Pilih Kategori Artikel

3 Contoh Mas Kawin Unik yang Bisa Menjadi Inspirasi Saat Mempersiapkan Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menikah merupakan salah satu hal yang diimpikan oleh banyak orang. Berbagai persiapan mulai dari mencari contoh mas kawin hingga mempersiapkan gedung pernikahan menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Saat mempersiapkan pernikahan tentu ada banyak aspek yang perlu diperhatikan mulai dari mempersiapkan budget pernikahan, perlengkapan pernikahan serta mas kawin atau mahar yang akan digunakan. Proses persiapan pernikahan juga biasanya dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Hal ini sering dilakukan oleh para calon pengantin karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan sejak jauh hari seperti membuat reservasi gedung pernikahan dan reservasi wedding organizer. Selain itu banyak juga pasangan pengantin yang melakukan persiapan yang cukup lama untuk menghadirkan mahar yang diinginkan.

Sayangnya lebih banyak masyarakat yang terlalu fokus mempersiapkan perlengkapan pernikahan seperti gedung dekorasi gaun pernikahan hingga souvenir pernikahan namun sedikit merupakan proses persiapan atau pemilihan mahar yang akan digunakan. Dalam sebuah pernikahan, mahar sendiri dinilai menjadi salah satu hal yang sangat penting karena mahar menggambarkan tanggung jawab yang dimiliki oleh pengantin pria terhadap pengantin wanita.

Mahar juga menjadi pemberian pertama yang diberikan oleh pengantin pria kepada pengantin wanita setelah sah menjadi suami istri. Dengan Begitu mahar memiliki posisi yang penting dalam sebuah acara pernikahan sehingga kamu tidak boleh memilih mahar secara random.

Kamu harus memikirkan matang-matang mahar yang akan digunakan dalam acara pernikahan. Ada berbagai contoh mas kawin yang bisa kamu gunakan atau bisa menjadi inspirasi saat kamu menentukan mahar yang akan digunakan dalam pernikahanmu.

Biasanya mahar diajukan atau dibuat sesuai dengan permintaan dari pihak pengantin wanita kepada pihak pengantin pria. Pihak pengantin pria harus memenuhi mahar yang diminta oleh pihak pengantin wanita sebagai salah satu bentuk kesanggupan dan tanggung jawab untuk menghidupi pengantin wanita tersebut di masa depan.

Emas, Perhiasan dan Benda Lain untuk Mas Kawin Bisa Kamu Dapatkan di WeddingMarket



Contoh Mas Kawin yang Paling Sering Dipakai

Calon pengantin wanita bisa meminta mahar dalam jumlah berapapun sesuai dengan keinginannya. Namun tentunya kamu harus mempertimbangkan juga kemampuan yang dimiliki oleh calon suamimu. Jangan sampai mahar yang kamu ajukan justru memberatkan pihak suami. Kamu harus meminta mahar yang bisa memberikan kebahagiaan tapi juga tidak memberatkan pihak suami. Adapun beberapa contoh mas kawin yang bisa menjadi pertimbangan saat kamu berdiskusi dengan pihak calon suami kamu di antaranya:

1. Uang Tunai

wm_article_img
Foto: V&CO Jewellery

Saat meminta mas kawin pernikahan, mempelai wanita bisa mengajukan berbagai hal sesuai dengan keinginannya. Salah satu contoh jenis mahar pernikahan yang banyak digunakan adalah uang tunai. Banyak pasangan suami istri yang menjadikan uang tunai sebagai mahar pada acara pernikahannya. Nominal atau besaran uang tunai yang dijadikan mahar juga tergantung pada keinginan sang mempelai wanita dan kesanggupan sang mempelai pria.

Tampilan mahar uang kertas atau koin dalam bentuk tunai ini biasanya dibuat sedemikian rupa hingga menghasilkan tampilan yang indah dan menarik. Penataan uang untuk mahar ini biasanya di handle oleh team wedding organizer sekaligus dengan tatanan hantaran pernikahan. Namun perlu kamu ketahui bahwa saat ini pemerintah Indonesia memiliki aturan baku yang tidak memperbolehkan uang tunai asli dibentuk atau dihias untuk mahar.

Hal ini dinilai sebagai salah satu bentuk pidana perusakan uang. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena larangan tersebut hanya berlaku jika kamu merubah bentuk uang tunai yang akan digunakan.

