesuai dengan budget milikmu. 

5. Buat Janji dan Kesepakatan Kerja

Apabila tempat catering nikah yang sudah kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Maka kamu bisa melakukan janji dan kesepakatan kerja dengan mereka, terutama terkait dengan menu apa yang hendak dipesan dan kapan pelaksanaan pernikahan dilakukan. 

Tanyakan berapa uang muka yang perlu kamu bayarkan sebelum melakukan pemesanan. Kemudian bayar lunas ketika hari pernikahan agar tidak lupa di kemudian hari. Apabila pelayanan yang mereka sediakan baik, kamu bisa merekomendasikannya kepada teman atau keluarga sebagai ucapan terima kasih. 

Rekomendasi Menu untuk Catering Pernikahan

wm_article_img

Foto: Aisya Catering

Kamu mungkin masih bingung dengan menu apa yang hendak disajikan di buffet catering untuk tamu undangan. Jika memang demikian, berikut adalah beberapa menu rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan. Menu tersebut bisa kamu otak atik dan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. 

Menu Daging

Setiap tamu undangan tentu mencari makanan yang enak dan tidak ditemukan di hari biasa. Salah satunya adalah menu daging, yang bisa dimasak apa saja sesuai keinginanmu. Menu ini bisa kamu pesan dalam catering nikah dengan berbagai variasi, diantaranya adalah:

  • Nasi putih dengan daging, bisa juga menyajikan nasi goreng spesial. 
  • Olahan daging yang populer, dari teriyaki, rendang, ataupun semur. 
  • Menyajikan sup, soto, atau daging dengan campuran sayuran. 

Sebagai pelengkap, kamu bisa menyajikan buah-buahan sebagai dessert, bisa juga es krim atau kue kue manis. Jangan lupa lengkapi sajian tersebut dengan air minum, jus ataupun teh yang membuat sajian semakin nikmat. 

Menu Ayam 

Daging ayam juga bisa diolah untuk berbagai masakan, karena itu menjadikannya sebagai menu dalam resepsi pernikahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak pula vendor catering nikah yang menyediakan menu khusus yang berfokus pada olahan ayam, misalnya menu yang bisa kamu pakai adalah:

  • Pilihan nasi, bisa berupa nasi putih, nas goreng, ataupun nasi merah. 
  • Olahan daging ayam, bisa berupa ayam goreng, ayam lada hitam, atau ayam asam manis. 
  • Kamu juga bisa menyajikan olahan ayam yang dicampur dengan sayur-sayuran atau rempah. 
  • Makanan penutup, berupa dessert, potongan buah, kue manis, ataupun es krim. 
  • Berbagai macam minuman, dari air mineral, air es ataupun jus buah. 

Menu Western

Jika ingin melangsungkan pernikahan dengan konsep modern atau internasional, kamu bisa menggunakan menu makanan dengan konsep western. Untuk menu yang satu ini, kamu bisa mencoba olahan menu berikut, diantaranya:

  • steam rice, kamu bisa menggunakan berbagai jenis nasi sesuai dengan keinginan. 
  • French fries sebagai camilan pelengkap, setiap catering nikah tentu bisa membuat olahan yang satu ini. 
  • Chicken lemon, berupa sajian ayam yang tidak hanya sedap, namun juga menyegarkan. 
  • Lasagna untuk tamu undangan yang menyukai makanan dengan banyak rempah. 
  • Makanan penutup seperti potongan buah atau es krim sebagai makanan pelengkap. 
  • Jangan lupa untuk menyajikan minuman seperti air mineral, es buah, atau minuman lain yang sesuai. 

Berbagai rekomendasi tersebut semoga bisa membantu kamu untuk memilih menu makanan yang tepat di hari pernikahan. Dengan memilih menu yang tepat, kamu bisa menunjang suasana pernikahan menjadi lebih menarik. 

Demikianlah berbagai pilihan terkait dengan menu makanan rekomendasi untuk catering nikah, sejarah dan tips memilihnya. Semoga dengan informasi tersebut kamu bisa dengan mudah menentukan tempat catering yang tepat untuk hari bahagiamu, serta menyenangkan tamu undangan yang datang mendoakan di hari pernikahanmu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...