Agar kamu tetap bisa menggunakan uang tunai sebagai mas kawin tanpa terkena pidaha, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan team wedding organizer yang kamu gunakan. Kamu bisa meminta saran mengenai dekorasi mahar yang tepat untuk mahar yang akan kamu gunakan.

2. Emas

wm_article_img
Foto: akurat.co

Bukan hanya uang tunai, contoh mas kawin atau mahar pernikahan emas termasuk lumrah digunakan di Indonesia. Bentuk emas yang biasanya digunakan sebagai mahar bisa berupa emas murni batangan ataupun perhiasan. Banyak masyarakat yang menggunakan set perhiasan sebagai mahar karena dianggap memiliki nilai yang cukup berharga.

Meski dalam acara pernikahan biasanya sudah terdapat cincin pernikahan yang terbuat dari emas, namun masih banyak masyarakat yang juga menggunakan set perhiasan lain seperti kalung dan gelang sebagai mahar. Seperti diketahui, emas memiliki nilai yang cukup fluktuatif sehingga mahar emas murni ini bisa dijadikan sebagai ladang investasi bagi pemiliknya dalam hal ini mempelai wanita.

Sang mempelai pria yang memberikan emas sebagai mahar juga bisa menunjukkan kesiapannya dalam mempersiapkan masa depan dengan memberikan mahar ini kepada mempelai wanitanya. Tampilan mahar ini juga bisa dibuat cukup sederhana dan tidak perlu terlalu mewah karena benda yang dijadikan maharnya sendiri sudah cukup mewah.

3. Tabungan

wm_article_img
Foto: idx_channel on Instagram

Banyak yang berpendapat bahwa mas kawin harus merupakan sesuatu yang berharga bagi pengantin wanita. Selain itu mas kawin juga bisa dijadikan sebagai salah satu tanda tanggung jawab mempelai pria. Salah satu contoh mas kawin unik yang bisa kamu gunakan untuk memperlihatkan keseriusan pengantin priamu adalah tabungan.

Pada dasarnya tidak ada larangan atau aturan baku mengenai mahar apa yang boleh dan apa yang dilarang. Poin utama saat kamu menentukan mahar yang akan digunakan adalah mahar tersebut harus bermanfaat bagi pihak istri, maka tentu saja tabungan bisa menjadi salah satu contoh hal yang sangat bermanfaat bagi pengantin wanita.

Sebagai pengantin pria, kamu juga bisa menunjukkan bahwa kamu telah memiliki rencana yang baik untuk hidup bersama dengan pengantin wanitamu saat memberikan tabungan tersebut. Hal ini tentu akan membuat pengantin wanita bahagia dengan komitmen yang kamu miliki.

Mas kawin atau mahar sendiri sebenarnya harus dibuat sesuai dengan permintaan pengantin wanita sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa contoh mas kawin unik yang bisa kamu pilih menjadi salah satu mahar dalam perhelatan pernikahanmu. 

Sebagai pengantin pria, maka kamu harus menyiapkan budget dari jauh-jauh hari agar kamu bisa memenuhi permintaan mahar tersebut saat pernikahan mulai disiapkan. Bagi kamu calon pengantin wanita, hal yang perlu diingat saat meminta mahar kepada calon suami adalah usahakanlah untuk tidak memberatkan pihak calon suami.

Meski mahar merupakan bentuk tanggung jawab suami terhadap istrinya, namun alangkah lebih baik jika mahar tersebut juga tidak memberatkan suami sebagai salah satu bentuk pengertian seorang istri. Namun tentu kamu juga harus mempertimbangkan apa yang benar-benar kamu inginkan untuk mahar pernikahanmu dan mendiskusikannya dengan baik bersama calon pengantin pria.

Saat kamu dan pengantin pria sudah sepakat memilih sebuah mahar, maka kamu bisa meminta pihak wedding organizer yang telah dipilih untuk membuat dekorasi mahar yang indah untuk acara pernikahanmu. Saat ini para wedding organizer tentu telah bekerjasama dengan vendor-vendor handal yang berkualitas sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan dekorasi maharmu.

Jika kamu kebingungan untuk menentukan mahar yang akan dipilih, kamu juga bisa mencari referensi contoh mas kawin atau meminta pendapat kepada orang-orang terdekatmu. Pemilihan mahar yang tepat akan menambah kebahagiaan kehidupan rumah tanggamu di masa depan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...